Struktur Organisasi

GAMBARAN UMUM

 

 

2.1 Tugas Dinas Kesehatan Kota Batam

Berdasarkan peraturan walikota Batam nomor 26 tahun 2010 tentang uraian tugas pokok dan fungsi dinas daerah kota Batam fasal 45 ayat (1) Dinas kesehatan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintah daerah berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan di bidang kesehatan serta tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya (2) Dalam pelaksanaan tugasnya Dinas kesehatan dipimpin oleh seorang kepala dinas berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui sekretaris daerah

2.1.1 Fungsi Dinas Kesehatan Kota Batam

Menurut peraturan walikota Batam nomor 26 tahun 2010 fasal 46 ayat (1) Dinas kesehatan kota Batam menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

a)   Penyusunan program dan kegiatan dinas dalam jangka pendek , menengah dan jangka panjang

b)   Penyelenggaraan urusan dan tata usaha perkantoran yang meliputi urusan umum, urusan keuangan dan urusan kepegawaian

c)    Perumusan kebijakan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya

d)   Penyelenggaraan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan, bidang kesehatan keluarga dan promosi kesehatan, serta bidang pelayanan kesehatan dan kefarmasian

e)    Penyelenggaraan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalam lingkup tugasnya

f)     Pembinaan terhadap unit pelaksana teknis sesuai dengan lingkup tugasnya

g)   Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

2.1.2 Fungsi bagian dan Bidang

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi Dinas kesehatan terdiri dari :

a)   Sekretariat

b)   Bidang Program

c)    Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan

d)   Bidang Kesehatan Keluarga dan Promosi Kesehatan

e)    Bidang Pelayanan Kesehatan dan Kefarmasian

 

Adapun tugas pokok dan fungsi Sekretariat, Bidang, Sub bagian dan Seksi dijabarkan sebagai berikut :

 

Sekretariat

Fungsi : Sekretariat dipimpin oleh seorang sekretaris yang mempunyai fungsi penyusunan rencana kegiatan, perencanaan, monitoring evaluasi dan pelaporan, Pengelolaan keuangan, kepegawaian, Perlengkapan, Rumah tangga, Perpustakaan, Aadministrasi Umum,dan hubungan masyarakat serta memberikan pelayanan administratif dan fungsional.

Tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Sekretariat;
  2. Mengkoordinasi perumusan kebijakan umum dan kebijakan teknis di bidang kesehatan;
  3. Mengkoordinasi penyusunan rencana umum, rencana strategis, rencana kerja, rencana kegiatan, dan anggaran dinas;
  4. Mengkoordinasi pelaksanaan tugas unit-unit organisasi di lingkungan dinas;
  5. Menyusun rencana kerja sama dinas;
  6. Menyusun penetapan kinerja dinas;
  7. Menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  8. Melaksanakan analisis dan menyajikan data di bidang kesehatan
  9. Menerapkan dan mengembangkan system informasi di bidang kesehatan
  10. Memantau, mengendalikan, dan mengevaluasi kinerja serta dampak melaksanakan program dan kegiatan dinas;
  11. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;
  12. Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  13. Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan dinas;
  14. Menyiapkan bahan dan menatausahakan bidang kesehatan;
  15. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang kesekretariatan;
  16. Mengelola keuangan, kepegawaian, surat-menyurat, kearsipan, administrasi umum, perpustakaan, kerumahtanggaan, sarana, dan prasarana serta hubungan masyarakat;
  17. Melaksanakan pelayanan administrative dan fungsional;
  18. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Sekretariat; dan
  19. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugasnya , Sekretariat terdiri dari :

  1. Sub Bagian Umum

Sub Bagian Umum mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang perlengkapan, rumah tangga, perpustakaan, administrasi umum, dan hubungan masyarakat serta memberikan pelayanan administrative dan fungsional.

  1. Sub Bagian Keuangan

Sub Bagian Keuangan mempunyai fungasi pelaksanaan tugas di bidang pengelolaan keuangan dinas.

Sub Bagian Kepegawaian

2.   Sub Bagian Kepegawaian mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang kepegawaian, penyusunan rencanan kegiatan , perencanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan.

 

Bidang Program

Fungsi : Bidang program dipimpin oleh seorang kepala bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan penyusunan rencana kegiatan, perencanaan, Pengelolaan Data dan Informasi, Monitoring Evaluasi dan Pelaporan.

Tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan bidang program
  2. Menyusun rencana kebijakan umum dinas
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan perencanaan dinas
  4. Melaksanakan analisis dan penyajian data dibidang kesehatan
    1. Mengelola system informasi, Pelayanan data, dan informasi pembangunan dibidang kesehatan
    2. Menyusun rencana umum, rencana strategis,rencana kerja dan kinerja tahunan dinas, rencana kegiatan dan anggaran dinas
    3. Menyusun rencana kerja sama dinas
    4. Menuyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan dinas
    5. Menyusun ketatalaksanaan program dan kegiatan dinas
    6. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi dampak pelaksanaan program dan kegiatan dinas
    7. Menyiapkan bahan pengendalian kegiatan dinas
    8. Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas
    9. Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan dinas
    10. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas
    11. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional dibidang perencanaan
    12. Melaksanakan monitoring evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang program
    13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

 

Dalam melaksanakan tugasnyanya bidang program terdiri dari :

  1. Seksi Data dan Informasi

Seksi Data dan Informasi mempunyai fungsi pelaksanaan pengumpulan dan pengelolaan data dan penyajian informasi

  1. Seksi Penyusunan Program

Seksi Penyusunan Program mempunyai fungsi pelaksanaan penyusunan rencana kegiatan dan perencanaan dinas

  1. Seksi Evaluasi dan Pelaporan

Seksi evaliasi dan Pelaporan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas monitoring, Evaluasi dan Pelaporan

 

 

 

 

Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan

Fungsi : Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan tugas dibidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan

 

Tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan bidang pengendalian penyakit dan Penyehatan Lingkungan
  2. Merumuskan kebijakan teknis penyelenggaraan dibidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan
  3. Menyusun rencana dan penetapan kinerja penyelenggaraan dibidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan
  4. Melaksanakan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit menular tidak langsung, dan penyakit bersumber binatang
  5. Melaksanakan pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan penyehatan lingkungan pemukiman dan penyehatan tempat tempat umum
  6. Melaksanakan pembinaan tempat penyehatan industry dan tempat pendidikan
  7. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan kwalitas air dan limbah medis melalui pengembangan teknologi dan laboratorium kesehatan lingkungan
  8. Mengendalikan dan melaksanakan norma standar pedoman dan petunjuk operasional dibidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan
  9. Melaksanakan monitoring evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

 

Dalam melaksanakan tugasnya Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan terdiri dari :

a)        Seksi Penyehatan Lingkungan

Seksi Penyehatan Lingkungan mempunyai fungsi pelaksanaan  tugas di didang penyehatan lingkungan

b)        Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular ( PTM ) dan Suveilans

Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular ( PTM ) dan Suveilans mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pengendalian penyakit tidak menular dan surveilans

c)        Seksi Pengendalian Penyakit Menular

Seksi Pengendalian Penyakit Menular mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pengendalian penyakit menular

 

Bidang Kesehatan Keluarga dan Promosi Kesehatan

 

Fungsi : Bidang Kesehatan Keluarga dan Promosi Kesehatan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang kesehatan keluarga dan promosi kesehatan.

