Gambaran Pelayanan SKPD

2.1.   Tugas, Fungsi, dan Struktur Organisasi SKPD

2.1.1.    Tugas

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batam (PERDA) Nomor 11 Tahun 2007 tentang Tata Laksana Lembaga Teknis Pemerintah Daerah Kota Batam, maka Badan Komunikasi dan Informasi Kota Batam mengemban tugas pokok untuk melaksanakan Otonomi Daerah dibidang Komunikasi dan Informatika,  serta tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

2.1.2.    Fungsi

Dalam menyelenggarakan tugas tersebut, Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan Program dan Kegiatan badan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang;
  2. Penyelenggaraan urusan tata usaha perkantoran yang meliputi urusan perencanaan dan evaluasi, urusan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian;
  3. Perumusan kebijakan teknis dibidang komunikasi dan informatika;
  4. Penyelenggaraan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang aplikasi dan telematika, bidang pos, telekomunikasi dan penyiaran, dan dibidang sosialisasi dan penyebaran informasi;
  5. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah dibidang komunikasi dan informatika;
  6. Pembinaan terhadap unit pelaksanaan teknis dalam lingkup tugasnya;

2.1.3.   Struktur Organisasi SKPD

Dalam Peraturan Walikota Batam Nomor 26 Tahun 2010 tersebut, Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam sebagai berikut :

Kepala Badan.

Sekretariat membawahi :

  • Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi;
  • Sub Bagian Keuangan;
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

Bidang Aplikasi dan Telematika membawahi :

  • Sub Bidang Infrastruktur dan Perangkat Informatika;
  • Sub Bidang Aplikasi Telematika.

Bidang Pos, Telematika dan Penyiaran membawahi :

  • Sub Bidang Pelayanan Pos Pedesaan & Jasa Titipan;
  • Sub Bidang Perizinan Telekomunikasi dan Penyiaran.

Bidang Informasi Publik membawahi :

  • Sub Bidang Penerangan Masyarakat;
  • Sub Bidang Informasi Media Cetak & Media Elektronik.

Bidang Pengolahan Data Elektronik membawahi :

  • Sub Bidang Portal dan Konten;
  • Sub Bidang Data Base.

Unit Pelaksana Teknis Badan

Kelompok Jabatan Fungsional

 

Gambar 2.

BAGAN SUSUNAN ORGANISASI BADAM KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BATAM

 

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2007

 

2.1.4.   Fungsi dan Tugas Pokok Bidang SKPD

Dalam menyelenggarakan tugas pokok tersebut diatas, Badan Komunikasi dan informatika Kota Batam mempunyai fungsi :

A. Fungsi Kepala Badan:

  1. Memimpin Badan Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan tugas yang telah ditetapkan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku serta kebijakan Walikota;
  2. Menyiapkan kebijakan daerah dan kebijaksanaan umum dibidang pelayanan Komunikasi dan Informatika  serta pemberdayaan informasi masyarakat;
  3. Menetapkan kebijakan tekhnis dibidang pelayanan informasi dan komunikasi yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan kebijakan umum yang ditetapkan Walikota;
  4. Melaksanakan koordinasi dan hubungan kerjasama dengan Instansi terkait serta organisasi lain dibidang Komunikasi dan Informatika;
  5. Melakukan bimbingan dan pembinaan serta pengendalian sub Bidang dan cabang Komunikasi dan Informatika;
  6. Memonitor dan menganalisa pelaksanaan pelayanan Komunikasi dan Informasi serta pendapat umum daerah.

B. Fungsi Sekretaris

Membantu Kepala Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam dalam penyelenggaraan fungsi penyusunan rencana kegiatan, perencanaan , monitoring, evaluasi dan pelaporan, pengelolaan keuangan, kepegawaian, perlengkapan, rumah tangga, perpustakaan, administrasi umum dan hubungan masyarakat serta memberikan pelayanan administrasi dan fungsional.

Uraian tugasnya meliputi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Sekretariat;
  2. Mengkoordinasi perumusan kebijakan umum dan kebijakan teknis dibidang komunikasi dan informatika;
  3. Mengkoordinasi penyusunan rencana umum, rencana strategis, rencana kerja, rencana kinerja, rencana kegiatan dan anggaran badan;
  4. Mengkoordinasi pelaksanaan tugas unit-unit organisasi di lingkungan badan;
  5. Menyusun rencana kerja sama badan;
  6.  Menyusun penetapan kinerja badan;
  7. Menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan badan;
  8. Melaksanakan analisis dan menyajikan data dibidang komunikasi dan informatika;
  9.  Menerapkan dan mengembangkan system informasi di bidang komunikasi dan informatika;
  10.  Memantau, mengendalikan, dan mengevaluasi kinerja serta dampak melaksanakan program dan kegiatan badan;
  11.  Menyusun laporan akuntabilitas kinerja badan;
  12.  Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan badan;
  13. Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan badan;
  14. Menyiapkan bahan dan menatausahakan bidang kesekretariatan;
  15. Mengendalikakn dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang kesekretariatan;
  16. Mengelola keuangan, kepegawaian, surat-menyurat, kearsipan, administrasi umum, perpustakaan, kerumahtanggaan, sarana dan prasarana serta hubungan masyarakat;
  17. Melaksanakan pelayanan administratif dan fungsional;
  18. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sekretariat; dan
  19. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud diatas membawahi :

  • Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi;
  • Sub Bagian Keuangan;
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

C. Fungsi Bidang Aplikasi dan Telematika

Bidang Aplikasi dan Telematika mempunyai fungsi pelaksanaan penerapan dan pengembangan teknologi informatika, dan pengembangan kemitraan media.

Uraian tugasnya meliputi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Aplikasi dan Telematika;
  2. Merumuskan kebijakan teknis di bidang aplikasi dan telematika;
  3. Menyusun rencana dan penetapan kinerja bidang aplikasi dan telematika;
  4. Melaksanakan pembinaan di bidang aplikasi dan telematika;
  5. Melaksanakan penerapan dan koordinasi pengembangan teknologi informatika;
  6. Pelaksanaan dan koordinasi pengelolaan system informasi;
  7. Pelaksanaan, Koordinasi dan fasilitas pengembangan kemitraan media; dan
  8. Pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional bidang aplikasi dan telematika;
  9. Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Bidang Komunikasi dan Informatika; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Bidang Media Informasi membawahi :

  • Sub Bidang Infrastruktur dan Perangkat Informatika;
  • Sub Bidang Aplikasi Telematika.

D. Fungsi Bidang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran

Bidang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran mempunyai fungsi pelaksanaan tugas dibidang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran.

Uraian tugasnya meliputi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran;
  2. Menyusun kebijakan teknis pembinaan pos, telekomunikasi dan peyiaran;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan pembinaan pos, telekomunikasi dan penyiaran;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja pembinaan pos, telekomunikasi dan penyiaran;
  5. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan usaha pos, telekomunikasi dan penyiaran;
  6. Melaksanakan pelayanan pos perdesaan;
  7. Melaksanakan Pembinaan dan Pengendalian kantor agen jasa titipan, kantor cabang, dan loket pelayanan telekomunikasi;
  8. Melaksanakan pembinaan dan pengendalian pembangunan telekomunikasi perdesaan, penyelenggaraan warung telekomunikasi dab warung seluler, telekomunikasi khusus untuk keperluan pemerintah dan badan hokum serta instalatur kabel rumah/gedung;
  9. Melaksanakan pemberian rekomendasi pendirian kantor pusat jasa titipan, penyelenggaraan jaringan tetap tertutup local serta penetapan wilayah prioritas kewajiban pelayanan universal telekomunikasi;
  10. Melaksanakan pemberian rekomendasi izin mendirikan bangunan menara telekomunikasi;
  11. Melaksanakan fasilitas koordinasi penyelenggaraan pos, dan telekomunikasi serta penggunaan frekuensi di daerah perbatasan dengan Negara tentangga;
  12. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional di bidang pos, dan telekomunikasi;
  13. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang pos, telekomunikasi dan penyiaran; dan
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Bidang Pelayanan Teknologi Informasi membawahi :

  • Sub Bidang Pelayanan Pos Pedesaan & Jasa Titipan;
  • Sub Bidang Perizinan Telekomunikasi dan Penyiaran.

E. Fungsi Bidang Informasi Publik

Bidang Informasi Publik mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang penyebaran informasi publik.

Uraian tugasnya meliputi :

  1. Menyusun rencana kegiatan bidang informasi publik;
  2. Merumuskan kebijakan teknis di bidang informasi publik;
  3. Rencana dan penetapan kinerja bidang informasi publik;
  4. Melaksanakan pembinaan di bidang informasi publik;
  5. Melaksanakan dan koordinasi pengelolaan system informasi publik;
  6. Melaksanakan diseminasi informasi nasional;
  7. Melaksanakan koordinasi, dan fasilitas pengembangan kemitraan media;
  8. Melaksanakan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional bidang informasi publik;
  9. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang informasi publik; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Bidang Informasi Publik membawahi :

  • Sub Bidang Penerangan Masyarakat;
  • Sub Bidang Informasi Media Cetak & Media Elektronik.

BIDANG PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK

Bidang Pengolahan Data Elektronik mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pengolahan data elektronik.

Uraian Tugasnya meliputi :

  1. Menyusun rencana kegiatan bidang pengolahan data elektronik;
  2. Perumusan kebijakan teknis di bidkang pengolahan data elektronik;
  3. Penyusunan rencana dan penetapan kinerja bidang pengolahan data elektronik;
  4. Pelaksanaan pembinaan di bidang pengolahan data elektronik;
  5. Pembinaan dan pengendalian pengolahan data elektronik;
  6. Melaksanakan pengembangan dan pengelolaan website Pemerintah Kota Batam;
  7. Melaksanakan pengelolaan email Pemerintah Kota Batam;
  8. Melaksanakan Pengelolaan sms center Pemerintah Kota Batam;
  9. Melaksanakan pengelolaan call center Pemerintah Kota Batam;
  10. Melaksanakan pengembangan system datasbase Pemerintah Kota Batam;
  11. Melaksanakan pengumpulan dan pengelolaan data statistik Pemerintah Kota Batam;
  12. Melaksanakan pengembangan system pelaporan database Pemerintah Kota Batam;
  13. Penerapan dan Koordinasi pengembangan teknologi pengolahan data elektronik;
  14. Pelaksanaan dan koordinasi pengelolaan system pengelolaan data elektronik;
  15. Pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional bidang pengolahan data elektronik;
  16. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang pengolahan data elektronik; dan
  17. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Bidang Pengolahan Data Elektronik membawahi :

  • Sub Bidang Penerangan Masyarakat;
  • Sub Bidang Informasi Media Cetak & Media Elektronik.

2.2.   Sumber Daya SKPD

2.2.1.  Sumber Daya SKPD

2.2.1.1.  Kepegawaian

Jumlah personil Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam adalah sebagai berikut :

Tabel 1.

No

Kepegawaian

Jumlah

1

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

26

2

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

2

3

THL

1

4

Outsourcing

1

Jumlah

30

2.2.1.2.  Susunan Kepegawaian dan Jabatan Struktural

Jumlah jabatan struktural Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam dapat terlihat dalam tabel sebagai berikut :

 Tabel 2.

No

Jabatan

Eselon

Pendidikan

Jumlah

SLTA

D3

S1

S2

1

Kepala Badan

II b

1

1

2

Sekretaris

III a

1

1

3

Kepala Bidang

III b

2

2

4

4

Kepala Sub Bidang

IV a

7

1

8

5

Kepala Sub Bagian

IV a

3

3

Jumlah

 

 

14

3

17

2.2.1.3. Staf

staf Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam yang berjumlah 13 orang terdiri dari 9 Pegawai Negeri Sipil, Calon Pegawai Negeri Sipil, 1 Tenaga Harian Lepas dan 1 Outsourcing.

2.2.1.  Sarana dan Prasarana

Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, Badan Komunikasi dan Informatikan memiliki sarana dan prasarana sebagai berikut : 14 (empat belas) Server, 20 (dua puluh) Aplikasi yang dikelolah oleh Bidang Pengolahan Data Elektronik, 1 (satu) Tower Free Stand, 22 (dua puluh dua) Tiang wireless dan 1 (satu) Laboratorium Komputer yang dikelolah oleh Bidang Aplikasi Telematika.

