PROPER 2013

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) merupakan salah satu bentuk kebijakan pemerintah, untuk meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam peraturan perundangan-undangan. Selanjutnya PROPER juga merupakan perwujudan transparansi dan demokratisasi dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia. Penerapan instrumen ini merupakan upaya Kementerian Negara Lingkungan Hidup untuk menerapkan sebagian dari prinsip-prinsip good governance (transparansi, berkeadilan, akuntabel, dan pelibatan masyarakat) dalam pengelolaan lingkungan.

Sosialisasi PROPER telah dilaksanakan di Kota Batam pada hari Jumat (5/4) bertempat di Hotel Pusat Informasi Haji, Batam Centre, diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Kepri dan Kementerian Lingkungan Hidup. Dalam sosialisasi PROPER tersebut dijelaskan bahwa terdapat dua sistem penilaian PROPER yaitu Self Assesment dan Verifikasi Lapangan. Dimana sistem penilaian Self Assesment merupakan sistem penilaian berdasarkan laporan yang disampaikan ke Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan tidak dilakukan verifikasi lapangan secara langsung, sedangkan sistem penilaian Verifikasi Lapangan dilaksanakan secara verfikasi langsung oleh Tim BLH Provinsi Kepri. Di Kota Batam terdapat 17 (tujuh belas) perusahaan yang dinilai dengan verifikasi lapangan yaitu PT. Indotirta Suaka, PT. Aker Solutions, PT. Batam Slop & Sludge Treatment Centre, PT. Desa Air Cargo Batam, PT. Greenindo, PT. Nusatama Properta Panbil, PT. Telaga Mas Mulia, PT. Zinkpower Batam Indo, PT. Inti Duta Surya, PT. National Industrial Gases Indonesia, RS. Awal Bross, RS. Otorita Batam, PT. Pertamina (Persero) Aviasi Region I – DPPU Hang Nadim, PT. PLN (Persero) PLTD Batam, Hotel Holiday Inn, Hotel Swiss Bell dan PT. Nissin Kogyo Batam. dan 5 (lima) perusahaan dinilai dengan sistem self assessment yaitu PT. Batamindo Invenstmen Cakrawala, PT. Epson Batam, PT. Citra Tubindo Tbk, PT. Ecogreen Oleochemicals, dan PT. Satnusa Persada Tbk.

Disamping itu pemantapan PROPER Tahap I Kota Batam telah diselenggarakan di Kantor Bapedal Kota Batam tanggal 10,18,19 April 2013 yang meliputi kiat teknis pemenuhan kriteria PROPER bagi 17 perusahaan/industri peserta, sedangkan untuk 5 perusahaan merupakan calon penerima PROPER Hijau. Dengan kegiatan PROPER ini diharapkan dapat meningkatkan ketaatan perusahaan dan menurunkan tingkat pencemaran serta kerusakan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>