1.000 Kader KB “Unjuk Kekuatan” di Batam Kota

Image

DSCN3069Batam Kota, 1.000 Orang Kader Keluarga Berencana Kota Batam Mengadakan pertemuan dan memadati Auditorium Universitas Batam – Kecamatan Batam Kota dalam rangka memeriahkan GEBYAR KADER KB Tingkat Kota Batam Tahun 2014 yang dilaksanakan oleh Badan Keependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Jakarta, Minggu (19/10).

Dalam kegiatan yang disiarkan langsung (streaming live) secara nasional ini diikuti oleh lebih dari 300-an Orang Kader Keluarga Berencana (KB) Batam Kota dibawah binaan PL KB dari 6 Kelurahan se-Kecamatan Batam Kota ini dirangkaikan dengan kegiatan perayaan Hari Keluarga Nasional ke-XXI dan Hari Kontrasepsi se-Dunia Tingkat Propinsi Kepulauan Riau Tahun 2014.

Peresmian Gebyar 1.000 Kader KB Kota Batam yang dilaksanakan di Uaditorium Universita Batam - Kecamatan Batam Kota

Peresmian Gebyar 1.000 Kader KB Kota Batam Tahun 2014 yang dilaksanakan di Auditorium Universita Batam – Kecamatan Batam Kota oleh Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, SpGK Selaku Kepala BKKBN Pusat Jakarta

Kegiatan yang diselingi dengan berbagai penampilan seperti senam otak dan persembahan dari Kader KB Kecamatan se – Kota Batam ini berlangsung sejak pukul 11.00 hingga 17.30 Wib yang diisi dengan berbagai kegiatan, baik yang dilaksanakan oleh BKKBN Pusat, BKKBN Propinsi Kepulauan Riau maupun BKKBN Kota Batam yang dikoordinasi oleh Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Batam, Universitas Batam dan Pemerintah Kecamatan Batam Kota, yang dimulai dengan Kuliah Umum bagi mahasiswa dan (Generasi Remaja) GENRE Kota Batam, Bonus Demografi dan Masa Depan, Pembentukan dan Pengukuhan Pusat Informasi Konseling Mahasiswa Universitas Batam, Motivator, Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja serta Gebyar 1.000 Kader KB Tingkat Kota Batam Tahun 2014 yang bertabur hadiah dan doorprise.

Kegiatan yang mendapat kan applause dari Unsur Muspida Kota Batam, dan dihadiri oleh Rektor dan Civitas Akademika beberapa Universitas dan Perguruan Tinggi di Kota Batam (Universitas Riau Kepulauan, Universitas International Batam, Perguruan Tinggi Ibnu Sina, Politeknik Kota Batam dan Perguruan Tinggi Putera Batam) ini dibuka langsung oleh Kepala BKKBN Pusat Jakarta Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, SpGK.

DSCN3083Dalam Sambutannya, Pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Kementerian Pendidikan Nasional dan Dirjen Pendidikan Tinggi Kendiknas ini menyampaikan bahwa sangat penting bagi kita semua untuk mendukung gerakan 2 anak lebih baik diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia mengingat jumlah penduduk kita yang sudah sangat membeludak saat ini. Masalah kependudukan ini bukan hanya menjadi bom waktu yang dapat menimbulkan ledakan dahsyat yang efeknya akan mempengaruhi seluruh aspek kehidupan khususnya bidang ekonomi dan keamanan dengan meningkatnya angka pengggaguran dan kriminalitas. “Saat ini masalah kependudukan adalah salah satu masalah yang sangat urgensi untuk mendapatkan penanganan yang tepat sehingga kedepan dapat meminimalisasi tingginya angka pertumbuhan penduduk yang terjadi satu dekade terahir. Bahkan hal ini telah masuk kedalam salah satu prioritas presiden terpilih Joko Widodo, dan ada rencana akan dibentuk satu kementrian khusus yang menangani masalah kependudukan ini”, ujarnya.

DSCN3079Camat Batam Kota yang diwakili oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Batam Kota, Nina Herlina, SKM mengatakan bahwa, “Camat Batam Kota sangat komitmen terhadap bidang pendidikan dan kesehatan di wilayah Kecamatan Batam Kota sebagai salah satu konsentrasinya dalam mempersiapkan masyarakat Kecamatan Batam Kota yang sehat dan cerdas sebagai pondasi dalam percepatan dan pemerataan pembangunan di wilayah Kecamatan Batam Kota yang berpenduduk terpadat ke-2 di Kota Batam. Hari ini kita menurunkan kekuatan lebih dari 300-an Kader KB Kecamatan Batam Kota sebagai bentuk dukungan penuh terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh BKKBN ini. Kader KB dan PL KB Kecamatan Batam Kota merupakan Kader dan PL KB teraktif di Kota Batam”, Ujarnya.

Narasi by Tim Publikasi Batam Kota

TIM Kabupaten “Kutub Tanpa Salju” Kagumi Batam Kota

Image

Fhoto Bersama, Skretaris Camat Batam Kota dan TIM PATEN Kabupaten Solok Porpinsi Sumatera Barat

Fhoto Bersama, Skretaris Camat Batam Kota dan TIM PATEN Kabupaten Solok Porpinsi Sumatera Barat

Batam Kota, Tim “PATEN” Pemerintah Kabupaten Solok Propinsi Sumatera Barat yang dipimpin langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Solok, Drs. Rerizaldi, MM sangat takjub terhadap Implementasi Sistem Pelayanan Terpadu Kecamatan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Batam Kota, saat menyaksikan secara langsung proses pelayanan prima dalam kunjungan kerja dan studi banding yang meraka laksanakan pada Pemerintah Kota Batam yang langsung dilokuskan pada Kecamatan Batam Kota yang menjadi Pilot Project PATEN Kota Batam, Kamis (15/10).

