TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Walikota Batam Nomor 27 Tahun 2010 tentang Uraian Tugas Pokok dan Fungsi Lembaga Teknis Daerah Kota Batam, Kantor Pemadam Kebakaran Kota Batam memiliki tugas dan fungsi :

  1. Kantor Pemadam Kebakaran mempunyai tugas penyusunan dan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah di bidang pemadaman kebakaran yang meliputi pencegahan, pengendalian dan penanggulangan bahaya kebakaran, operasional, sarana dan prasarana serta tugas lain yang diberikan oleh Walikota.
  2. Dalam pelaksanaan tugasnya Kantor Pemadam Kebakaran dipimpin oleh seorang Kepala Kantor yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

Kepala Kantor

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Kota Batam mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program dan kegiatan kantor dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang;
  2. Penyelenggaraan urusan tata usaha perkantoran;
  3. Perumusan kebijakan teknis di bidang pencegahan bahaya kebakaran;
  4. Pelaksanaan usaha-usaha terhadap pencegahan dan pengendalian bahaya kebakaran;
  5. Penyelenggaraan kegiatan pemadam kebakaran dan penyelamatan;
  6. Pembinaan terhadap unit pelaksana teknis dalam lingkup tugasnya;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Sub Bagian Tata Usaha

Sub Bagian Tata Usaha mempunyai fungsi penyusunan rencana kegiatan, perencanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan, pengelolaan keuangan, kepegawaian, perlengkapan, rumah tangga, perpustakaan, administrasi umum, dan hubungan masyarakat serta memberikan pelayanan administratif dan fungsional.

Dalam menjalankan tugas, Sub Bagian Tata Usaha mempunyai fungsi :

  1. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Tata Usaha;
  2. menyiapkan bahan rancangan kebijakan umum kantor;
  3. melaksanakan pengelolaan keuangan, kepegawaian, sarana dan prasarana, surat-menyurat, kearsipan, perpustakaan, kerumahtanggaan, administrasi umum, dan hubungan masyarakat;
  4. melaksanakan analisis dan penyajian data bidang pemadam kebakaran;
  5. mengelola sistem informasi, pelayanan data, dan informasi pembangunan di bidang pemadam kebakaran;
  6. menyusun rencana umum, rencana strategis, rencana kerja dan kinerja tahunan badan, rencana kegiatan dan anggaran kantor;
  7. menyusun rencana kerjasama kantor;
  8. menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan kentor;
  9. menyusun ketatalaksanaan perogram dan kegiatan kantor;
  10. melaksanakan monitoring dan evaluasi dampak pelaksanaan program dan kegiatan kantor;
  11. menyiapkan bahan pengendalian kegiatan kantor;
  12. menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan kantor;
  13. menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan;
  14. menyusun laporan akuntabilitas kinerja kantor;
  15. melaksanakan pelayanan administratif dna fungsional kantor;
  16. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional ketatausahaan;
  17. melaksanakan monitoring, evalueasi, dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Tata Usaha; dan
  18. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Seksi Pencegahan dan Pengendalian

Seksi Pencegahan dan Pengendalian mempunyai fungsi Pelaksanaan tugas di bidang pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan bahaya kebakaran.

Dalam menjalankan tugas, Seksi Pencegahan dan Pengendalian mempunyai fungsi :

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi Pencegahan dan Pengendalian;
  2. menyusun kebijakan teknis di bidang pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan bahaya kebakaran;
  3. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang pencegahan, pengendalian , dan penanggulangan bahaya kebakaran;
  4. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja di bidang pencegahan, pengendalian , dan penanggulangan bahaya kebakaran;
  5. melaksanakan pemetaan dan pendataan titik-titik rawan kebakaran ;
  6. melaksanakan penilaian teknis izin bangunan dan penggunaan bahan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) terhadap bangunan berlantai satu dan bertingkat;
  7. melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran;
  8. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan laporan kegiatan Seksi Pencegahan dan Pengendalian;
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Seksi Operasional

Seksi Operasional mempunyai fungsi Pelaksanaan tugas di bidang operasional pemadam kebakaran.

Dalam menjalankan tugas, Seksi Operasional mempunyai fungsi :

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi Operasional;
  2. menyusun kebijakan teknis di bidang operasional pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan bahaya kebakaran;
  3. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang operasional pencegahan, pengendalian , dan penanggulangan bahaya kebakaran;
  4. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja operasional  pencegahan, pengendalian , dan penanggulangan bahaya kebakaran;
  5. melaksanakan koordinasi dengan instansi lain dalam upaya penanggulangan bidang pemadam kebakaran
  6. melaksanakan kegiatan pemadam kebakaran dan penyelamatan
  7. melaksanakan pengawasan dan monitoring pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di Wilayah Kota Batam;
  8. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional sistem operasional pencegahan, pengendalian dan penanggulangan bahaya kebakaran;
  9. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Operasional; dan
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Seksi Sarana dan Prasarana

Seksi Sarana dan Prasarana mempunyai fungsi Pelaksanaan tugas di bidang sarana dan prasarana pemadam kebakaran.

Dalam menjalankan tugas, Seksi Sarana dan Prasarana mempunyai fungsi :

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi Sarana dan Prasarana;
  2. menyusun kebijakan teknis di bidang sarana dan prasarana pemadam kebakaran;
  3. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang sarana dan prasarana pemadam kebakaran;
  4. menyusun rencana kerja dan penetapan kinerja di bidang sarana dan prasarana pemadam kebakaran;
  5. melaksanakan pemeliharaan sarana dan prasarana pemadam kebakaran;
  6. melaksanakan penataan, pengaturan penyimpanan dan peralatan kebakaran;
  7. melaksanakan pengawasan terhadap peralatan dan sarana kebakaran;
  8. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, pedoman, dan petunjuk operasional sarana dan prasarana pemadam kebakaran;
  9. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan seksi sarana dan prasarana;dan
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.




Ubah ke tampilan mobile