Berita Terbaru

STIMULASI DETEKSI DAN INTERVENSI TUMBUH KEMBANG (SDIDTK)

8 Untitled 8

 

Pada tanggal   …..  ,tenaga medis dan paramedis, khususnya pengelola program anak UPT. Puskesmas Sekupang mengadakan kegiatan SDIDTK dibeberapa posyandu setiap bulan. Kegiatan ini dilakukan karena merupakan program pemerintah yang harus dilakukan di setiap Puskesmas.

Adapun tujuan dilakukan kegiatan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) yang sasarannya adalah Bayi dan Balita untuk mengetahui apakah pertumbuhan dan perkembangannya sesuai dengan umur atau tidak. Stimulasi yang dilakukn menggunakan KPSP (Kuisioner Pra Skrining Perkembangan).Pada kegiatan ini juga dilakukan penimbangan BB, pengukuran TB dan lingkar kepala.

Kegiatan SDIDTK ini dilakukan oleh Rini Wirdaningsih, selaku pemegang program anak di UPT.Puskesmas Sekupang dibantu oleh kader-kader posyandu. Dengan adanya kegiatan ini maka dapat ditemukan anak-anak yang bermasalah dengan tumbuh kembang dengan solusinya akan di rujuk ke RSUD atau RSBP.

Sumber Data : Puskesmas Sekupang


PEMANTAUAN GARAM BERYODIUM

6 Untitled 6

Pada tanggal  16 Agustua 2014, Program Gizi  UPT. Puskesmas Sekupang mengadakan kegiatan pemantauan Garam Beryodium di SDN 001 Tg. Riau. Kegiatan kami lakukan di setiap kelurahan, dengan sasaran anak SD Kelas IV (13 anak) dan Kelas V ( 13 anak), sehingga total sampel 26 anak per sekolah/ kelurahan. Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan akibat kekurangan Yodium (GAKY) pada anak-anak, karena yang dapat menyebabkan terganggunya perkembangan mental dan kecerdasan.

Fortifikasi yodium ke dalam garam konsumsi merupakan program penting yang sudah disehingga dengan pemantauan garam beryodium ini kita akan memperoleh gambaran tentang situasi dan masalah konsumsi garam beryodium yang memenuhi syarat di rumah tangga dan mampu menganalisa.

Adapun materi nya meliputi :

  1. Penyuluhan mengenai GAKY (Gangguan Akibat Kurang Yodium)
  2. Pengecekan garam degan Iodida test
  3. Penjelasan mengenai penyimpanan garam yang baik dan benar

Sumber Data : Puskesmas Sekupang


POMP FILARIASIS

5 Untitled 5

Pada tanggal  29 Agustus 2014, program P2M UPT. Puskesmas Sekupang mengadakan pelatihan dan sosialisasi mengenai penyakit kaki gajah (Filariasis) bagi kader Posyandu. Pada pelatihan ini disepakati tanggal pelaksanaan kegiatan Pemberian Obat Massal Penyakit (POMP) Filariasis diseluruh wilayah kerja UPT. Puskesmas Sekupang, yakni ada 5 Kelurahan, yaitu:

  1. Kelurahan Patam Lestari                 :  Tgl.  11 s/d 13 September  2014
  2. Kelurahan Sei.Harapan                     :  Tgl.  15 s/d 17 September  2014
  3. Kelurahan Tanjung Pinggir              :  Tgl.  18 s/d  20 September  2014
  4. Kelurahan Tanjung Riau                   :  Tgl.  22 s/d 24 September  2014
  5. Kelurahan Tiban Indah                     :  Tgl.  25 s/d 27 September  2014

Adapun kegiatan POMP  Filariasis di laksanakan di  24  pos dengan tenaga kader-kader posyandu setempat dan dibantu dengan setiap pos ada tenaga kesehatan untuk memeriksa kesehatan masyarakat sebelum diberikan obat Filariasis.

Sasaran untuk pemberian obat ini adalah;

  1. Umur  2 – 6 tahun,  (1 Dec, 1 ALB)
  2. Umur  7 – 14 tahun, (2 Dec, 1 ALB)
  3. Umur  15 – 65 tahun, (3 Dec, 1 ALB)

Bagi masyarakat yang mempunyai riwayat penyakit seperti; seperti darah tinggi, ginjal, jantung, level/hati, kejang /epilepsi tidak dianjurkan minum obat ini. Anak berusia kurang 2  tahun, ibu hamil, sedang sakit berat, anak dengan gizi buruk dan ibu yang menyusui ditunda pemberian obatnya.

Sumber Data : Puskesmas Sekupang


IMUNISASI CAMPAK

4 Untitled 4

Pada tanggal 07 Oktober  2014  s/d  27 Oktober  2014, Program Imunisasi UPT. Puskesmas Sekupang mengadakan kegiatan Bias campak untuk anak Kelas I SD di wilayah kerja Puskesmas Sekupang Kota Batam.

Kegiatan  ini dilakukan rutin setiap tahun untuk memberikan imunisasi campak ulangan. Dimana imunisasi campak yang sudah pernah didapat sewaktu kecil, sudah menurun kekebalan.

Sumber Data : Puskesmas Sekupang


KEG. PELATIHAN KADER POSBINDU

Untitled 33 Pada tanggal  23 Oktober 2014, dilakukan pelatihan kader Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) di UPT. Puskesmas Sekupang untuk  3 Kelurahan yang ada di UPT. Puskesmas Sekupang, yaitu:

  1. Kelurahan Patam Lestari,
  2. Kelurahan Tiban Indah,
  3. Kelurahan Tanjung Riau

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi :

  1. Penyakit Tidak Menular
  2. Faktur resiko dan pendeteksian dini PTM
  3. Posbindu PTM
  4. Simulasi system 5 meja Posbindu

Pelatihan ini disampaikan oleh narasumber yang sudah terlatih;

  • Dr. Ivone Nila, M.OK (Koordinator Surveilance)
  • Dia Komalasari, S.Kep (Pemegang Program)
  • Suratin, Amd.Keb (Promkes)
  • Fitri Novi Palupi, Amd.Keb
  • Novi Mariastuti, AmG (Ahli Gizi)

Sumber Data : Puskesmas Sekupang





Ubah ke tampilan mobile