Tugas Pokok dan Fungsi

Dalam menyelenggarakan tugas pokok tersebut diatas, Badan Komunikasi dan informatika Kota Batam mempunyai fungsi :

A. Fungsi Kepala Badan:

  1. Memimpin Badan Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan tugas yang telah ditetapkan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku serta kebijakan Walikota;
  2. Menyiapkan kebijakan daerah dan kebijaksanaan umum dibidang pelayanan Komunikasi dan Informatika  serta pemberdayaan informasi masyarakat;
  3. Menetapkan kebijakan tekhnis dibidang pelayanan informasi dan komunikasi yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan kebijakan umum yang ditetapkan Walikota;
  4. Melaksanakan koordinasi dan hubungan kerjasama dengan Instansi terkait serta organisasi lain dibidang Komunikasi dan Informatika;
  5. Melakukan bimbingan dan pembinaan serta pengendalian sub Bidang dan cabang Komunikasi dan Informatika;
  6. Memonitor dan menganalisa pelaksanaan pelayanan Komunikasi dan Informasi serta pendapat umum daerah.

 

B. Fungsi Sekretaris

Membantu Kepala Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam dalam penyelenggaraan fungsi penyusunan rencana kegiatan, perencanaan , monitoring, evaluasi dan pelaporan, pengelolaan keuangan, kepegawaian, perlengkapan, rumah tangga, perpustakaan, administrasi umum dan hubungan masyarakat serta memberikan pelayanan administrasi dan fungsional.

Uraian tugasnya meliputi :

  1. Menyusun rencana program kerja dan kegiatan sekretariat yang berbasis kinerja;
  2. Mengkoordinasikan rencana program kerja dan kegiatan badan;
  3. Menyusun perumusan kebijakan umum dan teknis di bidang sekretariat;
  4. Mengkoordinasikan perumusan kebijakan umum dan teknis badan;
  5. Mengkoordinasi penyusunan rencana umum, rencana strategis, rencana kerja, rencana-rencana kegiatan, dan anggaran badan;
  6. Mengkoordinasi pelaksanaan tugas unit-unit organisasi di lingkungan badan;
  7. Menyusun rencana kerja sama badan;
  8. Menyusun penetapan kinerja badan;
  9. Menyusun laporan keuangan badan;
  10. Menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan badan;
  11. Melaksanakan analisis dan menyajikan data badan;
  12. Menganalisis rencana kebutuhan, kualifikasi kompetensi dan seleksi pegawai badan;
  13. Menerapkan dan mengembangkan sistem informasi badan;
  14. Memantau, mengendalikan, dan mengevaluasi kinerja serta dampak melaksanakan program dab kegiatan badan;
  15. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja badan;
  16. Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan badan;
  17. Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan badan;
  18. Mengelola keuangan, kepegawaian, surat-menyurat, kearsipan, administrasi umum, perpustakaan, kerumahtanggaan, sarana, dan prasarana serta hubungan masyarakat;
  19. Melaksanakan pelayanan administratif dan fungsional;
  20. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang sekrelariat;
  21. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan kegiatan badan dan Sekretariat; dan
  22. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugasnya.

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud diatas membawahi :

  • Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi;
  • Sub Bagian Keuangan;
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

 

C. Fungsi Bidang Informatika

Bidang I mempunyai fungsi pelaksanaan penerapan dan pengembangan teknologi informatika, dan pengembangan kemitraan media.

Uraian tugasnya meliputi :

  1. Menyusun rencana program kerja dan kegiatan di bidang Informatika yang berbasis kinerja.
  2. Menyusun rencana perumusan kebijakan teknis di bidang informatika;
  3. Menyusun penetapan kinerja di bidang inforrnatika;
  4. Melaksanakan pembinaan di bidang informatika;
  5. Melaksanakan penerapan dan koordinasi pengembangan teknologi informatika;
  6. Mengkoordinasikan pengelolaan sistem informasi;
  7. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang Informatika;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan di bidang komunikasi dan informatika; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Bidang Media Informasi membawahi :

  • Sub Bidang Infrastruktur dan Perangkat Informatika;
  • Sub Bidang Aplikasi E-Government Perangkat Informatika

 

D. Fungsi Bidang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran

Bidang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran mempunyai fungsi pelaksanaan tugas dibidang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran.

