BEASISWA BIDIK MISI 2010

PROGRAM
BEASISWA BIDIK MISI
BEASISWA PENDIDIKAN BAGI CALON MAHASISWA BERPRESTASI DARI KELUARGA KURANG MAMPU

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
DIREKTORAT KELEMBAGAAN
TAHUN 2010

KATA PENGANTAR

Tiap-tiap warga Negara berhak mendapatkan pengajaran. Hak setiap warga Negara tersebut telah dicantumkan dalam Pasal 31 (1) Undang-Undang Dasar 1945. Berdasarkan pasal tersebut, maka Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi, dan masyarakat berkewajiban memberikan dukungan sumber daya dalam penyelenggaraan pendidikan. Untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu diperlukan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu bagi setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya, dan berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yang berprestasi.

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2010 meluncurkan program Beasiswa Bidik Misi untuk memberikan beasiswa dan biaya pendidikan kepada 20.000 mahasiswa dan atau calon mahasiswa dari keluarga yang secara ekonomi kurang mampu dan berprestasi, baik di bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstrakurikuler.

Program ini sangat penting untuk memutus mata rantai kemiskinan dengan cara elegan, sehingga dimasukkan sebagai program kerja 100 hari dalam Kabinet Indonesia Bersatu II.

Agar program penyaluran beasiswa Bidik Misi dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip 3T, yaitu: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu, maka diharapkan para pimpinan perguruan tinggi dalam melakukan sosialisasi, seleksi, dan penyaluran Beasiswa Bidik Misi mengacu pada pedoman ini.

Penerbitan pedoman program beasiswa Bidik Misi ini diharapkan dapat memudahkan bagi perguruan tinggi penyelenggara agar penyaluran beasiswa kepada mahasiswa dapat tercapai sesuai dengan harapan kita semua. Selain itu pedoman ini diharapkan juga dapat memudahkan bagi para calon mahasiswa atau mahasiswa yang akan mengusulkan sebagai calon penerima beasiswa, dan memudahkan bagi mahasiswa yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa untuk mendapatkan haknya.

Dengan terbitnya buku ini, proses penyaluran beasiswa kepada mahasiswa diharapkan akan berjalan dengan lebih baik, dan mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dengan lancar, berprestasi tepat waktu yang akhirnya dapat ikut andil dalam meneruskan perjuangan bangsa menuju pembangunan Indonesia sejahtera.

Akhirnya kami mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada tim penyusun pedoman ini dan semua pihak yang telah membantu dalam mewujudkan buku pedoman Program Beasiswa Bidik Misi ini.

Jakarta, Desember 2009
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
Fasli Jalal

INFORMASI LEBIH LANJUT



Anda dapat mengikuti respon dengan mentaut RSS 2.0 feed.
Anda dapat meninggalkan komentar, atau membuat umpan balik trackback dari situs anda.

12 Respon untuk “BEASISWA BIDIK MISI 2010”


  • Komentar from agusalgoruti

    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih melalui situs ini saya bisa mengenal batam secara garis besar….
    dalam jangka waktu yang dekat ini saya ingin pergi berkunjung ke kota batam dalam rangka mencari pekerjaan, mudah-mudahan melalui situs ini saya bisa dibantu untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang ada di kota batam,…
    bilal ada info lowongan bisa di konfirmasi di email ini algoruti@yahoo.com

  • Komentar from Ali Rusdin

    Bagai mana caranya utk mendpatkan beasiswa, bagi calon mahasiswa, dan apa aja syarat2nya, krena jika memang syarat2 lebih berat, tidak ada gunanya, berapa nilai minim yg bisa diterima supaya mendapatkan beasiswa

  • Komentar from kominfo

    @ Ali Rusdin :
    Program beasiswa ini di adakan oleh Departemen Pendidikan Nasional RI
    untuk persyaratan dan informasi lebih lanjut silahkan telusuri link yang ada di bawah berita tersebut.

  • Komentar from Suta Nur

    Saya mahasiswa Semester 1 pada salah satu universitas swasta yang berada di batam, Saya lulusan SMK tahun 2008.
    Bagaimana jika yang telah menjadi mahasiswa berkeinginan mendapat beasiswa juga dan jika disediakan bagi mahasiswa, apa sajakah syaratnya dan bagaimana ketentuannya.

  • Komentar from craying

    Saya adalah lulusan D3 Agrobisnis Pertanian…dan ingin melanjutkan studi saya.
    Apakah saya bisa mencarai atau mendapatkan Bea Siswa di Batam, Riau ini..dan bagaimana syaratnya?
    Trima kasih

  • Komentar from fittri

    dimana saya mendapatkan formulirnya???

  • Komentar from YOEL JULIAN

    Saya mau bertanya,Apa saja syarat untuk menerima beasiswa?kpan beasiswa itu direalisasikan?dan Apakah mahasiswa yang kuliah di luar Batam bisa mendapatkan beasiswa?apalagi sekarang Perguruan Tinggi Negeri telah menetapkan BHP (BADAN HUKUM PENDIDIKAN)yang menyebabkan mahalnya biaya SPP kuliah…
    terima kasih

  • Komentar from kominfo

    @ fitri :
    formulir dapat di download di situs BIDIK 2010 tersebut.

    @ yoel julian :
    Persyaratan untuk mengajukan beasiswa BIDIK 2010 bisa di lihat di situsnya. Serta tercantum universitas mana saja yang termasuk dalam kerjasama dengan Kementrian Pendidikan untuk program beasiswa tersebut.

  • Komentar from nani

    Assalamualaikum.. senang bisa baca info ini.
    Yang ingin saya tanyakan.. situs info beasiswa untuk mahasiswa boleh tau di situs apa aja / website apa aja.

    Terima kasih,
    nani

  • Komentar from nani

    Assalamualaikum…

    Senang bisa baca info ini.
    Yang ingin saya tanyakan.. disitus mana / nama websitenya yang mempunyai program beasiswa untuk mahasiswa.

    regards,
    Rosdianani,
    Nongsa – Batam

  • Komentar from joko

    program ini merupakan program yang luar biasa membantu bagi orang-orang yang kurang mampu secara ekonomi, tetapi sangat mampu dalam prestasi.
    Saya mau tanya, kapan pendaftaran untuk bisa memperoleh beasiswa bidik misi ini?
    terima kasih
    :)

  • Komentar from kominfo

    Silahkan telusuri situs BIDIK MISI di sini untuk informasi lebih lanjut.


Meninggalkan Balasan

XHTML: Anda dapat menggunakan tag: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>