Gambar 3.

 

1. IBM Blade Server

Aplikasi yang dijalankan :

  • Video Streaming (video.batamkota.go.id)
  • Unit Layanan Pengadaan (ulp.batamkota.go.id)
  • Pengelolaan Aset Pemko Batam (simabada.batamkota.go.id)

2. IBM Blade Server

Aplikasi yang dijalankan :

  • Sistem Perizinan Terpadu

3. IBM Blade Server

Aplikasi yang dijalankan :

  • Website SKPD  Pemko Batam (skpd.batamkota.go.id)
  • Website DPRD Kota Batam (dprd-batamkota.go.id)
  • Website PKK Kota Batam (pkk.batamkota.go.id)

4. Lenovo PC

Aplikasi yang dijalankan :

  • Repository Open Source Pemko Batam (mikocok.batamkota.go.id)

5. HP Rack Server

Aplikasi yang dijalankan :

  • Layanan Pengadaan Secara Elektronik Report & Back Up

6. IBM Rack Server

Aplikasi yang dijalankan :

  • Server Layanan Pengadaan Secara Elektronik (lpse.batamkota.go.id)

Gambar 4.

 7. IBM Rack Server

Aplikasi yang dijalankan :

  • Website Pemko Batam (www.batamkota.go.id)
  • Elektronik Memo (ememo.batamkota.go.id)
  • Website Mobile (m.batamkota.go.id)

8. HP Rack Server

Aplikasi yang dijalankan :

  • Email (email.batamkota.go.id)

9. Compaq Tower Server

Aplikasi yang dijalankan :

  • Server Proxy

10. HP Tower Server

Aplikasi yang dijalankan :

  • Server Sistem Pelayanan Terpadu

Gambar 5.

11. IBM Tower Server

Aplikasi yang dijalankan :

  • Geographic Information System Kota Batam (gis.batamkota.go.id)

12. Simbadda PC

Aplikasi yang dijalankan :

  • SMS Center (sms.batamkota.go.id)

13. IBM Tower Server

Aplikasi yang dijalankan :

  • Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kota Batam

14. Dell PC

Aplikasi yang dijalankan :

  • Server Open VPN (Virtual Private Network)

Jaringan Nirkabel yang memberikan dfakses ke aplikasi SIAK yang cepat dan handal pada seluruh kecamatan;

Ruang Laboratorium Komputer terdiri dari 12 Unit komputer pc yang dilengkapi dengan sambungan internet, sebagai fasilitasi presentasi dan pendidikan latihan dibidang teknologi informasi.

Gambar 6.

2.3.   Kinerja Pelayanan SKPD

Mengingat pentingnya peranan tekhnologi informasi dan komunikasi, kebutuhan akan infrastruktur komunikasi dan informatika yang terus harus diupgrade secara kontinue dan konsisten, sangat diperlukan dalam mendukung kelancaran tugas dan fungsi SKPD baik secara internal maupun eksternal, dimana penerapan e-government yang komprehensif sesuai kebutuhan berbagai lapisan masyarakat kota batam dapat tercapai. Bidang Aplikasi Telematika Badan Komunikasi dan informatika Kota Batam berperan aktif memberikan pelayanan internet kepada seluruh SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Batam dan masyarakat, pelayanan perizinan terpadu, Data Center, sebagai Pusat Data bagi website Pemko Batam, Server Email, Server Proxy, Server Database, Server SIAK dan aplikasi lainnya yang dilengkapi dengan UPS, Sistem Fire Extinguisher, Sistem Rack dan jaringan intranet maupun internet. Bidang Pengolahan Data Elektronik melakukan pengelolaan situs www.batamkota.go.id, situs elektronik mail Pemerintah Kota Batam, situs video streaming, situs e-memo, situs sms center, situs layanan pengadaan secara elektronik, situs satuan perangkat daerah, situs pemberdayaan kesejahteran keluarga (PKK), situs dewan perwakilan rakyat daerah kota batam dan aplikasi online lainnya.

