Bab IV Visi, Misi

Visi adalah preferensi dan pendekatan Pemerintah Kota Batam dalam hal menyelenggarakan kepemerintahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Visi Pembangunan Kota Batam Tahun 2011–2016:

“Terwujudnya Kota Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang Modern dan Menjadi Andalan Pusat Pertumbuhan Perekonomian Nasional”

Misi adalah deskripsi rumpun tujuan Pemerintah Kota Batam yang dijabarkan dari makna visi yang ingin dicapai dan terukur untuk masa depan. Namun misi dapat dikaji ulang secara berkala disesuaikan dengan dinamika. Untuk tahun 2012-2016, dirumuskan 5 (lima) pernyataan misi sebagai berikut:

  1. Mensukseskan misi pemerintah untuk mengembangkan Kota Batam sebagai Bandar Modern berskala internasional sebagai kawasan investasi dilengkapi dengan fasilitas pusat perdagangan, kawasan industri besar, menengah kecil, koperasi, usaha rumah tangga, industri pariwisata, pusat perbelanjaan dan kuliner, hiburan, pengelolaan sumberdaya kelautan melalui kerjasama dengan Pengelola Kawasan dan pemangku kepentingan pembangunan lainnya.
  2. Mengembangkan sistem pendukung strategis penataan ruang terpadu meliputi komponen fasilitas sarana dan prasarana sistem transportasi darat laut dan udara yang memadai, sistem telekomunikasi dan teknologi informasi (ICT) modern dan prima, ekosistem hutan kota, penataan lingkungan kota yang bersih, sehat, aman, nyaman dan lestari.
  3. Meningkatkan pelayanan prima dalam hal pendidikan, kesehatan, perumahan yang layak dan terjangkau, ketenagakerjaan, sosial budaya, fasilitasi keimanan dan ketaqwaan, kepemudaan dan olahraga agar kualitas hidup manusia dan kecerdasan seluruh lapisan masyarakat meningkat serta pengentasan kemiskinan.
  4. Menumbuhsuburkan kehidupan harmonis dan berbudi pekerti atas dasar nilai multi etnis, multi kultur, multi agama dan melestarikan nilai-nilai seni budaya melayu, kearifan lokal dan memelihara kelestarian lingkungan hidup.
  5. Mewujudkan pelaksanaan pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.

Mengacu Visi dan Misi Pembangunan Kota Batam, maka dalam rangka menginplementasikannya Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Batam telah merumuskan Visi dan Misi sebagai berikut :

 4.1   Visi DAN MISI

  VISI :

“TERWUJUDNYA PERSATUAN DAN KESATUAN SERTA KETAHANAN MASYARAKAT BATAM YANG HETEROGEN MENUJU KEHIDUPAN POLITIK YANG HARMONIS DAN BERBUDI PEKERTI “

Misi  :

              Untuk mewujudkan Visi sebagaimana tersebut diatas, dijabarkan dalam beberapa Misi sebagai berikut :

  1. Mewujudkan Kesadaran masyarakat akan nilai-nilai persatuan dan kesatuan antar kelompok  dalam keragaman suku, ras, agama, budaya dan adat istiadat yang ada dalam NKRI;
  2. Mewujudkan kehidupan kebangsaan yang demokratis ditandai dengan berfungsinya suprastruktur dan infrastruktur sosial politik, sukses penyelenggaraan pemilihan umum, meningkatnya partisipasi dan etika politik masyarakat, serta komunikasi politik berdasarkan nilai – nilai luhur agama dan budaya bangsa.
  3. Mewujudkan situasi dan kondisi masyarakat yang aman, tertib, tentram, dan dinamis yang berlandaskan semangat kebersamaan dalam NKRI.
  4. Mewujudkan ketahanan dan kesiagaan masyarakat dari segala bentuk ancaman dan bencana.
  5. Meningkatkan peran serta Masyarakat dalam upaya deteksi dini, memfasilitasi aspirasi masyarakat yang berkembang dan penyelesaian masalah yang timbul di tengah – tengah masyarakat.
  6. Meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Organisasi Kemasyarakatan yang profesional dalam menjalankan fungsi – fungsi organisasinya.
  7. Meningkatkan kesadaran Masyarakat, Pelajar, Mahasiswa dan Pekerja terhadap bahaya Penyalahgunaan NARKOBA.
  8. Mewujudkan SDM Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Batam yang profesional, Bersih dan Berwibawa yang didukung sikap mental dan prilaku disiplin dengan berpegang teguh pada norma Hukum dan Agama.

 4.2  TUJUAN DAN SASARAN

 4.2.1 Tujuan

Tujuan dari rencana strategi Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Batam adalah sebagai berikut;

  1. Terwujudnya kesadaran Masyarakat terhadap nilai – nilai persatuan dan kesatuan didalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam keanekaragaman budaya, suku ras, agama.
  2. Terwujudnya Pemahaman Masyarakat tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab dalam kehidupan berpolitik yang harmonis, dinamis, serta dalam suasana yang demokratis.
  3. Tersedianya tenaga Perlindungan Masyarakat yang terlatih, trampil dan handal dalam melaksanakan tugas dan kewajiban.
  4. Terwujudnya Kewaspadaan dini Masyarakat dalam menghadapi terjadinya berbagai peristiwa Bencana.
  5. Terlaksananya koordinasi yang baik dengan instansi terkait  maupun dengan komponen masyarakat dalam rangka memfasilitasi penyelesaian permasalahan aktual yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.
  6. Tersedianya SDM Organisasi Kemasyarakatan yang profesional dalam menjalankan fungsi – fungsi organisasinya.
  7. Terlaksananya kegiatan penyuluhan P4GN kepada pelajar, mahasiswa, pekerja dan masyarakat umum.
  8. Tersedianya SDM Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Batam yang profesional, Bersih dan Berwibawa yang di dukung sikap mental dan prilaku disiplin dengan berpegang teguh pada norma Hukum dan Agama.

1.2.2           SASARAN

 Sasaran yang ingin dicapai oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Batam adalah sebagai berikut;

  1. Meningkatnya Interaksi antara kelompok anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, agama, dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya ,  pendidikan  dan  perekonomian   tanpa  harus   menghilangkan indentitas masing – masing serta meningkatnya pemahaman wawasan kebangsaan bagi masyarakat dan generasi muda.
  2. Membangun sistem dan budaya politik yang demokratis serta mantapnya hubungan supra dan infra struktur politik di daerah.
  3. Meningkatnya rasa  aman dan nyaman di tengah – tengah kehidupan masyarakat.
  4. Meningkatnya kesiap – siagaan masyarakat dalam menghadapi berbagai peristiwa bencana.
  5. Meningkatnya kemampuan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan aktual secara cepat dan tepat.
  6. Meningkatnya kualitas SDM Organisasi kemasyarakatan dalam menjalankan fungsi – fungsi organisasinya.
  7. Menurunnya penyalahgunaan Narkoba oleh pelajar, mahasiswa, pekerja dan masyarakat umum pada tingkat pencoba, pemakai dan pecandu.
  8. Meningkatnya kualitas SDM aparatur pada Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat.

 4.3  STRATEGI DAN KEBIJAKAN

 1.3.1  STRATEGI

 Strategi yang akan dilakukan untuk melaksanakan kebijakan tersebut diatas dalam tahun 2011 – 2016 oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Batam adalah sebagai berikut;

  • Membangun semangat rasa persatuan dan kesatuan yang berwawasan nusantara  kepada  Masyarakat  ,   pelajar  dan  Mahasiswa  serta Organisasi kemasyarakatan melalui sosialisasi, dialog, seminar, Outbond, seni dan budaya serta ekonomi.
  • Meningkatkan peran dan fungsi Forum Kerukunan Umat Beragama dan Forum Pembauran Kebangsaan dalam memelihara kerukunan antar suku bangsa dan Umat beragama, dalam kehidupan bermasyarakat melalui rapat Koordinasi dan Sosialisasi Peraturan Perundang- Undangan terkait.
  • Melaksanakan sosialisasi dan pendidikan politik terhadap masyarakat, Pelajar, Mahasiswa, Kader Partai Politik, Tokoh Perempuan dan para pekerja di Kawasan Industri.
  • Meningkatkan peran dan fungsi Komunitas Intelijen Daerah Kota Batam dalam memberikan informasi aktual, berkaitan dengan isu dan permasalahan yang terjadi di tengah – tengah Masyarakat.
  • Meningkatkan Peran Ormas, LSM dan LNL sebagai mitra pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bermasyarakat, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pendidikan ke Ormas-an.
  • Meningkatkan Peran dan Fungsi Petugas Perlindungan Masyarakat dalam memelihara dan menjaga ketentraman dan ketertiban di lingkungan masyarakat.
  • Melaksanakan Penyuluhan Pencegahan Pembrantasan Peredaran Gelap NARKOBA kepada Pelajar, Mahasiswa, Pekerja dan Masyarakat Umum.
  • Meningkatkan Pengetahuan masyarakat dalam menanggulangi terjadinya berbagai peristiwa bencana.

 1.3.2   KEBIJAKAN

 Adapun beberapa kebijakan yang akan dilakukan dalam tahun 2011 – 2016 oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Batam adalah sebagai berikut;

  1. Meningkatkan Pemahaman Wawasan Kebangsaan di tengah – tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta Mendorong terciptanya kerukunan hidup antar berbagai kelompok agama, suku dan budaya.
  2. Meningkatkan partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Umum melalui pendidikan budaya dan etika Politik.
  3. Meningkatkan Koordinasi antar instansi terkait dalam Penanganan permasalahan aktual yang meliputi ATHG, dibidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, budaya  Keamanan dan ketertiban masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas SDM dan data Organisasi Kemasyarakatan.
  5. Meningkatkan kemampuan Linmas melalui pelatihan Linmas serta melengkapi sarana prasarana  dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.
  6. Meningkatkan kualitas SDM dan sarana prasarana dalam menunjang kelancaran pelaksanaan tugas – tugas Pokok dan Fungsi Pada Badan Kesbangpol dan Linmas.
  7. Meningkatkan kesadaran Masyarakat untuk tidak mencoba NARKOBA dan menurunkan Jumlah Pecandu NARKOBA  melalui penyuluhan kepada  Pelajar, Mahasiswa, Pekerja dan Masyarakat Umum tentang Bahaya NARKOBA.
  8. Meningkatkan antisipasi Masyarakat dalam menghadapi bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *