Profil Dinas

1. Sejarah

Pengelolaan Kebersihan Kota Batam pada awalnya dilakukan oleh Badan Pengelola (BP) Kebersihan yang dibentuk melalui SK Bersama antara Walikota Madya Batam dengan Kepala Satuan Pelaksana Otorita Batam No. KPTS : 20/XI/1994 dan No : 06/SKEP/ KASATLAK/ OB/XI/1994 tanggal 12 November 1994.

 Sejalan dengan pelaksanaan Undang-undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah yang diganti dengan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 dan Undang-undang No. 53 tahun 1999 tentang tentang Pembentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kota Batam, maka kewenangan tersebut diserahkan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam.

Penyerahan pengelolaan kebersihan dari BP Kebersihan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan dilakukan berdasarkan Berita Acara No. 05/KA/KB/II/2001, tanggal 16 Februari 2001 tentang penyerahan pengelolaan kebersihan dari Badan Pengelola Kebersihan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam .Pada Tahun 2003, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam berubah menjadi Dinas Pasar dan Kebersihan Kota Batam berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batam No. 6 Tahun 2003 Tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Batam.

Dalam perkembangannya sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah yang pelaksanaannya mengacu kepada Peraturan Daerah Kota Batam No.12 Tahun 2007 tentang Pembentukan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Batam, maka pengelolaan kebersihan di Kota Batam menjadi kewenangan dan tanggung jawab Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam.

2. Visi

“Terwujudnya Kota Batam yang Bersih, Hijau, Indah dan Nyaman  Tahun 2016”

3.Misi

Untuk mewujudkan Visi tersebut, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam telah menetapkan misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan kebersihan dan pertamanan;
  2. Melengkapi sarana dan prasarana dan aplikasiteknologi tepat guna dibidang kebersihan dan pertamanan;
  3. meningkatkan kualitas pelayanan dan partisipasi masyarakat dibidang kebersihan dan pertamanan;
  4. Mengembangkan pola kerjasama termaksuk pendanaan dalam pengelolaan kebersihan dan pertamanan dengan masyarakat;
  5. Menata membangun dan memelihara kebersihan dan pertamanan termaksuk penataan estetika dan keindahan lingkungan
  6. Mewujudkan pelaksanaan pemerintahan yang baik temaksuk pengaturan tugas dan wewenang dan penegakkan hukum
4. Program
  • Program Pengelolaan dan Peningkatan Utilitas Perkotaan
  • Program Peningkatan Penataan Lingkungan dan Konservasi Sumber Daya Alam
5. Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam adalah aparat Pemerintah Kota Batam secara teknis operasional bertanggung jawab pada Walikota Batam. Berdasarkan Peraturan Daerah No. 12 tahun 2007 tentang Pembentukan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Batam dan Peraturan Walikota No. 26 Tahun 2010 tentang Uraian Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Daerah Kota Batam, maka tugas dan fungsi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam adalah :

Melaksanakan urusan pemerintahan daerah dibidang kebersihan dan pertamanan

dan tugas lain yang diberikan oleh Walikota.

Dalam melaksanakan tugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program dan kegiatan dinas dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang;
  2. Penyelenggaraan urusan tata usaha perkantoran yang meliputi urusan umum, keuangan dan urusan kepegawaian;
  3. Perumusan kebijakan teknis di bidang kebersihan dan pertamanan;
  4. Penyelenggaraan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang kebersihan, bidang pertamanan dan bidang peningkatan pelayanan;
  5. Penyelenggaraan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalam lingkup tugasnya;
  6. Pembinaan terhadap unit pelaksana teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  7. Pelaksanaan koordinasi dengan unsur terkait lainnya dalam setiap penyelenggaraan kegiatan dinas;
  8. Pelaksaaan tugas – tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

6.     Struktur Organisasi

Kelembagaan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam dapat dilihat dalam struktur Organisasi yang diatur dalam Peraturan Daerah No. 12 Tahun 2007.Adapun struktur organisasi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam seperti struktur dibawah ini :

Struktur Organisasi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam7. Sumber Daya Manusia

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam memiliki sumber daya manusia sebanyak 646 orang yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), tenaga honorer dan petugas kebersihan dan pertamanan dengan rincian sbb :

A. Pegawai Dinas

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS) : 72 orang
  • Tenaga Honorer : 3 orang

B. Petugas Kebersihan dan Pertamanan Januari 2014 :

Uraian Urusan, Organisasi, Program dan Kegiatan
JENIS SATGAS
koordinator satgas
satgas
sopir
abk
/kernet
Koordinator Satgas pengamanan
Satgas tenaga pengamanan
total
1. Pemangkasan Rumput Ruang Milik Jalan
6
49
55
2. Peningkatan dan Pengembangan Nursery
1
9
10
3. Pemeliharaan Taman Jalan dan Taman Kota Batam
7
67
6
12
92
4. Operasional dan Pemeliharaan Mesin Pengolah Sampah
5
5
5. Pemungutan dan Monitoring Retribusi Kebersihan Kota Batam
55
55
6. Operasional Pelayanan Sampah Kota Batam
66
182
6
254
7. Penanganan Kebersihan Jalan Kota Batam
9
212
221
8. Operasional dan Pemeliharaan TPA Belakang Padang
2
4
6
9. Penataan Kebersihan Daerah Pasang Surut
6
6
10. Pembersihan Drainase, Parit dan Selokan di Kota Batam
3
74
3
80
11. Penataan dan Pemeliharaan TPA Telaga Punggur
1
12
1
8
22
TOTAL
27
433
75
256
1
14
806




Ubah ke tampilan mobile