Struktur Organisasi

Klik gambar untuk memperbesar

 I.          SEKRETARIAT

Sekretariat mempunyai tugas membantu Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat dibidang perencanaan, tata laksana, keuangan, umum, perlengkapan dan kepegawaian.

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretariat terdiri dari :

  1. Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi, Mempunyai Tugas membantu sekretaris dalam pelaksanaan tugas dibidang penyusunan rencana program dan kegiatan, Evaluasi dan Pelaporan.
  2. Sub Bagian Keuangan, Mempunyai tugas membantu sekretaris dalam pelaksanaan tugas dibidang penyimpanan bahan, Pengendalian perbendaharaan, Pengelolaan administrasi dan Pertanggungjawaban keuangan.
  3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Mempunyai tugas membantu sekretaris dalam pelaksanaan tugas dibidang penyelenggaraan administrasi umum dan administrasi kepegawaian.

 II.         BIDANG INFORMASI KEPEGAWAIAN

Bidang Informasi Kepegawaian mempunyai tugas membantu Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat dalam melaksanakan perumusan kebijakan teknis dan penyelenggaraan kebijakan teknis dibidang penyediaan / penyajian informasi kepegawaian.

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Informasi Kepegawaian terdiri dari :

  1. Sub Bidang Data dan Arsip Kepegawaian, Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Informasi Kepegawaian dalam pelaksanaan penyiapan data dan penyusunan arsip kepegawaian daerah.
  2. Sub Bidang informasi dan Pengolahan Data Kepegawaian, Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Informasi Kepegawaian dalam melaksanakan pengolahan data dan penyajian informasi kepegawaian daerah.


III.       BIDANG PENGENDALIAN DAN PENGHARGAAN

Bidang Pengendalian dan penghargaan mempunyai tugas membantu kepala Badan Kepegawaian dan Diklat dalam melaksanakan perumusan kebijakan teknis, penyelenggaraan kebijakan teknis dibidang pengendalian dan penghargaan pegawai yang meliputi pembinaan disiplin pegawai dan kesejahteraan pegawai pemberian kehormatan dan jasa kepada pegawai yang berhak menerima dan menindaklanjuti permasalahan kepegawaian sesuai sifat keperluanya.

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pengendalian dan Penghargaan terdiri dari :

  1. Sub Bidang Pembinaan dan Penghargaan Kepegawaian, Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengendalian dan Penghargaan dalam penyiapan bahan dan pelaksanaan kebijakan pembinaan dan pengendalian kepegawaian.
  2. Sub Bidang Pensiun dan Penghargaan, Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengendalian dan Penghargaan dalam penyiapan bahan dan penyelenggaraan pension serta penghargaan kepegawaian.


IV.       BIDANG PENGADAAN DAN KEPANGKATAN

Bidang Pengadaan dan Kepangkatan mempunyai tugas membantu Badan Kepegawaian dan Diklat dalam melaksanakan perencanaan pengadaan pegawai, mutasi, dalam jabatan, mutasi antar daerah dan pemerintaha pusat, serta melaksanakan analisa jabatan sesuai dengan tugas dan kewenangannya.

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pengadaan dan Kepangkatan  terdiri dari:

  1. Sub Bidang Mutasi Jabatan dan Kepangkatan, Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengadaan dan Kepangkatan dalam penyusunan rencana mutasi jabatan, rapat badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (BAPERJAKAT), serta menindaklanjuti keeputusan Baperjakat, dan penyiapan keputusan pengangkatan / pemberhentian dalam jabatan sesuai dengan kewenangan daerah.
  2. Sub Bidang Pengadaan dan Mutasi Lain-lain, Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengadaan dan Kepangkatan dalam penyusunan rencana, penyiapan bahan kebijakan teknis bagi mutasi pegawai, penyiapan rapat badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan, pelaksanaan analisa kebutuhan pegawai serta proses pengadaan pegawai sesuai dengan kewenangan daerah.


V.        BIDANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Bidang Pendidikan dan Pelatihan mempunyai tugas membantu Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat dalam melaksanakan penyusunan rencana pendidikan dan pelatihan pegawai yang bersifat perjenjangan dan teknis fungsional, tugas belajar dan ijin belajar, penyediaan dukungan / bantuan kerjasama antar kabupaten / kota dan pihak lain dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan aparatur daerah.

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pendidikan dan Pelatihan terdiri dari:

  1. Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan Struktural dan fungsional, mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan dalam pelaksanaan dan penyusuna rencana pendidikan pelatihan dalam pelaksanaan dan penyusunan rencana pendidikan pelatihan sesuai dengan keperluan, seleksi dan penetapan peserta diklat, penyiapan dukungan pelaksanaan diklat, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan diklat serta mengawasi pegawai yang mengikuti diklat yang dilaksanakan oleh pihak lain.
  2. Sub Bidang Pendidikan Formal, Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan dalam penyusunan rencana dan pengadministrasian pemberian tugas belajar dan izin belajar bagi pegawai daerah yang akan melanjutkan pendidikan, pelaksanaan hubungan kerjasama dengan perguruan tinggi tempat pengawai daerah mengikuti tugas belajar dan izin belajar.

 

PNS PADA BKD KOTA BATAM YANG MENDUDUKI JABATAN

NO

ESELON

FORMASI TERISI KURANG

JENIS KELAMIN

LK

PR

1

II/b

1

1

0

1

-

2

III/a

1

1

0

-

1

3

III/b

4

4

0

4

-

4

IV/a

11

11

0

4

7

JUMLAH

17

17

0

9


PEGAWAI BKD KOTA BATAM BERDASARKAN PANGKAT DAN GOLONGAN

NO

PANGKAT / GOLONGAN

JUMLAH

JENIS KELAMIN

LK

PR

1

Pembina Tk.I, IV/b

2

1

1

2

Pembina, IV/a

3

3

-

3

Penata Tk.I, III/d

5

3

2

4

Penata, III/c

6

1

5

5

Penata Muda Tk.I, III/b

1

1

-

6

Penata Muda, III/a

4

1

3

7

Pengatur Tk.I, II/d

2

1

1

8

Pengatur, II/c

1

1

-

9

Pengatur Muda Tk.I, II/b

2

2

-

10

Pengatur Muda, II/a

8

6

2

11

Tenaga Harian Lepas

1

1

0

JUMLAH

35

21

14

 Kinerja Pelayanan Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Batam sampai saat ini atau  sampai akhir periode rencana strategik adalah :

1.      57,80 % pegawai yang telah menduduki jabatan telah mengikuti diklat penjenjangan atau sebanyak 526 orang telah mengikuti pendidikan penjangan ;

2.      90,29 % telah mengikuti latihan prajabatan untuk diangkat menjadi PNS ;

3.      Setiap tahunnya telah dilakukan pemenuhan formasi kebutuhan SKPD sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan aparatur dan angggaran ;

4.      81,50 % jumlah pegawai telah dipenuhi dari pegawai yang dubutuhkan ;

5.      100 % pegawai dapat naik pangkat tepat waktu, sesuai kelengkapan data ;

6.      100 % pegawai telah masuk data base kepegawaian, hanya harus terus dilengkapi data arsipnya ;

7.      0,36 % pegawai yang melakukan indisipliner sampai akhir periode perencanaan ;

8.      Peningkatan jumlah pegawai yang telah meningkatkan tingkat pendidikannya.

 

Pejabat yang pernah dan sedang menduduki sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Batam adalah, sebagai berikut :

1.  Drs. ZULKIFLI : 2001 s.d 2002

2.  Drs SADRI KHAIRUDDIN, MM : 23/09/2002 s.d 26/02/2007

3.  H. MAAZ ISMAIL, SIP, M.Si  : 26/02/2007 s.d 10/09/2007

4.  HUSNUL HAFIL, S.Sos, M.Si : 10/09/2007  s.d 14/12/2009

5.  FIRMANSYAH, S.Sos, M.Si : 09/08/2010 s.d sekarang

 

Kinerja Pelayanan Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Batam sampai saat ini atau  sampai akhir periode rencana strategik adalah :

1.      57,80 % pegawai yang telah menduduki jabatan telah mengikuti diklat penjenjangan atau sebanyak 526 orang telah mengikuti pendidikan penjangan ;

2.      90,29 % telah mengikuti latihan prajabatan untuk diangkat menjadi PNS ;

3.      Setiap tahunnya telah dilakukan pemenuhan formasi kebutuhan SKPD sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan aparatur dan angggaran ;

4.      81,50 % jumlah pegawai telah dipenuhi dari pegawai yang dubutuhkan ;

5.      100 % pegawai dapat naik pangkat tepat waktu, sesuai kelengkapan data ;

6.      100 % pegawai telah masuk data base kepegawaian, hanya harus terus dilengkapi data arsipnya ;

7.      0,36 % pegawai yang melakukan indisipliner sampai akhir periode perencanaan ; Peningkatan jumlah pegawai yang telah meningkatkan tingkat pendidikannya





Ubah ke tampilan mobile