BAB VI

BAB VI INDIKATOR KINERJA KECAMATAN BULANG KOTA BATAM MENGACU PADA RPJMD 2011-2016 Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam 2011-2016 ini dijadikan pedoman bagi SKPD dalam penyusunan Rencana Strategis semua SKPD yang ada di Kota Batam. Dengan penyusunan Renstra diharapkan dapat memberikan arahan dalam melakukan Perencanaan Pembangunan, Kemudiian dengan Renstra ini diharapkan dapat dijadikan pedoman dalam rangka mengoptimalisasi pemanfaatan pengembangan berbagai potensi dan sumber daya yang tersedia agar dapat disejalankan dengan kemajuan yang telah dicapai dibidang kemasyarakatan dan pembangunan. Bila dilihat dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kota Batam Tahun 2011 – 2016, keterkaiatannya dengan Rencana Strategis Kecamatan Bulang (Renstra Kecamatan Bulang) Tahun 2011-2016 adalah pada Misi ke 3 dan Misi 5 RPJMD Tahun 2011-2016 : Pada Misi ke 3 dari RPJMD Kota Batam yaitu : Meningkatkan pelayanan prima dalam hal pendidikan, kesehatan, perumahan yang layak dan terjangkau, ketenagakerjaan, sosial budaya, fasilitasi keimanan dan ketaqwaan, kepemudaan dan olahraga agar kualitas hidup manusia dan kecerdasan seluruh lapisan masyarakat meningkat serta pengentasan kemiskinan. Pada Misi ke 5 dari RPJMD Kota Batam yaitu : Mewujudkan Pelaksanaan Pemerintahan yang Baik, Bersih dan Berwibawa. Indikator kinerja Kecamatan Bulang adalah sejumlah indikator yang akan dicapai melalui sejumlah indikasi Program yang akan dilaksanakan pada tahun 2011-2016 yang mengacu Tujuan dan sasaran RPJMD 2011-2016. Daftar indikasi Program dan indikatornya dapat dilihat pada tabel 6.1 berikut ini : TABEL 4.1 TUJUAN DAN SASARAN JANGKA MENENGAH KECAMATAN BULANG No Tujuan Sasaran Indikator Sasaran Target Kinerja Sasaran Pada Tahun Ke – Tahun – 1 Tahun – 2 Tahun – 3 Tahun – 4 Tahun – 5 Tahun – 6 Target Target Target Target Target Target 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 1 Peningkatan pelayanan Publik Meningkatkan SDM Aparatur Kecamatan dan Kelurahan Peningkatan indeks kepuasan masyarakat 30% 35% 40% 45% 50% 55% Peningkatan sarana dan prasarana perkantoran Penambahan sarana dan prasarana perkantoran 40% 45% 50% 55% 60% 65% Pemeliharaan sarana dan prasarana perkantoran Jumlah sarana dan prasarana perkantoran yang berfungsi dengan baik 40% 45% 50% 55% 60% 65% 2 Fasilitasi jumlah sarana dan prasarana umum dan sosial Fasilitasi penyediaan fasilitas publik Fasilitasi penambahan jumlah sarana dan prasarana 45% 50% 55% 60% 65% 70% 3 Fasilitasi Pengembangan usaha kecil masyarakat 1. Fasilitasi pengembangan UKM dan Koperasi Jumlah UKM dan Koperasi yang mendapat pendidikan manajemen dan bantuan modal 30% 35% 40% 45% 50% 55% 2. Rekomendasi penerbitan izin usaha Jumlah usaha kecil yang memiliki rekomendasi izin usaha 30% 35% 40% 45% 50% 55% 4 Fasilitasi Kegiatan Sosial Kemasyarakatan 1. Fasilitasi Pembinaan FKUB Kecamatan Jumlah Tokoh Agama yang ikut sosialisasi dan pelatihan 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 2. Fasilitasi pembinaan Wawasan Kebangsaan Jumlah Toga dan Tomas yang ikut sosialisasi dan pelatihan 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 3. Fasilitasi pembinaan Linmas Jumlah Linmas yang ikut sosialisasi dan pelatihan 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 4. Fasilitasi Sosialisasi bahaya narkoba Jumlah orang tua dan siswa yang ikut sosialisasi 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 5. Fasilitasi sosialisasi daerah rawan bencana Jumlah masyarakat yang ikut sosialisasi 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 6 orang 6. Fasilitasi program pengentasan kemiskinan Jumlah rumah tangga miskin yang mendapat bantuan 1750 orang 1750 orang 1750 orang 1750 orang 1750 orang 1750 orang 5 Fasilitasi pelayanan administrasi kependudukan Fasilitasi penyediaan dokumen kependudukan Jumlah masyarakat yang mempunyai dokumen kependudukan 50% 55% 60% 65% 70% 75% Tabel 6.1 INDIKATOR KINERJA KECAMATAN BULANG MENGACU PADA TUJUAN DAN SASARAN RPJMD No Indikator Kondisi Kinerja Pada Awal Periode RPJMD TARGET KINERJA Tahun-1 (2011) Tahun-2 (2012) Tahun-3 (2013) Tahun-4 (2014) Tahun-5 (2015) Tahun-6 (2016) Kondisi Kinerja Pada Akhir periode RPJMD Target Target Target Target Target Target Target (1) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) 1 Indeks kepuasan masyarakat 25% 30% 35% 40% 45% 50% 55% Peningkatan indeks kepuasan masyarakat 2 Penambahan sarana dan prasarana perkantoran 35% 40% 45% 50% 55% 60% 65% Ketepatan waktu, akurasi data dan pelayanan prima 3 Jumlah sarana dan prasarana perkantoran yang berfungsi dengan baik 35% 40% 45% 50% 55% 60% 65% Ketepatan waktu, akurasi data dan pelayanan prima 4 Penambahan Jumlah sarana dan prasarana publik 40% 45% 50% 55% 60% 65% 70% Ketepatan waktu, akurasi data dan pelayanan prima 5 Jumlah UKM dan Koperasi yang mendapat pelatihan manajemen dan bantuan modal 2 2 2 2 2 2 2 Jumlah UKM dan Koperasi yang mandiri 6 Jumlah usaha kecil yang mempunyai rekomendasi izin usaha 2 2 2 2 2 2 2 % jumlah usaha kecil yang taat aturan 7 Jumlah Tokoh Agama yang ikut Sosialisasi dan pelatihan FKUB 6 6 6 6 6 6 6 Peningkatan jumlah rumah ibadah yang telah memiliki IMB 8 Jumlah Toga dan Tomas yang ikut sosialisasi dan pembinaan wawasan kebangsaan 6 6 6 6 6 6 6 Penurunan jumlah konflik yang berunsur SARA 9 Jumlah Linmas yang ikut pelatihan dan sosialisasi 6 6 6 6 6 6 6 Penurunan jumlah penyakit masyarakat 10 Jumlah orang tua dan siswa yang ikut sosialisasi bahaya narkoba 6 6 6 6 6 6 6 Penurunan jumlah pecandu narkoba 11 Jumlah masyarakat yang ikut sosialisasi tanggap bencana 6 6 6 6 6 6 6 Jumlah masyarakat yang tanggap bencana