 

Tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Kesehatan Keluarga dan Promosi Kesehatan
  2. Merumuskan kebijakan teknis penyelenggaraan di bidang kesehatan keluarga dan promosi kesehatan
  3. Menyusun rencana dan penetapan kinerja penyelenggaraan di bidang kesehatan keluarga dan promosi kesehatan
  4. Melaksanakan surveilans gizi buruk dan penanggulangannya
  5. Melaksanakan program perbaikan gizi keluarga berbasis masyarakat
  6. Melaksanakan upaya peningkatan kesehatan keluarga mulai sampai usialanjut
  7. Melaksanakan promosi kesehatan
  8. Melaksanakan koordinasi upaya jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat ( JPKM ), dan peningkatan upaya kesehatan berbasis masyarakat
  9. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional di bidang kesehatan keluarga dan promosi kesehatan
  10. Melaksanakan monitoring, evaluasi , dan pelaporan kegiatan bidang kesehatan keluarga dan promosi kesehatan
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Dalam melaksanakan tugasnya Bidang Kesehatan Keluarga, Promosi Kesehatan dan Gizi terdiri dari :

  1. Seksi Promosi Kesehatan

Seksi Promosi Kesehatan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang promosi kesehatan

 

  1. Seksi Kesehatan Keluarga

Seksi Kesehatan Keluarga mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang kesehatan keluarga

 

  1. Seksi Gizi

Seksi Gizi mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang perbaikan gizi keluarga dan masyarakat

 

e ) Bidang Pelayanan Kesehatan dan Kefarmasian

 

Bidang Pelayanan Kesehatan dan Kefarmasian dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan di bidang pelayanan kesehatan dan kefarmasian

 

Tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Pelayanan Kesehatan dan Kefarmasian
  2. Merumuskan kebijakan teknis penyelenggaraan dibidang pelayanan kesehatan dan kefarmasian
  3. Menyusun rencana dan penetapan kinerja penyelenggaraan dibidang pelayanan kesehatan dan kefarmasian
  4. Melaksanakan pelayanan kesehatan dan kefarmasian
    1. Melaksanakan kordinasi, bimbingan pengawasan dan pengendalian terhadap peningkatan mutu pelayanan dan pengembangan rumah sakit
    2. Melaksanakan pengawasan terhadap pelayanan kefarmasian dan peredaran makanan minuman serta perbekalan kesehatan
    3. Melaksanakan koordinasi bimbingan pengawasan dan pengendalian terhadap upaya pelayanan kesehatan yang dilaksanakan pemerintah dan swasta termasuk pengobatan tradisional
    4. Melaksanakan koordinasi dalam proses perijinan pelayanan kesehatan, pelayanan kefarmasian dan makanan
    5. Melaksanakan koordinasi dalam pembinaan pengawasan standar pelayanan minimal
    6. Melaksanakan penyediaan dan pengelolaan obat dan alat kesehatan disarana pelayanan kesehatan dasar
    7. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional dibidang pelayanan kesehatan dan kefarmasian.
    8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

 

Dalam melaksanakan tugasnya bidang pelayanan kesehatan dan kefarmasian terdiri dari 3 seksi yaitu:

  1. Seksi pelayanan kesehatan

Seksi pelayanan kesehatan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas dibidang pelayanan kesehatan

  1. Seksi farmasi dan makanan minuman

Seksi farmasi dan makanan minuman mempunyai fungsi pelaksanaan tugas dibidang farmasi, kesehatan makanan minuman, dan bahan berbahaya lainya.

  1. Seksi sarana dan prasarana kesehatan

Seksi sarana dan prasarana kesehatan mempunyai pungsi pelaksanaan tugas dibidang sarana dan prasarana kesehatan

 

2.2 STRUKTUR  ORGANISASI DINAS KESEHATAN KOTA BATAM

 

 Struktur Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kesehatan kota Batam diatur berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 12 Tahun 2007, berdasarkan hal inilah Dinas Kesehatan Kota Batam mempunyai kewenangan melaksanakan otonomi daerah dibidang kesehatan, maka dibentuklah Struktur Organisasi  dan Tata Kerja (SOTK) Dinas Kesehatan Kota Batam sebagaimana bagan di bawah ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.2.

Struktur Organisasi dan Tatakerja ( SOTK )

Dinas Kesehatan kota Batam

UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH

Sumber : Perda Kota Batam Nomor 12 Tahun 2007