Nagari Kinali Belajar “Pengelolaan Sistem Administrasi Pemerintahan” di Kelurahan Belian Batam Kota

Image

Batam Kota, Ashraf Ali, SE selaku Sekretaris Kecamatan  Batam Kota yang didampingi oleh Lurah Belian Kecamatan Batam Kota, Khairuddin, M. Si menerima rombongan Nagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat yang melaksanakan “Kunjungan kerja sekaligus study banding di Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota tentang Sistem Administrasi Pemerintahan dan Pelaksanaan Pelayanan Umum di Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota”, Jum`at (30/05).

Sekitar 24 Orang rombongan yang terdiri atas Kepala Nagari Kinali, 15 Orang Kepala Jorong (desa) serta 8 orang Aparatur sipil dilingkungan Nagari Kinali Kecamatan Kinali ini langsung melngikuti dialog yang ditempatkan di Aula Kecamatan Batam Kota dimoderatori langsung oleh Lurah Belian, kemudian dilanjutkan dengan observasi lapangan pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Kecamatan Batam Kota dan kunjungan ke Kantor Lurah Belian.

Asraf Ali, SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan menjelaskan profil singkat sebagai gambaran umum Kecamatan Batam Kota yang merupakan pusat pemerintahan di Kota Batam dan tahun ini mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan beberapa even Nasional dan Internasional seperti Perhelatan MTQ Nasional ke XXV di Propinsi Kepri yang akan dilaksanakan pada 05 – 15 Juni 2014 yang akan dipusatkan di Alun-alun Engkuputri Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota. Kecamatan Batam Kota ini sendiri masuk kedalam wilayah Administratif Kelurahan Belian yang secara tidak langsung merupakan Ibu Kota Kecamatan Batam Kota dengan jumlah penduduk terpadat dan terluas di Kecamatan Batam Kota, dan terpadat ke dua di Kota Batam, “ujarnya”.

Khairuddin, M.Si selaku Lurah Belian sangat antusias mendapat kehormatan mendampingi kunjungan kerja yang dilaksanakan oleh Nagari Kinali Kecamatan Kinali yang merupakan daerah asalnya. Dalam pembukaan acara ia memaparkan gambaran umum Kelurahan Belian,  kinerja aparatur sipil dan system administrasi pemerintahan yang telah dilaksanakan di Kelurahan Belian. Kelurahan Belian merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Batam Kota yang sangat pesat dalam kemajuan teknologi dan informasi serta pertumbuhan ekonomi dan perindustrian dengan keberagaman suku dan etnis penduduk beserta permasalahan sosialnya, “ujarnya”.

Kepala Nagari Kinali Kecamatan Kinali, Syafriyal, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Nagari Kinali dengan luas sekitar 20Km2 dan jumlah penduduk sekitar 62.000 jiwa yang terbagi kedalam 15 wilayah Jurong (desa) perlu banyak belajar dalam hal pelaksanaan system administrasi pemerintahan, Pelaksanaan Pelayanan Umum dan Pengelolaan Sumberdaya dalam pengembangan kehidupan sosial dari Kelurahan diwilayah perkotaan seperti Kelurahan Belian ini untuk peningkatan kinerja aparatur sipil di Nagari Kinali.  “Banyak sekali hal yang dapat dipelajari dan dipedomani dari pelaksanaan kunjungan kerja kami hari ini, Kelurahan Belian dan Kecamatan Batam Kota sudah sangat maju dan propesional dalam pengembangan sumberdaya aparatur sipil dalam penerapan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan terhadap masyarakat dengan penerapan sistem administrasi pemerintahan yang telah terkelola dengan manajemen yang sangat baik”, ujarnya.

Monitoring, Supervisi dan Bimtek Pemutahiran Data Pemilih PILPRES 2014

Image

PPK dan PPS Kecamatan Batam Kota Siap Sukseskan PILPRES 2014 Di Wilayah Kecamatan Batam Kota, “ujar Suparno, Ketua PPK Kecamatan Batam Kota”.

