Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KECAMATAN

Berdasarkan PERATURAN WALIKOTA BATAM NOMOR : 63 TAHUN 2012 TENTANG URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI KECAMATAN DAN KELURAHAN KOTA BATAM, maka Kecamatan mempunyai tugas pokok dan fungsi  sebagai berikut :

  1. Penyusunan rencana program dan kegiatan dalam jangka pendek, menengah dan panjang;
  2. Penyelenggaraan administrasi perkantoran  meliputi urusan perencanaan dan evaluasi, keuangan serta umum dan kepegawaian;
  3. Perumusan kebijakan teknis sesuai lingkup tugasnya;
  4. Pembinaan organisasi dan aparatur kelurahan;
  5. Pengawasan den evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan kelurahan;
  6. Pembinaan kependudukan dan kemasyarakatan di kelurahan;
  7. Penyelenggaraan pemerintahan, ketentraman dan ketertiban umum, pelayanan umum, kesejahteraan rakyat serta pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  8. Pelaksanaan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  9. Pengkoordinasian seluruh  kegiatan yang dilakukan oleh perangkat daerah di kecamatan;
  10. Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam lingkup tugasnya;
  11. Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum dalam lingkup tugasnya;
  12. Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang – undangan dalam lingkup tugasnya;
  13. Pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum dalam lingkup tugasnya;
  14. Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan dalam lingkup tugasnya;
  15. Pembinaan penyelenggaraan Kelurahan
  16. Pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan atau yang belum dapat dilaksanakan oleh Kelurahan;dan
  17. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Sekretariat ( SEKCAM )

1. Tugas

  • Sekretariat Kecamatan dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Camat;
  • Sekretaris Kecamatan mempunyai tugas melaksanakan urusan kesekretariatan yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, umum dan perlengkapan, penyusunan program, evaluasi dan pelaporan, serta memberikan pelayanan administratif kepada seluruh unsur-unsur organisasi kecamatan.

2. Fungsi

Sekretariat dalam melaksanakan tugasnya adalah menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan program kerja/rencana kegiatan kecamatan;
  2. Pengelolaan urusan keuangan;
  3. Pengelolaan urusan umum dan perlengkapan;
  4. Pengelolaan urusan kepegawaian;
  5. Pelaksanaan kegiatan evaluasi, dokumentasi dan pelaporan; dan
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.
Seksi Pemerintahan 1. Tugas

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pemerintahan kecamatan berdasarkan pelimpahan kewenangan dari pemerintahan yang meliputi urusan pemerintahan umum dan pemerintahan desa/kelurahan.

 

Seksi Ekonomi dan Pembangunan.

1. Tugas

Ekonomi dan Pembangunan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pemerintahan kecamatan berdasarkan pelimpahan kewenangan pemerintah kabupaten dibidang ekonomi dan pembangunan.

Seksi Keamanan dan Ketertiban.1. Tugas

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas sebagian tugas pemerintah kecamatan berdasarkan berdasarkan pelimpahan kewenangan dari pemerintah kabupaten di bidang keamanan dan ketertiban umum serta penegakan peraturan dan perundang-udangan

 

Seksi Pemberdayaan Masyarakat.

1. Tugas

Seksi Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan sebagian kewenangan yang dilimpahkan pemerintah kabupaten dibidang pemberdayaan masyarakat.

 

Seksi Kesejahtaraan Sosial

1. Tugas

Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas melaksanakan sebagian kewenangan yang dilimpahkan pemerintah kabupaten dibidang kesejahteraan sosial.