Tupoksi Pejabat Pengelola Keuangan Daerah

I. Tugas Pokok Kepala Bagian Keuangan

  • Kepala Bagian Keuangan mempunyai tugas membantu Asisten Administrasi Umum dalam bidang penyusunan Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah beserta perubahannya, dan perhitungan anggaran, serta membina, mengawasi, mengendalikan dan mengelola administrasi keuangan Pemerintah Daerah.
  • Uraian tugas sebagaimana dimaksud 1), meliputi :
    • Mengumpulkan bahan penyusunan APBD beserta perubahannya ;
    • Mengumpulkan bahan penyusunan dan petunjuk teknis pembinaan Administrasi Keuangan;
    • Melakukan pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pengelolaan administrasi gaji pegawai;
    • Menguji kebenaran penagihan serta menerbitkan Surat Perintah membayar ( SPM);
    • Mengelola administrasi keuangan;
    • Melakukan pemeriksaan keuangan dan pembinaan perbendaharaan;
    • Menyusun perhitungan APBD;
    • Mengkoordinasikan penyusunan konsep nota keuangan dan laporan pertanggungjawaban keuangan daerah kepada DPRD Kota Batam;
    • Melakukan tugas lain yang diberikan Asisten Administrasi Umum yang berkaitan dengan lingkup tugas dan fungsinya.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud 1) dan 2), Kepala Bagian Keuangan membawahi:
    • Sub Bagian Perbendaharan;
    • Sub Bagian Anggaran dan Belanja Pegawai ;
    • Sub Bagian Verifikasi dan Pembukuan

II. Tugas Pokok Sub Bagian Perbendaharaan

  • Sub Bagian Perbendaharaan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Bagian Keuangan di bidang Perbendaharaan.
  • Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada 1), meliputi :
    • Meliputi dan menguji Surat Permintaan Pembayaran (SPP);
    • Menerbitkan Surat Perintah Membayar (SPM) berdasarkan atas Surat Keputusan Otorisasi;
    • Menguji kebenaran penagihan kepada pihak ketiga yang merupakan Piutang Daerah;
    • Menerbitkan Surat Perintah Penagihan;
    • Menyusun dan menyiapkan Surat Ketetapan Walikota tentan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Batam
    • Mengajukan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) untuk pencairan Dana Perimbangan baik yang melalui Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN), maupun Biro Keuangan Propinsi;
    • Memberikan pertimbangan dan mengakui pelaksanaan penyelesaian masalah-masalah perbendaharaan dan ganti rugi;
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang dibeikan oleh Kepala Bagian Keuangan.

III. Tugas Pokok Sub Bagian Anggaran dan Belanja Pegawai

  • Sub Bagian Anggaran dan Belanja Pegawai mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Bagian Keuangan di bidang Anggaran dan belanja pegawai.
  • Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada 1), meliputi :
    • Mempersiapkan dokumen APBD, berikut rencana perubahannya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
    • Menyusun petunjuk teknis APBD serta menyiapkan Surat Keputusan Otorisasi (SKO) sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
    • Menyusun DASK untuk keperluan pelaksanaan APBD
    • Merencanakan, menyusun dan menganalisa kebutuhan belanja pegawai;
    • Mengelola Administrasi gaji dan tunjangan pegawai beserta kelengkapan dokumennya;
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan;

IV. Tugas Pokok Sub Bagian Verifikasi dan Pembukuan

  • Sub Bagian Verifikasi dan Pembukuan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Bagian Keuangan di bidang Verifikasi dan Pembukuan
  • Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada 1), meliputi
    • Meneliti, menilai dan memverifikasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) realisasi keuangan;
    • Memberikan pembinaan teknis kepada Satuan Pemegang Kas, termasuk peringatan/teguran kepada Pemegang Kas yang tidak membuat laporan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
    • Mencatat hasil pengesahan (Verifikasi) uang-uang yang harus dipertanggungjawabkan (UYHD);
    • Melakukan penelitian bukti penyetoran kembali sisa UYHD;
    • Melakukan pembukuan secara sistimatis dan kronologis mengenai penerimaan dan pengeluaran Kas Daerah;
    • Mengadakan penelitian terhadap buku kas penerimaan dan pengeluaran;
    • Membuat laporan triwulan realisasi APBD sesuai dengan dengan ketentuan yang berlaku;
    • Membuat perhitungan APBD atau laporan tahunan realisasi APBD sesuai dengan ketentuan yang berlaku
    • Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan.