Untitled Document
Bayarlah Pajak Tepat Pada Waktunya. Terwujudnya Pendapatan Asli Daerah Sebagai Andalan Pembangunan Kota Batam
Untitled Document
 
Untitled Document
Untitled Document
 
Untitled Document
October - 2014
SMTWTFS
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
 
 
JADWAL SHOLAT
 
Waktu sholat untuk Batam. Widget Jadwal Sholat oleh Alhabib.
 
 
Polling
Bagaimana dengan pelayanan Dispenda Batam?

Puas
Tidak Puas

Results
 
Locations of visitors to this page
 
PROFIL
Struktur Organisasi & Tupoksi

Berdasarkan Perda Kota Batam No 12 Thn 2007, Dinas Pendapatan Kota Batam mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dibidang pendapatan daerah serta tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan struktur organisasi sebagai berikut :
  1. Kepala Dinas
  2. Sekretaris
  3. Kepala Bidang Program
  4. Kepala Bidang Pendataan Dan Penetapan
  5. Kepala Bidang Penagihan
  6. Kepala Bidang Retribusi Dan Pendapatan Lain – Lain
  7. Kelompok Jabatan Fungsional
  8. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)
  9. Cabang Dinas
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI)
 
Kepala Dinas
Nama
:
Drs. H. Jefridin, M.Pd
Tempat / Tanggal Lahir
:
Selat Panjang, 25 Desember 1968
Jabatan
:
Kepala Dinas Pendapatan Kota Batam
Riwayat Pendidikan
:
S2 Magister Pendidikan
Riwayat Jabatan :
  1. Guru SMPN 1 Batam (1998-2002)
  2. Kasi Program KANPORA Kota Batam (2002)
  3. Lurah Tg. Uma Kecamatan Lubuk Baja (2002)
  4. Kasi Bantuan Korban Bencana DINSOS Kota Batam (2004 - 2005)
  5. Kasubbag TU Kantor Kesbanglinmas (2005)
  6. Kasi Penataan & Pemeliharaan Pasar Dinas Pasar & Kebersihan (2005 - 2007)
  7. Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Batam (2007 - 2011)
  8. Sekretaris Dinas Pendapatan Kota Batam (2011)
  9. Kepala Dinas Pendapatan Kota Batam (2011 - Sekarang)
Tugas
Melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dibidang pendapatan daerah serta tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi
  1. Penyusunan program dan kegiatan dinas dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang
  2. Penyelenggaraan urusan tata usaha perkantoran yang meliputi urusan umum, keuangan dan urusan kepegawaian
  3. Perumusan kebijakan teknis di bidang pendapatan
  4. Penyelenggaraan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang pendataan dan penetapan, bidang penagihan dan bidang retribusi dan pendapatan lain-lain
  5. Penyelenggaraan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalam lingkup tugasnya
  6. Pembinaan terhadap unit pelaksana teknis sesuai dengan lingkup tugasnya
  7. Pelaksanaan koordinasi dengan unsur terkait lainnya dalam setiap penyelenggaraan kegiatan dinas
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi Kepala Dinas  Pendapatan  membawahi :

  1. Sekretaris
  2. Bidang Program
  3. Bidang Pendataan dan Penetapan
  4. Bidang Penagihan
  5. Bidang Retribusi dan Pendapatan Lain-lain

Sekretaris
 
Nama
:
Syafri, SE
Tempat / Tanggal Lahir
:
Belakang Padang, 17 Nopember 1964
Jabatan
:
Sekretaris Dinas Pendapatan Kota Batam
Riwayat Pendidikan
:
S1
Riwayat Jabatan :
  1. Kepala Urusan Umum Kelurahan Belakang Padang (1985-1987)
  2. Kepala Urusan Pemerintahan (1987-1992)
  3. Kepala Urusan Administrasi (1992-1998)
  4. Lurah Pulau Buluh Kecamatan Batam Barat (1998-2000)
  5. Lurah Patam Lestari Kecamatan Sagulung (2000-2002)
  6. Lurah Sungai Harapan Kecamatan Sekupang (2002-2004)
  7. Lurah Tanjung Uma Kecamatan Lubuk Baja (2004-2006)
  8. Sekretaris Kecamatan Lubuk Baja (2006-2011)
  9. Camat Bulang (2011-2014)
  10. Sekretaris Dinas Pendapatan Kota Batam (2014-sekarang)
Tugas dan Fungsi :
  1. Penyusunan rencana dan program ketatausahaan, keuangan dan kepegawaian dinas
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan pembinaan organisasi dan tata laksana
  3. Pengkoordinasian pengelolaan administrasi kepegawaian
  4. Pengkoordinasian pengelolaan administrasi, surat-menyurat, kearsipan, inventarisasi dan rumah tangga dinas
  5. Penyiapan data, informasi, humas, protokol, hukum dan  penyelenggaraan penyusunan dokumentasi dan perpustakaan
  6. Pengelolaan keuangan dan perbendaharaan
  7. Pengelolaan administrasi latihan pegawai dan kesejahteraan pegawai
  8. Penyiapan bahan perlengkapan rumah tangga, pengadaan dan pemeliharaan, serta penginventarisir sarana dan prasarana dinas
  9. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan Kepala Dinas Pendapatan Kota Batam