Batamkota, Komisi Pemilihan Umum Propinsi Daerah Kepulauan Riau yang mengambil alih pelaksanaan tugas dan fungsi Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Batam sehubungan dengan masih non aktifnya dan belum ditetapkannya status Ketua dan 4 Orang Komisioner Pokja Komisi Pemilihan Umum Kota Batam pasca Pemilu Legislatif yang dilaksanakan pada 9 April 2014 yang lalu, melaksanakan Kegiatan Monitoring dan Supervisi pemutahiran data pada tahapan Pemilihan Presiden 9 Juli 2014 yang dirangkaikan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Pemutahiran Data kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Sekupang, Nongsa dan Batam Kota yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Batam Kota, Jum`at (29/05).

Kegiatan yang dihadiri oleh oleh 6 Orang perwakilan PPK 3 Kecamatan dan 34 Orang perwakilan PPS dari 17 Kelurahan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Camat Batam Kota Ashraf Ali, SE. Dalam sambutanya Ashraf Ali, SE menyampaikan harapannya akan pelaksanaan pemilu yang lebih baik dan lebih professional pada tahapan pelaksanaan Pemilu Presiden 9 Juli 2014 mendatang dan terus berupaya untuk melaksanakan tahapan yang ada sesuai dengan ketentuan yang berlaku walaupun mengalami berbagai kendala dan keterbatasan yang ada sehubungan dengan belum non aktifnya Komisioner KPU Kota Batam, mengingat waktu pelaksanaan Pemungutan dan Perhitungan Suara untuk Pemilihan Presiden 2014 ini sudah sangat singkat dan tidak ada lagi waktu untuk menunda-nunda pekerjaan karena ini merupakan tanggung jawab PPK dan PPS selaku panitia penyelenggara pemungutan dan perhitungan suara nantinya. Kita harus belajar dari berbagai kekurangan dalam pelaksanaan pemilihan legislative yang lalu dan menyempurnakannya pada pelaksanaan pemilihan presiden yang akan segera kita laksanakan pada julli mendatang, “ujarnya”.

Hadir sebagai nara sumber dalam kegiatan Monitoring, Supervisi dan Bimtek PPK – PPS dari tiga Kecamatan ini adalah Bapak Arison, SPt selaku Anggota KPU Provinsi Kepulauan Riau Bidang Pengarah Pokja Pemutakhiran Data Pemilih Pilpres 2014.Dalalm penyampaiannya, Arison, SPt memaparkan berbagai teknis pelaksanaan dalam tahapan pemilihan presiden 2014 yang perlu menjadi perhatian PPK dan PPS khususnya dalam pelaksanaan pemutahiran data pemilih, seperti batas maksimum dan minimum jumlah pemilih per TPS yang lebih dirampingkan jika dibandingkan dengan jumlah pemilih per TPS pada saat Pemilu Legislatif yang lalu. Begitu juga halnya bagaimana teknis terhadap pendataan pemilih baru yang baru berdomisili di TPS tertentu dengan berbagai kelengkapan dokumen yang menjadi dasar untuk dapat didaftarkan sebagai pemilih baru di lokasi TPS tersebut. Ia juga memaparkan beberapa trik guna mempercepat dan mempermudah pekerjaan PPK dan PPS dalam hal pelaksanaan pendataan pemilih namun tetap berpedoman dengan peraturan yang telah ditentukan serta dapat dipertanggungjawabakan nantinya.

Narasi (Jhon Viter / Aidil basri)

PEMERINTAH KECAMATAN BANJARMASIN BARAT STUDI BANDING PATEN KE BATAM KOTA

Image

Batam Kota, Pemerintah Kecamatan Batam Kota kembali mendapat kehormatan mendampingi Rombongan Pemerintah Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin yang melaksanakan kunjungan di Wilayah Kecamatan Batam Kota Kota Batam, Rabu (28/05) dalam rangka study banding “Pelaksanaan Pelaksanaan Sistem Pemerintahan dan Pelayanan Umum Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan  di Kota Batam terkait peningkatan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Batam Kota”.

