Berita Terbaru

Pemberlakuan Perda Nomor 11 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah

Peraturan Perda Nomor 11 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah sudah efektif di dilaksanakan pada tahun 2016 sesuai amanat Perda pada Pasal 64 Tentang Larangan dan Pasal 69 Tentang Ketentuan Pidana, dengan ini mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk menjaga kebersihan Kota Batam;

c 001 ss 001

1 2 3


yustisi kebersihan di TPA telaga punggur

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam melaksanakan  kegiatan Penertiban/Yustisi Kebersihan pada hari Kamis 15 Oktober 2015 di TPA Telaga Punggur Kecamatan Nongsa dengan tim yang terdiri dari PPNS dan Staf DKP, Anggota SATPOL PP, BAPPEDAL, Pelaksanaan Penertiban/Yustisi Kebersihan dilaksanakan dengan memeriksa langsung armada transporter yang datang ke TPA. Setelah armada transporter memasuki pintu gerbang TPA langsung diarahkan ke penimbangan, setelah itu diarahkan ke Workshop untuk dilakukan pemeriksaan seluruh dokumen dan kelengkapan yang telah dipersyaratkan sewaktu mengurus surat ijin transporter. Jika kelengkapan dan seluruh dokumen sesuai prosedur, armada transporter dipersilahkan untuk melanjutkan ke zona pembuangan yang telah ditentukan. Armada transporter yang kurang kelengkapan dokumen nya maka pemilik/sopir armada transporter tersebut diwajibkan mengisi belangko surat teguran, setelah mengisi belangko Surat Peringatan Pertama (SP I), setelah mengisi belangko SP I sipemilik/sopir armada tersebut diberi petunjuk agar segera melengkapi berkas-berkas yang kurang dan  dalam waktu  1×24 jam untuk melengkapi berkas-berkas tersebut di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam melalui Tim PPNS di kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan pada Jam kerja. Setelah dilakukan pemberkasan armada transporter dipersilahkan untuk melakukan pembuangan sampah ke zona yang telah ditentukan.

Dari 57 Jumlah Transporter yang mendapatkan ijin dari Dinas Kebebersihan dan Pertamanan Kota Batam, transporter yang berhasil terjaring dalam Penertiban Yustisi/Penertiban kebersihan diberikan Surat Peringatan I (pertama) diantaranya :

NO
NAMA PERUSAHAAN
ASAL SAMPAH
JENIS PELANGGARAN
1
KSD ( Karya Sumber Daya )
Membuang Sampah Ke TPA Tanpa Izin
2
Gudang Penampung Taman Lestari
Membuang Sampah Ke TPA Tanpa Izin
3
CV. SURYA INTAN SEJAHTERA
PT. ROYCE
Mengangkut Sampah Dengan Alat Pengangkut Terbuka/tanpa jaring
4
PT CV MARIANA JAYA
PT. Rock International Tobacco
Membuang Sampah Ke TPA Tanpa Izin
Wajib Retribusi Tidak Membayar Tepat pada Waktunya atau Kurang Membayar
5
ASIA SUKSES SEJAHTERA
PT. JAYA ASIATIC SIPYARD
Mengangkut Sampah Dengan Alat Pengangkut Terbuka/tanpa jaring
Wajib Retribusi Tidak Membayar Tepat pada Waktunya atau Kurang Membayar
6
SANRIA JAYA ABADI
PT. SMOE INDONESIA
Membuang Sampah Ke TPA Tanpa Izin
7
PT.Servis Trans Pratama
Membuang Sampah Ke TPA Tanpa Izin
8
SANRIA JAYA ABADI
PT.Semens
Membuang Sampah Ke TPA Tanpa Izin

Diharapkan kepada transporter yang sudah kadaluarsa masa berlaku surat izin nya agar segera mengurus kembali Surat Izinnya ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam dan bagi yang belum melengkapi berkas lainnya diharapkan sesegera mungkin melengkapi berkas tersebut.  Dengan adanya Penertiban/Yustisi Kebersihan ini akan dapat memberikan Sock Terapi kepada masyarakat Kota Batam yang belum sadar untuk membuang sampah tidak disembarang tempat dan buanglah sampah kedalam wadah/tong sampah yang disiapkan oleh pemerintah agar terwujudnya Kota Batam yang Bersih, Hijau, Indah dan Nyaman.

1 2


Sosialisasi Perda No. 11 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah di Kecamatan Sagulung

Selasa, 29 September 2015 Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perda Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah di Kecamatan Sagulung, Sosialisasi di Kecamatan Sagulung merupakan yang ke 6 ditahun 2015, sebagai narasumber dari kegiatan tersebut adalah Bapak Ir. Riki Indrakari (Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam) yang merupakan Ketua Pansus Perumusan Perda ini, Drs. Aisrin (Kepala Bidang Program DKP).

Sosialisasi dihadiri oleh perangkat RT/RW, Tokoh Masyarakat, LPM, Lurah dan juga dihadiri anggota Komisi IV DPRD Kota Batam Bapak Amintas Tambunan. Masyarakat sangat antusias melaksanakan sosialisasi ini dengan banyaknya tanggapan, pertanyaan dan saran yang diberikan :

  1. Bapak Jamil – Kasi Trantib Kelurahan Sagulung Kota :
  • DPRD dan DKP yang sudah melakukan studi banding baik dalam negeri maupun di luar negeri agar menerapkan teknologi pengelolaan sampah yang baik dan benar di kota batam ini agar setiap akhir tahun sampah tidak menumpuk lagi akibat belum ada pemenang lelang
  1. Bapak Sudaryono – Tokoh Masyarakat Sagulung Kota :
  • saran kepada Pemerintah/DKP agar memberikan mesin pencacah sampah untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA
  1. Bapak Harta M. Harahap – Ketua Rw.XII Cipta Asri Kelurahan Tembesi :
  • saran saya agar DKP bisa mensosialisasikan pembentukan bank sampah di perumahan tempat tinggal kami sehingga sampah/barang bekas tersebut bisa cepat dijual
  1. Bapak Hari Hamdani – Rw.Xi Kelurahan Sei Pelunggut :
  • Perda No.11 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah yang disampaikan sangat baik dan sangat penting untuk dilaksanakan untuk menjaga kebersihan di Kota Batam.
  • Surat edaran ini agar disampaikan kepada seluruh masyarakat agar sosialiasasi ini diketahui seluruh masyarkat dan tidak hanya kepada peserta yang diundang ini saja
  1. Bapak Eddysyah Nasution – Ketua Rw.07 Kelurahan Sei Binti :
  • Diharapkan kepada petugas kebersihan untuk melakukan pengangkutan sampah tepat waktu atau dua kali dalam satu minggu agar sampah tidak menumpuk diperumahan.
  • Agar sampah tidak berserakan dan dibuang disembarangan tempat dimohon agar bin container di tambah lagi di Kelurahan Sei Binti.

CIMG0071Salah satu dari unit Bank Sampah Batam PJB Asri Kecamatan Sagulung binaan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam menunjukkan hasil karya unit nya berupa kerajinan tangan dari kulit telur. Diharapkan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamananan Kota Batam agar dapat menampung dan mempromosikan hasil karya untuk mendapatkan nilai ekonomis bagi Bank Sampah PJB Asri, Bapak Ir. Riki Indrakari (Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam) menyatakan “kita akan terus bekerjasama dengan UKM agar dua instansi ini dapat bersinergi mempromosikan hasil karya dari setiap unit-unit bank sampah yang ada di Kota Batam ini agar mendapatkan nilai ekomonis”

11

Ibu Marlina Ramli – Ketua Bank Sampah PJB Asri Sagulung Kota juga menyatakan :