Uraian tugasnya meliputi :

  1. Menyusun rencana program kerja dan kegiatan di bidang pos, penyiaran dan telekomunikasi;
  2. Menyusun rencana perumusan kebijakan teknis di bidang pos, penyiaran dan telekomunikasi;
  3. Menyusun penetapan kinerja bidang pos, penyiaran dan telekomunikasi;
  4. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan usaha pos, penyiaran dan telekomunikasi;
  5. Melaksanakan pelayanan pos pedesaan;
  6. Melaksanakan pembinaan dan pengendalian kantor agen jasa titipan, kantor cabang, dan loket pelayanan telekomunikasi;
  7. Melaksanakan pembinaan dan pengendalian pembangunan telekomunikasi pedesaan, penyelenggaraan warung telekomunikasi dan warung seluler, telekomunikasi khusus untuk keperluan pemerintah dan badan hukum serta instalatur kabel rumah/ gedung;
  8. Melaksanakan pemberian rekomendasi pendirian kantor pusat, penyelenggaraan jaringan tetap tertutup lokal serta penetapan wilayah prioritas kewajiban pelayanan universal telekomunikasi;
  9. Melaksanakan fasilitasi koordinasi penyelenggaraan pos, dan telekomunikasi serta penggunaan frekwensi di daerah perbatasan;
  10. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pos dan telekomunikasi;
  11. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan kegiatan di bidang pos, penyiaran dan telekomunikasi; dan
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Bidang Pelayanan Teknologi Informasi membawahi :

  • Sub Bidang Pelayanan Pos Pedesaan & Jasa Titipan;
  • Sub Bidang Perizinan Telekomunikasi dan Penyiaran.

 

E. Fungsi Bidang Informasi Publik dan Dokumentasi

Bidang Informasi Publik dan Dokumentasi mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pengelolaan media dan penyebaran informasi publik serta dokumentasi.

Uraian tugasnya meliputi :

  1. Menyusun rencana program kerja dan kegiatan di bidang informasi publik dan dokumentasi;
  2. Menyusun rencana perumusan kebijakan teknis di bidang informasi publik dan dokumentasi;
  3. Menyusun penetapan kinerja di bidang informasi publik dan dokumentasi;
  4. Melaksanakan pembinaan di bidang informasi publik dan dokumentasi;
  5. Melaksanakan dan koordinasi pengelolaan system informasi publik dan dokumentasi;
  6. Melaksanakan diseminasi informasi;
  7. Melaksanakan hubungan kemitraan dengan media cetak, elektronik lokal maupun nasional;
  8. Melaksanakan hubungan kemitraan dengan SKPD maupun instansi pemerintah daerah maupun pusat;
  9. Mengendalikaan dan melaksanakan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional bidang informasi publik dan dokmentasi;
  10. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang informasi publik dan dokumentasi; dan
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Bidang Informasi Publik membawahi :

  • Sub Bidang Penerangan Masyarakat dan Media Informasi;
  • Sub Bidang Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi;

 

E. Bidang Persandian dan Pengelohan Data

Bidang Persandian dan Pengeolahan Data mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang Persandian dan Pengolahan Data.

Uraian Tugasnya meliputi :

  1. Menyusun rencana program kerja dan kegiatan di bidang persandian dan pengolahan data;
  2. Menyusun rencana perumusan kebijakan teknis di di bidang persandian dan pengolahan data;
  3. Menyusun  penetapan kinerja bidang persandian dan pengolahan data;
  4. Melaksanakan pembinaan dan pengendalian di bidang persandian dan pengolahan data;
  5. Melaksanakan pengembangan dan pengelolaan teknis di bidang persandian dan pengolahan data;
  6. Melaksanakan pengembangan sistem database dan pelaporan database Pemerintah Kota Batam;
  7. Melaksanakan penerapan dan koordinasi pengembangan teknologi persandian dan pengolahan data;
  8. Melaksanakan koordinasi pengelolaan sistem persandian dan pengolahan data;
  9. Melaksanakan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunuk operasional di bidang persandian dan pengolahan data;
  10. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang persandian dan pengolahan data; dan
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Bidang Pengolahan Data Elektronik membawahi :

  • Sub Bidang Perangkat dan Administrasi Persandian;
  • Sub Bidang Pengolahan Data Informatika;

Leave a Reply

Your email address will not be published.