Profil Kecamatan

  1. Sejarah Seingkat Kecamatan Belakang PadangSecara historis merupakan Ibu Kota Kecatamatan Batam ketika masih berada dibawah Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Riau  ( Asisten Wedana ) dan merupakan Kecamatan tertua yang hampir terlupakan dari gerak pembangunan Kota Batam. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 tahun 1983 tanggal 24 Desember 1983 Wilayah Kecamatan terpecah menjadi tiga bagian Kecamatan yaitu : Kecamatan Batam Barat, Kecamatan Batam Timur dan Kecamatan Belakang Padang sendiri, sesuai Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 4 Tahun 2002 tentang perubahan status Desa menjadi Kelurahan  ( Lembaran Daerah Kota Batam tahun 2002 Nomor 20 Seri D ), Desa di Kecamatan Belakang Padang dirubah status menjadi Kelurahan yaitu Kelurahan Belakang Padang, Kelurahan Pulau Terong, Kelurahan Pecong, Kelurahan Kasu dan Kelurahan Pemping. Kemudian berdasarkan Perda Kota Batam Nomor 2 tahun 2005 tentang Pemekaran, Perubahan dan Pembentukan Kecamatan dan Kelurahan dalam daerah Kota Batam ( Lembaran Daerah Kota Batam tahun 2005 Nomor 65 Seri E ) Belakang Padang mengalami perubahan pada tingkat Pemerintahan Kelurahan, yang semula lima Kelurahan menjadi enam Kelurahan yaitu :
    1. Kelurahan Sekanak Raya ;
    2. Kelurahan Tanjung Sari ;
    3. Kelurahan Pulau Terong ;
    3. Kelurahan Pemping ;
    4. Kelurahan Kasu ;
    5. Kelurahan Pecong
    Kecamatan Belakang Padang Memiliki luas laut lebih besar dari daratan dengan luas daratan 69,12 KM2 dan luas lautan 512,428 KM2 ( Bidang Pemutaran Dasar Rupabumi –PDRTR- Bakosurtanal TA 2006 )
  2. G E O G R A F I

    2.1 LETAK

     Kecamatan Belakang Padang terletak diantara :

    13°30. Lintang Utara

    103° 51. Bujur Timur

     

    2.2.  BATAS

     Berdasarkan hasil pemetaan tapal batas antar kelurahan dan kecamatan se Kota Batam, Kecamatan  Belakang Padang berbatasan dengan :

    Sebelah Utara              :  Laut

    Sebelah Selatan           :  Laut

    Sebelah Barat              :  Laut

    Sebelah Timur              :  Kecamatan Sekupang, Batuaji dan Bulang

    2.3.  GEOLOGI

    Wilayah Kecamatan Belakang Padang tidak seperti kecamatan-kecamatan lainnya, yang wilayahnya sebagian besar berada di Pulau Batam. Kecamatan Belakang Padang juga terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil yang penyebaran penduduknya tidak merata.  Sehingga ada beberapa tempat yang sulit untuk dijangkau.  Kecamatan Belakang Padang terdiri dari 140 buah pulau, 43 buah diantaranya telah berpenghuni dan sisanya 97 buah pulau lagi sementra belum berpenghuni.

    Permukaan tanah di Kecamatan Belakang Padang pada umumnya dapat di golongkan datar dengan variasi bukit-bukitan. Ketinggian maksimum wilayah Kecamatan Belakang Padang 128 meter di atas permukaan laut dan juga terdapat sungai-sungai kecil.

     

    2.4.  IKLIM

    Wilayah Kota Batam termasuk Kecamatan Belakang Padang mempunyai iklim tropis dengan suhu minimum berkisar antara  21,2 oC – 23,5  oC dan suhu maksimum 31,6  oC  – 34,2  oC





Ubah ke tampilan mobile