Kunjungan 7 Orang Tim yang berasal dari Kabupaten penghasil Beras CAREDEK’ beras terbaik di Sumatera Barat ini disambut langsung oleh Camat Batam Kota yang diwakili oleh Chitra Widya, S.Sos, M.Si selaku Sekretaris Camat Batam Kota yang didampingi oleh Ripsodianto selaku Kasi Keamanan dan Ketertiban, Hidayat Hasbi, S.T selaku Kasi Pelayanan dan R. Andhi Nugraha, S.Kom selaku Kasubbag Umum dan Kepegawaian Pemerintah Kecamatan Batam Kota.

DSCN2950Dalam pertemuan yang berlangsung penuh kekeluargaan dan keakraban ini, Chitra Widya, S.Sos, M.Si memaparkan sejarah singkat, profil dan refleksi pelaksanaan pelayanan prima bidang administrasi dan perizinan terhadap masyarakat di Kecamatan Batam Kota yang merupakan salah satu dari 3 tugas dan fungsi Pemerintah Kecamatan selaku provider penyedia pelayanan terhadap barang dan jasa bagi masyarakat di kecamatan yang tidak mampu untuk mereka penuhi sendiri karena masih lemah dan tidak berdaya, hal ini merupakan fungsi adanya birokrasi yang dalam tulisan ini dimaknakan sebagai “Struktur pemerintahan yang berfungsi memproduksi jasa publik dan layanan sipil tertentu berdasarkan kebijakan yang ditetapkan dengan mempertimbangkan berbagai pilihan dari lingkungannya”. Sebagaimana menurut Prof. Dr. I. Nyoman Sumaryadi, Drs., M.Si (2006:244) merujuk Ndraha (2003:521) dalam Otonomi Daerah Khusus dan Birokrasi Pemerintah.

Tambahnya, Kecamatan Batam Kota dalam pelaksanaan PATEN yang menjadi tema kunjungan kerja dan studi banding Tim dari Kabupaten yang terkenal dengan Objek Wisata Danau Singkarak ini, adalah Kecamatan Metropolitan Percontohan di Propinsi Kepulauan Riau khususnya di Kota Batam yang selalu mendapat kunjungan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan harapan apa yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Batam Kota dalam penyelenggaraan Sistem Pemerintahan dan Pelayanan Publik dapat menjadi teladan dan diadopsi didaerah mereka nantinya. “Kecamatan Batam Kota setiap minggunya selalu menerima berbagai kunjungan dari Pemerintah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan beragam jenis tujuan dan keperluan seperti PKK, Posyandu, Sistem Pemerintahan, Pelimpahan Wewenang serta penyelenggaraan PATEN yang merupakan tujuan ter-favorit dalam setiap kunjungan yang mereka laksanakan” pungkasnya.

DSCN2951Drs. Rerizaldi, MM selaku Asisten I Pemerintahan Kabupaten Solok dalam sambutannya memperkenalkan potensi yang sedang dikembangankan di Kabupaten berlambang Ayam Kukuk balinggiek 7 ini. saat ini sedang dikembangkan salah satu Rumah Sakit Paru Terbesar Pertama di Asia Tenggara di Kabupaten penghasil Teh Kayu Aro dan hasil multikultura yang sebagian di ekspor dengan salah satu daerah tujuaannya adalah Kota Batam ini. Kabupaten Solok saat ini sedang berbenah dan mempersolek diri untuk menjadi Kota Taman penghasil bunga Chrisyan dan Beras Merah yang akan menjadi komoditi andalan utama di Kabupaten yang berjarak 30KM arah Utara Kota Padang dengan dataran yang berada pada ketinggian 400-1400m sehingga sering kali disebut ‘Kabupaten Kutub tanpa Salju’, ujarnya.

Tambahnya, terkait dengan hal tersebut hari ini kami melaksanakan kunjungan dan studi banding ke Kecamatan Batam Kota seiring dengan adanya Kebijakan Pelimpahan Wewenang Bupati kepada Camat dan Kebijakan Strategis Pemerintah Kabupaten Solok yang akan segera melaksanakan Pelayanan Adiministrasi Terpadu Kecamatan pada Januari 2015 mendatang. “Dan menurut informasi yang kami terima dari Bagian Tata Pemerintahan Kota Batam, bahwa PATEN pada Pemerintahan Kecamatan Batam Kota ini adalah yang terbaik di Kota Batam, terutama dalam Standar Pelayanan yang telah dilaksanakan dan kelengkapan sarana-prasarana pelayanan yang dimiliki. Kami benar-benar takjub setelah menyaksikan implementasi PATEN di Batam Kota yang telah mampu memaksimalkan dan mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki dengan keterbatasan space ruang pelayanan yang dimiliki. Batam Kota memang sangat layak untuk menjadi percontohan bagi Kecamatan dan Kabupaten/Kota yang belum dan akan melaksanakan PATEN”, pungkasnya.

Narasi by Tim Publikasi Batam Kota

“ORANG” JOGJA Terkesan PATEN-nya Batam Kota

Image

DSCN2939

Fhoto Bersama Tim Study Sistem “PATEN” Kecamatan Ngampilan Kota Yogyakarta dan Camat serta Sekretaris Camat Batam Kota.

