Mahasiswa UPB Jadikan Kominfo Batam Lokasi Studi Fisik

Media Center Batam – Sedikitnya 25 mahasiswa Program Studi (Prodi) Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Putra Batam melakukan studi fisik di Badan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam. Studi ini berkaitan dengan mata kuliah mereka, Humas Pemerintahan.

Kedatangan ‘Kaum Intelektual’ ini disambut langsung Sekretaris Badan Kominfo Batam, Zulkifli beserta beberapa Kasubdit yang membawahi empat bidang di instansinya. Zulkifli, menjelaskan beberapa peran dan tugas pokok Kominfo dalam menyebarkan informasi ditengah masyarakat dengan beragam cara.

Kominfo membawahi beberapa bidang, seperti Bidang Informatika, Bidang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, Bidang Informasi Publik dan Dokumentasi, Bidang Persandian dan Pengelohan Data,”kata Zulkifli, dalam pertemuan yang berlangsung diruang rapat Kominfo lantai tujuh Gedung Pemko Batam, Selasa (31/5).

Setiap bidang memiliki peran masing-masing. Khusus untuk informasi, berada dibidang Informasi publik. Lalu tema apa yang disampaikan, semua terkait isu-isu terhangat serta berdampak luas kepada masyarakat. Kata Zulkifli, semua isu yang berkembang diolah sehingga saat penyampaian informasi yang diterima tepat.

Ia mencontohkan, dalam hal penyalahgunaan narkoba, HIV/AIDS sasaran pencegahan dilakukan pada anak sekolah. Pihaknya menggandeng BNN dan KPAI untuk memberikan penyuluhan kepada mereka dengan cara mendatangi sekolah.

Contoh lainnya, peningkatan rasa nasionalisme atau cinta tanah air menggunakan cara diseminasi. Seperti halnya pemutaran film yang menceritakan sosok pahlawan, kegigihan untuk menggapai cita-cita dan lain sebagainya.

Semua program ini diajukan dalam tahapan Musywarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).Jadi, bila adek-adek mahasiwa ini ingin, dapat mengajukan ke kami untuk dilakukan sosialisasi begitu. Bisa saja dengan pertunjukan rakyat, radio dan lain sebagainya,”katanya.

Romobangan mahasiswa ini dibimbing langsung oleh Ketua Prodi Administrasi Negara Koirul dan dosen pembimbong, Dewi. Salah seorang mahasiswa Linda mengatakan, tujuan dari studi fisik ini ingin mengenal dan melihat kinerja pemerintah dalam hal penyebaran informasi.

Apa yang kita dapatkan hari ini, akan kita buatkan laporan sebagai tugas dari mata kuliah Humas Pemerintahan. Selama ini kan kita hanya mendapat teori, dengan turun disini kita bisa langsung bertanya dan melihat kinerja pemerintah,”ujarnya.

Diakhir acara, rombongan tersebut menyempatkan melihat beberapa fasilitas yang dimiliki Kominfo Batam, seperti ruangan server, media center dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.