STRUKTUR ORGANISASI

BAGAN SUSUNAN ORGANISASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BATAM

GB

I. SEKRETARIAT

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam melaksanakan pelayanan penunjang teknis dan administrasi,koordinasi dan pembinaan, pengendalian dalam urusanpenatausahaan, organisasi, kepegawaian, keuangan, umum, perlengkapan, hukum serta kehumasan, kerumahtanggaan dan perpustakaan kepada seluruh satuan organisasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Daam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretariat terdiri dari :

  • Sub Bagian Umum,    Mempunyai tugas penyelenggaraan dan  pelaksanaan urusan tata persuratan, kehumasan, hukum, protokol dan dokumentasi, informasi kesehatan, serta pengelolaan inventarisasi, perlengkapan, penggadaaan, pengadaan, pendistribusian barang, penghapusan, penyimpanan, dan pemeliharaan serta pengawassan barang.
  • Sub Bagian Keuangan, Mempunyai tugas penyelenggaraan dan pelaksanaan koordinasi dalam hal pengelolaan keuangan dan pembendaharaan serta menyusun rencana anggaran belanja tidak langsung (BTL) dan belanja langsung (BL)
  • Sub Bagian Kepegawaian,  Mempunyai tugas penyelenggara dan pelaksanaan koordinasi dalam hal administrasi kepegawaian, pengelolaan pendidikan dan pelatihan, penyelenggaraan kesejahteraan pegawai dan perencanaan keburuhan formasi pegawai.

II. BIDANG PROGRAM

Bidang Program dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menghimpun, mensistematisasikan, mengintegrasikan, menyusun rencana, membuat program, dan kegitan kerja, melakukan pemantauan dan evaluasi atas program serta melakukan penelitian dan analisis terhadap kegiatan yang telah di tetapkan oleh Kepala Dinas.

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Program terdiri dari:

  • Seksi Data Informasi, Mempunyai tugas menyiapkan data dan informasi yang berkenaan dengan program kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang telah di tetapkan oleh Kepala Dinas
  • Seksi Penyusunan Program, Mempunyai tugas menyiapkan serta menyusun rencana program dan kegiatan di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang telah di tetapkan oleh Kepala Dinas.
  • Seksi Evaluasi dan Pengendalian, Mempunyai tugas melakasnakan evaluasi, pemantauan dan pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipilyang telah ditetapkan oleh Kepala Dinas.

III. BIDANG PENDAFTARAN DAN INFORMASI PENDUDUK

Bidang Pendaftaran dan Informasi Penduduk di pimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan pelayan administrasi Kependudukan Warga Negara Indonesia dan Warga NegaraAsing.

Dalam pelaksanan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pendaftaran dan Informasi Penduduk terdiri dari :

  • Seksi Pendaftaran Penduduk, Mempunyai tugas melakukan pendataan penduduk, pendaftaran penduduk Warga Negara Indonesia dan Orang Asing, pencatatan penduduk rentan, pemberian Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan penerbitan dokumen hasil pendaftaran penduduk.
  • Seksi Perpindahan Penduduk, Mempunyai tugas  melaksanakan pendaftaran perpindahan penduduk intra daerah dan antar negara, pencatatan dan pelaporan peristiwa kependudukan, dan pelayan surat keterangan kependudukan.
  • Seksi Pengolahan Data dan Informasi Kependudukan,  Mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dan kependudukan dan pengembangan informasi manejemen kependudukan.

IV. BIDANG PENCATATAN SIPIL

Bidang Pencatatan Sipil dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pelayanan, pencatatan penduduk Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing.

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana di maksud, Bidang Pencatatn Sipil terdiri dari :

  • Seksi Akta Kelahiran, Kematian Dan Perubahan Akta, Mempunyai tugas  melakukan pencatatan dan penerbitan Akta Kelahiran dan kematian Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing, serta menyelenggarakan proses peribahan Akta penduduk.
  • Seksi Perkhawinan, Perceraian, Pengesahan dan Pengangkatan Anak, Mempunyai tugas melakukan pencatatan dan penerbitan Akta Perkhawinan. Perceraian Pengesahan dan Pengangkatan anak bagi Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing.
  • Seksi Dokumentasi Akta dan Pencatatan Sipil, Mempunyai tugas melakukan melakukan kegiatan penataan serta pengarsipan berkas Akta Catatan Sipil.

V. Bidang Pengendalian Penduduk

Bidang Pengendalian Penduduk dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas melaksanakan pengendalian penduduk, pengawasan dan penataan dokumentasi kependudukan serta pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai dengan lingkup tugas dan funsinya.

Tugas sebagaimana dimaksud meliputi :

  1. Pelaksanaaan pengendalian penduduk Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing
  2. Pelaksanaan pengendalian pendatang.
  3. Pelaksanaan pengawasan dan razia penduduk
  4. Pelaksanaan penyuluhan dan pemberian informasi pengendalian penduduk.
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana di maksud, Bidang Pengendalian Penduduk terdiri dari :

  • Seksi Pengendalian Penduduk, Mempunyai tugas menyelenggarakan pengendalian penduduk Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing.

Tugas dimaksud meliputi :

  1. Pelaksanaan pendataan penduduk.
  2. Pelaksanaan kegiatan pengendalian pendatang.
  3. Pelaksanaan penyuluhan dan pemberian informasi kependudukan.
  4. Penyiapan bahan-bahan informasi pengendalian penduduk.
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk sasuai dengan lingkup tugas dan funsinya.
  • Seksi Pengawasan dan Razia Penduduk, Mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dan razia penduduk.

Tugas dimaksud meliputi :

  1. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan pengawasan penduduk.
  2. Pelaksanaan pendataan penduduk yang tidak memenuhi syarat.
  3. Pelaksanaan razia penduduk secara periodik.
  4. Penempatan penduduk yang tidak memenuhi persyaratan di wisma transit.
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.
  • Seksi Penataan dan Dokumentasi Kependudukan, Mempunyai tugas menghimpun dan mendokumentasikan data pengendalian penduduk.

Tugas dimaksud meliputi :

  1. Pembuatan dokumentasi kegiatan pengendalian penduduk.
  2. Pengaturan, pemeliharaan/perawatan dan pengendalian penduduk.
  3. Penghimpunan dan pensistematisasian data penduduk.
  4. Penyiapan sistem untuk keperluan dokumentasi kependudukan.
  5. Pelaksanaan tugas yang lain diberikan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk sesuai lingkup tugas dan funsinya.




Anda dapat mengikuti respon dengan mentaut RSS 2.0 feed.
Anda dapat meninggalkan komentar, atau membuat umpan balik trackback dari situs anda.

Masukkan Komentar Anda


Meninggalkan Balasan

XHTML: Anda dapat menggunakan tag: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



Ubah ke tampilan mobile