Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah ( Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis ) Dari Pelamar Umum Di Lingkungan Pemerintah Kota Batam Formasi tahun 2010

PENGUMUMAN

NOMOR : 811 /BKD-PK/XI/2010

TENTANG

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH

( TENAGA GURU, TENAGA KESEHATAN DAN TENAGA TEKNIS )

DARI PELAMAR UMUM

DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BATAM

FORMASI TAHUN 2010

Sehubungan dengan Surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Birokrasi Reformasi Nomor : B/2709/M.PAN-RB/10/2010 tanggal 29 Oktober 2010 perihal Persetujuan Rincian Tambahan Alokasi Formasi CPNS Daerah Tahun 2010, dan berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Selaku Ketua Tim Pelakasan Pusat Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tingkat Nasional Nomor 30 Tahun 2007 tanggal 27 Agustus 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, maka Pemerintah Daerah Kota Batam akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah dari Pelamar Umum Tahun Anggaran 2010.

Jumlah Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan diterima sebanyak 321 orang, dengan rincian sebagai berikut :

NO

FORMASI

ALOKASI

1

Tenaga guru

112

2

Tenaga Kesehatan

111

3

Tenaga Teknis

98

A. PERSYARATAN UMUM

1. Persyaratan Umum yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar adalah :

a. Warga Negara Indonesia

b. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan ;

c. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta ;

d. Tidak berkedudukan sebagai calon/Pegawai Negeri ;

e. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang dipersyaratkan ;

f. Berkelakuan baik ;

g. Sehat jasmani dan rohani ;

h. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah ;

i. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik ; dan

j. Syarat lain yang ditentukan dalam persyaratan jabatan.

2. Syarat usia Pelamar

a. Berusia paling rendah 18 (delapan belas) Tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada 1 Januari 2011.

b. Khusus Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Penyuluh dapat berusia paling tinggi 40 tahun bagi yang bekerja pada instansi pemerintah atau lembaga swasta yang Berbadan Hukum yang menunjang kepentingan nasional, secara terus menerus paling kurang 5 (lima) tahun pada 17 April 2002.

c. Usia Pelamar ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran yang tercantum pada Ijazah ;

B. PERSYARATAN KHUSUS

1. Pendaftaran

1. Pengiriman Lamaran dilakukan melalui Pos Ekspres ( Tercatat ) di Kantor POS Batam, yang ditujukan Kepada Yth. Walikota Batam melalui Sekretaris Daerah Kota Batam Jl. Engku Putri No.1 Batam Centre, dan disebelah kiri atas ditulis jenis formasi yang akan diajukan. Berkas lamaran dimasukan dalam amplop TERTUTUP dan dalam satu amplop hanya terdapat satu berkas lamaran, mulai dari tanggal 16 November 2010 sampai dengan tanggal 25 November 2010 (stempel pos terakhir tanggal 25 November 2010)

2. Setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirim satu kali berkas lamaran dan mendaftar hanya untuk satu Formasi Jabatan, dan apabila melamar lebih dari satu Formasi akan dibatalkan.

2. Pengajuan Lamaran

Pengajuan Surat Lamaran ditulis tangan sendiri menggunakan ballpoint/pena tinta hitam diatas kertas folio/HVS dibubuhi materai Rp.6000,- dan ditandatangani diatas materai tersebut atau ditulis diatas kertas segel dengan huruf cetak/kapital, dan ditanda tangani, dengan melampirkan :

a. Foto Copy Ijazah dan Transkip Nilai Akademik 1 (satu) lembar sesuai dengan kualifikasi Akademik yang dibutuhkan dan telah disahkan oleh pejabat yang berwenang. Tanggal penetapan /Ijazah harus sebelum tanggal pelamaran, tidak boleh surat keterangan atau pernyataan yang menyatakan bahwa belum diwisuda, dengan ketentuan legalisir berdasarkan ketentuan Badan Kepegawaian Negara :

