Wakil Walikota Batam Membuka Bimtek Anggaran Transfer ke Daerah

Batam, Dalam pelaksanaan Anggaran Transfer ke Daerah yang diatur sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 06/PMK.07/2012 tentang Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Anggaran Transfer ke Daerah menyatakan bahwa setiap daerah wajib menyelenggarakan penatausahaan dan pertanggungjawaban anggaran transfer ke daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, oleh karena itu diperlukan tenaga atau staf yang betul-betul faham tentang aturan tersebut, salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pelaksanaan dan pertanggungjawaban anggaran transfer ke daerah melalui Bimtek Anggaran Transfer ke Daerah. Demikian disampaikan Wakil Walikota Kota Batam Bapak Rudi, SE. MM saat membuka Bimbingan Teknis Anggaran Transfer ke Daerah, Senin (07/5/2012) di Hotel Harmoni One Batam.

Lebih lanjut Bapak Rudi mengatakan pelaksanaan anggaran transfer ke daerah secara optimalisasi dalam koridor mengurangi kesenjangan fiskal antara pemerintah pusat dan daerah (vertical fiscal imbalance) dan antar daerah (horizontal fiscal imbalance) dan meningkatkan pelayanan publik, dipandang perlu untuk mensosialisasikan peraturan tersebut, langsung kepada pemerintah daerah sebagai pelaksana dan mempertanggungjawabankan anggaran transfer ke daerah tersebut.

Namun selama ini kota batam masih membutuh anggaran transfer ke daerah, dimana rata-rata pertahun Kota Batam membutuhkan sebesar 66.60% dari nilai APBD Kota Batam untuk pelaksanaan APBD Kota Batam, oleh sebab itu besar harapan kami untuk pemerintah pusat untuk selalu meningkatkan anggaran transfer ke daerah untuk Kota Batam sehingga peningkatan pelayanan publikakan semakin optimal
Sementara Ketua Panitia yang juga Kepala Bagian Keuangan Pemerintah Kota Batam Abdul Malik, SE. M.Si. dalam laporannya mengungkapkan tujuan dari Bintek Anggaran Transfer ke Daerah ini adalah untuk lebih meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban anggaran transfer ke daerah dan tercapainya peningkatan anggaran transfer ke daerah khususnya Kota Batam untuk tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Adapun materi pembelajaran terdiri dari paparan Undang-undang nomor 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, paparan Peraturan Pemerintah nomor 55 tahun 2005 tentang Dana Perimbangan dan paparan Peraturan Menteri Keuangan nomor 06/pmk.07/2012 tentang pelaksanaan dan pertanggungjawaban anggaran transfer ke daerah. (Y@2n)



Anda dapat mengikuti respon dengan mentaut RSS 2.0 feed.
Anda dapat meninggalkan komentar, atau membuat umpan balik trackback dari situs anda.

Masukkan Komentar Anda


Meninggalkan Balasan

XHTML: Anda dapat menggunakan tag: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>