Batam Kota Bertabur Hadiah `2014

Image

DSCN2084

Ribuan Masyarakat Semangat Mengikuti Kegiatan Senam Pagi Sehat

Batam Kota, Lebih dari lima ribu-an masyarakat tumpah ruah di Pelataran Botania Plaza Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota antusias memeriahkan Acara Puncak Peringatan HUT RI Ke-69 Tingkat Kecamatan Batam Kota, Minggu (28/09).

DSCN2255

Walikota Batam, Ketua PKK Kota Batam, Camat Batam Kota dan Ketua PKK Batam Kota menyerahkan hadiah Kulkas Panasonic 2 Pintu Kepada pemenang undian Doorprice

Acara yang diawali dengan Kegiatan Senam Sehat dan dilanjutkan dengan Gerak Jalan Santai 3 KM dan pembagian hadiah Doorprice dan Hiburan Rakyat ini dibuka secara resmi oleh Drs. H. Ahmad Dahlan, MH Selaku Walikota Batam didampingi oleh Ketua PKK Kota Batam Ibu Mariana Dahlan dan Unsur Muspida Kota Batam.

DSCN2239Ahmad Dahlan Dalam Sambutannya menyampaikan bahwa Kecamatan Batam Kota yang berpenduduk hampir 135 ribu jiwa ini merupakan Kecamatan terpadat kedua di Kota Batam dan merupakan salah satu Kecamatan Metropolis sekaligus Ibu Kota – Kota Batam yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan industri serta kawasan pariwisata dengan ke-aneka ragaman penduduk yang sangat majemuk dan secara tidak langsung menjadi cerminan Kota Batam bagi daerah lain yang berkunjung ke Kota Batam. “untuk itu saya menitipkan pesan agar masyakat Kecamatan Batam Kota dapat terus menjaga kondusifitas dan keamanan di wilayah Kecamatan Batam Kota ini yang juga merupakan Gerbang Kota Batam”, ujarnya.

DSCN2217Ridwan Afandi, M.Eng dalam Laporannya menyampaikan bahwa Acara ini terselenggara atas kerjasama seluruh masyarakat Kecamatan Batam Kota serta sponsor yang bersumber dari pihak ketiga yang sifatnya tidak mengikat. Untuk itu kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara kita hari ini khususnya kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah bekerja siang dan malam dalam mempersiapkan acara kita pada hari ini. “kami telah menyiapkan berbagai hadiah menarik yang dipersembahkan untuk masyarakat Kecamatan Batam Kota yang telah mengikuti kegiatan Senam Sehat dan Gerak Jalan santai hari ini, diantaranya 5 Buah Kulkas, 5 Buah Mesin Cuci, 2 Sepda Gunung, Sepeda 3 Anak-anak, 3 TV LED, Microwave, Dispenser, Kompor Gas, Hanphone, Mixer, dan ratusan hadiah menarik lainnya serta hadiah utama 1 unit Sepeda Motor bagi pemegang kupon yang beruntung, mari kita sukseskan acara kita hari ini, dan kita meriahkan bersama acara hiburan rakyat yang telah dipersiapkan oleh panitia penyelenggara”, ujarnya.

Narasi by Tim Publikasi Batam Kota

BATAM KOTA Lokus Perdana Perda Nomor 11 Tahun 2013

Image

DSCN2076Batam Kota, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Batam Kota menjadikan Kecamatan Batam Kota sebagai salah satu lokus pelaksanaan Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Batam yang merupakan Perubahan terhadap Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 5 Tahun 2007 Tentang Kebersihan di Kota Batam, Kamis (25/09) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Batam Kota.

DSCN2054Acara yang dimoderatori oleh Drs. Aisirin Selaku Kepala Bidang Program Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam ini dihadiri oleh Ir. H. Riki Indrakari (Anggota Komisi III DPRD Kota Batam), Dr. Eng Amir Rusli (Pejabat Fungsional DKP Kota Batam) dan Yudi Atmajianto, S.STP (Kabid Kebersihan DKP Kota Batam) selaku Nara sumber, serta Sekitar 70 Orang Masyarakat yang merupakan Tokoh RT/RW, Agama, Pemuda, Profesi, Aktifis dan Organisasi yang berdomisili di wilayah Kecamatan Batam Kota.

DSCN2077Ridwan Afandi, S.STP, M.Eng selaku Camat Batam Kota yang diwakilli oleh Ripsodianto Kasi Tramtib Kecamatan Batam Kota dalam sambutannya yang membuka secara resmi acara sosialisasi tersebut menyampaikan pesan Camat Batam Kota bahwa selaku Camat Batam Kota ia sangat mendukung dilaksanakannya berbagai kegiatan sosialisasi diwilayah Kecamatan Batam Kota khususnya terhadap masyarakat yang menjadi peserta secara langsung terkait berbagai kebijakan yang telah di keluarkan oleh Pemerintah di Kota Batam. “Hal ini terkait dengan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam proses pembangunan yang digeliatkan di wilayah Kecamatan Batam Kota sebagai daerah yang menjadi cermin wajah Kota Batam sangat membutuhkan landasan pengetahuan hukum dan aturan, serta pondasi teknis iptek yang kuat dimasyarakat sebagai tuntutan kesiapan kita dalam pengembangan Kecamatan Batam Kota sebagai Kecamatan Metropolitan di Kota Batam”, ujarnya.

DSCN2064Yudi Atmajianto, S.STP selaku Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Batam menyampaikan bahwa dibutuhkan peran serta masyarakat untuk menginformasikan berbagai permasalahan sampah dan kebersihan di Kota Batam untuk penanganannya, hal ini dapat disampaikan melalui call center (0778) – 7035190 atau menggunakan media sosial seperti Facebook dan Twitter DKP Kota Batam. Saat ini kita baru memiliki 1 orang Pengawas dan 1 Unit Lori Sampah untuk kbutuhan khusus dan Urgensi di setiap Kecamatan, namun di Tahun 2015 hal ini sepenuhnya akan menjadi domain DKP dengan adanya Peraturan Daerah Nomor 11 yang kita sosialisasikan hari ini. “Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat membantu menjaga kebersihan di Kota Batam melalui penumbuhan dan peningkatan kesadaran menjaga kebersihan yang dimulai dari rumah tangga kita sendiri”, Ujarnya.

DSCN2047Ir. H. Riki Indrakari selaku Anggota DPRD Kota Batam yang menjadi salah satu penggiat terbitnya Peraturan Daerah ini menyampaikan bahwa salah satu maksud dan tujuan dari perda ini adalah membentuk paradigma Batam Bersih Sampah pada setiap individu masyarakat di Kota Batam melalui 5 aspek yaitu : pertama Aspek Hukum, yakni penegakan perda itu sendiri melalui terbentuknya Gugus Tugas yang terdiri atas DKP, Pengadilan Negeri, Poltabes Barelang dan Satpol PP Kota Batam. Aspek Kelembagaan yaitu ada 19 SOP yang harus segera diselesaikan oleh DKP melalui Perwako agar dapat melaksanakan tugas sebagaimana yang diharapkan. Aspek Budaya, salah satunyanya kita akan usahakan pengelolaan sampah dan kebersihan ini masuk kedalam kurikulum pendidikan disekolah melalui kegiatan ekstrakulikuler sehingga terbentuk budaya bersih sejak dini di Kota Batam. Aspek Ekonomi, melalui perda ini memerintahkan kepada seluruh pihak bukan hanya masyarakat tetapi juga badan usaha seperti Industri, Pelabuhan, Pariwisata dan lainya untuk turut serta dalam membangun Kota Batam yang sehat, bersih, indah dan nyaman melalui peran serta melaksanakan sistem 3R sebelum sampah diangkut ke TPA nantinya. Kita akan segera melakukan pemetaan terhadap pihak-pihak yang terkait hal tersebut. Dan terakhir Aspek Teknologi, kita akan lengkapi pengelolaan sampah di Kota Batam ini dengan kemampuan teknologi terkini sehingga dapat memudahkan pengerjaannya mulai dari hulu (rumah tangga dan industri) hingga ke hilirnya (TPA). Khusus untuk TPA ini nantinya membutuhkan teknologi tersendiri yaitu Tipping Fee yang nantinya akan dibentuk Peraturan Daerah tersendiri dalam pelaksanaannya dilapangan, pungkasnya.

Narasi by Tim Publikasi Batam Kota

4 Pilar Kebangsaan Menggaung di Batam Kota

Image

DSCN1570Batam Kota, Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) yang difasilitasi oleh Pemerintah Kecamatan Batam Kota sukses menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (UUD-NRI Tahun 1945, NKRI, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika) di Wilayah Kecamatan Batam Kota” yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Perumahan Taman Raya Tahap II RW. 35 Kelurahan Belian, Jum`at (12/09).

DSCN1506Acara yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang peserta yang merupakan Tokoh Masyarakat, Tokoh RT/RW, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Aktivis dan Lembaga Kemasyarakat dan Organisasi Profesi ini dibuka langsung oleh Anggota MPR-RI Rahadi Zakaria Dalam sambutannya ia menyampaikan sejarah singkat tentang perjuangan para pahlawan kemerdekaan dan jasa para pendiri bangsa ini yang menghendaki tercapainya cita-cita luhur kemerdekaan Indoneseia. “kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan tentang pentingnya membangun pemahaman masyarakat tentang 4 Pilar yang menjadi pondasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sekaligus menjadi jati diri bangsa Indonesia di mata dunia internasional. Hal ini menjadi sangat urgen saat ini dengan semakin tingginya ekspansi budaya asing yang masuk ke Indonesia yang secara otomatis mempengaruhi tatanan dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang kental dengan budaya lokal sehingga tidak semakin tergerus dan dapat mempertahankan jati diri kita sebagai bangsa yang berbudaya dan menjaga integritas bangsa”, ujarnya.