Batam Kota, “Pemerintah Kecamatan Ngampilan Kota Yogyakarta yang bersisian langsung dengan Kecamatan Keraton yang merupakan Pusat Kebudayaan Kota Yogyakarta dengan berbagai situs budaya dan tradisi bangunan arsitektur khas Keraton Kesultanan Nga-yogyakarta Hadiningrat yang tetap terpeliharan dengan baik hingga saat ini, sangat terkesan dan kagum terhadap Pemerintah Kecamatan Batam Kota“.

Hal ini diketahui dalam kunjungan Sekretaris Camat Ngampilan dan Jajarannya di Kecamatan Batam Kota, Senin (13/10). Kunjungan Study Sistem Pemerintahan dalam rangka pelaksanaan Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN) pada Pemerintah Kecamatan Batam Kota yang merupakan salah satu Kecamatan Metropilitan dengan kemajemukan dan hegemoni kultur, suku, bahasa dan strata sosial kependudukan yang merupakan refleksi miniatur Indonesia sekaligus Cermin Wajah Kota Batam ini, merupakan salah satu rangkaian program dan kebijakan strategis Pemerintah Kecamatan Ngampilan Kota Yogyakarta tahun 2014 sebagai salah satu persiapan bahan kajian dan materi pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi dalam proses Implementasi Kebijakan PATEN yang telah dilaksanakan di Kecamatan Ngampilan sejak 2 Tahun Terahir.

Chitra Widya, S.Sos, M.Si Sekretaris Camat Batam Kota menerima Cinderamata dari Sekretaris Camat Ngampilan Kota Yogyakarta, Rajwan Taufiq, SIP

Chitra Widya, S.Sos, M.Si Sekretaris Camat Batam Kota menerima Cinderamata dari Sekretaris Camat Ngampilan Kota Yogyakarta, Rajwan Taufiq, SIP

Kunjungan Pemerintah Kecamatan Ngampilan yang diisi dengan introducing, prolog profil, dialog aktif dan diakhiri dengan ramah tamah dan serah terima cinderamata ini diterima langsung oleh Camat Batam Kota yang diwakili oleh Chitra Widya, S.Sos, M.Si selaku Sekretaris Camat Batam Kota, di ruangan Camat Batam Kota yang didampingi oleh Rakhmy, SE selaku Kasi Pemerintahan Batam Kota, Hidayat Hasbi, S.T Selaku Kasi Pelayanan Umum Batam Kota dan Ripsodianto selaku Kasi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Batam Kota.

DSCN8734Chitra Widya, S.Sos, M.Si dalam sambutannya memaparkan sejarah singkat, adminsitrasi wilayah, demografi dan biografi, geografis dan geospasial, sistem pemerintahan hingga realisasi pelaksanaan PATEN pada Pemerintah Kecamatan Batam Kota. “Perbedaan mendasar antara Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Ngampilan adalah pada Struktur Kependudukan dan Sistem Pengelolaan dan Pemanfaatan Lahan. Kalau di Kecamatan Batam Kota ini, Penduduk kami berasal hampir dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia sehingga tidak heran jika kemudian Batam Kota sangat cepat dalam pertumbuhannya berkembang menjadi Kecamatan yang sangat majemuk dan hegemoni dalam kultur dan strata sosial yang ada. Hampir 90%nya adalah pekerja yang memiliki keterbatasan dalam pengurusan dokumen seperti kependudukan atau surat-surat keterangan yang mereka butuhkan. Dengan adanya Kebijakan Pelaksanaan PATEN ini menjadi solusi yang sangat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat dengan sistem pelayanan yang nonstop mulai dari pukul 7.30 pagi hingga pukul 16.00 sore dengan dukungan sumberdaya yang sudah sangat memadai baik dari sisi kualitas maupun kuantitasnya. Biasanya masyarakat banyak memanfaatkan waktu istrirahat kerja mereka untuk melakukan pengurusan dokumen yang mereka butuhkan, yaitu antara pukul 11.00 Wib hingga Pukul 13.00 Wib, sehingga tidak mengganggu jam kerja masyarakat”, Ujarnya.

DSCN2940Rajwan Taufiq, SIP selaku Sekretaris Camat Ngampilan Kota Yogyakarta memperkenalkan sejarah dan beberapa potensi yang telah dikembangkan oleh Kecamatan Ngampilan sehubungan dengan adanya Kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta yang telah melimpahkan beberapa Urusan Pemerintah Kota menjadi kewenangan Pemerintah Kecamatan Ngampilan, seperti Bidang Perizinan : IMB, H/O, Izin PKL (Berdasarkan SK. Camat yang kemudian menjadi Peraturan Walikota), Pondokan dan Reklame (dimana semua objek perizinan tersebut disesuaikan dengan jenis, kategori dan standar hitungan yang diatur melalui Peraturan Pelimpahan Wewenang dalam PATEN Kota Yogyakarta). Disamping itu Pemerintah Kecamatan Ngampilan juga diserahi kewenangan untuk Pemberdayaan UMKM berbasis wilayah dan budaya, mulai dari pelatihan, pembentukan kelompok hingga pada tahap menghasilkan produk untuk menjadi komoditi ekspor baik lokal, nasional hingga international seperti “Usaha Mandiri Bakpia Batok” yang menjadi salah satu brand makanan sekaligus souvenir khas Kota Yogya. Kota Yogya memang terkenal dengan potensi wisata budaya, jika nanti bapak ibu berkunjung ke Yogya jangan lupa mampir ke Ngampilan yang hanya berjarak kurang dari 500m dari Malioboro, ujarnya.

Tambahnya, “Pertemuan singkat ini memberikan kesan yang luar biasa bagi kami yang baru pertama kali datang ke Kota Bata mini, disambut dengan sangat formil dan keramah-tamahan yang benar-benar kekeluargaan sekali. Kami juga sangat terkesan dengan sistem pelayanan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Batam Kota. Standar Pelayanannya sudah sangat baik, mirip sekali dengan sistem pelayanan di Bank-Bank Swasta, maju, disiplin dan tertib tetapi tetap tidak meninggalkan prinsip budaya daerah yang telah terpelihara, pungkas alumni IPDN angkatan 01 asal Yogyakarta ini.

Narasi by Tim Publikasi Batam Kota

PKK Muara Enim “Terpesona” Bina Lansia Batam Kota

Image

Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim, Pokja IV TP. PKK Kota Batam, Ketua TP. PKK Batam Kota, Puskesmas Baloi Permai dan Posyandu Anggur Fhoto Bersama Bina Lansia Batam Kota

Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim, Pokja IV TP. PKK Kota Batam, Ketua TP. PKK Batam Kota, Puskesmas Baloi Permai dan Posyandu Anggur Fhoto Bersama Bina Lansia Batam Kota

Batam Kota, Lagu Mars Bina Lansia Kota Batam yang dibawakan oleh 25 Orang Kelompok Lansia Batam Kota Binaan Puskesmas Baloi Permai menggema di pelataran Posyandu Anggur Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota menyambut Rombongan TP. PKK Kabupaten Muara Enim Propinsi Sumatera Selatan, Kamis (09/10).

Ketua TP. PKK Batam Kota, Ny. Mutadiah Ridwan menerima Cinderamata dari Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim Ny. Sinta Muzakir, Sh, M.Hum

Ketua TP. PKK Batam Kota, Ny. Mutadiah Ridwan menerima Cinderamata dari Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim Ny. Hj. Sinta Muzakir, Sh, M.Hum

Kedatangan Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua TP. PKK Muara Enim, Ny. Hj. Sinta Muzakir, SH, M.Hum ini merupakan rangkaian Agenda Kunjungan Kerja TP. PKK Kabupaten Muara Enim Propinsi Sumatera Selatan dalam rangka study banding di Kota Batam dengan program peningkatan pengetahuan dan pengenalan terhadap sistem manajemen Peningkatan Ketahanan, Keterampilan dan Kesejahteraan Keluarga pada PKK Kota Batam sebagai salah satu upaya dalam mempersiapkan Ketahanan Keluarga yang Cerdas, Terampil dan Sejahtera dalam lingkup pesatnya perkembangan pembangunan di Kabupaten Muara Enim Propinsi Sumatera Selatan. Kunjungan Rombongan TP PKK Muara Enim yang berjumlah sekitar 45 Orang ini disambut langsung oleh Ketua TP. PKK Kecamatan Batam Kota, Ny. Mutadiah Ridwan yang didampingi oleh Pokja IV TP. PKK Kota Batam dan Pengurus Posyandu Anggur Taman Baloi serta Bidang Lansia Puskesmas Baloi Permai.

DSCN2807Mutadiah Ridwan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim beserta Jajarannya di Posyandu Anggur Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota yang merupakan salah satu Finalis Posyandu Nasional Tahun 2013 yang lalu. TP. PKK Kecamatan Batam Kota membina 50 Posyandu yang tersebar pada 6 Kelurahan yang merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) dibawah binaan langsung 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Baloi Permai dan Puskesmas Botania yang dikoordinir oleh TP. PKK masing-masing kelurahan setempat. Melalui Kegiatan UKBM yang merupakan Upaya Kesehatan yang dikelola Dari, Oleh, Untuk dan Bersama Masyarakat dalam penyelenggaraan Pembangunan Kesehatan guna memberdayakan mayarakat dan memberikan pengetahuan serta kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar khususnya dalam rangka meminimalisir angka kematian ibu dan bayi ini, diharapkan nantinya akan tercipta keluarga yang sehat cerdas, terampil dan sejahterah di wilayah Kecamatan Batam Kota sebagai pondasi ketahanan masyarakat dalam upaya partisipasi TP. PKK Kecamatan Batam Kota dalam percepatan pembangunan di Kota Batam. “untuk mengenal Posyandu Anggur dan berbagai prestasi yang telah diraihnya lebih dekat, kami persilahkan kepada ibu-ibu TP. PKK Muara Enim untuk melihat langsung seluruh aktivitas yang diselenggarakan pada Posyandu Terbaik di Kota Batam ini”. Ujarnya.

DSCN2819Ny. Hj. Sinta Muzakir, SH, M.Hum selaku Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya sangat terkesan dengan penyambutan yang luar biasa oleh Pengurus Posyandu Anggur atas kedatangan mereka di Batam Kota. Kunjungan Kerja yang kami laksanakan pada hari ini dimaksudkan untuk menyerap berbagai informasi dan pengetahuan serta mempelajari tentang bagaimana sistem pengelolaan Posyandu di Batam Kota ini, sehingga nantinya dapat kami terapkan di Kabupaten Muara Enim sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan dan ketahanan keluarga yang menjadi tupoksi pada Pokja IV TP. PKK Kabupaten Muara Enim. “saya tidak menyangka akan mendapatkan sambutan yang luar biasa seperti ini, apalagi Bina Lansia Batam Kota yang penuh semangat menyanyikan lagu Mars-nya tadi sebagai salah satu sambutan yang benar-benar memberikan kesan mendalam kepada kami. Banyak sekali yang dapat kami pelajari dan kami peroleh disini khususnya ke-khas-an budaya dan keramah-tamahan yang begitu terpelihara disini, untuk kami bawa pulang sebagai oleh-oleh yang sangat berkesan bagi kami”, pungkasnya.

Acara yang di-sheet dengan berbagai penampilan dan beraneka-ragaman simulasi kegiatan oleh Posyandu, Bina Lansia, Puskesmas Baloi Permai dan TP. PKK Kecamatan Batam Kota ini kemudian diakhiri dengan acara Serah terima Cinderamata, silaturahmi, ramah tamah dan fhoto bersama antara TP. PKK Kabupaten Muara Enim, Pokja IV TP. PKK Kota Batam, TP. PKK Batam Kota, Puskesmas Baloi Permai, Posyandu Anggur dan Bina Lansia Batam Kota.

Narasi By Tim Publikasi Batam Kota

Tim Study Comperhanship Mandingin Terkesan “PATEN” Batam Kota

Image

DSCN2757

Chitra Widya, S.Sos, M.Si Selaku Sekretaris Camat Batam Kota menerima Cinderamata dari Pemerintah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukit Tinggi – Sumatera Barat

Batam Kota, Sebanyak 26 Orang Rombongan Study Comperhanship Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukit Tinggi Propinsi Sumatera Barat berkunjung dan menimba pengetahuan tentang pelaksanaan Pelayanan Terpadu Kecamatan “PATEN” dan Sistem Pemerintahan di Kecamatan Batam Kota, Rabu (08/10).

Tim Study Comperhanship yang terdiri atas Camat, Lurah, Kepala Seksi serta Aparatur Sipil Kecamatan dan Kelurahan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan ini diterima langsung oleh Camat Batam Kota yang diwakili oleh Chitra Widya, S.Sos, M.Si selaku Sekretaris Camat Batam Kota di Aula Kantor Pemerintah Kecamatan Batam Kota. Dalam kunjungan yang penuh keakraban dan persahabatan ini diiisi dengan perkenalan singkat, pemaparan materi dan sesi tanya jawab lalu ditutup dengan ramah tamah dan fhoto bersama.

DSCN2731Chitra Widya, S.Sos, M.Si dalam sambutannya memaparkan secara singkat sejarah terbentuknya Kota Batam yang awalnya diprakarsai oleh Pertamina diawal tahun 1970-an yang kemudian sejak saat itu secara estafet terbentuklah Sistem Pemerintahan di Pulau Batam dari Otorita Batam hingga menjadi Kota Batam yang dipimpin oleh Pemerintah Kota Batam saat ini. ia juga menjelaskan dengan rinci keadaan geografis, goelogis, geospasial, biografi, demografi, profil Kecamatan Batam Kota hingga keberadaan, tugas pokok dan fungsi aparatur sipil hingga pelaksanaan PATEN di Kecamatan Batam Kota yang mulai efektif sejak 1 Januari Tahun 2014 yang diresmikan langsung oleh Kementrian Dalam Negeri, Gubernur Propinsi Kepulauan Riau dan Walikota Batam Desember 2013 yang lalu. “dengan dilaksanakannya PATEN di Batam Kota yang merupakan Instruksi Permendagri Nomor 4 Tahun 2010 dan Perwako Nomor 46 Tahun 2013 ini, secara otomatis semakin meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Batam Kota seiring dengan pertumbuhan dan percepatan pembangunan di wilayah Kecamatan Batam Kota yang telah menjelma menjadi salah satu Kecamatan Metropolitan dan pusat pengembangan ekonomi sektor industri, perdagangan dan agrobisnis di Kota Batam, walaupun usia Kecamatan Batam Kota baru menginjak tahun ke-8 sebagai Kecamatan Hasil Pemekaran dari Kecamatan yang dahulunya bernama Nongsa, namun secara nyata Batam Kota telah berhasil sebagai wilayah kecamatan penyumbang PAD yang bersumber dari pajak daerah terbesar di Kota Batam”, ujarnya.

Tim Study Comperhanship yang dipimpin langsung oleh Emil Achir, S.Sos selaku Camat Mandiangin Kota Selayan ini sangat antusias dan khidmat mengikuti pemaparan materi dan sesi Tanya jawab guna memperoleh informasi sebanyak mungkin tentang pelaksanaan PATEN dan sistem pemerintahan di Kecamatan Batam Kota yang nantinya akan diadopsi dilingkungan kerja mereka.

DSCN2734Emil Achir, S.Sos dalam pemaparannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan Tim Study Comperhanship ini adalah menggali informasi pelayanan publik terkait perencanaan Pemerintah Kota Bukit Tinggi yang akan melaksanakan PATEN pada Januari 2015 mendatang di 3 Kecamatan dan 24 Kelurahan yang ada di Bukit Tinggi. “Khususnya terkait tentang produk hukum (pelimpahan wewenang, Standar Operasional Prosedur, Standar Pelayanan dan lainya) dan produk layanan yang diberikan terhadap masyarakat dalam PATEN yang telah dilaksanakan di Kecamatan Batam Kota serta kelemahan dan potensi yang dapat dioptimalkan oleh Pemerintah Kecamatan Batam Kota mengingat adanya perbedaan budaya, strata sosial, dan sumber potensi PAD serta peraturan yang berlaku antara Batam Kota dan Mandiangin. kemudian nantinya hal ini akan menjadi acuan dan pertimbangan oleh Pemerintah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan untuk diadopsi dan diterapkan dilingkungan tempat kami bekerja” ujar Camat Mandingin Koto Selayan yang merupakan Kecamatan dengan luas wilayah terbesar di Kota yang akan berulang tahun ke-232 pada 22 Desember tahun 2014 ini.

Narasi by Tim Publikasi Batam Kota.

Pembinaan AKHLAK MULIA oleh TP. PKK Batam Kota

Image

DSCN2481

Ratusan Ibu – Ibu Masyarakat Kecamatan Batam Kota Antusias dalam Pembinaan Akhlak Mulia di Masjid Bidayatul Hidayah Batam Kota

Batam Kota, Tim Penggerak PKK Kecamatan Batam Kota yang di fasilitasi oleh Pemerintah Kecamatan Batam Kota terus berupaya dalam memberikan dukungan terhadap peningkatan dan percepatan pembangunan di Wilayah Kecamatan Batam Kota melalui “Peningkatan Ketahanan, Keterampilan dan Kesejahteraan Keluarga Masyarakat Batam Kota dalam rangka mempersiapkan Masyarakat Batam Kota yang Beriman, Terampil, Cerdas, dan Sejahterah menyongsong Kota Batam Bandar Dunia yang madani”.

Peran serta TP. PKK Kecamatan Batam Kota dalam mempersiapkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga ini sangat dirasakan dalam pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Batam Kota dewasa ini seiring dengan laju pertumbuhan Kecamatan Batam Kota yang sangat cepat dan geliat pembangunan yang terus meningkat serta berkembang menjadi salah satu Kecamatan Metropolitan di Kota Batam.

DSCN2498

Camat Batam Kota, Ketua TP. PKK Batam Kota, Ketua Pokja I TP. PKK Kota Batam mendampingi Ketua TP. PKK Kota Batam Ibu Maria Dahlan memberikan Bantuan Pembinaan Kepada Ketua Majelis Taklim Masjid Bidayatul Hidayah Batam Kota

Salah satu kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang terus menerus dibina dan dilaksanakan oleh TP. PKK Kecamatan Batam Kota adalah PROGRAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA” yang ditujukan guna membentuk kepribadian masyarakat Batam Kota yang siap bersaing dalam pembangunan di Kota Batam dengan mengedepankan iman dan akhlak mulia. Mengambil tempat di Masjid Bidayatul Hidayah Perumahan Bida Asri II Kelurahan Belian TP. PKK Kecamatan Batam Kota mengundang ratusan ibu-ibu TP. PKK Kelurahan, BKMT, Permata serta masyarakat se – Kecamatan Batam Kota, Selasa (30/09). Acara yang dirangkaikan dengan Silaturahmi menyambut Hari Raya Idul Qurban 1435H/ 2014M dibuka langsung oleh Ketua TP. PKK Kota Batam Ibu Mariana Dahlan dan dimeriahkan dengan tausiah dari Ustadz Lasudin Abdul Karim.

DSCN2473 - CopyMariana Dahlan dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan nantinya akan terus lahir kader ibu-ibu yang selalu siap dalam mendukung para suami yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Batam dengan mempersiapkan Ketahanan Rumah Tangga yang Beriman, Cerdas dan Sejahterah serta memiliki pengetahuan yang cukup dalam mempersiapkan anak-anak kita yang nantinya akan menjadi cikal bakal generasi penerus pembangunan di Kota Batam. “Saya berharap melalui kegiatan ini ibu-ibu dapat terus menerus meningkatkan kemampuannya melalui pembinaan rutin yang berkesinambungan baik oleh TP. PKK Kelurahan, Kecamatan maupun Kota Batam. Untuk itu ibu-ibu sudah waktunya harus berani untuk terus tampil dan menjadi yang terbaik dalam setiap kesempatan”, ujarnya.

DSCN2416Mutadiah Ridwan, selaku Ketua TP. PKK Kecamatan Batam Kota yang menjadi penanggung jawab kegiatan ini menyampaikan bahwa kegaitan ini sepenuhnya merupakan hasil kerjasama TP. PKK Kelurahan dan Kecamatan Batam Kota melalui Kelompok Kerja I yang dikoordinasi oleh Ketua Pokja I TP. PKK Kota Batam. Maksud dan tujuan Kegiatan ini adalah Pemibaan Akhlak Mulia yang ditujukan kepada ibu-ibu masyarakat Batam Kota yang merupakan pondasi dalam ketahanan keluarga dan menjadi benteng utama terhadap kuatnya arus budaya asing dalam pergaulan kehidupan perkotaan seperti di Kota Batam ini. ”Batam Kota yang merupakan Ibu Kota dan Pusat Pemerintahan Kota Batam, dibutuhkan pengetahuan, keterampilan, kecerdasan, iman, akhlak mulia dan kesejahteraan dalam keluarga agar mampu bersaing dalam partisipasi pembangunan dan tidak tergerus oleh kemajuan zaman yang sudah serba digital dewasa ini”, ujarnya, dalam acara yang di selingi dengan pemeberian bantuan pembinaan oleh Ketua TP. PKK Kota Batam, Mariana Dahlan kepada ibu-ibu majelis taklim Masjid Bidayatul Hidayah ini .

 Narasi by Tim Publikasi Batam Kota

Batam Kota Bertabur Hadiah `2014

Image

DSCN2084

Ribuan Masyarakat Semangat Mengikuti Kegiatan Senam Pagi Sehat

Batam Kota, Lebih dari lima ribu-an masyarakat tumpah ruah di Pelataran Botania Plaza Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota antusias memeriahkan Acara Puncak Peringatan HUT RI Ke-69 Tingkat Kecamatan Batam Kota, Minggu (28/09).

DSCN2255

Walikota Batam, Ketua PKK Kota Batam, Camat Batam Kota dan Ketua PKK Batam Kota menyerahkan hadiah Kulkas Panasonic 2 Pintu Kepada pemenang undian Doorprice

Acara yang diawali dengan Kegiatan Senam Sehat dan dilanjutkan dengan Gerak Jalan Santai 3 KM dan pembagian hadiah Doorprice dan Hiburan Rakyat ini dibuka secara resmi oleh Drs. H. Ahmad Dahlan, MH Selaku Walikota Batam didampingi oleh Ketua PKK Kota Batam Ibu Mariana Dahlan dan Unsur Muspida Kota Batam.

