Bonus Demografi Bagi Batam

rakorbangpus

Sumber Gambar: www.bappenas.go.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Paparan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Tingkat Pusat (Rakorbangpus) Bappenas pada tanggal 20 Maret 2014 di Jakarta menyebutkan Bonus Demografi sebagai salah satu potensi keunggulan Indonesia di masa depan.

Secara sederhana bonus demografi dapat dikatakan sebagai kondisi dimana jumlah penduduk usia produktif, 15-65 tahun, lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk usia di bawah atau di atas 15-65 tahun. Dengan banyaknya penduduk usia produktif tersebut diharapkan akan semakin mampu meningkatkan produktivitas pembangunan di Indonesia yang pada akhir nya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Kota Batam sebagai Kota Industri dengan letak geografi yang sangat strategis harus mampu memanfaatkan bonus demografi tersebut. Peran krusial berada ditangan Pemerintah Kota Batam dalam mengambil kebijakan untuk membentuk manusia-manusia usia produktif yang berkualitas. Walikota dan Wakil Walikota Batam melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Batam akan melakukan koordinasi dengan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bersama dengan masyarakat akan merumuskan berbagai prioritas kebijakan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk memanfaatkan bonus demografi tersebut. Dengan APBD 2014 menembus angka 2 Trilyun Rupiah dimana fokus pendidikan meliputi 20%, fokus kesehatan 10% ditambah lagi dengan berbagai program kegiatan di SKPD Kota Batam yang bertujuan untuk menciptakan pemuda-pemuda Batam usia produktif yang berkualitas dan siap pakai untuk meningkatkan pembangunan di Kota Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *