TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil serta tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam pelaksanaan tugasnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyelenggarakan fungsi :

a. Penyusunan program dan kegiatan dinas dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang;

b. Penyelenggaraan urusan penatausahaan perkantoran yang meliputi urusan umum, urusan keuangan dan urusan kepegawaian;

c. Perumusan kebijakan teknis di bidang kependudukan, dan pencatatan sipil;

d.Penyelenggaraan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang pendaftaran dan informasi penduduk, bidang pencatatan sipil dan bidang pengendalian penduduk;

e. Penyelenggaraan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalam lingkup tugasnya;

f. Pembinaan unit pelaksana teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;

g. Pelaksanaan koordinasi dengan unsur terkait lainnya dalam setiap penyelenggaraan kegiatan dinas;

h. Pelaksaaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terdiri dari:

a. Sekretariat;

b. Bidang Program;

c. Bidang Pendataan dan informasi Penduduk.

d. Bidang Pencatatan Sipil.

e. Bidang Pengendalian Penduduk.

Sekretariat

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai fungsi penyusunan rencana kegiatan, perencanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan, pengelolaan keuangan, kepegawaian, perlengkapan, rumah tangga, perpustakaan, administrasi umum, dan hubungan masyarakat serta memberikan pelayanan administratif dan fungsional.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Sekretariat mempunyai tugas:

a. menyusun rencana kegiatan Sekretariat;

b. mengkoordinasi perumusan kebijakan umum dan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

c. mengkoordinasi penyusunan rencana umum, rencana strategis, rencana kerja, rencana kinerja, rencana kegiatan, dan anggaran dinas;

d. mengkoordinasi pelaksanaan tugas unit-unit organisasi di lingkungan dinas;

e. menyusun rencana kerja sama dinas;

f. menyusun penetapan kinerja dinas;

g. menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan dinas;

h. melaksanakan analisis dan menyajikan data di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

i. menerapkan dan mengembangkan sistem informasi di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

j. mamantau, mengendalikan, dan mengevaluasi kinerja serta dampak melaksanakan program dan kegiatan dinas;

k. menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;

l. menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas;

m. menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan dinas;

n. menyiapkan bahan dan menatausahakan bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

o. mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang kesekretariatan;

p. mengelola keuangan, kepegawaian, surat-menyurat, kearsipan, administrasi umum, perpustakaan, kerumahtanggaan, sarana, dan prasarana serta hubungan masyarakat;

q. melaksanakan pelayanan administratif dan fungsional;

r. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Sekretariat; dan

s. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Sekretariat terdiri dari:

a. Sub Bagian Umum;

b. Sub Bagian Keuangan;

c. Sub Bagian Kepegawaian.

a. Sub Bagian Umum mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang, perlengkapan, rumah tangga, perpustakaan, administrasi umum, dan hubungan masyarakat serta memberikan pelayanan administratif dan fungsional.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Sub Bagian Umum mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Subbagian Umum;

b. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan umum;

c. melaksanakan koordinasi dan pengelolaan peraturan perundang-undangan;

d. mengelola surat-menyurat dan kearsipan;

e. mengelola urusan rumah tangga;

f. mengelola sarana dan prasarana perkantoran;

g. mengelola perpustakaan;

h. melaksanakan hubungan masyarakat;

i. mengelola perjalanan dinas;

j. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang umum;

k. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Subbagian Umum; dan

l. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

b. Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pengelolaan keuangan dinas.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas:

a. menyusun rencana kegiatan Subbagian Keuangan;

b. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan;

c. mengelola administrasi keuangan, verifikasi, dan perbendaharaan dinas;

d. menyusun laporan keuangan dinas;

e. menyiapkan bahan perhitungan anggaran dinas;

f. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang administrasi keuangan;

g. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Subbagian Keuangan; dan

h. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

c. Sub Bagian Kepegawaian mempunyai funsi pelaksanaan tugas di bidang kepegawaian, penyusunan rencana kegiatan, perencanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Sub Bagian Kepegawaian mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Subbagian Kepegawaian;

b. menganalisis rencana kebutuhan, kualifikasi, dan kompetensi pegawai;

c. memberikan pelayanan administrasi kepegawaian;

d. melaksanakan pengembangan pegawai;

e. menyelenggarakan analisis jabatan;

f. mengelola tata usaha kepegawaian;

g. menganalisis beban kerja;

h. menyiapkan bahan pembinaan dan kesejahteraan pegawai serta pengawasan melekat;

i. melaksanakan pengkajian kompetensi dan kualifikasi jabatan;

j. menyiapkan bahan evaluasi kinerja pegawai;

k. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang kepegawaian;

l. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Subbagian Kepegawaian; dan

m. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Bidang program

Bidang Program dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan penyusunan rencana kegiatan, perencanaan, pengolahan data dan informasi, monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Bidang Program mempunyai tugas:

a. menyusun rencana kegiatan Bidang Program;

b. menyusun rancangan kebijakan umum dinas;

c. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan perencanaan dinas;

d. melaksanakan analisis dan penyajian data di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

e. mengelola sistem informasi, pelayanan data, dan informasi pembangunan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

f. menyusun rencana umum, rencana strategis, rencana kerja dan kinerja tahunan dinas, rencana kegiatan, dan anggaran dinas;

g. menyusun rencana kerja sama dinas;

h. menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan dinas;

i. menyusun ketatalaksanaan program dan kegiatan dinas;

j. melaksanakan pemantauan dan evaluasi dampak pelaksanaan program dan kegiatan dinas;

k. menyiapkan bahan pengendalian kegiatan dinas;

l. menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas;

m. menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan dinas;

n. menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;

o. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang perencanaan;

p. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Bidang Program; dan

q. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Bidang Program terdiri dari:

a. Seksi Data dan Informasi.

b. Seksi Penyusunan Program.

c. Seksi Evaluasi dan Pelaporan.

a. Seksi Data dan Informasi mempunyai fungsi pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data dan penyajian informasi.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Data dan Informasi mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Data dan Informasi;

b. melaksanakan pengumpulan dan analisis data serta penyajian informasi di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

c. mengelola sistem informasi, pelayanan data, dan informasi pembangunan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

d. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang data dan informasi;

e. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Data dan Informasi; dan

f. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

b. Seksi Penyusunan Program mempunyai fungsi pelaksanaan penyusunan rencana kegiatan dan perencanaan dinas.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Penyusunan Program mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Penyusunan Program;

b. menyusun rancangan kebijakan umum dinas;

c. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan perencanaan dinas;

d. menyusun rencana umum, rencana strategis, rencana kerja dan kinerja tahunan dinas, rencana kegiatan, dan anggaran dinas;

e. menyusun rencana kerja sama dinas;

f. menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan dinas;

g. menyusun ketatalaksanaan program dan kegiatan dinas;

h. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang penyusunan program;

i. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Penyusunan Program; dan

j. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

c. Seksi Evaluasi dan Pelaporan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Evaluasi dan Pengendalian mempunyai tugas:

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Evaluasi dan Pelaporan;

b. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan dinas;

c. melaksanakan pemantauan dan evaluasi dampak pelaksanaan program dan kegiatan dinas;

d. menyiapkan bahan pengendalian kegiatan dinas;

e. menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas;

f. menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan dinas;

g. menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;

h. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang monitoring, evaluasi dan pelaporan;

i. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Evaluasi dan Pelaporan; dan

j. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Bidang Pendaftaran dan Informasi Penduduk

Bidang Pendaftaran dan Informasi Penduduk di pimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan tugas pendaftaran penduduk dan informasi kependudukan.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Bidang Pendaftaran dan Informasi Penduduk mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Bidang Pendaftaran dan Informasi Penduduk;

b. merumuskan kebijakan teknis di bidang pendaftaran dan informasi kependudukan;

c. merumuskan rencana umum penyerasian dan harmonisasi kebijakan kependudukan antar dan dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah;

d. merumuskan rencana umum kebijakan penyelenggaraan kerja sama administrasi kependudukan;

e. menyusun rencana dan penetapan kinerja bidang pendaftaran dan informasi kependudukan;

f. menyiapkan bahan pelaksanaan pendaftaran penduduk dan informasi kependudukan;

g. menyusun bahan pembinaan administrasi kependudukan;

h. melaksanakan penatausahaan administrasi kependudukan;

i. menyiapkan bahan dan pelaksanaan penyuluhan di bidang kependudukan;

j. melaksanakan koordinasi pendaftaran penduduk;

k. melaksanakan fasilitasi, sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi, supervisi, dan konsultasi;

l. melaksanakan pendaftaran penduduk;

m. menyelenggarakan dan penatausahaan administrasi kependudukan;

n. melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan;

o. melaksanakan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pendaftaran dan informasi kependudukan;

p. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Bidang Pendaftaran dan Informasi Penduduk; dan

q. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Bidang Pendaftaran dan Informasi Penduduk, meliputi :

a. Seksi Pendaftaran Penduduk.

b. Seksi Perpindahan Penduduk.

c. Seksi Pengolahan Data dan Informasi Kependudukan.

a. Seksi Pendaftaran Penduduk mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pendaftaran penduduk.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Pendaftaran Penduduk mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Pendaftaran Penduduk;

b. menyusun kebijakan teknis penyelenggaraan pendaftaran penduduk;

c. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan pendaftaran penduduk;

d. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja penyelenggaraan pendaftaran penduduk;

e. menyelenggaraan pendaftaran penduduk;

f. melaksanakan penerbitan nomor induk kependudukan dan dokumen kependudukan;

g. melaksanakan administrasi kependudukan;

h. melaksanakan pemantauan terhadap kepemilikan identitas penduduk;

i. melaksanakan pengawasan terhadap orang asing;

j. melaksanakan fasilitasi, sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan pendaftaran penduduk;

k. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pendaftaran penduduk;

l. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Pendaftaran Penduduk;

m. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

b. Seksi Perpindahan Penduduk mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang perpindahan penduduk.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Perpindahan Penduduk mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Perpindahan Penduduk;

b. menyusun kebijakan teknis perpindahan penduduk;

c. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan perpindahan penduduk;

d. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja perpindahan penduduk;

e. menyusun rencana teknis penyerasian dan harmonisasi kebijakan kependudukan antar dan dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah;

f. menyusun rencana teknis penyelenggaraan kerja sama administrasi kependudukan;

g. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang perpindahan penduduk;

h. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Perpindahan Penduduk; dan

i. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

c. Seksi Pengolahan Data dan Informasi Kependudukan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pengolahan data kependudukan dan penyajian informasi kependudukan.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Pengolahan Data dan Informasi Kependudukan mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Pengelolaan Data dan Informasi Kependudukan;

b. menyusun kebijakan teknis pengelolaan data dan informasi kependudukan;

c. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan pengelolaan data dan informasi kependudukan;

d. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja pengelolaan data dan informasi kependudukan;

e. mengumpulkan dan mengelola data kependudukan dan pencatatan sipil;

f. menyajikan statistik kependudukan;

g. menyiapkan bahan informasi kependudukan;

h. menyelenggarakan informasi kependudukan;

i. melaksanakan analisis dan penyajian data di bidang kependudukan;

j. menerapkan dan mengembangkan sistem informasi di bidang kependudukan;

k. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pengelolaan data dan informasi;

l. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Pengelolaan Data dan Informasi Kependudukan;

m. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Bidang Pencatatan Sipil

Bidang Pencatatan Sipil dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pencatatan sipil.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Bidang Pencatatan Sipil mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Bidang Pencatatan Sipil;

b. merumuskan kebijakan teknis di bidang Pencatatan Sipil;

c. menyusun rencana dan penetapan kinerja Bidang Pencatatan Sipil;

d. melaksanakan pencatatan, penerimaan berkas permohonan, pemeriksaan dan penelitian, persyaratan, verifikasi dan validasi kebenaran data, pencatatan data, dan pengolahan data;

e. menerbitkan akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta perceraian, akta pengakuan anak, pengesahan anak, dan perubahannya;

f. melaksanakan fasilitasi, sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi, supervisi, dan konsultasi di bidang pencatatan sipil;

g. menyelenggarakan administrasi dan pelayanan pencatatan sipil;

h. melaksanakan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pencatatan sipil;

i. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Bidang Pencatatan Sipil; dan

j. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Bidang Pencatatan Sipil terdiri dari :

a. Seksi Akta Kelahiran, Kematian dan Perubahan Akta;

b. Seksi Perkawinan, Perceraian, Pengesahan dan Pengangkatan Anak;

c. Seksi Dokumentasi Akta Catatan Sipil.

a. Seksi Kelahiran, Kematian, dan Perubahan Akta mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pencatatan dan penerbitan akta kelahiran, akta kematian, dan perubahan akta penduduk.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Kelahiran, Kematian, dan Perubahan Akta mempunyai tugas:

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Kelahiran, Kematian, dan Perubahan Akta;

b. menyusun kebijakan teknis penerbitan Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan perubahan Akta;

c. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan penerbitan Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan perubahan Akta;

d. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja penerbitan Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan perubahan Akta;

e. melaksanakan pendaftaran, pemeriksaan, pencatatan, dan pengolahan data serta penerbitan Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan perubahan Akta;

f. melaksanakan pendaftaran, pemeriksaan, dan penelitian berkas laporan kematian di luar negeri;

g. melaksanakan penyuluhan pelayanan Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan perubahan Akta;

h. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang penerbitan Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan perubahan Akta;

i. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Kelahiran, Kematian, dan Perubahan Akta; dan

j. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

b. Seksi Perkawinan, Perceraian, Pengesahan dan Pengangkatan Anak mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pencatatan dan penerbitan akta perkawinan, perceraian, pengesahan dan pengangkatan anak.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Perkawinan, Perceraian, Pengesahan dan Pengangkatan Anak mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Perkawinan, Perceraian, Pengesahan dan Pengangkatan Anak;

b. menyusun kebijakan teknis penerbitan Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak, dan Akta Pengesahan Anak;

c. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan penerbitan Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak, dan Akta Pengesahan Anak;

d. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja penerbitan Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak, dan Akta Pengesahan Anak;

e. melaksanakan pendaftaran, pemeriksaan, pencatatan, pengolahan data, penerbitan Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak, dan Akta Pengesahan Anak;

f. melaksanakan pendaftaran, pemeriksaan, pencatatan, pengolahan data, penerbitan Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak, dan Akta Pengesahan Anak;

g. melaksanakan penyuluhan pelayanan Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak, dan Akta Pengesahan Anak;

h. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang penerbitan Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak, dan Akta Pengesahan Anak;

i. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Perkawinan, Perceraian, Pengesahan dan Pengangkatan Anak; dan

j. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

c. Seksi Dokumentasi Akta Catatan Sipil mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang dokumentasi serta pengarsipan berkas akta catatan sipil.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Dokumentasi Akta Catatan Sipil mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Dokumentasi Akta Catatan Sipil;

b. menyusun kebijakan teknis pengelolaan dokumen akta catatan sipil;

c. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan dokumen akta catatan sipil;

d. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja dokumen akta catatan sipil;

e. mengumpulkan dan mengelola dokumen akta catatan sipil;

f. menyajikan statistik pencatatan sipil;

g. menyiapkan bahan informasi pencatatan sipil;

h. menyelenggarakan informasi pencatatan sipil;

i. melaksanakan analisis dan penyajian data di bidang pencatatan sipil;

j. menerapkan dan mengembangkan sistem informasi di bidang catatan sipil;

k. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pengelolaan dokumen akta catatan sipil;

l. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Dokumentasi Akta Catatan Sipil; dan

m. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Bidang Pengendalian Penduduk

Bidang Pengendalian Penduduk dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pengendalian dan pengawasan penduduk.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Bidang Pengendalian Penduduk mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Bidang Pengendalian Penduduk;

b. merumuskan kebijakan teknis di bidang pengendalian penduduk;

c. merumuskan rencana umum penyerasian dan harmonisasi kebijakan pengendalian penduduk;

d. merumuskan rencana umum kebijakan penyelenggaraan kerja sama pengendalian penduduk;

e. menyusun rencana dan penetapan kinerja bidang pengendalian penduduk;

f. menyiapkan bahan pelaksanaan pengendalian penduduk;

g. menyusun bahan pembinaan pengendalian penduduk;

h. melaksanakan penatausahaan administrasi pengendalian penduduk;

i. menyiapkan bahan dan pelaksanaan penyuluhan di bidang pengendalian penduduk;

j. melaksanakan koordinasi pengendalian penduduk;

k. melaksanakan pengendalian, pengarahan mobilitas, dan persebaran penduduk;

l. melaksanakan penetapan indikator kependudukan, proyeksi penduduk, dan analisis dampak kependudukan;

m. melaksanakan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pengendalian penduduk;

n. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Bidang Pengendalian Penduduk; dan

o. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Bidang Pengendalian Penduduk terdiri dari :

a. Seksi Pengendalian Penduduk;

b. Seksi Pengawasan dan Razia Penduduk;

c. Seksi Penataan dan Dokumentasi Kependudukan.

a. Seksi Pengendalian Penduduk mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pengendalian penduduk Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Pengendalian Penduduk mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Pengendalian Penduduk;

b. menyusun kebijakan teknis pengendalian penduduk;

c. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan pengendalian penduduk;

d. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja pengendalian penduduk;

e. menyusun rencana teknis penyerasian dan harmonisasi kebijakan kependudukan antar dan dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah;

f. menyusun rencana teknis penyelenggaraan kerja sama administrasi pengendalian penduduk;

g. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pengendalian penduduk;

h. melaksanakan pengendalian, pengarahan mobilitas, dan persebaran penduduk;

i. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Pengendalian Penduduk; dan

j. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

b. Seksi Pengawasan dan Razia Penduduk mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pengawasan dan razia penduduk.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Pengawasan dan Razia Penduduk mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Pengawasan dan Razia Penduduk;

b. menyusun kebijakan teknis pengawasan dan razia penduduk;

c. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan pengawasan dan razia penduduk;

d. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja pengawasan dan razia penduduk;

e. melaksanakan razia penduduk secara periodik;

f. melaksanakan penempatan penduduk yang tidak memenuhi persyaratan di wisma transit;

g. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pengawasan dan razia penduduk;

h. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Pengawasan dan Razia Penduduk; dan

i. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

c. Seksi Penataan dan dokumentasi Kependudukan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang penataan dan dokumentasi kependudukan.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Seksi Penataan dan dokumentasi Kependudukan mempunyai tugas :

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Penataan dan Dokumentasi Kependudukan;

b. menyusun kebijakan teknis penataan dan dokumentasi kependudukan;

c. menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan penataan dan dokumentasi kependudukan;

d. menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja penataan dan dokumentasi kependudukan;

e. melaksanakan penataan dan dokumentasi kependudukan;

f. menerapkan dan mengembangkan sistem penataan dan dokumentasi kependudukan;

g. menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang penataan dan dokumentasi kependudukan;

h. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Penataan dan Dokumentasi Kependudukan; dan

i. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.