VISI DAN MISI

Pernyataan Visi

Visi disini adalah cara pandang jauh ke depan ke mana dan bagaimana Kantor Pemadam Kebakaran Kota Batam harus dibawa dan berkarya agar tetap konsisten dan dapat eksis, antisipatif, dan inovatif, serta produktif.

Sebagaimana telah dirumuskan dan disepakati bersama guna mewujudkan kondisi dan kompetensi yang lebih baik di masa yang akan datang, maka VISI Kantor Pemadam Kebakaran Kota Batam 2011 ditetapkan sebagai berikut:

“TERCIPTANYA RASA AMAN MASYARAKAT DARI BAHAYA KEBAKARAN.”

Terciptanya Rasa Aman masyarakat dari Bahaya kebakaran  mengandung makna berperan aktif menciptakan rasa aman kepada masyarakat dan pelaku usaha terhadap  bahaya kebakaran, sedangkan penjelasan rasa aman terhadap bahaya kebakaran yaitu Menitik beratkan pada pelaksanaan upaya pencegahan dan pengendalian yang dilaksanakan secara efektif, efisien serta tepat sasaran.

 

Pernyataan Misi

Untuk dapat mewujudkan visi yang telah disepakati, maka ditetapkan pernyataan misi sehingga diharapkan seluruh pegawai dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal Kantor Pemadam Kebakaran Kota Batam, dan mengetahui peran dan program-programnya serta hasil yang akan diperoleh di waktu-waktu yang akan datang.

Untuk dapat mewujudkan visi yang telah disepakati, maka ditetapkan misi dari Kantor Pemadam Kebakaran Kota Batam sebagai berikut :

(1)   Memberikan pelayanan prima dalam bidang pencegahan, pemadaman dan penyelamatan.

Yaitu : Peningkatan kinerja yang berpedoman kepada tugas pokok dan fungsi serta kedisiplinan dalam bertugas untuk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

(2)   Meningkatkan ketahanan lingkungan bersama masyarakat

Yaitu : Melaksanakan kegiatan bersama masyarakat dan pelaku usaha dalam menjaga rasa aman dari bahaya kebakaran dengan mengadakan pelatihan dan penyuluhan.

(3)   Meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait

Yaitu : Melaksanakan kerjasama dengan instansi terkait dalam pelaksanaan pencegahan, pengendalian, pemadaman kebakaran dan penyelamatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi instansi terkait.

Oleh karena itu Kantor Pemadam Kebakaran harus ditunjang sarana dan prasarana yang memadai dalam melaksanakan tugas dan mewujudkan tujuan yang diinginkan oleh Pemerintah Kota Batam.

Dengan demikian Kantor Pemadam Kebakaran merupakan Aparat Pemerintah yang sangat penting karena Kantor Pemadam Kebakaran adalah lembaga yang harus ada didalam sistem pemerintahan Kota Batam karena merupakan ujung tombak dari dalam melaksanakan kegiatan Walikota terhadap bahaya kebakaran.