Profil Dinas

prof 1 prof 2

prof 3

1. Sejarah

Pengelolaan Kebersihan Kota Batam pada awalnya dilakukan oleh Badan Pengelola (BP) Kebersihan yang dibentuk melalui SK Bersama antara Walikota Madya Batam dengan Kepala Satuan Pelaksana Otorita Batam No. KPTS : 20/XI/1994 dan No : 06/SKEP/ KASATLAK/ OB/XI/1994 tanggal 12 November 1994.

 Sejalan dengan pelaksanaan Undang-undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah yang diganti dengan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 dan Undang-undang No. 53 tahun 1999 tentang tentang Pembentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kota Batam, maka kewenangan tersebut diserahkan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam.

Penyerahan pengelolaan kebersihan dari BP Kebersihan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan dilakukan berdasarkan Berita Acara No. 05/KA/KB/II/2001, tanggal 16 Februari 2001 tentang penyerahan pengelolaan kebersihan dari Badan Pengelola Kebersihan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam .Pada Tahun 2003, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam berubah menjadi Dinas Pasar dan Kebersihan Kota Batam berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batam No. 6 Tahun 2003 Tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Batam.

2. Visi

Visi dan Misi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam merupakan gambaran wawasan keinginan yang berdimensi jangka panjang sebagai arah umum dalam menyusun kebijakan dan strategi pembangunan Kota Batam yang berkelanjutan pada masa mendatang. Sesuai dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Terpilih maka ditetapkan Visi dan Misi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam dalam Rencana Strategi (Renstra) 2016-2021 sebagai berikut :

“Terwujudnya Kota Batam yang Bersih, Hijau dan Asri Melalui Partisipasi Masyarakat”

Visi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam bermakna :

  • Bersih menciptakan atau menjadikan lingkungan yang bersih
  • Hijau pemanfaatan ruang terbuka hijau
  • Asri menjadikan lingkungan yang indah dan sedap dipandang oleh setiap orang yang melihat dan tertata dengan baik
  • Melalui Partisipasi Masyarakat pemberian usul, pertimbangan dan/atau saran kepada Pemerintah Daerah mengenai pengelolaan sampah di daerah; pemberian saran dan pendapat dalam perumusan kebijakan dan strategi pengelolaan sampah; pelaksanaan kegiatan penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga yang dilakukan secara mandiri dan/atau bermitra dengan Pemerintah Daerah; dan/atau pemberian pendidikan dan pelatihan, kampanye, dan pendampingan oleh kelompok masyarakat kepada anggota masyarakat dalam pengelolaan sampah untuk mengubah perilaku anggota masyarakat.

3.Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut akan ditempuh dengan misi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, yaitu :

  1. Meningkatkan penataan, pelayanan dan pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan
  2. Meningkatkan pembinaan dan peran serta masyarakat dalam pembudayaan hidup bersih
  3. Mewujudkan penataan taman kota, ruang terbuka hijau yang bersih, hijau dan asri.
4. Program
  1. Program Peningkatan Pelayanan Administrasi Perkantoran
  2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  3. Program pengelolaan, peningkatan kapasitas dan disiplin aparatur
  4. Program Peningkatan dan  Pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH)
  5. Program Lingkungan Sehat Kawasan Perumahan/pemukiman
  6. Program Pengembangan Kinerja Pengelolaan Persampahan
5. Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam adalah aparat Pemerintah Kota Batam secara teknis operasional bertanggung jawab pada Walikota Batam.Berdasarkan Peraturan Walikota Batam Nomor 61 Tahun 2012 Tentang Uraian Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Daerah Kota Batam,maka tugas dan fungsi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam adalah:

Melaksanakan urusanpemerintahan daerah dibidang kebersihan dan pertamanan dan tugas lain yangdiberikan oleh Walikota. (pasal 284 (1) Pewako No.61 Tahun 2012)

Dalam melaksanakan tugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program dan kegiatan dinas dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang;
  2. Penyelenggaraan urusan tata usaha perkantoran yang meliputi urusan umum,keuangan dan urusan kepegawaian;
  3. Perumusan kebijakan teknis di bidang kebersihan dan pertamanan;
  4. Penyelenggaraan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang kebersilian,bidang pertamanan dan bidang peningkatan pelayanan;
  5. Penyelenggaraan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalamlingkup tugasnya;
  6. Pembinaan terhadap unit pelaksana teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  7. Pelaksanaan koordinasi dengan unsur terkait lainnya dalam setiap penyelenggaran kegiatan dinas;
  8. Pelaksaaan tugas – tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkuptugas dan fungsinya.

6.     Struktur Organisasi

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam dibentuk berdasarkanPeraturan Daerah (Perda) Kota Batam No. 12 Tahun 2007 tentang PembentukanOrganisasi dan Kerja Dinas Daerah Kota Batam dengan struktur organisasi DinasKebersihan dan Pertamanan Kota Batam terdiri dari :

Struktur Organisasi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam7. Sumber Daya Manusia

A. Pegawai Dinas

Guna mendukung tugas, fungsi dan kewenangannya, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam perlu mendapat dukungan Sumber Daya Manusia yang memenuhi persyaratan kualifikasi yang dibutuhkan. Saat ini jumlah personel/SDM sebanyak 79 orang PNS.

B. Petugas Kebersihan dan Pertamanan Februari 2016 :

Satgas 2016