Berita Terbaru

Berbagai Macam Manfaat Taman Kota

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki wilayah hutan yang sangat luas. Faktanya Indonesia menjadi sorotan dunia dalam menghadapi isu global warming dewasa ini. Walaupun persentase jumlah daratan lebih kecil dibanding lautan, faktanya sebagian daratan di Indonesia masih didominasi oleh kawasan hutan.

Namun, kondisi geografis ini tidak membuat Indonesia terbebas dari berbagai ancaman masalah lingkungan. Kondisi pembangunan yang tidak merata membuat sebagian penduduk berada dalam ancaman masalah lingkungan, salah satunya polusi udara.

Idealnya sebuah kota memiliki ruang terbuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan segala aktivitasnya sekaligus mengendalikan kenyamanan iklim dan keserasian estetika kota. Namun, dewasa ini, ruang terbuka semakin menghilang keberadaanya karena terdesak oleh pembangunan gedung-gedung bangunan yang dapat mengganggu proses infiltrasi air ke dalam tanah. Berdasarkan kondisi tersebut wilayah Indonesia membutuhkan lebih banyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau yang biasa disebut taman kota.

Apa itu taman kota? Taman Kota adalah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang dittimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota.

Lalu apa saja funsi taman kota itu sendiri? Fungsi itu antara lain :

1. Fungsi Ekologi

Taman kota secara tidak langsung berperan sebagai penjaga kualitas lingkungan kota. Pepohonan yang berada disekitar wilayah tersebut dapat menjaga keseimbangan ekologis, dengan menjaga keanekaragaman hayati,  berperan sebagai filter udara kota dari berbagai gas pencemar serta sebagai pengaturiklim mikro

2. Fungsi Hidrologis

Taman Kota diharapkan dapat membantu fungsi hidrologi tanah dalam menyerap air dan mereduksi potensi banjir. Pepohonan melalui perakarannya mampu meresapkan air ke dalam tanah sehingga pasokan air dalam tanah semakin meningkat. Hali itu juga dapat meningkatkan pasokan air bersih yang aman dikonsumsi masyarakat.

3. Fungsi Estetika

Disadari atau tidak taman kota dapat membuat citra dari suatu kota. Taman kota menjadi penting karena dapat berperan sebagai sarana pengembang budaya kota., pendidikan dan menjadi pusat-pusat kegiatan masyarakat. Pola taman kota yang biasanya ditanami aneka bunga warna-warni dapat membantu menghilangkan penat dan menjadikan sumber inspirasi bagi pengunjungnya.

Dari uraian tersebut dapat dilihat taman kota dapat memberi berbagai manfaat bagi kehidupan masyarakat. Selanjutnya pekerjaan rumah yang tersisa untuk kita ialah bagaimana cara membangun taman kota yang terstruktur dan tertata dengan baik. Melalui taman kota mari kita sama-sama jaga dan lestarikan lingkungan sekitar kita!

Sumber : Berbagai Macam Manfaat Taman Kota

taman111

Gambar Taman Kota Batam


Bank Sampah Batam – Koperasi Adijaya menyalurkan bantuan sembako ke panti asuhan Al- Hidayah Sekupang

(21 – 11 – 2014) Bank Sampah Batam – Koperasi Adijaya menyalurkan bantuan sembako ke panti asuhan Al- Hidayah, Sekupang. Bantuan sembako merupakan hasil keuntungan sampah yang disisihkan BSB untuk kegiatan sosial.
Dari Sampah menjadi BERKAH.. Salam Sukses Bank Sampah Batam…

10353566_1532411390334888_5853782058363136992_n 1517512_1532411387001555_8353285167749911839_n

Mari bergabung mengjadi anggota bank sampah

informasi lebih lanjut klik link : Bank Sampah


Pantauan Pertama (PI) Penilaian Adipura Tahun 2014

Disampaikan kepada seluruh Masyarakat Kota Batam bahwa pada minggu ke II dan ke III Bulan November 2014, akan dilaksanakan Pantauan Pertama (P1) Penilaian Adipura dari KLH di Kota Batam.

Dihimbau kepada segenap komponen masyarakat diharapkan kepeduliannya untuk terus menjaga kebersihan dilingkungannya masing-masing.