DSCN1526Ridwan Afandi, M.Eng selaku Camat Batam Batam Kota dalam sambutanya menyampaikan bahwa ia sangat bangga Kecamatan Batam Kota menjadi pilihan tempat pelaksanaan sosialisasi 4 Pilar ini mengingat hal ini dapat menambah wawasan sekaligus mengikat tali silaturahmi yang semakin kokoh ditengah kemajumemukan masyarakat di Wilayah Kecamatan Batam Kota yang merupakan cermin dari hampir seluruh budaya dan suku bangsa yang ada di Indonesia (sabang-merauke). Dengan jumlah penduduk terpadat di Kota Batam, kehidupan masyarakat diwilayah Kecamatan Batam Kota ini merupakan contoh kehidupan yang paling pas dengan apa yang menjadi ruh dari 4 Pilar itu sendiri. “Sangat tepat rasanya jika kami mengatakan bahwa semangat dari 4 Pilar ini sejatinya telah teraplikasi dengan baik dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat di Kecamatan Batam Kota yang sangat majemuk ini”, ujarnya.

DSCN1512Wahidin Ismail, Anggota DPD Papua Barat yang menjadi salah satu Narasumber dalam pemaparan materi 4 Pilar menyampaikan dengan rinci tentang sejarah, pelaksanaan, permasalahan yang berkembang dan berbagai usaha yang telah dilaksanakan oleh Lembaga tinggi Negara seperti Presiden, DPR-MPR RI, MA dan MK dalam menjaga, mempertahankan dan mengembangkan semangat 4 Pilar Kebangsaan yang menjadi jati diri dan pondasi utama bangsa Indonesia dalam usaha mengisi Kemerdekaan dalam citra pembangunan. Ia mengajak kepada seluruh peserta sosialisasi untuk benar-benar memahami materi dan meneruskannya kepada masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggalnya sehingga maksud dan tujuan dari sosialisasi ini dapat tercapai secara maksimal. Dalam acara yang berlangsung sangat hikmad ini juga diwarnai dengan tanya jawab antara para aktivis dan tokoh-tokoh Kecamatan Batam Kota dengan Nara Sumber yang ada. Acara kemudian ditutup dengan kegiatan ramah tamah dan makan bersama seluruh peserta, panitia dan nara sumber yang hadir dalam acara ini.

Narasi by Tim Publikasi Batam Kota

Benchmarking Kabupaten Bulungan Adopsi Pelayanan Batam Kota

Batam Kota, Pemerintah Kecamatan Batam Kota mendapat kehormatan menjadi lokus Kegiatan Benchmarking Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan III Kabupaten Bulungan Propinsi Kalimantan Utara, Rabu (03/09). Rombongan Peserta Benchmarking yang berjumlah 30 Orang Peserta dan 7 Orang Coach ini disambut langsung oleh … Selengkapnya

Anjangsana TK. Charitas “Karakter Anak harus dilandasi Akhlak, Norma dan Nilai Budaya Lokal”

Batam Kota, sebagai wujud dukungan terhadap perkembangan Dunia Pendidikan di Kecamatan Batam Kota pengembangan ilmu pengetahuan terhadap anak usia dini, Pemerintah Kecamatan Batam Kota menerima anjangsana dari Lembaga Pendidikan Tingkat Usia Dini Taman Kanak-Kanak Charitas Bukit Indah Sukajadi, Selasa (02/09) … Selengkapnya

Hadirilah Halal Bi Halal Pimpinan Daerah Kota Batam, Dimeriahkan Tausiah Ustadz Syauqi Zainuddin MZ

Camat Batam Kota Bersama ini Mengundang Kepada Seluruh Masyarakat Kecamatan Batam Kota untuk dapat Meramaikan dan Mensukseskan Acara Halal Bi Halal Walikota dan Wakil Walikota Batam Bersama Masyarakat Kecamatan Batam Kota, Sabtu 30 Agustus 2014 Pukul 19.30 Wib Bertempat di … Selengkapnya

Batam Kota Sosialisasi dan Finalisasi Halal Bi Halal Bersama Walikota dan Wakil Walikota Batam

Batam Kota, Semakin dekatnya pelaksanaan Acara Halal Bi Halal Walikota Batam dan Wakil Walikota Batam bersama Masyarakat Kecamatan Batam Kota yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2014 pukul 19.30 Wib yang akan dimeriahkan oleh Ustadz Syauqi Zainudin MZ, Pemerintah … Selengkapnya