DSCN2239Ahmad Dahlan Dalam Sambutannya menyampaikan bahwa Kecamatan Batam Kota yang berpenduduk hampir 135 ribu jiwa ini merupakan Kecamatan terpadat kedua di Kota Batam dan merupakan salah satu Kecamatan Metropolis sekaligus Ibu Kota – Kota Batam yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan industri serta kawasan pariwisata dengan ke-aneka ragaman penduduk yang sangat majemuk dan secara tidak langsung menjadi cerminan Kota Batam bagi daerah lain yang berkunjung ke Kota Batam. “untuk itu saya menitipkan pesan agar masyakat Kecamatan Batam Kota dapat terus menjaga kondusifitas dan keamanan di wilayah Kecamatan Batam Kota ini yang juga merupakan Gerbang Kota Batam”, ujarnya.

DSCN2217Ridwan Afandi, M.Eng dalam Laporannya menyampaikan bahwa Acara ini terselenggara atas kerjasama seluruh masyarakat Kecamatan Batam Kota serta sponsor yang bersumber dari pihak ketiga yang sifatnya tidak mengikat. Untuk itu kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara kita hari ini khususnya kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah bekerja siang dan malam dalam mempersiapkan acara kita pada hari ini. “kami telah menyiapkan berbagai hadiah menarik yang dipersembahkan untuk masyarakat Kecamatan Batam Kota yang telah mengikuti kegiatan Senam Sehat dan Gerak Jalan santai hari ini, diantaranya 5 Buah Kulkas, 5 Buah Mesin Cuci, 2 Sepda Gunung, Sepeda 3 Anak-anak, 3 TV LED, Microwave, Dispenser, Kompor Gas, Hanphone, Mixer, dan ratusan hadiah menarik lainnya serta hadiah utama 1 unit Sepeda Motor bagi pemegang kupon yang beruntung, mari kita sukseskan acara kita hari ini, dan kita meriahkan bersama acara hiburan rakyat yang telah dipersiapkan oleh panitia penyelenggara”, ujarnya.

Narasi by Tim Publikasi Batam Kota

BATAM KOTA Lokus Perdana Perda Nomor 11 Tahun 2013

Image

DSCN2076Batam Kota, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Batam Kota menjadikan Kecamatan Batam Kota sebagai salah satu lokus pelaksanaan Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Batam yang merupakan Perubahan terhadap Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 5 Tahun 2007 Tentang Kebersihan di Kota Batam, Kamis (25/09) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Batam Kota.

DSCN2054Acara yang dimoderatori oleh Drs. Aisirin Selaku Kepala Bidang Program Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam ini dihadiri oleh Ir. H. Riki Indrakari (Anggota Komisi III DPRD Kota Batam), Dr. Eng Amir Rusli (Pejabat Fungsional DKP Kota Batam) dan Yudi Atmajianto, S.STP (Kabid Kebersihan DKP Kota Batam) selaku Nara sumber, serta Sekitar 70 Orang Masyarakat yang merupakan Tokoh RT/RW, Agama, Pemuda, Profesi, Aktifis dan Organisasi yang berdomisili di wilayah Kecamatan Batam Kota.

DSCN2077Ridwan Afandi, S.STP, M.Eng selaku Camat Batam Kota yang diwakilli oleh Ripsodianto Kasi Tramtib Kecamatan Batam Kota dalam sambutannya yang membuka secara resmi acara sosialisasi tersebut menyampaikan pesan Camat Batam Kota bahwa selaku Camat Batam Kota ia sangat mendukung dilaksanakannya berbagai kegiatan sosialisasi diwilayah Kecamatan Batam Kota khususnya terhadap masyarakat yang menjadi peserta secara langsung terkait berbagai kebijakan yang telah di keluarkan oleh Pemerintah di Kota Batam. “Hal ini terkait dengan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam proses pembangunan yang digeliatkan di wilayah Kecamatan Batam Kota sebagai daerah yang menjadi cermin wajah Kota Batam sangat membutuhkan landasan pengetahuan hukum dan aturan, serta pondasi teknis iptek yang kuat dimasyarakat sebagai tuntutan kesiapan kita dalam pengembangan Kecamatan Batam Kota sebagai Kecamatan Metropolitan di Kota Batam”, ujarnya.

DSCN2064Yudi Atmajianto, S.STP selaku Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Batam menyampaikan bahwa dibutuhkan peran serta masyarakat untuk menginformasikan berbagai permasalahan sampah dan kebersihan di Kota Batam untuk penanganannya, hal ini dapat disampaikan melalui call center (0778) – 7035190 atau menggunakan media sosial seperti Facebook dan Twitter DKP Kota Batam. Saat ini kita baru memiliki 1 orang Pengawas dan 1 Unit Lori Sampah untuk kbutuhan khusus dan Urgensi di setiap Kecamatan, namun di Tahun 2015 hal ini sepenuhnya akan menjadi domain DKP dengan adanya Peraturan Daerah Nomor 11 yang kita sosialisasikan hari ini. “Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat membantu menjaga kebersihan di Kota Batam melalui penumbuhan dan peningkatan kesadaran menjaga kebersihan yang dimulai dari rumah tangga kita sendiri”, Ujarnya.

DSCN2047Ir. H. Riki Indrakari selaku Anggota DPRD Kota Batam yang menjadi salah satu penggiat terbitnya Peraturan Daerah ini menyampaikan bahwa salah satu maksud dan tujuan dari perda ini adalah membentuk paradigma Batam Bersih Sampah pada setiap individu masyarakat di Kota Batam melalui 5 aspek yaitu : pertama Aspek Hukum, yakni penegakan perda itu sendiri melalui terbentuknya Gugus Tugas yang terdiri atas DKP, Pengadilan Negeri, Poltabes Barelang dan Satpol PP Kota Batam. Aspek Kelembagaan yaitu ada 19 SOP yang harus segera diselesaikan oleh DKP melalui Perwako agar dapat melaksanakan tugas sebagaimana yang diharapkan. Aspek Budaya, salah satunyanya kita akan usahakan pengelolaan sampah dan kebersihan ini masuk kedalam kurikulum pendidikan disekolah melalui kegiatan ekstrakulikuler sehingga terbentuk budaya bersih sejak dini di Kota Batam. Aspek Ekonomi, melalui perda ini memerintahkan kepada seluruh pihak bukan hanya masyarakat tetapi juga badan usaha seperti Industri, Pelabuhan, Pariwisata dan lainya untuk turut serta dalam membangun Kota Batam yang sehat, bersih, indah dan nyaman melalui peran serta melaksanakan sistem 3R sebelum sampah diangkut ke TPA nantinya. Kita akan segera melakukan pemetaan terhadap pihak-pihak yang terkait hal tersebut. Dan terakhir Aspek Teknologi, kita akan lengkapi pengelolaan sampah di Kota Batam ini dengan kemampuan teknologi terkini sehingga dapat memudahkan pengerjaannya mulai dari hulu (rumah tangga dan industri) hingga ke hilirnya (TPA). Khusus untuk TPA ini nantinya membutuhkan teknologi tersendiri yaitu Tipping Fee yang nantinya akan dibentuk Peraturan Daerah tersendiri dalam pelaksanaannya dilapangan, pungkasnya.

Narasi by Tim Publikasi Batam Kota

4 Pilar Kebangsaan Menggaung di Batam Kota

Image

DSCN1570Batam Kota, Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) yang difasilitasi oleh Pemerintah Kecamatan Batam Kota sukses menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (UUD-NRI Tahun 1945, NKRI, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika) di Wilayah Kecamatan Batam Kota” yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Perumahan Taman Raya Tahap II RW. 35 Kelurahan Belian, Jum`at (12/09).

DSCN1506Acara yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang peserta yang merupakan Tokoh Masyarakat, Tokoh RT/RW, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Aktivis dan Lembaga Kemasyarakat dan Organisasi Profesi ini dibuka langsung oleh Anggota MPR-RI Rahadi Zakaria Dalam sambutannya ia menyampaikan sejarah singkat tentang perjuangan para pahlawan kemerdekaan dan jasa para pendiri bangsa ini yang menghendaki tercapainya cita-cita luhur kemerdekaan Indoneseia. “kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan tentang pentingnya membangun pemahaman masyarakat tentang 4 Pilar yang menjadi pondasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sekaligus menjadi jati diri bangsa Indonesia di mata dunia internasional. Hal ini menjadi sangat urgen saat ini dengan semakin tingginya ekspansi budaya asing yang masuk ke Indonesia yang secara otomatis mempengaruhi tatanan dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang kental dengan budaya lokal sehingga tidak semakin tergerus dan dapat mempertahankan jati diri kita sebagai bangsa yang berbudaya dan menjaga integritas bangsa”, ujarnya.

DSCN1526Ridwan Afandi, M.Eng selaku Camat Batam Batam Kota dalam sambutanya menyampaikan bahwa ia sangat bangga Kecamatan Batam Kota menjadi pilihan tempat pelaksanaan sosialisasi 4 Pilar ini mengingat hal ini dapat menambah wawasan sekaligus mengikat tali silaturahmi yang semakin kokoh ditengah kemajumemukan masyarakat di Wilayah Kecamatan Batam Kota yang merupakan cermin dari hampir seluruh budaya dan suku bangsa yang ada di Indonesia (sabang-merauke). Dengan jumlah penduduk terpadat di Kota Batam, kehidupan masyarakat diwilayah Kecamatan Batam Kota ini merupakan contoh kehidupan yang paling pas dengan apa yang menjadi ruh dari 4 Pilar itu sendiri. “Sangat tepat rasanya jika kami mengatakan bahwa semangat dari 4 Pilar ini sejatinya telah teraplikasi dengan baik dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat di Kecamatan Batam Kota yang sangat majemuk ini”, ujarnya.

DSCN1512Wahidin Ismail, Anggota DPD Papua Barat yang menjadi salah satu Narasumber dalam pemaparan materi 4 Pilar menyampaikan dengan rinci tentang sejarah, pelaksanaan, permasalahan yang berkembang dan berbagai usaha yang telah dilaksanakan oleh Lembaga tinggi Negara seperti Presiden, DPR-MPR RI, MA dan MK dalam menjaga, mempertahankan dan mengembangkan semangat 4 Pilar Kebangsaan yang menjadi jati diri dan pondasi utama bangsa Indonesia dalam usaha mengisi Kemerdekaan dalam citra pembangunan. Ia mengajak kepada seluruh peserta sosialisasi untuk benar-benar memahami materi dan meneruskannya kepada masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggalnya sehingga maksud dan tujuan dari sosialisasi ini dapat tercapai secara maksimal. Dalam acara yang berlangsung sangat hikmad ini juga diwarnai dengan tanya jawab antara para aktivis dan tokoh-tokoh Kecamatan Batam Kota dengan Nara Sumber yang ada. Acara kemudian ditutup dengan kegiatan ramah tamah dan makan bersama seluruh peserta, panitia dan nara sumber yang hadir dalam acara ini.

Narasi by Tim Publikasi Batam Kota