REGIONAL LAUNCH RESOURCE EFFICIENT AND CLEANER PRODUCTION (RECP)

United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) sebagai satu badan di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menjalin kerjasama dengan para stakeholder di Batam dalam rangka menjalankan program Efisiensi Sumberdaya dan Produksi Bersih atau Resource Efficient and Cleaner Production (RECP).

Pelaksanaan teknis program RECP di Indonesia ini dilakukan oleh Centre for Resource Efficient and Cleaner Production Indonesia (CRECPI) dibawah Institut Teknologi Bandung (ITB) serta didanai oleh Swiss State Secretariat for Economic Affairs (SECO). Program ini juga didukung penuh oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI dan Kementerian Perindustrian.

Program RECP merupakan program pendampingan kepada industri-industri di Indonesia yang bertujuan untuk membantu industri-industri dalam efisiensi sumber daya dan produksi bersih. Tujuan utama dalam program ini adalah untuk meningkatkan produktivitas sumber daya dan kinerja lingkungan dalam industri/kegiatan manufaktur, pariwisata dan mikro-sektor usaha di Indonesia sehingga dapat memberikan kontribusi untuk pembangunan industri berkelanjutan di Indonesia.

Penandatanganan kerjasama dalam program ini dilaksanakan pada Jumat, (26/2) lalu di Harmonie One Batam centre setelah sebelumnya diawali dengan serangkaian pelatihan (training) Program RECP terhadap 28 peserta pada tanggal 23-26 Februari 2016. Peresmian Program RECP dihadiri oleh Kepala BAPEDAL Kota Batam, kepala Disperindag ESDM Kota Batam, dan Direktur BP Batam.

Penandatanganan keikutsertaan dalam program RECP dilakukan oleh empat kawasan industri di Batam yakni Executive Industrial Park, Kabil Integrated Industrial Estate, Panbil Industrial Estate dan Tunas Industrial Estate serta 10 industri di Kota Batam.

Kepala Bapedal Batam, Dendi N Purnomo mengharapkan kedepannya para peserta bisa menerapkan sistem ini, dan Industri lainnya dapat ikut bergabung dalam program ini untuk mewujudkan pembangunan Eco-Industrial.

IMG_5084 IMG_5092 IMG_5093 IMG_5094