Sinopsis Pembangunan Kesehatan Kota Batam

Pembangunan Kesehatan merupakan bagian integral dari Pembangunan Nasional yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa yakni pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya sesuai dengan amanat UUD 1945 melalui peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, pembangunan kesehatan dilaksanakan secara terarah, berkesinambungan, realistis dan bertahap yang berazaskan pada perikemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata, serta pengutamaan dan manfaat dengan perhatian khusus pada penduduk rentan, antara lain ibu, anak, manusia usia lanjut dan keluarga miskin.

Penyelenggaraan pembangunan kesehatan berpedoman Sistem Kesehatan Nasional (SKN 2009) dan Rencana Strategis sebagai koridor bagi pemerintah daerah baik tingkat propinsi maupun tingkat kabupaten/kota dalam mengambil kebijakan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

Konsep SKN yang memperhatikan pendekatan revitalisasi pelayanan kesehatan dasar dan inovasi luas termasuk sistem rujukan yang dalam penyelenggaraannya dilakukan melalui siklus perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian, serta pengawasan dan pertanggung-jawaban secara sistematis, berjenjang, transparan, akuntabel, dan berkesinambungan sesuai dengan rencana strategis yang yang mampu menjawab tantangan, dinamika, perubahan lingkungan baik regional, nasional maupun internasional serta memanfaat peluang yang mendukung terwujudnya pembangunan yang berdaya dan berhasil guna bagi setiap orang.

Pelaksanaan rencana pembangunan memerlukan kerja sama semua pihak, baik pemerintah dengan kerja sama lintas program dan lintas sektor, masyarakat maupun unsur swasta untuk saling merapatkan barisan dengan semangat kemitraan dan proaktif untuk senantiasa siap menghadapi segala tantangan yang terkadang tidak terduga.

Dinas Kesehatan selaku koordinator dalam Pembangunan Kesehatan di Kota Batam telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Batam di bidang Kesehatan periode tahun 2011-2016 yang memuat visi, misi, sasaran dan strategi Pembangunan Kesehatan Kota Batam pada lima tahun mendatang.

Tujuan pembangunan kesehatan di Kota Batam mempunyai visi sebagai tujuan yang tidak ada akhirnya untuk meningkatkan derajat kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat Kota Batam.  Dalam rangka mewujudkan visi pembangunan kesehatan, berbagai upaya dilakukan yang terangkum dalam suatu misi dan diarahkan pada sasaran dengan strategi sesuai dengan kemampuan dan kondisi Kota Batam.

 

Sesuai dengan misi pembangunan kesehatan, Dinas Kesehatan dan jajarannya kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2012 sebagai berikut :

  1. Program Promosi Kesehatan dan pemberdayaan masyarakat serta standarisasi pelayanan kesehatan, dengan kegiatan yaitu Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan; Promosi kesehatan;
  2. Program Pengadaan, peningkatan dan perbaikan sarana dan prasarana kesehatan, meliputi kegiatan  Rehabilitasi Puskesmas dan jaringannya; Pembangunan, peningkatan Puskesmas dan jaringannya (DAK, pendamping dan operasional); Pembangunan, rehabilitasi dan revitalisasi Pustu, Polindes dan Posyandu
  3. Program Upaya kesehatan dan perbaikan gizi masyarakat serta pencegahan dan penanggulangan penyakit, dengan kegiatan yaitu  Pelaksanaan imunisasasi dan surveilens; Perbaikan gizi masyarakat; Pemberantasan dan pengendalian penyakit menular bersumber binatang; Peningkatan kesehatan keluarga; Pemberantasan dan pengendalian penyakit menular langsung; Penyelenggaran penyehatan lingkungan; Peningkatan Pelayanan kesehatan masyarakat; Pelayanan kesehatan penduduk miskin di rumah sakit, Puskesmas dan jaringannya; Pelayanan kefarmasian dan alat kesehatan; Pengadaan obat dan pembekalan kesehaan (DAK+Pendamping); Peningkatan pengawasan keamanan pangan dan bahan berbahaya.