Rencana Program dan Kegiatan, Indikator Kinerja, Kelompok Sasaran dan Pendanaan Indikatif

 5.1.      Rencana Program dan Kegiatan

 Rencana Strategis Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam 2011 – 2016 memiliki program dan kegiatan yang telah ditetap sesuai RPJMD Kota Batam adalah :

1. Program Peningkatan Pelayanan Keuangan Daerah;

Kegiatan :

  • Peningkatan Pelayanan Administrasi Perkantoran

2. Program Pembangunan, Peningkatan dan Pengadaan Fasilitas Sarana dan Prasarana Perkantoran Pemerintah;

Kegiatan :

  • Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

3. Program Peningkatan Disiplin Aparatur;

Kegiatan :

  • Peningkatan Kualitas dan Disiplin Aparatur

4. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur;

Kegiatan :

  • Peningkatan Kualitas Pengetahuan dan Keterampilan Sumber Daya Aparatur Bidang Teknologi Informasi Komunikasi;
  • Orientasi Implementasi Opensource di Surabaya

5. Program Pengembangan Komunikasi Informasi dan Media Massa;

Kegiatan :

  • Pembangunan, Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Berbasis E-Government (Peningkatan Aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu);
  • Pengembangan dan Pemeliharaan Infrastruktur Jaringan Internet (Peningkatan, Pengamanan dan Pemantapan Sistem E-Government);
  • Pengembangan, Pemeliharaan Sistem Database E-Government (Peningkatan Database Website/Situs Pemko Batam);
  • Pengembangan dan Pemeliharaan Sistem Informasi Kelembagaan dan Ketatalaksanaan (Kegiatan Pengembangan Data Center);
  • Pembinaan dan Pengelolaan Informasi Publik (Pembinaan Forum Komunikasi di Kota Batam; Penyedian dan Penyampaian Informasi serta Penerangan kepada Masyarakat);
  • Pembinaan dan Monitoring Penyelenggaraan Media Cetak dan Media Elektronik (Kegiatan Sosialisasi Kode Etik Penyiaran, Cetak dan Monitoring Radio dan Televisi);

6. Program Peningkatan Layanan Informasi serta Pengelolaan Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran.

Kegiatan :

  • Pembinaan dan Monitoring Penyelenggaraan  Telekomunikasi dan Penyiaran (Kegiatan Pembinaan dan Monitoring Penyelenggaraan Warung Internet dan Menara Telekomunikasi di Kota Batam);
  • Pembinaan dan Monitoring Menara Telekomunikasi di Kota Batam (Kegiatan Sosialisasi Perda Retribusi Menara Telekomunikasi di Kota Batam)

5.2.      Indikator Kinerja

               Dalam rangka mengukur kinerja SKPD Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam secara keseluruhan dalam melaksanakan rencana kerja strategis, masing-masing kegiatan telah ditentukan indikator kinerja output maupun indikator kinerja outcome. Indikator kinerja output dan indikator kinerja outcome beserta target pencapaian masing-masing digabungkan dengan rencana kegiatan yang telah disusun, baik untuk kegiatan prioritas maupun kegiatan penunjang.

Untuk menuju Indikator Kinerja Kegiatan sebagaimana tersebut diatas, perlu ditetapkan terlebih dahulu Indikator Kinerja Program sebagai Indikator Sasaran Pembangunan yang ingin dicapai pada akhir periode RPJMD 2011 – 2016,  yaitu sebagai berikut :

  1. Terlaksananya pelayanan administrasi perkantoran;
  2. Tersedia dan terpeliharanya fasilitas sarana dan prasarana perkantoran pemerintah kota batam;
  3. Meningkatnya SDA bidang komunikasi dan informatika aparatur;
  4. Meningkatnya sumberdaya aparatur;
  5. Rasio Jaringan Komunikasi Data yang aman dan handal;
  6. Rasio Jaringan Komunikasi Data yg terintegritas;
  7. Rasio Aplikasi yang belum sesuai kebutuhan;
  8. Pengembangan dan pemeliharaan system informasi;
  9. Rasio Fasilitasi Penyebaran Informasi Publik melalui tatap muka dan siaran keliling;
  10. Rasio Fasilitasi Penyebaran Informasi Publik melalui media cetak dan elektronik;
  11. Penataan Menara Terpadu;
  12. Menara Telekomunikasi yang Ditertibkan;
  13. Pos dan Jasa Titipan yang Belum Memiliki Izin;
  14. Izin TV Kabel yang Belum Lengkap;
  15. Izin Warnet yang Belum Lengkap;

 5.3.      Kelompok Sasaran dan Pendanaan Indikatif

Adapun kelompok sasaran dari program dan kegiatan Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam periode 2011 – 2016 adalah :

  1. Masyarakat Kota Batam secara keseluruhan dan kelompok – kelompok masyarakat informasi di Kota Batam khususnya;
  2. Penyelenggara Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran;
  3. Pelaku usaha Warnet dan TV Kabel;

Dalam melaksanakan program dan kegiatan Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam menggunakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Batam (APBD Kota), dimana pendanaan indikatif yang ditelah ditetapkan menjadi pagu Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam sampai tahun 2016