Profil SKPD

PROFIL SINGKAT DINAS KEPENDUDUKAN

DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BATAM.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Batam, adalah sebagai unsur pelaksana otonomi daerah, urusan pemerintahan bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

 

Sesuai Peraturan Daerah tersebut kedudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota Batam melalui Sekretaris Daerah.

 

A. VISI DAN MISI

     VISI

Dalam mengantisipasi tantangan kedepan menuju kondisi yang di inginkan Kota Batam sebagai Daerah yang perlu secara terus menerus mengembangkan peluang dan inovasi. Dengan meningkatnya pertambahan jumlah penduduk di Kota Batam, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam perlu membenahi diri agar tetap eksis dan unggul dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

Perubahan tersebut harus disusun dalam tahapan yang terencana, kontiniyu dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan akumulatif kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil dan manfaat.

Visi merupakan cara pandang jauh kedepan sehingga kemana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam akan diarahkan dan apa yang akan dicapai, tergambar dalam visinya.

Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam yaitu :

 

“ Terwujudnya Sistem Administrasi Kependudukan Kota Batam secara Tertib, Akurat dan Dinamis ”.

 

Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam dapat diuraikan secara ringkas seperti berikut ini sesuai dengan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, pengertian dari:

1. Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan pendataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

2. Pencatatan Sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang dalam registrasi pencatatan sipil pada Instansi Pelaksana.

 

Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan rangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan yang ditangani oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam. Oleh karena itu dalam menjalankan tugas tersebut tentu ada harapan yang ingin diwujudkan, yaitu :

1. Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang tertib;

Yaitu dalam melaksanakan kegiatan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil selalu menjalankan tahapan atau prosedur yang berlaku, melewati tahapan yang sudah ditentukan,dan tidak menyimpang dari aturan-aturan yang berlaku antara lain dalam pengurusan administrasi  pendaftaran penduduk prosesnya harus ditangani mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan dan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

2. Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang akurat;

Yaitu dalam melaksanakan kegiatan pencatatan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, data yang ada dan yang diberikan harus benar, tidak memberikan data palsu dan tidak memanipulasi data, sehingga data tersebut dapat dipertanggung-jawabkan secara hukum.

3. Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dinamis;

Yaitu dalam melaksanakan sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil data yang ada harus dinamis mengikuti perkembangan waktu, sehingga perubahannya dapat dimonitor setiap waktu, apakah data yang ada tersebut statis atau tidak, atau dokumen yang dimiliki masa berlakunya telah habis atau belum.

Apabila Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil tertib, akurat dan dinamis, maka dalam penyusunan rencana pembangunan dan dalam menentukan kebijakan pembangunan akan berjalan dengan baik menyeluruh dan terpadu.

MISI

Misi merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik, sesuai dengan Visi yang telah ditetapkan. Dengan adanya Misi di lapangan diharapkan seluruh stake holder dan pihak lain yang berkepentingan dapat mengetahui dan mengenal tugas pokok dan fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam.

Adapun Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam adalah sebagai berikut:

-   Menciptakan Sistem Informasi Manajemen Kependudukan, Catatan Sipil dan Administrasi yang dinamis.

-   Meningkatkan Pengendalian dan Pendaftaran Penduduk dalam daerah Kota Batam secara strategis.

-          Menyelenggarakan Program Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam.

 

Untuk mewujudkan Misi ini ada beberapa faktor pendukung yang perlu dilakukan, sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas aparatur dan pelayanan aparatur terhadap tuntutan masyarakat dalam pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Aparatur yang terlibat dalam pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan aparatur yang mampu dan konsisten dalam penanganan Dokumen Kependudukan karena dengan kualitas dan etos kerja aparatur yang baik, maka kegiatan pelayanan akan berjalan dengan lancar.

 

 

2. Meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi atau SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan). Program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan merupakan program Pemerintah yang berlaku secara nasional dan terintegrasi bertujuan untuk melaksanakan penanganan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di seluruh Indonesia.

3. Meningkatkan penyebarluasan informasi, kepedulian, dan peran serta masyarakat dalam bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil karena masyarakat belum semuanya mengetahui dan memahami tentang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Oleh karena itu perlu diadakan penyebarluasan informasi tentang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, agar pengetahuan, wawasan dan pemahaman masyarakat meningkat, masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan peran sertanya dalam konteks pembangunan dan pengembangan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil karena tanpa kepedulian dan peran serta masyarakat tidak akan berjalan sebagaimana yang diharapkan. Untuk itu harus diupayakan bagaimana agar masyarakat mau peduli dan berperan serta dalam pembangunan dan pengembangan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil secara menyeluruh.

4. Meningkatkan kerjasama dengan pihak yang terkait.

Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan program yang harus didukung dan diharapkan peran serta oleh berbagai pihak. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama dengan stake holder dan pihak yang terkait menyangkut aspek Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil secara menyeluruh.

 

B.      TUJUAN

Guna mewujudkan Misi tersebut, terdapat Tujuan Misi yang harus dicapai, yaitu :

”TERWUJUDNYA KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN”.

Berusaha seoptimal mungkin dalam memberikan pelayanan yang berkualitas  kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan dalam pembuatan Dokumen Kependudukan.