Rombongan Pemerintah Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjar Masih Propinsi Kalimantan Selatan yang berjumlah 12 Orang yang terdiri atas 9 Orang Lurah dilingkungan Pemerintah Kecamatan Banjarmasin Barat, Sekretaris Kecamatan dan Kasubbag Keuangan ini dipimpin oleh Camat Banjarmasin Barat Bapak Husni Tamrin, M. IP. Dan diterima langsung oleh Camat Batam Kota Nurzalie, A.P yang didampingi oleh Sekretaris Camat Batam Kota Ashraf Ali, SE, Kasi Pemerintahan, Kasi Tramtib, dan Kasubbag Umum dan Kepegawaian Pemerintah Kecamatan Batam Kota.

Ashraf Ali, SE yang memandu dialog antara Pemerintah Kecamatan Banjarmasin barat dan Pemerintah Kecamatan Batam Kota menyampaikan ucapan selamat datang di Kecamatan Batam Kota – Kota Batam kepada seluruh rombongan. Dalam Sambutannya  ia menjelaskan Profil Singkat sebagai gambaran umum tentang Kecamatan Batam Kota, proses persiapan teknis dan sarana-prasarana hingga pelaksanaan PATEN yang sudah berjalan hampir 1 semester di Kecamatan Batam Kota, ia juga memaparkan beberapa kewenangan pelaksanaan tugas Otonomi Daerah dan Daerah Otonom yang telah dilimpahkan oleh Walikota Batam kepada Camat yang telah dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan PATEN di Kecamatan Batam Kota yang di launching langsung oleh Gubernur Propinsi Kepulauan Riau pada 23 Desember 2013 yang lalu.

Tambahnya, Ashraf Ali, SE juga menyampaikan bahwa pada tahun ini Pemerintah Kota Batam mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan beberapa even nasional dan internasional yang salah satunya adalah pelaksanaan MTQ Nasional ke-XXV yang akan dilaksanakan pada tanggal 05 hingga 15 Juni 2014 didataran Engku Putri Batam Center yang merupakan pusat Pemerintahan Kota Batam yang masuk kedalam Wilayah Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota. Sebagai Tuan Rumah kami dari Pemrintah Kecamatan Batam Kota siap mensukseskan Pelaksanaan MTQ Nasional ke – XXV Tahun 2014, “ujarnya”

Husni Tamrin, M.IP selaku Camat Banjarmasin Barat sekaligus ketua rombongan menyampaikan ucapan terimakasih dan sangat terkesan dengan kesiapan dan profesionalitas Pemerintah Kecamatan Batam Kota dalam pelaksanaan PATEN di Kota Batam, mulai dari pengaturan sistem pelayanan umum, kenyaman ruang tunggu, petugas  konter pelayanan hingga optimalisasi pemanfaatan ruangan kantor yang terkesan sangat apik dan efisien walaupun dengan keterbatasan luas kantor.

Tambahnya, Pemerintah Kecamatan Banjarmasin Barat juga telah melaksanakan PATEN yang dilaunching bersamaan dengan HUT Kota Banjarmasin pada 24 September 2013, namun demikian Kecamatan yang memiliki luas 13,37Km2 dengan jumlah penduduk 149.753 jiwa yang terbagi kedalam 9 Wilayah Kelurahan ini masih memerlukan berbagai penyempurnaan dalam pelaksanaan system pemerintahan dan pelayanan umum di Kecamatan yang memiliki kemiripan permasalahan social dan kemasyarakan dengan Kecamatan Batam Kota ini. Kunjungan kerja ini sangat berkesan bagi kami dalam rangka pertukaran informasi dan perluasan wawasan bagi Pemerintah Kelurahan dan Kecamatan Banjarmasin Barat, “pungkasnya”

Narasi (Jhon Viter / Aidil basri )

Camat Batam Kota Buka Sosialisasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Image

Batam Kota, Pemerintah Propinsi Kepulauan Riau Melalui Kantor Pelayanan Pajak Daerah Batam Dinas Pendapatan Daerah Kepulauan Riau bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Batam Kota melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dengan tema “Meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Masyarakat dalam mentaati kewajiban pajak atas kendaraan bermotor guna meningkatkan potensi dan realisasi penerimaan dareah melalui sektor pajak kendaraan bermotor”, Rabu (20/05).