Dalam pelaksanaan tugas, Sekretaris membawahi :

  1. Sub Bagian Umum
  2. Sub Bagian Keuangan
  3. Sub Bagian Kepegawaian

Bidang Program
 
Nama
:
Ali Akbar, S.IP
Tempat / Tanggal Lahir
:
Bulukumba, 14 Juli 1974
Jabatan
:
Kepala Bidang Program Dinas Pendapatan Kota Batam
Riwayat Pendidikan
:
  1. SD Negeri 136 Salobundang Kabupaten Bulukumba
  2. SMP Negeri Bontotiro Kabupaten Bulukumba
  3. SMA Negeri Bontotiro Kabupaten Bulukumba
  4. S1 Universitas Hasanuddin (UNHAS) Ujung Padang
Riwayat Jabatan :
  1. Kasubbid Pembauran dan Kewarganegaraan Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Batam (2008 - 2009)
  2. Lurah Bengkong Laut Kecamatan Bengkong Kota Batam (2009 - 2013)
  3. Kepala Bidang Program Dinas Pendapatan Kota Batam (2013)
 
Tugas & Fungsi
  1. Penghimpunan, pensistematisasian dan pengintegrasian penelitian dan analisis semua data dan informasi dalam pembuatan dan perumusan rencana kegiatan dan program dari unit kerja terkait dalam lingkungan dinas
  2. Pembuatan dan perumusan rencana kegiatan dan program kerja tahunan dinas
  3. Pembuatan dan perumusan rencana kegiatan dan program kerja lima tahunan dinas
  4. Pemantauan dan evaluasi terhadap rencana program dan kegiatan baik tahunan maupun lima tahunan yang telah ditetapkan oleh dinas
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas Pendapatan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

Dalam pelaksanaan tugas  sebagaimana dimaksud,  Bidang Program terdiri dari :

  1. Seksi Data dan Informasi
  2. Seksi Penyusunan Program
  3. Seksi Evaluasi dan Pelaporan

Bidang Pendataan dan Penetapan
 
Nama
:
Abdul Muslim, SE
Tempat / Tanggal Lahir
:
Kasu, 2 November 1965
Jabatan
:
Kabid. Pendataan dan Penetapan Dispenda Kota Batam
Riwayat Pendidikan
:
S1 (Ilmu Ekonomi)
Riwayat Jabatan :
  1. Sekretaris Lurah Kelurahan Kecamatan Belakang Padang (2006-2007)
  2. Lurah Kasu Kecamatan Belakang Padang (2007-2012)
  3. Sekretaris Camat Belakang Padang (2012-2013)
  4. Kabid Pendataan dan Penetapan (2013)
 
Tugas & Fungsi
  1. Penyusunan dan pelaksanaan rencana program kerja bidang pendataan dan penetapan pendapatan daerah
  2. Pelaksanaan pendataan dan pendaftaran wajib pajak daerah
  3. Pelaksanaan pengelolaan data dan informasi perpajakan daerah
  4. Pelaksanaan pemeriksaan pajak daerah
  5. Pelaksanaan penetapan pajak daerah
  6. Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan program kerja bidang pendataan dan penetapan
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas Pendapatan kota Batam sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pendataan dan Penetapan terdiri dari :