  1. Bank Sampah merupakan aspek budaya yang harus dilaksanakan oleh masyarakat mulai dari setiap rumah tangga
  2. TMT april 2015 kami sudah mulai membentuk bank sampah dan menjadi pioner di kelurahan sagulung kota
  3. Saat ini nasabah bank sampah PJB asri sudah berjumlah 70 orang yang terdiri dari 2 RW dengan jumlah KK 1.000 orang
  4. Kepada DKP diharapkan pengangkutan sampahnya dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat dan disampaikan kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa nyaman jika sampah sudah rutin diangkat oleh petugas DKP
  5. Kami selaku pengelola bank sampah yang sudah memiliki anggota 70 orang mengharapkan agar kami diikutsertakan studi banding ke Bandung karena bank sampah di Kota Bandung sudah sangat baik

2

Bapak Drs. Aisrin (Kepala Bidang Program) “Sosialisasi Perda No. 11 Tahun 2013 tentang Pegelolaan Sampah ini juga dilakukan diberbagai media seperti Koran, Radio, Website, TV Lokal agar seluruh masyrakat Kota Batam mengerti dan dapat melaksanakan amanat Perda tersebut demi terciptanya Kota Batam yang Bersih, Hijau Indah dan Nyaman”

Dengan semangat dari masyarakat di Kecamatan Sagulung diharapkan dapat mengawal pelaksanaan Perda No. 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah sehingga kita dapat mewujudkan Batam Bersih, Hijau, Indah dan Nyaman.
Sosialisasi ini merupakan yang terakhir ditahun 2015, pada tahun 2016 Perda ini sudah dapat dilaksanakan dengan melakukan tindakan Hukum bagi yang melanggar Perda tersebut baik melalui Surat Peringatan I,II sampai proses persidangan di Pengadilan Negeri.


DKP BATAM GENCAR MENSOSIALISASIKAN PERDA NOMOR 11 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

Selasa 22 September 2015 Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perda Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah di Kecamatan Batu Ampar, Sosialisasi di Kecamatan Batu Ampar merupakan yang ke 5,  sebagai narasumber dari kegiatan tersebut adalah Ir. Riki Indrakari (Ketua Komisi IV) yang merupakan Ketua Pansus Perumusan Perda ini, Drs. Aisrin (Kepala Bidang Program DKP), Yudi Admajianto, SSTP (Kepala Bidang Kebersihan DKP).

Sosialisasi dihadiri oleh perangkat RT/RW, Tokoh Masyarakat, LPM, dan Lurah, masyarakat Batu Ampar sangat antusias mengikuti sosialisasi dengan banyaknya tanggapan atau pertanyaan yang diajukan dari masyarakat Kecamatan Batu Ampar, Wakil Ketua PKK Kel.Batu Merah meminta pada DKP untuk memindahkan Bin Countainer yang berada di depan kantor Bulog. Selain itu ibu Umi dari RW 5 Kel.Batu Merah meminta agar ada perhatian dari DKP terkait produk kompos yang dihasilkan dikelompok binaanya. Ikut juga memberikan tanggapan ketua RW 10 Kel.Tanjung Sengkuang yang meminta DKP meningkatkan pelayanan pengangkutan sampah di wilayahnya, pada saat ini sampah diangkat lebih dari 1 minggu untuk kedepan diharapkan 1 minggu 2x pengangkutan, pada kesempatan ini juga warga sengkuang meminta Bin Countainer hal ini langsung ditanggapi oleh bapak yudhi admadji Kabid Kebersihan, DKP siap menyediakan Bin Countainer bila ada lokasi dan usai acara dapat langsung survey lokasi.

Untuk usulan dari RW 21 Kel.Batu Merah tentang penggunaan teknologi tepat guna terkait pengelolaan sampah dimasyarakat, Bapak Ir. Riki Indrakari memberikan tanggapan tentang teknologi tepat guna akan di sinergikan dengan UKM ;

Dengan semangat dari masyarakat di Kecamatan Batu Ampar diharapkan dapat mengawal pelaksanaan perda No 11 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah sehingga kita dapat mewujudkan Batam bersih, hijau, indah dan nyaman.

SOS BATU AMPAR


Sosialisasi Perda 11 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah di Kecamatan Lubuk Baja

3Kamis 27 Agustus Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam melaksanakan kegiatan Sosialiasi  Perda 11 Tahun 2013, sosialisasi ini dilaksanakan dikantor Camat Lubuk Baja dibuka langsung oleh Camat Lubuk Baja Herman Rozie, SSTP,. M.SI., juga Hadir dalam sosialisasi tersebut Rohaizat, ST (Anggota Komisi III DPRD Kota Batam), Tokoh Masyarakat, RT/RW dan LPM

Dalam Sosialisasi tersebut betindak sebagai Narasumber Yakni Drs. Aisrin Syaufi Kepala Bidang Program dan Yudi Admajianto, S.STP Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, untuk pelayanan pengangkutan sampah dikecamatan Lubuk Baja dilaksanakan oleh PT Royal Gensa Asih (RGA)

Salah satu Tokoh Masyarakat  ABDUL AZIZ sekaligus KASI KESRA KANTOR CAMAT LUBUK BAJA  menanggapi yaitu:

  • Sanksi Pidana Yang Tertulis Di Surat Edaran Sosialisasi Perda No.11 Tahun 2013 Sudah Sangat Baik
  • Surat Edaran Sosialisasi Perda No.11 Tahun 2013 Agar Disampaikan Kepada Seluruh Masyarakat/Pemilik Bangunan Agar Mereka Mengetahui Kewajiban Dan Larangan Serta Sanksi Yang Akan Diberikan Keapada Yang Membuang Sampah Sembarangan
  • Setelah Surat Edaran Disampaikan Kepada Seluruh Masyarakat, Saat Diadakan Penertiban Kebersihan/Yustisi Kebersihan, Masyarakat Yang Dikenakan Sanksi Tidak Boleh Menolak Atau Mengatakan Bahwa Mereka Tidak Tahu Ada Sanksi Pidana Kbersihan

2Drs. Aisrin (Kepala Bidang Program) “sosialisasi Perda 11 Tahun 2013 Tentang Pegelolaan Sampah ini juga dilakukan diberbagai media seperti Koran, Radio, Website, TV Lokal agar seluruh masyrakat Kota Batam tau dan dapat melaksanakan amanat perda tersebut demi terciptanya Kota Batam yang Bersih, Hijau Indah dan Nyaman”

Informasi Lebih Jelas Perda 11 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah silahkan klik disini


DKP Kota Batam Gencar Melaksanakan Yustisi Kebersihan

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam melaksanakan Kegiatan Yustisi Kebersihan yang dilaksanakan Pada Hari Selasa Tanggal 22 Agustus 2015. Yustisi Kebersihan tersebut di ikuti oleh Satpol PP, Polisi, PPNS DKP serta Pengawas dan Staf DKP pada tahun ini Yustisi Kebersihan masih merupakan Tindakan berupa teguran tertulis namun demikan pada tahun 2016 bagi pelanggar PERDA Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah tersebut langsung akan dikenakan Sanksi pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).

Lokasi Yustisi Kebersihan : Kecamatan Batu Aji dan Kecamatan Batu Ampah

1 2dalam Yustisi Kebersihan ini adapun terdapat Pelanggar Perda 11 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan sampah yaitu antara lain :

NO
JADWAL
LOKASI
JUMLAH PENERIMA SURAT PERNYATAAN PELANGGARAN
1
25 Agustus 2015
Kec.Batu Ampar
3 Orang
Kec.Batu Aji
28 Orang

Semangat Memeriahkan Kemerdekaan RI ke 70

Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 70 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2015 DKP Batam turut memeriahkan dengan mengkuti gerak jalan pada hari rabu, 12 Agustus 2015  dengan kategori jarak 8 KM kegiatan yang diselenggaran oleh KANPORA Kota Batam, dengan semangat kemerdekaan ini mari kita bersama-sama untuk menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan kita dengan tidak membuang sampah sembarang, karna bangsa yang besar merupakan bangsa yang cinta terhadap lingkungannya, MERDEKA…!!!

gerak jalan DKP 2015


DKP Batam Juara I Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Dalam rangka pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2015 BAPEDALDA Kota Batam melaksanakan Penilaian pengelolaan Lingkungan untuk kategori Industri, Non Industri, Pemerintahan. Dinas Kebersihan dan Pertamanan Mendapat Juara I dalam kategori Kantor Pemerintahan.