Berikut Surat Edaran Sekretaris Daerah Kota Batam Nomor 20/DKP-BTM/XI/2014.img066


“MARI MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA”

Kesadaran masyarakat akan peduli membuang sampah pada tempatnya masih sangat minim dapat dilihat dibeberapa titik badan jalan kota batam seperti di jalan Tiban III dan sepanjang jalan mentarau sekupang masih terdapat sampah yang tertumpuk dibadan jalan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam yang dipercayai Pemerintah Kota Batam dalam hal ini mengajak masyarakat untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, seperti di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan Bin Countainer yang telah disediakan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, untuk medukung program DKP Kota Batam mewujudkan Kota Batam yang bersih masyarakat perlu turut serta dalam pengawasan kebersihan lingkungan nya untuk saling mengingatkan ke sesama masyarakat agar membuang sampah ditempat yang telah disediakan.

smpah mntarau

“MARI KITA CIPTAKAN LINGKUNGAN YANG BERSIH,HIJAU, INDAH DAN NYAMAN”

Keterangan Penempatan Bin Coutainer DKP dapat dilihat klik LINK INI : Penempatan Bin Countainer

Call Center DKP : 0778 – 7035190


Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam terus melakukan perbaikan dan Pemeliharaan demi keindahan taman median jalan kota batam

DSC_2087 DSC_2089 DSC_2090 DSC_2092 DSC_2069


Agenda Rutin Dinas Kebersihan dan Pertamanan Melaksanakan Qurban Pada Hari Raya Idul Adha 1435 H yang dihadari Bapak Walikota Batam

oooookk

Pada Hari selasa tanggal 6 oktober 2014, dilingkungan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam melaksanakan pemotongan 14 ekor Hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1435 H tahun ini yang dihadiri Walikota Batam.

DSC_0792

Dalam acara tersebut Dinas Kebersihan dan Pertamanan  Kota Batam menyembelih delapan ekor sapi dan empat ekor kambing yang dilaksanakan di kantor Dinar Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Sekupang dan dua ekor kambing di sembelih di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Punggur, kegiatan rutin tahunan ini dapat dilaksanakan melalui dana tabungan qurban yang dipotong dari insentif prestasi kondisi Pegawai Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam  dan partisipasi mitra kerja DKP

222Ketua panitia penyembelihan hewan kurban, Aisrin dan juga sebagai Kepala Bidang Program Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam menyatakan agenda qurban ini rutin di lakukan tiap tahun oleh DKP Kota Batam. Sebanyak 1.000 lembar kupon yang akan dibagikan kepada satgas kebersihan dan pertamanan dan warga yang ada disekitar lingkungan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam dan untuk menunjukkan sebagai wujud kepedulian sesama umat, Setidaknya ada 806 satuan kerja (Satgas) DKP yang berhak menerima kupon tersebut. Masing-masing terdiri dari, penyapu jalan, pemotong rumput, kernet pengangkut sampah, penggali parit dan drainase.

22

Dalam kesempatan ini Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, menyambut baik agenda rutin Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam  berkurban tersebut.” Ini sangat bagus , karena warga kita sangat banyak membutuhkan uluran tangan kita dengan cara berkurban, ini memang tradisi yang bagus dari DKP agar terus dipertahankan.

Walikota Batam sangat meng-apresiasi atas kegitatan rutin tahunan yang dapat dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam dan mengajak SKPD Kota Batam dapat melakukan hal seperti ini lebih bagus, ujar Ahmad Dahlan dalam sambutannya.

333

 

 

 


Sosialisasi Perda 11 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah dan 3R Bersama Tim Penggerak PKK se-Kota Batam

sosialisasi perda 11 ta 2013 dgn pkkPada Hari Kamis Tanggal 11 September 2014 bertampat diKantor Walikota Batam LT.IV ruang Embung Fatimah  Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Perda No 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah bersama Tim Penggerak PKK Kota Batam dengan narasumber :

  • Ir.H. Riki Indrakari
  • DR.Eng. Amir Rusli
  • Drs. Aisrin Syaufi
  • Rida Meliyani, SE

Untuk mewujudkan Kota Batam yang Bersih, Hijau, Indah dan Nyaman Tahun 2016, tidak terlepas dari kepedulian kita semua baik masyarakat maupun pemerintah saling bahu membahu dalam menjaga kebarsihan, untuk itu Dinas Kebersihan dan Pertamanan  yang menjadi leading sektor dalam menangani kebersihan Kota Batam   dirasa perlu mensosialisasikan Perda No 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah dan bagaimana sampah tersebut menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Sosialisasi Perda No 11 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah ini dihadiri semua pengurus Tim Penggerak PKK sekota Batam mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan dan PKK Kota Batam yang di ketuai oleh ibuk Hj. Mariana H. Ahmad Dahlan.

