PELATIHAN MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT (MTBS) KOTA BATAM TAHUN 2015 Tanggal 9 s/d 15 Maret 2015

IMG20150309085557

Salah satu metode yang dikembangkan di dunia untuk perawatan anak yaitu integrated Management of Childhood Illness (IMCI) atau di Indonesia dikenal dengan MTBS. MTBS adalah program intervensi dalam penanganan anak terutama balita yang menggunakan suatu algoritme, sehingga dapat mengklasifikasikan penyakit yang dialami oleh balita, melakukan rujukan secara cepat apabila diperlukan, melakukan penilaian status gizi dan memberikan imunisasi kepada balita yang membutuhkan.
Program MTBS merupakan suatu pendekatan balita sakit yang dilakukan secara terpadu dengan memadukan program promosi, pencegahan dan pengobatan terhadap 5 penyakit utama penyebab kematian bayi dan balita pada Negara berkembang yaitu pneumonia, diare, campak, malaria serta malnutrisi.
Hingga akhir tahun 2009, penerapan MTBS telah mencakup 33 provinsi, namun belum seluruh puskesmas mampu menerapkannya karena berbagai sebab seperti belum adanya tenaga kesehatan di puskesmas yang sudah terlatih MTBS, sudah ada tenaga kesehatan terlatih tetapi sarana dan prasarana belum siap serta belum adanya komitmen dari pimpinan puskesmas dan penyebab lainnya.
Puskesmas dikatakan sudah menerapkan MTBS apabila memenuhi criteria seperti sudah melaksanakan (melakukan pendekatan memakai MTBS) pada minimal 60 % dari jumlah kunjungan balita sakit di puskesmas tersebut. Untuk dinas kesehatan kota Batam sudah mengadakan pelatihan MTBS ini beberapa kali namun belum semua puskesmas bisa dilatih dan petugas yang sudah dilatih kadang dipindah tugaskan ke tempat yang baru sehingga program MTBS tidak dilaksanakan secara optimal.
Pada tahun 2015 ini tenaga kesehatan yang telah dilatih sebanyak 15 orang yang terdiri dari 5 orang, bidan/perawat 10 orang. Dengan demikian jumlah tenaga yang telah dilatih 15 orang.
NARASUMBER
Adapun Narasumber pertemuan terdiri dari :
a. Dokter Spesialis Anak dari RSUD Embung Fatimah 1 orang
b. Dinas Kesehatan Kota Batam berjumlah 2 orang
c. Clinical Instruktur lokal berjumlah 3 orang

Sumber : Bidang Seksi Kesga



Anda dapat mengikuti respon dengan mentaut RSS 2.0 feed.
Anda dapat meninggalkan komentar, atau membuat umpan balik trackback dari situs anda.

Masukkan Komentar Anda


Meninggalkan Balasan

XHTML: Anda dapat menggunakan tag: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>