1. Universitas/Institut oleh Rektor / Dekan / Pembantu Dekan Bidang Akademik

2. Sekolah Tinggi oleh Ketua / Pembantu Ketua Bidang Akademik I

3. Akademi/Politeknik oleh Direktur/Pembantu Direktur Bidang Akademik

4. PT Islam Pejabat yang berwenang dan berkompeten pada Kopertais

5. PTS Agama Hindu/Budha/Kristen/Katholik oleh Kabid Bimas Agama ybs pada Kanwil Agama/Kakandepag Kab/Kota/Direktur/Sekretaris Ditjen Bimas ybs.

6. Sekolah/Akademi/PT Kedinasan oleh Pimpinan Sekolah/Akademi/PT Kedinasan/Kapusdiklat/Kabid yang berkompeten.

- Ijazah yang diakui adalah ijazah yang diperoleh dari Sekolah atau Perguruan Tinggi Negeri dan/atau Ijazah yang diperoleh dari Sekolah atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah diakreditasi dan/atau telah mendapat izin penyelenggaraan dari Menteri yang bertanggung jawab di bidang pendidikan nasional, atau pejabat lain yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berwenang menyelenggarakan pendidikan ;

- Ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Swasta setelah berlakunya Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 184/U/2001 tentang Pedoman Pengawasan Pengendalian dan Pembinaan Program Diploma, Sarjana dan Pasca Sarjana di Perguruan Tinggi, yang belum tercantum Izin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional, harus mencantumkan Surat Keterangan/Pernyataan dari Pimpinan Perguruan Tinggi yang menyatakan bahwa Fakultas/Jurusan yang bersangkutan telah mendapat izin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional, dengan menyebutkan Nomor dan tanggal Keputusannya ;

- Ijazah yang diperoleh dari Sekolah/Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penetapan penyetaraan dari Tim Teknis Penilaian Ijazah Ditjen Dikti Depdiknas Pusat

b. Standar Nilai untuk pelamar tingkat Diploma II dan III Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah 2,25 (dua koma dua lima), sedangkan untuk Pelamar tingkat Sarjana Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah 2,50 (dua koma lima nol).

c. Khusus Tenaga Guru yang bukan berasal dari lulusan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) wajib melampirkan Akta Mengajar yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar.

d. Khusus untuk Dokter Umum dan Dokter Gigi melampirkan foto copy Surat Tanda Registrasi (STR) atau Surat Keterangan bahwa Tanda Registrasi (STR) yang dimaksud sedang dalam proses dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), sedangkan Bidan, Perawat dan Asisten Apoteker masing-masing melampirkan foto copy Surat Izin Bidan (SIB), surat Izin Perawat (SIP) dan Surat Izin Asisten Apoteker (SIAA) dari Dinas Kesehatan Provinsi setempat (dimana sekolah berada) sebanyak 1 (satu) lembar.

e. Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun sampai dengan 40 tahun (khusus tenaga guru, tenaga kesehatan dan penyuluh), mempunyai masa kerja/pengabdian secara terus menerus pada Instansi Pemerintah/Lembaga Swasta yang berbadan Hukum yang menunjang kepentingan Nasional sesuai PP No.11 Tahun 2002, harus melampirkan Foto Copy Surat Keputusan (SK) Surat Kontrak Kerja/Surat Perjanjian Kerja, mulai dari pengangkatan pertama sampai dengan yang berlaku saat ini yang dilegalisir oleh Instansi Pemerintah / Lembaga dimana Surat Keputusan (SK) pengangkatan tersebut diterbitkan.

f. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku diterbitkan oleh pejabat yang berwenang dan telah dilegalisir dimana KTP tersebut diterbitkan sebanyak 1 (satu) lembar.

- Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dilegalisir oleh Kepala Dinas, Sekretaris/Kabid yang membidangi masalah kependudukan dimana KTP tersebut diterbitkan.

- Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diterbitkan oleh Kecamatan dilegalisir oleh Camat. dimana KTP tersebut diterbitkan.

g. Pas foto terbaru (hasil foto 6 Bulan terakhir) hitam putih ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar dimasukkan didalam kantong plastik kecil dan dijepitkan pada Surat Lamaran disebelah kiri atas.

h. Dalam Surat Lamaran harus menyebutkan Jenis Jabatan dan Kode Jabatan, Kualifikasi Pendidikan dan Kode Pendidikan. Kode Pendidikan dan Kode Formasi dapat dilihat di lampiran pengumuman ini.

Contoh : FORMASI TEKNIS

KODE JABATAN FORMASI : PERENCANA PEMBANGUNAN : 300 1133

KODE KUALIFIKASI PENDIDIKAN : S.1 TEKNIK SIPIL : 707 1119

i. Panitia tidak menerima berkas lamaran secara langsung.

C. PENGUMUMAN SELEKSI ADMINISTRASI

Peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi akan diumumkan melalui Media Masa (Surat Kabar Harian) terbitan Batam.

D. LAIN – LAIN

1. Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Batam tidak dipungut biaya.

2. Apabila pemberkasan usulan Penetapan Nomor Identitas Pegawai (NIP) ditolak oleh BKN karena tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh BKN misalnya : Usia, kualifikasi pendidikan, dan persyaratan keabsahan ijazah, maka peserta yang bersangkutan kelulusan pelamar dinyatakan gugur.

3. Pemerintah Kota Batam menghimbau dan mengingatkan kepada seluruh Calon Peserta agar tidak mudah terpengaruh tawaran ataupun janji-janji dari aknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, untuk mempermudah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Batam ;

4. Pada saat pendaftaran ulang panitia berhak menyeleksi ulang persyaratan pelamar, dan dapat membatalkan (tidak memberikan kartu tanda peserta ujian) apabila ternyata persyaratannya tidak sesuai dengan ketentuan.

Demikian untuk menjadi perhatian.

Batam, 12 November 2010

a.n. WALIKOTA BATAM

Sekretaris Daerah,

AGUSSAHIMAN,SH

PEMBINA UTAMA MADYA

NIP.19601123 198503 1 009.

DOWNLOAD : FORMASI PENERIMAAN CPNSD PEMKO BATAM

DOWNLOAD : CONTOH MEMBUAT LAMARAN 2010

DOWNLOAD : CONTOH PADA AMPLOP




Komentar dan umpan balik ditutup.

70 Respon untuk “Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah ( Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis ) Dari Pelamar Umum Di Lingkungan Pemerintah Kota Batam Formasi tahun 2010”


  • Comment from Andarista

    saya mau bertanya tentang surat lamaran pada bagian alamat,saya sudah pindah alamat tapi masih di batam.yang saya tanyakan yang ditulis di surat lamaran apakah alamat sesuai KTP atau alamat sekarang yang saya ditempati?
    terima kasih.

    ===============================

    Idealnya alamat KTP = Alamat Sekarang. Untuk sementara Surat Lamaran menggunakan alamat yang sekarang dulu.

  • Comment from mei

    ngga pake cv ya pak lamarannya?

    =============================

    Tidak perlu dilampirkan. Sesuai dengan yang disebutkan saja. Terima Kasih.

  • Comment from jefri.n

    saya mau tanya
    kode formasi buat teknisi mesin brp?

    ==================================

    Formasi untuk Teknisi Mesin = 300 1153

    untuk lebih lengkap Saudara bisa download di http://skpd.batamkota.go.id/kepegawaian/files/2010/11/Formasi.pdf atau http://bit.ly/formasicpnsbatam2010

  • Comment from deni

    met sore…

    sekedar info u yg lain, ternyata sewaktu saya mo masukin lamaranya di kantor pos Batam Centre, amplop sudah disediakan dari kantor pos dan kita wajib menggunakan amplop itu,sedikit bingung aja krn ga ada pemberitahuan sblmnya di halaman ini, krn kt mesti nulis ulang lg bagian amplop suratnya sesuai yg diminta…tp ok aja, asal lamaran kita nyampe tepat wktnya….lbh terkoordinir..!!!

    =====================================

    Untuk masalah Amplop. BKD Kota Batam hanya mensyaratkan berkas lamaran dimasukan dalam amplop TERTUTUP dan dalam satu amplop hanya terdapat satu berkas lamaran.

    Tidak pernah mewajibkan amplop merk tertentu apalagi sampai dengan mewajibkan peserta membeli. Terima Kasih.

  • Comment from Budi

    Saya akan BERSEMANGAT!!! ^_^
    Kalau rezeki tidak akan kemana kok…

    Semoga transparan dan JUJUR tahun ini…
    AMIINN…

    =====================

    Amien…

  • Comment from ahmad harris

    Lulusan SMA kader posyandu 4 thn jumantik 1 thn tak ada prioritas ya pak??

    =====================================

    Formasi SMA untuk Tahun 2010 tidak ada.

  • Comment from Jonri

    Salam…

    Mau menanyakan informasi saja sekitar ttg CPNS…Nanti kalau sudah lulus adiministrasi..no ujian diambil langsung ke kantor BKD Batam atau di kirim langsung ke alamat.Terima kasih.sukses slalu buat kota Batam.

    =================

    Nomor Ujian diambil langsung ke Kantor BKD Kota Batam, info lebih lanjut akan kami kabarkan melalui media masa.

  • Comment from ben

    sural lamaran yang di kertas hvs harus hurup kapital ya pak????

    =====================================

    Pengajuan Surat Lamaran ditulis tangan sendiri menggunakan ballpoint/pena tinta hitam diatas kertas folio/HVS dibubuhi materai Rp.6000,- dan ditandatangani diatas materai tersebut atau ditulis diatas kertas segel dengan huruf cetak/kapital, dan ditanda tangani

  • Comment from ratih

    Asslmkm,,,saya berasal dr pekanbaru,apakah bisa ikut CPNS di pemkot batam ini?saya lulusan S1 teknik perencanaan wilayah dan kota univ brawijaya dengan ipk 3,37 (skala 4).
    Selain itu apakah bisa mengunakan skl(surat keterangan lulus) karena ijazah masih dalam proses penyelesaian. mohon penjelasannya… untuk perhatian anda saya ucapkan terimakasih

    =====================================================

    Tanggal penetapan /Ijazah harus sebelum tanggal pelamaran, tidak boleh surat keterangan atau pernyataan yang menyatakan bahwa belum diwisuda

  • Comment from mudjito

    selamat pagi pak,
    Mohon info mengapa downloud formasi susah bagaimana pak? mohon bantuannya apakah formasi bagi S1 Kehutanan dan Guru kimia ada? terimakasih.

    =====================================

    Untuk yang tidak bisa download, bisa di download di link bawah ini :

    Lamaran : http://bit.ly/lamarancpnsbatam2010
    Formasi : http://bit.ly/formasicpnsbatam2010
    Amplop : http://bit.ly/contohamplopcpnsbatam2010

    Terima Kasih

  • Comment from luhut parulian sitanggang

    salam
    kalau lulus andministrasi akan diumumkan di surat kabar dan apakah bisa diwakili utuk mengambil nomor peserta, apalagi kami jauh dari Batam . terima kasih

    ====================================================

    Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi harus mendaftar ulang secara langsung oleh yang bersangkutan (Tidak dapat di wakilkan)

  • Comment from mudjito

    terimakasih pak, atas infonya

  • Comment from nitra

    bagi2 pengalaman neh u tmn2 sperjuangan pelamar CPNSD pemko batam.
    Sedih n kecewa bgt waktu kmrn mau legalisir KTP d kec batam center.begini ceritanya
    KTP sy dr jakarta n di tnda tangani camat,krn itu sy k kantor camat u legalisir tp ga bisa kt ptugas bpk n ibu dsn,hrs k disduk,sy ty lg mnurut pnguman KTP yg d ttd camat bs dilegalisir d kec tp mreka tetap bilang tdk bs,kcuali KTP kuning model jaman dl bs.huhf kecewa bgt ko dpersulit y.malah pd sombong2 tu pegawai ny,
    yg mau sy ty kan kpd bpk/ibu apa betul demikian y proses legalisir ny?kalau memang betul knp d pengumuman psyaratan disebutkn KTP ttd camat legalisir d camat,pd knyataan tdk sesuai.ap sy yg kurang paham?mohon pnjelasan dr bpk/ibu.trims

    =======================

    Kalau KTP Saudara diterbitkan di Jakarta, berarti yang berhak melegalisir KTP Saudara adalah tempat dimana KTP saudara diterbitkan.

  • Comment from njobs

    mudah-mudahan seleksi cpns batam berjalan lancarrr.

    ====================

    Amien.

  • Comment from firlana

    siang bpk/ibu saya lulusan S1 administrasi bisnis,saya sudah mengirimkan lamaran cpns kota batam, apa di lingkungan pemerintahan dianggap sama dengan administrasi niaga?

    sebelumnya memang nm nya ilmu administrasi niaga dan sejak memperoleh nilai akreditasi A jurusan adm niaga di UPN Veteran yogyakarta berubah menjadi adm bisnis dan title lulusan nya sarjana adm bisnis (S.AB)

    mohon penjelasan dr bpk/ibu, trims
    ===================================================

    Iya. Sama.

  • Comment from Adib

    saya telah menjadi pegawai pada salah satu sekolah negeri di batam dari tahun 2001 s/d sekarang dan dapat di buktikan dengan sk, jika kita lihat PP No 11 Th 2002 Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil yang melebihi usia 35 (tiga puluh lima)
    tahun dilaksanakan berdasarkan kebutuhan, khususnya bagi mereka yang telah mengabdi
    kepada instansi yang menunjang kepentingan nasional sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun,
    sebelum Peraturan Pemerintah ini ditetapkan. berarti penjelasan tersebut berlaku pada tahun 2002. sekarang 2010, tenaga honorer dari th 2005 berhak untuk masuk seleksi. benar tak pak?
    ===================================

    Penjelasan PP tersebut 5 (lima) tahun per 17 April 2002. Jadi, pada tahun 2010 tinggal ditambahkan 8 (delapan) tahun. Itu hanya untuk Jalur Umum, sedangkan untuk tenaga honorer daerah (APBN/APBD) mengunakan PP. 48 Tahun 2005. yang masa kerjanya 1 (satu) tahun per 31 Desember 2005 dapat diakomodir melalui jalur honorer database BKN. Terima Kasih.

  • Comment from yudis

    daftar ulang untuk tenaga teknisnya kapan?
    senin? rabu atw kamis?
    terima kasih..

    ===================================

    Hari/tanggal : Senin, Rabu dan Kamis, 6, 8 dan 9 Desember 2010
    Waktu : Pukul 8.00 Wib s/d 16.00 Wib
    Tempat : Lantai Dasar Kantor Walikota Batam Jl.Engku Putri No.1 Batam Centre

  • Comment from sigit nugroho

    mohon informsai mengenai cPNSD 2011 diadakan bulan apa?

  • Comment from kepegawaian

    Untuk informasi : PENUNDAAN SEMENTARA PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL di atur di :

    PERATURAN BERSAMA MENPAN&RB, MENDAGRI,MENKEU TENTANG (MORATORIUM) PENUNDAAN SEMENTARA PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL



Ubah ke tampilan mobile