Bidang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran berdasarkan peraturan daerah Nomor 6 Tahun 2009 tentang Menara Telekomunikasi di Kota Batam dan Perda Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi di Kota Batam.  memberikan pelayanan untuk pengendalian dan penataan menara telekomunikasi yang ada di kota batam. Bentuk pengendalian dan penataan yang dilakukan adalah melakukan penyeleksian terhadap permohonan menara telekomunikasi yang baru serta pengendalian terhadap kondisi menara telekomunikasi yang sudah berdiri atau beroperasi untuk dijadikan menara terpadu. Pelaksanaan pengawasan untuk sektor penyiaran dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang penyiaran karena sektor ini masih merupakan kewenangan pusat sehingga daerah hanya memiliki kewenangan dalam urusan pengawasan dan pembinaan. Bidang Informasi Publik dalam rangka penyampaian informasi publik secara merata bagi masyarakat melalui siaran keliling, forum komunikasi baik secara langsung maupun media cetak dan elektronik(radio/televisi).

2.4.   Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan SKPD

Perkembangan komunikasi dan informatika ke depan yang semakin kompleks dan memerlukan penanganan yang lebih arif dalam rangka menampung berbagai kebutuhan dan mengatasi permasalahan yang telah dan akan timbul. Kota Batam wilayah yang berbatasan dengan Negara tetangga Singapura dan Malaysia memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam perekonomian, industri, alih kapal dan pariwisata dan semestinya juga didukung dengan kemajuan dibidang teknologi informasi. Daya tarik ini merupakan suatu peluang besar sekaligus tantangan di masa depan, agar pemerintah daerah dapat mewujudkan Kota Batam sesuai Visinya. Dengan gambaran tersebut diatas menjadi tantangan secara umum bagi Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam untuk  menyusun strategis dalam menciptakan transformasi sosial menuju masyarakat informasi yang melek teknologi.

Tantangan umum lainnya yang dihadapi oleh Badan Komunikasi dan Informatika kota Batam adalah keterbatasan dana dan kurangnya personil yang menguasai bidang aplikasi, database, program dan jaringan internet dilingkungan Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam.

Adapun bebarapan tantangan khusus di setiap bidang yang ada pada SKPD sesuai dengan tugas dan fungsi yang diemban adalah sebegai berikut :

Tantangan Khusus Bidang Aplikasi Telematika :

  1. Menyediakan aplikasi yang lengkap sesuai kebutuhan masyarakat;
  2. Meningkatkan kapasitas pusat data website Pemko batam sebagai data center;
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga dan merawat fasilitas informasi yaitu internet gratis (shelter hotspot), sehingga anggaran pemeliharaan shelter tidak membengkak;
  4. Meningkatkan pengembangan jaringan data komunikasi yang aman dan handal secara menyeluruh dan terpadu/terintegritas;
  5. Meningkatkan koordinasi pada setiap SKPD untuk penginputan data terbaru, sehingga masyarakat memperoleh data yang akurat;
  6. Pemeliharaan terhadap system informasi.

Tantangan Khusus Bidang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran :

  1. Meningkatkan koordinasi terhadap lembaga  penyelenggara pos, telekomunikasi dan penyiaran;
  2. Meningkatkan koordinasi terhadap instansi vertikal;
  3. Meningkatkan koordinasi antar SKPD terkait.

Tangan Khusus Bidang Informasi Publik:

  1. Meningkatkan penyebaran informasi publik melalui
  2. Membentuk kelompok informasi masyarakat pada setiap kecamatan di Kota Batam;
  3. Meningkatkan jangkauan informasi publik di wilayah hinterland;
  4. Meningkatkan pengawasan terhadap media cetak dan elektronik;
  5. Keterbatasan sarana mobil unit informasi;

Tantangan Khusus Bidang Pengolahan Data Elektronik :

  1. Meningkatkan keamanan website online Pemko batam;
  2. Meningkatkan fasilitas komunikasi data antar SKPD;
  3. Pengintegrasian seluruh database system informasi di Pemerintah Kota;