  1. Seksi Pendataan
  2. Seksi Penetapan
  3. Seksi Pemeriksaan

'
Bidang Penagihan
 
Nama
:
Drs. Efrius, M. Ec. Dev
Tempat / Tanggal Lahir
:
Pekanbaru / 27 September 1975
Jabatan
:
Kepala Bidang Penagihan Dinas Pendapatan Kota Batam
Riwayat Pendidikan
  1. SDN 013 Rintis - Pekanbaru
    (Lulus : 24 Juni 1988)
  2. SMPN 04 Pekanbaru (Lulus : 6 Juni 1991)
  3. SMAN 01 Pekanbaru (Lulus : 30 Mei 1994)
  4. STPDN Jatinangor (D4) (Lulus : 6 Juni 1998)
  5. Institut Ilmu Pemerintahan Jakarta (S1)
    (Lulus : 27 September 2001)
  6. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (S2)
    (Lulus : 28 Oktober 2009)
Riwayat Jabatan :
  1. Lurah Sei Jodoh, Kecamatan Batam Timur Kotamadya Batam (1999 - 2000)
  2. Lurah Baloi, Kecamatan Nongsa Kota Batam (2000 - 2003)
  3. Kasubbag Keuangan, Badan Kepegawaian Kota Batam (2003 - 2004)
  4. Kasubbag Program, Evaluasi dan Pelaporan BKD Kota Batam (2004 - 2005)
  5. Kasubbag Umum dan Keuangan, BKD Kota Batam (2005 - 2007)
  6. Kasi Penetapan Dinas Pendapatan Kota Batam (2009 - 2011)
  7. Kasubbag Verifikasi dan Pembukuan Bagian Keuangan Setdako Batam (2011 - 2012)
  8. Kabid Penagihan Dinas Pendapatan Kota Batam (2012 - Sekarang)
Tugas & Fungsi
  1. Penyusunan dan pelaksanaan rencana program kerja bidang penagihan pendapatan
  2. Penyelenggaraan pembukuan penerimaan pajak daerah
  3. Penyiapan pelaporan realisasi penerimaan dan tunggakan pajak daerah
  4. Pelaksanaan rekonsiliasi dan verifikasi penerimaan pajak daerah
  5. Pelaksanaan penagihan pajak daerah yang telah melampaui batas jatuh tempo
  6. Penerbitan Surat Tagihan Pajak Daerah, Surat Perjanjian Pencicilan Pembayaran Piutang pajak daerah
  7. Pelaksanaan penerimaan permohonan banding keberatan pajak daerah
  8. Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan program kerja bidang penagihan
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas Pendapatan Kota Batam sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Penagihan terdiri dari :

  1. Seksi Pembukuan dan Verifikasi
  2. Seksi Penagihan dan Perhitungan
  3. Seksi Pertimbangan dan Keberatan

Bidang Retribusi dan Pendapan Lain-lain
 
Nama
:
Dody Hermanto, SE, Mec. Dev
Tempat / Tanggal Lahir
:
Pulau Panjang, 4 April 1974
Jabatan
:
Kabid Retribusi dan Pendapatan Lain-lain Dinas Pendapatan Kota Batam
Riwayat Pendidikan
:
S2
Riwayat Jabatan :
  1. Kasi Penyusunan Program Dinas Perhubungan (2009 - 2010)
  2. Kasubbag Perbendaharaan Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota Batam (2010 - 2014)
  3. Kabid Distribusi dan Pendapatan Lain-lain Dinas Pendapatan Kota Batam (2014 - sekarang)
Tugas dan Fungsi :
  1. Penyusunan dan pelaksanaan rencana program kerja bidang retribusi dan pendapatan lain-lain
  2. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait untuk penyusunan perencanaan dan pengembangan objek dan subjek retribusi daerah dan penerimaan lain-lain
  3. Pelaksanaan penatausahaan dan pelaporan penerimaan retribusi dan penerimaan pendapatan lain-lain
  4. Pelaksanaan koordinasi pemungutan dan penerimaan retribusi dan penerimaan lain-lain
  5. Pembinaan dan pemantauan pelaksanaan retribusi, kontribusi bagian laba Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan badan usaha daerah lainnya
  6. Pengelolaan dan pengendalian benda-benda berharga yang merupakan penerimaan pendapatan lain-lain daerah
  7. Pelaksanaan evaluasi dan penyyusunan pelaporan pelaksanaan program kerja bidang retribusi dan pendapatan lain-lain
  8. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh Dinas Pendapatan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Retribusi dan Pendapatan Lain-Lain terdiri dari :

  1. Seksi Penerimaan Retribusi dan Pendapatan PAD Lain-Lain yang sah
  2. Seksi Dana Perimbangan dan Lain-Lain Pendapatan yang sah
  3. Seksi Legalisasi dan Pembukuan Surat-Surat Berharga
Untitled Document
INFO KURS
 
 
 
LINK
 



 
     
Untitled Document
   
copyright © 2014 DINAS PENDAPATAN KOTA BATAM, all right reserved | best view @ mozilla firefox
Design by imtas.net