Sosialisasi Perda No. 11 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah di Kecamatan Sagulung

Selasa, 29 September 2015 Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perda Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah di Kecamatan Sagulung, Sosialisasi di Kecamatan Sagulung merupakan yang ke 6 ditahun 2015, sebagai narasumber dari kegiatan tersebut adalah Bapak Ir. Riki Indrakari (Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam) yang merupakan Ketua Pansus Perumusan Perda ini, Drs. Aisrin (Kepala Bidang Program DKP).

Sosialisasi dihadiri oleh perangkat RT/RW, Tokoh Masyarakat, LPM, Lurah dan juga dihadiri anggota Komisi IV DPRD Kota Batam Bapak Amintas Tambunan. Masyarakat sangat antusias melaksanakan sosialisasi ini dengan banyaknya tanggapan, pertanyaan dan saran yang diberikan :

  1. Bapak Jamil – Kasi Trantib Kelurahan Sagulung Kota :
  • DPRD dan DKP yang sudah melakukan studi banding baik dalam negeri maupun di luar negeri agar menerapkan teknologi pengelolaan sampah yang baik dan benar di kota batam ini agar setiap akhir tahun sampah tidak menumpuk lagi akibat belum ada pemenang lelang
  1. Bapak Sudaryono – Tokoh Masyarakat Sagulung Kota :
  • saran kepada Pemerintah/DKP agar memberikan mesin pencacah sampah untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA
  1. Bapak Harta M. Harahap – Ketua Rw.XII Cipta Asri Kelurahan Tembesi :
  • saran saya agar DKP bisa mensosialisasikan pembentukan bank sampah di perumahan tempat tinggal kami sehingga sampah/barang bekas tersebut bisa cepat dijual
  1. Bapak Hari Hamdani – Rw.Xi Kelurahan Sei Pelunggut :
  • Perda No.11 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah yang disampaikan sangat baik dan sangat penting untuk dilaksanakan untuk menjaga kebersihan di Kota Batam.
  • Surat edaran ini agar disampaikan kepada seluruh masyarakat agar sosialiasasi ini diketahui seluruh masyarkat dan tidak hanya kepada peserta yang diundang ini saja
  1. Bapak Eddysyah Nasution – Ketua Rw.07 Kelurahan Sei Binti :
  • Diharapkan kepada petugas kebersihan untuk melakukan pengangkutan sampah tepat waktu atau dua kali dalam satu minggu agar sampah tidak menumpuk diperumahan.
  • Agar sampah tidak berserakan dan dibuang disembarangan tempat dimohon agar bin container di tambah lagi di Kelurahan Sei Binti.

CIMG0071Salah satu dari unit Bank Sampah Batam PJB Asri Kecamatan Sagulung binaan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam menunjukkan hasil karya unit nya berupa kerajinan tangan dari kulit telur. Diharapkan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamananan Kota Batam agar dapat menampung dan mempromosikan hasil karya untuk mendapatkan nilai ekonomis bagi Bank Sampah PJB Asri, Bapak Ir. Riki Indrakari (Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam) menyatakan “kita akan terus bekerjasama dengan UKM agar dua instansi ini dapat bersinergi mempromosikan hasil karya dari setiap unit-unit bank sampah yang ada di Kota Batam ini agar mendapatkan nilai ekomonis”

11

Ibu Marlina Ramli – Ketua Bank Sampah PJB Asri Sagulung Kota juga menyatakan :

  1. Bank Sampah merupakan aspek budaya yang harus dilaksanakan oleh masyarakat mulai dari setiap rumah tangga
  2. TMT april 2015 kami sudah mulai membentuk bank sampah dan menjadi pioner di kelurahan sagulung kota
  3. Saat ini nasabah bank sampah PJB asri sudah berjumlah 70 orang yang terdiri dari 2 RW dengan jumlah KK 1.000 orang
  4. Kepada DKP diharapkan pengangkutan sampahnya dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat dan disampaikan kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa nyaman jika sampah sudah rutin diangkat oleh petugas DKP
  5. Kami selaku pengelola bank sampah yang sudah memiliki anggota 70 orang mengharapkan agar kami diikutsertakan studi banding ke Bandung karena bank sampah di Kota Bandung sudah sangat baik

2

Bapak Drs. Aisrin (Kepala Bidang Program) “Sosialisasi Perda No. 11 Tahun 2013 tentang Pegelolaan Sampah ini juga dilakukan diberbagai media seperti Koran, Radio, Website, TV Lokal agar seluruh masyrakat Kota Batam mengerti dan dapat melaksanakan amanat Perda tersebut demi terciptanya Kota Batam yang Bersih, Hijau Indah dan Nyaman”

Dengan semangat dari masyarakat di Kecamatan Sagulung diharapkan dapat mengawal pelaksanaan Perda No. 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah sehingga kita dapat mewujudkan Batam Bersih, Hijau, Indah dan Nyaman.
Sosialisasi ini merupakan yang terakhir ditahun 2015, pada tahun 2016 Perda ini sudah dapat dilaksanakan dengan melakukan tindakan Hukum bagi yang melanggar Perda tersebut baik melalui Surat Peringatan I,II sampai proses persidangan di Pengadilan Negeri.



Anda dapat mengikuti respon dengan mentaut RSS 2.0 feed.
Anda dapat meninggalkan komentar, atau membuat umpan balik trackback dari situs anda.

Masukkan Komentar Anda


Meninggalkan Balasan

XHTML: Anda dapat menggunakan tag: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>