PEMENANG LINGKJUNGAN HIDUPPEMENANG LINGKJUNGAN HIDUP 1

dan  untuk kategori Indusri sebagai berikut :

NO NAMA PERUSAHAAN JENIS KEGIATAN
1 PT.BATAMINDO CAKRAWALA KAWASAN INDUSTRI
2 PT.CITRA TUBINDO Tbk INDUSTRI MANUFAKTUR
3 PT.BRITOIL OFFSHORE INDONESIA INDUSTRI SHIPYARD/GALANGAN KAPAL
4 PT.EPSON BATAM INDUSTRI ELEKTRONIK
5 RS.AWAL BROS RUMAH SAKIT
6 PT.BEGINT NUSANTARA INDUSTRIES INDUSTRI KEMASAN DARI KARTON
7 PT.DESA AIR CARGO BATAM PENGANGKUTAN, PENGUMPUL DAN PENGELOLAAN B3
8 PT.ENVIRO CIPTA LESTARI PENGANGKUTAN LIMBAH B3
9 PT.PARASADHA PAMUNAH LIMBAH INDUSTRI PENGANGKUTAN LIMBAH B3
10 PT.NUSANTARA RINDU ABADI PESONA PENGANGKUTAN LIMBAH B3

Sumber data : BAPEDALDA Kota Batam


KERJA SAMA CSR PT. MC. DERMOTT INDONESIA DENGAN BANK SAMPAH BATAM

kerja sama pt mcdermot dgn dkp

 

KREASI DAUR ULANG SAMPAH MEMBUKA KERJA SAMA

CSR PT. MC. DERMOTT INDONESIA DENGAN BANK SAMPAH BATAM

 Baru beranjak satu tahun usianya, kini Bank Sampah Batam telah memiliki 115 unit yang terdiri dari : 105 Unit/Kelompok Masyarakat, 10 Unit/Kelompok Sekolah/Instansi, dan 103 nasabah individu (tabung langsung) dengan total keseluruhan nasabah berjumlah  ± 4.256 nasabah (data BSB per mei 2015). Aktifitas gudang Bank Sampah Batam kini menampung sampah ekonomis rata-rata  ± 30.35 ton per bulan yang berasal  dari seluruh unit bank sampah. Selain aktifitas tabung sampah tersebut, unit bank sampah batam juga aktif dengan kegiatan pengomposan (sampah organik), serta daur ulang sampah menjadi hasil kerajinan yang bernilai.

Untuk kegiatan daur ulang, berbagai macam hasil kerajinan telah dihasilkan oleh unit-unit bank sampah batam, hingga gaung kreasi dari bahan daur ulang sampah ini terdengar oleh CSR PT. Mc. Dermott Indonesia. Dukungan positif diberikan oleh CSR PT. Mc. Dermott Indonesia kepada Bank Sampah Batam sebagai bentuk konsen perusahaan tersebut terhadap lingkungan terutama permasalahan sampah di Kota Batam.

01 mcPada tanggal 4 Juni 2015, CSR PT. Mc. Dermott Indonesia bekerja sama dengan Bank Sampah Batam mengadakan kegiatan pelatihan pendaurulangan sampah. Acara yang dihadiri oleh direktur PT. Mc. Dermott Indonesia ; Bpk. Setio Hangono, ketua TP. PKK Kota Batam Ny. Mariana A. Dahlan yang diwakili ketua Pokja IV TP. PKK Kota Batam Ny. Hartini Chandra, Kasi Penyuluhan dan Pembinaan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam ; Ibu Rida Meliyana, SE, serta 5 (lima) Unit Bank Sampah yaitu, Bank Sampah Rindang, Bank Sampah Taman Lestari, Bank Sampah Mandiri Sejahtera, Bank Sampah Bunga Jasmine, dan Bank Sampah Mawar XXX yang ikut sebagai peserta pelatihan.

02 mc

Dengan diberikannya bantuan tersebut diharapkan bank sampah batam semakin produktif menghasilkan kreasi kerajinan daur ulang sampah yang semakin bernilai jual. Setelah sesi pelatihan usai, kegiatan ini ditutup dengan penyerahan bantuan seperangkat mesin jahit elektrik kepada unit bank sampah batam.

FOTO-FOTO SESI PELATIHAN

03 mc 04 mc 05 mc 06 mc


Sosialisasi Perda Nomor 11 Tahun 2013 Tingkat SMA dan SMK, Sekaligus Testimoni Pengelolaan Sampah yang Baik dan Benar dari SMA Negeri 8 Kota Batam

Untitled sos 11 13

Pada hari selasa 26 Mei 2015 dilaksanakan Sosialisasi Perda 11 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah di Kantor PGRI Kota Batam melibatkan Pembina Osis dan Ketua Osis Tingkat SMA dan SMK di Kota Batam dengan narasumber :

  1. H. Riki Indrakari (Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam)
  2. Aisrin Syaufi (Kabid Program DKP)
  3. Yudi Admajianto, S.STP (Kabid Kebersihan DKP)

adapun sekolah – sekolah yang hadir sebagai berikut :

SEKOLAH :
SMAN 1 BATAM
SMKN 1 BATAM
SMAN 3 BATAM
SMKN 2 BATAM
SMAN 5 BATAM
SMKN 3 BATAM
SMAN 8 BATAM
SMKN 4 BATAM
SMAN 12 BATAM
SMKN 5 BATAM
SMAN 15 BATAM
SMKN 6 BATAM
SMAN 16 BATAM
SMKN 7 BATAM
SMAN 17 BATAM
SMK KARTINI BATAM
SMAN 14 BATAM
SMK AL-AZHAR BATAM
SMAN 18 BATAM
SMK IBNU SINA BATAM
SMAN 19 BATAM
SMA YOS SODARSO
SMK BBS BATAM

Untuk mewujudkan Kota Batam yang Bersih, Hijau, Indah dan Nyaman Tahun 2016, tidak terlepas dari kepedulian kita semua baik masyarakat dan para pelajar maupun pemerintah saling bahu membahu dalam menjaga kebarsihan, untuk itu Dinas Kebersihan dan Pertamanan  yang menjadi leading sektor dalam menangani kebersihan Kota Batam   dirasa perlu mensosialisasikan Perda No.11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah dan bagaimana sampah tersebut menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Nara Sumber Bapak Ir.H. Riki Indrakari juga berharap kepada seluruh peserta sosialisasi agar bisa mensosialisasikan kewajiban membayar Retribusi dan larangan terhadap membuang sampah di sembarangan tempat di luar dari tempat penampugan sampah (Tong Sampah) apalagi masih banyak nya masyarakat yang membuang sampah di luar tempat penampungan sampah, dimana dalam Perda No 11 Tahun  2013 ini juga di sebutkan tentang Sanksi atau denda yang berupa kurungan atau denda dalam bentuk uang  yang besarannya ditentukan oleh Hakim Pengadilan Negeri Kota Batam, Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan kepada seluruh komponen masyrakat maupun yang terlibat dapat mendukung  agar terlaksananya Perda No.11 Tahun 2013 tersebut sesuai dengan yang kita harapkan bersama untuk menciptakan Batam yang Bersih, Hijau, Indah dan Nyaman.





Ubah ke tampilan mobile