Kegiatan yang diikuti sekitar 50 orang peserta ini dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Batam Kota yang dibuka langsung oleh Camat Batam Kota yang diwakili oleh Ashraf Ali, SE selaku Sekretaris Kecamatan Batam Kota serta dihadiri oleh seluruh Lurah, Kasi dan Kasubbag dilingkungan Pemerintah Kecamatan Batam Kota.

Dalam sambutannya Ashraf Ali, SE menyampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan Batam Kota menyambut baik dan sangat mendukung dilaksanakannya kegiatan sosialisasi terhadap masyarakat sebagaimana yang dilaksanakan oleh Pemerintah Propinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pendapatan Daerah, Kantor Pelayanan Pajak daerah hari ini. Kegiatan positif seperti ini akan sangat membantu masyarakat dalam perluasan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama yang bersentuhan langsung dengan sendi kehidupan masyarakat seperti pajak kendaraan bermotor sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya membayar pajak dalam rangka mendukung program percepatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Batam khususnya di wilayah Kecamatan Batam Kota yang merupakan pusat pemerintahan di Kota Batam. Saya berharap seluruh peserta yang hadir pada hari ini dapat menggali informasi sebanyak mungkin dan menlanjutkan pengetahuan tentang informasi tersebut kepada masyarakat disekitar lingkungan tempat tinggalnya, sehingga sosialisasi yang dilaksanakan hari ini dapat memberikan informasi secara tidak langsung kepada seluruh masyarakat yang berada diwilayah Kecamatan Batam Kota, “ujarnya”.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Daerah Dinas Pendapatan Kepulauan Riau yang diwakili oleh Diky Wijaya, SE, M.Si Kasubbag Penetapan dan Penerimaan Pajak, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan Sosialisasi yang dilaksanakan hari ini merupakan upaya dari Pemerintah Propinsi Kepulauan Riau dalam rangka menggali potensi dan meningkatkan realisasi penerimaan dari pendapatan asli daerah melalui sektor pajak kendaraan bermotor sebagaimana instruksi Perda Propinsi Kepulauan Riau Nomor 8 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di 12 Kecamatan yang ada di Kota Batam, dimana kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Batam Kota hari ini merupakan kegiatan ke-4 yang telah kami laksanakan, harapan kami melalui kegiatan ini nantinya dapat mengingkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, sehingga dapat meningkatkan penerimaan daerah yang bertujuan untuk penyediaan infrastruktur dan sarana/prasarana serta pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masayrakat itu sendiri, “ujarnya”.

Kegiatan sosialisasi ini disampaikan langsung oleh Kasubbag Tata Usaha KPPD Batam Dinas Pendapatan Daerah Propinsi Kepulauan Riau, Vira Jiansa Respaty, SH, MHum sebagai nara sumber. Dalam penyampaian materinya, ia mengulas secara detil informasi mengenai Landasan Hukum Penerapan Pajak Kendaraan Bermotor di Daerah Propinsi Kepulauan Riau, Standar dan Alur Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, teknis perhitungan pengenaan tarif biaya atas kendaraan bermotor, serta Fungsi dan Realisasi Penerimaan Hasil Pajak Kendaraan Bermotor dalam program pembangunan fisik dan non fisik di Daerah Propinsi Kepulauan Riau secara umum.

Narasi ( Jhon Viter/ Yoga Ardana)

Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung Kunjungi Batam Kota terkait Pelaksanaan “PATEN”

Batam Kota, (Rabu, 07/05) Pemerintah Kecamatan Batam Kota kembali mendapat kehormatan mendampingi rombongan dari Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung yang melaksanakan kunjungan kerja di Kota Batam dalam rangka study banding pelaksanaan “PATEN” (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Batam Kota. … Selengkapnya