Dalam penyampaian Materi Sosialisasi Perda No. 11 Tahun 2013 ini narasumber Ir.H. Riki Indrakari berharap kepada Tim penggerak PKK Kota Batam mulai dari tingkat kelurahan sampai dengan tingkat Kota Batam agar bisa mensosialisasikan Kewajiban membayar Retribusi dan larangan terhadap membuang sampah di sembarangan tempat di luar dari tempat penampugan sampah (Tong Sampah), dimana dalam perda No 11 Tahun  2013 ini juga di sebutkan tentang Sanksi atau denda yang berupa kurungan atau denda dalam bentuk uang  yang besarannya ditentukan oleh Hakim Pengadilan Negeri Kota Batam.

Sampah yang berasal dari bahan organik  juga bisa diolah menjadi Pupuk Kompos yang di buat dengan cara pembusukan yang di campur dengan EM4. Sedangkan sampah non organik yang bernilai ekonomis bisa menghasilkan uang dengan cara di olah menjadi barang kerajinan tangan yang berupa Tas, gantungan kunci, bunga dan hiasan meja yang berupa taplak meja dan tempat penyimpanan pena / pinsil dan lain – lainya. sampah yang bernilai ekonomis tersebut juga bisa di jual di Bank Sampah dimana DKP telah memiliki Bank Sampah.


SOSIALISASI PERATURAN DAERAH NOMOR 11 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

Untitled

Pada Hari Kamis Tanggal 28 Agustus 2014, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam Melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Perda NO 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah bertempat dikantor Walikota Batam Lantai IV Ruang Engku Hamidah

dengan Narasumber :

  • Riki Indrakari ( Komisi IV Bidang Hukum )
  •  Alwan Hadiyanto,SH,MH (Dosen UNRIKA)
  • DR.Eng. Amir Rusli
  • Drs. Aisrin Syaufi

Untuk mewujutkan dan menciptakan Kota Batam yang Bersih, Hijau, Indah dan Nyaman tidak terlepas dari kepedulian kita semua baik Masyarakat,maupun pemerintah saling bahu membahu. untuk itu Dinas Kebersihan dan pertamanan  yang menjadi laeding Sektor dalam menangani Kebersihan Kota Batam   dirasa perlu mensosialisasikan Perda No 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah, yang dihadiri oleh Undangan dari Pengelola Hotel, Pasar dan Rumah Sakit dari Sosialisasi tersebut akan dipahami apa hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan baik oleh pemeritah maupun Masyarakat dan Pengelola tentang Sampah dan Kebersihan Kota Batam.

Pemeritah menghimbau, mengajak Masyarakat  ikut serta dan peduli dengan Sampah yang kita timbulkan setiap Hari yang sangat berdampak buruk  terhadap Lingkungan, Kehidupan dan Kesehatan.

Dalam mengatasi dan mengurangi Sampah yang dibuang ke TPA, untuk itu Sampah bisa kita jadikan barang yang mempunyai nilai ekonomis melalui Bank Sampah Batam yang telah dibentuk Oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam.


Buka Puasa Bersama Satuan Tugas (satgas) Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam Tahun 1435 H/2014 M yang dihadiri Walikota Batam

Walikota Batam dalam sambutannya memuji kinerja satuan tugas (satgas) Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang telah bekerja keras demi terciptanya Kota Batam yang bersih, hijau, indah dan nyaman. Petugas Kebersihan merupakan pihak yang memiliki peranan penting dalam pembangunan Kota Batam dan saat ini kesadaran masyarakat Batam tentang Kebersihan sudah mulai tinggi, hal ini juga karena partisipasi dari petugas kebersihan.
Memang pekerjaan petugas Kebersihan banyak dijalan, namun apabila dilaksanakan dengan Ikhlas akan menjadi berkah dan amal ibadah.
Dalam kesempatan ini Walikota Batam menyerahkan bantuan Paket Sembako dan Pemberiankan gaji ke 13 secara simbolis yang diterima perwakilan satgas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam.


15.000 Trembesi Hijaukan Kota Batam

Walikota Batam Menanam

Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam telah berkomitmen untuk mendukung segala bentuk kepedulian, partisipasi dan peran serta masyarakat kota terhadap Kota Batam. Salah satu bentuk kepedulian yang dilakukan oleh Gerakan Masyarakat Peduli Batam (Gempita) sebuah organisasi nirlaba yang fokus kepada masalah lingkungan adalah dengan mengadakan acara penanaman 15.000 pohon trembesi yang akan menghijaukan Kota Batam yang difasilitasi oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam.
Selengkapnya…





Ubah ke tampilan mobile