 

  1. C.  SASARAN

Adapun sasaran dari pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu :

TERSEDIANYA DOKUMEN KEPENDUDUKAN YANG EFEKTIF”.

Pengertian Dokumen Kependudukan adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti otentik yang dihasilkan dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Sedangkan pendaftaran penduduk adalah pencatatan biodata penduduk, pencatatan atas pelaporan peristiwa kependudukan dan pendataan penduduk rentan Administrasi Kependudukan serta penerbitan Dokumen Kependudukan berupa kartu identitas atau Surat Keterangan Kependudukan.

 

 

 

  1. D.  STRATEGI DAN KEBIJAKAN

 

Strategi yang dijalankan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam adalah menciptakan tertib Administrasi Kependudukan, Pengawasan pertumbuhan penduduk dan pengendalian  pendatang ke Kota Batam, melaksanakan strategi pemberian/pembuatan Akta Gratis kepada masyarakat yang kurang mampu, melaksanakan penjagaan dipintu-pintu masuk kedatangan baik melalui pelabuhan laut dan Bandar Udara serta melaksanakan razia penduduk berupa pemeriksaan identitas kependudukan di berbagai tempat di dalam wilayah Kota Batam.

Untuk mensukseskan kegiatan yang dilaksanakan diperlukan Strategi Pencapaian, terbagi :

1. Kebijakan

Kebijakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, yaitu : Meningkatkan Tertib Administrasi Kependudukan.

2. Program Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, yaitu ;

a. Program Pengendalian dan Pengawasan Penduduk serta Penataan Administrasi Kependudukan;

b. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran;

c. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur;

d. Program Peningkatan Disiplin Aparatur

e. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja.

 

  1. E.   Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Walikota Batam nomor. 26 Tahun 2010 tentang Uraian Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Daerah Kota Batam, bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam  mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil serta tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugas pokok Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan program dan kegiatan dinas dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang;
  2. Penyelenggaraan urusan penatausahaan perkantoran yang meliputi urusan umum, urusan keuangan dan urusan kepegawaian;
  3. Perumusan kebijakan tekhnis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  4. Penyelenggaraan kegiatan tekhnis operasional yang meliputi bidang pendaftaran dan informasi penduduk, bidang pencatatan sipil dan bidang pengendalian penduduk;
  5. Penyelenggaraan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalam lingkup tugasnya;
  6. Pembinaan unit pelaksanan tekhnis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  7. Pelaksanan koordinasi dengan unsur terkait lainnya dalam setiap penyelenggaraan kegiatan dinas;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam melaksanakan pelayanan bidang kependudukan dan pencatatan sipil, yaitu :

1. Dokumen Kependudukan, meliputi :

a. Biodata Penduduk;

b. KK;

c. KTP;

d. Surat Keterangan Kependudukan; dan

e. Akta Pencatatan Sipil.

2. Surat Keterangan Kependudukan, meliputi :

a. Surat Keterangan Pindah;

b. Surat Keterangan Pindah Datang;

c. Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri;

d. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri;

e. Surat Keterangan Tempat Tinggal;

f. Surat Keterangan Kelahiran;

g. Surat Keterangan Lahir Mati;

h. Surat Keterangan Pembatalan Perkawinan;

i. Surat Keterangan Pembatalan Perceraian;

j. Surat Keterangan Kematian;

k. Surat Keterangan Pengangkatan Anak;

l. Surat Keterangan Pelepasan Kewarganegaraan Indonesia;

m. Surat Keterangan Pengganti Tanda Identitas; dan

n. Surat Keterangan Pencatatan Sipil.

Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil tersebut dilaksanakan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam dan di tiap-tiap Kecamatan yang ada di Kota Batam.

 

Sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, yaitu Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan dan Pelayanan Umum bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dalam melaksanakan pelayanan Dokumen Kependudukan dan Akta-akta Catatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam telah melaksanakan Program SIAK online dimana program tersebut dalam pelaksanaannya membutuhkan data yang lengkap, maka sebelum melaksanakan pelayanan Dokumen Kependudukan dan Akta-akta Catatan Sipil harus diketahui terlebih dahulu bahwa data penduduk atau keluarga yang akan dilayani sudah ada pada database kependudukan, dan jika belum ada maka harus dilaksanakan entry data terlebih dahulu, setelah itu baru kegiatan pelayanan administrasi kependudukan dapat dilaksanakan.

Dalam memberikan pelayanan tersebut ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sesuai dengan tahapan yang harus dilalui. Persyaratan yang harus dipenuhi tersebut merupakan syarat yang mutlak karena dalam pelayanan tersebut harus ada verifikasi dan validasi data. Setelah dilaksanakan verifikasi dan validasi data, baru diterbitkan dokumen yang diminta. Sistem, prosedur, dan mekanisme dalam pelayanan Dokumen Kependudukan dan Akta-akta Catatan Sipil dilaksanakan agar Dokumen Kependudukan dan Akta-akta Catatan Sipil yang diterbitkan tertib, akurat, dan dinamis.





Ubah ke tampilan mobile