VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN

Rencana Strategis adalah merupakan suatu proses yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu satu sampai dengan lima tahun dengan memperhitungkan potensi, peluang dan kendala yang ada atau mungkin timbul. Rencana Strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam Tahun 2011 – 2016 merupakan bagian integral dari kebijaksanaan dan program Pemerintah Kota Batam dan merupakan landasan dan pedoman bagi seluruh aparat pelaksana pada jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam dalam melaksanakan tugas – tugas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangungan selama kurun waktu 5 (lima) Tahun 2011 – 2016.

Untuk mewujudkan Rencana Strategis tentu perlu ditunjang oleh Visi dan Misi yang rasional. Untuk itu dapat diperhatikan Visi dan Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, yaitu :

A. VISI DAN MISI

VISI
Dalam mengantisipasi tantangan kedepan menuju kondisi yang di inginkan Kota Batam sebagai Daerah yang perlu secara terus menerus mengembangkan peluang dan inovasi. Dengan meningkatnya pertambahan jumlah penduduk di Kota Batam, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam perlu membenahi diri agar tetap eksis dan unggul dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.
Perubahan tersebut harus disusun dalam tahapan yang terencana, kontiniyu dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan akumulatif kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil dan manfaat.

Visi merupakan cara pandang jauh kedepan sehingga kemana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam akan diarahkan dan apa yang akan dicapai, tergambar dalam visinya.
Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam yaitu :

“ Terwujudnya Sistem Administrasi Kependudukan Kota Batam secara Tertib, Akurat dan Dinamis ”.

Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam dapat diuraikan secara ringkas seperti berikut ini sesuai dengan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, pengertian dari :

  1. Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan pendataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.
  2. Pencatatan Sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang dalam registrasi pencatatan sipil pada Instansi Pelaksana.

Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan rangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan yang ditangani oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam. Oleh karena itu dalam menjalankan tugas tersebut tentu ada harapan yang ingin diwujudkan, yaitu :

  •   Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang tertib;

Yaitu dalam melaksanakan kegiatan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil selalu menjalankan tahapan atau prosedur yang berlaku, tidak melewati tahapan yang sudah ditentukan,dan tidak menyimpang dari aturan-aturan yang berlaku. Misalnya dalam pendaftaran penduduk harus ditangani mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, baru ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

  •  Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang akurat;

Yaitu dalam melaksanakan kegiatan pencatatan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, data yang ada dan yang diberikan itu harus benar, tidak memberikan data palsu dan tidak memanipulasi data, sehingga data tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

  •  Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dinamis;

Yaitu dalam melaksanakan sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil data yang ada itu harus mengikuti perkembangan waktu terakhir, sehingga perubahannya kelihatan setiap waktu, apakah data yang ada itu statis atau tidak, atau misalkan dokumen yang dimiliki masih berlaku atau tidak.

Apabila Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil tertib, akurat dan dinamis, maka dalam penyusunan rencana pembangunan dan dalam menentukan kebijakan pembangunan akan berjalan dengan baik dan lancar.

MISI
Misi merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik, sesuai dengan Visi yang telah ditetapkan. Dengan adanya Misi di lapangan diharapkan seluruh pegawai dan pihak lain yang berkepentingan dapat mengenal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam.
Adapun Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan Sistem Informasi Manajemen Kependudukan, Catatan Sipil dan Administrasi yang dinamis.
  2. Meningkatkan Pengendalian dan Pendaftaran Penduduk dalam daerah Kota Batam secara strategis.
  3. Menyelenggarakan Program Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam.

 

Untuk mewujudkan Misi ini ada beberapa faktor pendukung yang perlu dilakukan, sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas aparatur dan pelayanan aparatur terhadap tuntutan masyarakat dalam pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Aparatur yang terlibat dalam pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan aparatur yang mampu dan konsisten dalam penanganan Dokumen Kependudukan karena dengan kualitas aparatur yang baik, maka kegiatan pelayanan akan berjalan dengan lancar.
  2. Meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi atau SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan). Program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan merupakan program Pemerintah yang bertujuan untuk melaksanakan penanganan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di seluruh Indonesia secara bersamaan dan dimanfaatkan oleh seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia, walaupun belum seluruhnya memanfaatkan teknologi tersebut karena satu dan lain hal.
  3. Meningkatkan penyebarluasan informasi, kepedulian, dan peran serta masyarakat dalam bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Masyarakat belum semuanya mengetahui tentang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, oleh karena itu perlu diadakan penyebarluasan informasi tentang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di setiap kesempatan, agar pengetahuan dan wawasan masyarakat meningkat dan menindaklanjutinya. Dan selanjutnya warga masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan peran sertanya dalam penanganan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil karena tanpa kepedulian dan peran serta masyarakat tidak akan berjalan dengan baik. Untuk itu harus diupayakan bagaimana agar masyarakat mau peduli dan berperan serta dalam penanganan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan pihak yang berwenang. Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan program yang harus ditangani oleh berbagai pihak. Oleh sebab itu perlu adanya kerjasama dengan pihak yang berwenang dan terkait dengan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

B. TUJUAN

Guna mewujudkan Misi tersebut, terdapat Tujuan Misi yang harus dicapai, yaitu :
”TERWUJUDNYA KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN”.
Berusaha seoptimal mungkin dalam memberikan kualitas pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dalam pembuatan Dokumen Kependudukan.

C.  SASARAN

Adapun sasaran dari pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu :

”TERSEDIANYA DOKUMEN KEPENDUDUKAN YANG EFEKTIF”.

Pengertian Dokumen Kependudukan adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti autentik yang dihasilkan dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.
Sedangkan pendaftaran penduduk adalah pencatatan biodata penduduk, pencatatan atas pelaporan peristiwa kependudukan dan pendataan penduduk rentan Administrasi Kependudukan serta penerbitan Dokumen Kependudukan berupa kartu identitas atau Surat Keterangan Kependudukan.

D.  STRATEGI DAN KEBIJAKAN

Strategi yang dijalankan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam adalah menciptakan tertib Administrasi Kependudukan, Pengawasan pertumbuhan penduduk dan pengendalian pendatang ke Kota Batam dengan melaksanakan strategi pemberian/pembuatan Akta Gratis kepada masyarakat yang kurang mampu, melaksanakan penjagaan dipintu-pintu masuk kedatangan baik melalui pelabuhan laut dan Bandar Udara, dan pelaksanaan razia penduduk berupa pemeriksaan identitas kependudukan di berbagai tempat di dalam wilayah Kota Batam.
Untuk mensukseskan kegiatan yang dilaksanakan diperlukan Strategi Pencapaian, terbagi :

  • Kebijakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, yaitu :
  1.    Meningkatkan Tertib Administrasi Kependudukan.
  • Program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, yaitu ;
  1. Program Pengendalian dan Pengawasan Penduduk serta Penataan Administrasi Kependudukan;
  2. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran;
  3. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur;
  4. Program Peningkatan Disiplin Aparatur
  5. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja.