Berita Terbaru

TEKNOLOGI TEPAT GUNA (TTG) 2015

TTG

 

Formulir Pendaftaran Bisa di Download di Halaman Data Bidang Pemberdayaan Masyarakat.


Kelurahan Batu Merah Menangi Lomba Kelurahan

IMG-20141223-WA0004      Penyerahan kepada Juara 1 Lomba Kelurahan tingkat Kota Batam

Sebanyak 12 peserta kelurahan terbaik tingkat kelurahan ( hasil seleksi tiap Kecamatan) mengikuti Lomba Kelurahan tingkat Kota Batam, ada lain indikator lomba yaitu :

  1. Pendidikan masyarakat
  2. Kesehatan Masyarakat
  3. Ekonomi Masyarakat
  4. Keamanan dan ketertiban
  5. Partisipasi Masyarakat
  6. Pemerintahan
  7. Lembaga Kemasyarakatan
  8. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga
IMG-20141223-WA0005           Foto Bersama Pemenang Lomba Beserta Kepala Dinas PMP-KUKM Bapak Febrialin, SE, M.Si

Perlombaan desa dan kelurahan adalah upaya pemberdayaan untuk pembangunan berkelanjutan yang berbasis pada masyarakat. Atas nama Pemerintah, saya menyampaikan penghargaan yang setulusnya kepada Peserta dan pemenang lomba, semoga prestasi ini dapat dipertahankan  sebaik-baiknya”, kata Bapak Dahlan saat menyampaikan sambutannya.

Bantuan diterima oleh Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Batu Ampar dengan nilai berupa uang tunai Rp 20 juta sebagai pemenang pertama, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota mendapat hadian Rp 17,5 juta sebagai juara kedua, dan juara ketiga diperoleh Kelurahan Lubuk Baja Kecamatan Lubuk Baja senilai Rp 15 juta.


BALI, TRADING & TOURISM 2014 EXPO

STAND DINAS PMP-KUKM KOTA BATAM DALAM MENGIKUTI PAMERAN BALI, TRADIND & TOURISM 2014 EXPO ( BALI  ITT  2014 EXPO ) Bali ITT

Lippomall Kuta, Bali

Pameran Bali Investment, Trading & Tourism 2014 Expo ( Bali ITT 2014 Expo ) yang di lakukan selama 3 hari di mulai tanggal 28 Nov – 30 Nov 2014, yang diikuti peserta dari 6 Provinsi dan beberapa Kabupaten Kota  Seindonesia termasuk Kota Batam.

Dalam Pameran Bali Investment, Trading & Tourism 2014 Expo ( Bali ITT 2014 Expo ) Kota Batam yakni Dinas PMP-KUKM membawa produk unggulan UMKM seperti kerajinan tangan, bordir, cemilan dan produk lainnya Dalam Pameran Bali Investment, Trading & Tourism 2014 Expo ( Bali ITT 2014 Expo ) dibuka oleh Sekretaris Badan Penanaman Modal (BPM)  Provinsi Bali.

ns : Drs. M. Al Azhar


BIMBINGAN TEKNIS PEMASYARAKATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA (TTG) TAHUN 2014

3211152

Kegiatan ini pertama kali dilakukan Dinas PMP-KUKM karena selama ini sudah 6 kali melaksanakan Lomba TTG Tingkat Kota Batam. Pemerintahan Kota Batam pada khususnya mengelar lomba ini dalam rangka untuk memenangkan sebuah lomba yang tujuan utamanya adalah berupaya menghasilkan enterprener, melahirkan para penemu dan  para inovasi jauh lebih penting yang lahir di Batam ini.

Indonesia Secara Nasional memiliki  enterperner tidak lebih dari 1% kita masih kisaran 0.22% sedangkan standar Nasional standar Internasional itu Negara dikategorikan sebagai negara yang boleh maju minimal standarnya 2%, minimal para penemu atau para inovasi kreatif mungkin sesuatu hal yang baru, ini juga gagasan dari Kementerian dalam Negeri melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) tujuan utamanya kita bersama-sama membangun bangsa ini dan melahirkan jiwa-jiwa enterpener dan membuat sesuatu hal yang baru ini yang  ingin kita lahirkan diBatam, Ini salah satu tujuan akhir yang ingin kita capai karena capaian 2% kalau batam hampir 1%.

Sejauh mana teknologi yang kita temukan mampu menyelesaikan dan mampu membantu persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat khususnya dimana kita berada. Jadi orang enterpener memiliki kaca mata yang luar biasa karena dia sangat memahami apa yang dia cermati dengan kondisi yang ada dilapangan dalam rangka menyelesaikan masalah atau problem yang dihadapi masyarakat.

Kegiatan dilaksanakan dua hari, Rabu-Kamis (30-31/10), diikuti oleh Pos Pelayanan Teknologi (POSYANTEK), Unsur Kecamatan, Dosen, Mahasiswa, Serta pelajar SMA/SMK. Pelatihan ini diselenggarakan guna memberikan wawasan dan pengetahuan dasar bagi masyarakat/kelompok masyarakat tentang Teknologi Tepat Guna (TTG).

20141030_084456Laporan Ketua Pelaksana Kegiatan BIMTEK TTG (Dra. Rayanis Aminah)

DSC04342Sambutan Kepala Dinas PMP-KUKM Sekaligus Membuka Acara Secara Resmi

20141030_093118 Narasumber dari Derektoran Jendral PMD (Bapak Ivan Syahri Rangkuti, SE, M.Si) dan Moderator (Bapak Efryadi, SH, M.Si)

DSC04364Nara Sumber (Bapak Ir. Bertha de Jurisal, MM) Kepada Bidang SDA dan TTG Provinsi Kepri

asdasdasdasdasdasdasdPara Peserta BIMTEK TTG

20141030_091229


DINAS PMP-KUKM MENGUSULKAN RENCANA PEMBENTUKAN BADAN PERKREDITAN RAKYAT (BPR) KE BADAN LEGISLASI ( BANLEG ) DPRD KOTA BATAM

123123Pemerintah Kota Batam Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ( PMP-KUKM ) menyampaikan rencana usulan pembentukan BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) ke BANLEG DPRD Kota Batam, Jumat 31 Oktober 2014. Ada dua yang diusulkan yaitu tentang pembentukan BPR dan RANPERDA Penyertaan Modal.

DPRD Kota Batam sangat mendukung dan memprioritaskan Pembuatan Peraturan Daerah (Perda) tentang pembentukan BPR milik Pemko Batam itu masuk dalam prioritas legislasi untuk pembahasan dalam anggaran 2015 dari 19 peraturan daerah yang diusulkan. Pembahasan dilakukan pada triwulan ke II tahun 2015 dan tentunya harapan kita (Kepala Dinas PMP-KUKM) bahwa diharapkan dengan hadirnya BPR ini mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan khususnya pembiayaan pada sektor ril dan diharapkan menjadi potensi dalam rangka meningkatkan Penerimaan Asli Daerah (PAD) Kota Batam.qsdawKeberadaan BPR di Batam bisa membantu sektor usaha mikro, serta masyarakat umum yang ingin melakukan pembiayaan. Sementara sektor usaha kecil dibantu melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Setelah sektor usaha kecil berkembang menjadi mikro akan disarankan untuk menambah modalnya melalui BPR keberadaan BPR juga diharapkan bisa memberikan sumbangan terhadap Pendapatan Asil Daerah (PAD) Kota Batam.

BLUD sendiri bersifat nonprofit dengan bunga 6% pertahun dan sifatnya hanya menyalurkan tidak bisa menyimpan uang, sementara pinjaman melalui BPR disesuaikan dengan BI Rate.

Dinas PMP-KUKM tengah menyiapkan kajian akademis untuk pembuatan Perda tantang BPR, melengkapi berbagai kelengkapan lainnya seperti izin prinsip dan izin usaha. Targetnya tahun 2015 naskah akademis ini sudah bisa diserahkan ke DPRD dan masuk dalam program pembahasan di BANLEG DPRD, Sehingga pada tahun 2016 BPR sudah bisa terbentuk dan beroperasi.

Dalam mengelola BPR nanti, Dinas PMP-KUKM akan menempatkan personil yang profesional, dan akan melalui proses seleksi yang ketat berkerjasama dengan Bank Indonesia (BI) serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


PENCANANGAN GERAKAN JALANKAN DASA WISMA

IMG_2129

SeKapur Sirih dari Penari Persembahan untuk Walikota Batam

IMG_2167

Laporan Kepala Dinas PMP-KUKM Selaku Dewan Pembina Tim Penggerak PKK Kota Batam

asdffPengukuhan TP-PKK Kecamatan Sekota Batam oleh Ibu Ketua TP-PKK Kota Batam

IMG_5468

Sambutan Ibu Ketua TP-PKK Kota Batam yang sekaligus dengan Pengukuhan TP-PKK Se-Kota Batam serta, Louncing Buku Tabungan Bank Sampah

asdasdasffff

Penyerahan Buku Tabungan Bank Sampah oleh Ibu Ketua TP-PKK Kota Batam Kepada Masyarakat Pengelola Bank Sampah

pembukaanSambutan Walikota Batam Sekaligus Membuka Pelatihan Dasa Wisma Bagi Keder PKK dan Pencanangan Gerakan Dasa Wisma

asdaszzzPemberian Materi dari TP-PKK Kota Batam dan Dinas Kesehatan Kota Batam

asdasdwwPemberian Materi dari NaraSumber Balai PMD Lampung

asdqq

Materi Dasa Wisma yang disampaikan oleh Ibu Subekti dari TP-PKK Pusat

wqqw

Materi Tentang Perkoperasian dari Dinas PMP-KUKM Kota Batam

 

 


PELATIHAN BAGI BADAN PENGAWAS KOPERASI TAHUN ANGGARAN 2014

1

Koperasi sebagai salah satu Badan Usaha yang berbadan hukum memiliki peran yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia. Disamping itu juga dengan wadah koperasi merupakan wujud implementasi dari demokrasi ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Koperasi sebagai lembaga/badan usaha memiliki struktur organisasi yang jelas dan diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. Salah satu lembaga dalam Koperasi itu adalah Badan Pengawas. Dalam Pasal 39 ayat (1) tugas pengawas adalah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan dan pengelolaan koperasi serta membuat laporan tertulis tentang hasil pengawasannya.

2

Fungsi Badan Pengawas Koperasi selama ini dianggap sebagian pelaku usaha koperasi hanya sebagai pelengkap dalam struktur koperasi. Berdasarkan hal tersebut Pemerintah Kota Batam melalui Dinas PMP-KUKM Kota Batam memandang perlu diadakan Pelatihan Bagi Badan Pengawas Koperasi dalam rangka revitalisasi Badan Pengawas Koperasi. Pelatihan ini dilaksanakan di Biz Hotel Batam dari tanggal 28 s/d 31 Oktober 2014. Adapun sebagai narasumber dalam yaitu Kepala Dinas PMP-KUKM Batam (Bapak Pebrialin, SE.M.Si) dan Kepala Bidang Fasilitasi Pembiayaan (Bapak Efi Riauto,SE.) serta narasumber luar yaitu Bapak Drs. Sujadi. Pelatihan ini diikuti oleh 50 orang peserta.

ns (Efryadi, SH, M.Si) Bidang Kelembagaan.


PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOTA BATAM TAHUN ANGGARAN 2014

2

Kepala Dinas PMP-KUKM Batam, Pebrialin dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Pelatihan Penyusunan Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini wajib dilaksanakan karena memalui RAT seluruh anggota koperasi tahu akan keberadaan koperasi mereka, apakah semakin baik atau sebaliknya. “melalui RAT anggota koperasi juga bisa mengetahui jumlah asetnya, SHU serta kegiatan kegiatan yang sudah dilakukan oleh koperasi,” jelasnya.

Pelatihan RAT ini bertujuan untuk meningkatkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia bidang Koperasi dalam rangka menyambut era AFTA (ASEAN Free Trade Area) dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

 


DIKLAT MANAJEMENT BISNIS UNTUK PKL DI SELENGGARAKAN OLEH KEMENTERIAN PERDAGANGAN YANG BEKERJA SAMA DENGAN DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASAR, KOPERASI DAN UKM KOTA BATAM

20140922_084834

Pembukaan Diklat Manajemen Bisnis untuk PKL di Kota Batam yang berlangsung pada tanggal 22 – 25 September 2014 selama 4 hari, bertempat di Hotel Nagoya Mansion Batam.

20140922_09045020140922_092604

 

Diklat Manjemen Bisnis di Buka Secara Resmi Oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasar,  Koperasi dan UKM Kota Batam, PEBRIALIN, SE. M.Si.Diadakan Diklat ini Bertujuan untuk dapat memberikan  pengetahuan dan keterampilan kepada peserta mengenai teknik pengelolaan bisnis dan pengelolaan  keuangannya. Peserta diklat seluruhnya berjumlah 50 orang yang berasal dari Pedagang Kaki Lima (PKL) diwilayah  Kota Batam dan sekitarnya. Penyematan tanda Peserta dari 2 PKL Kuliner yang diwakili oleh Ibu Nani Sumarni dan Bapak Nasem.

    Pokok – Pokok Bahasan dan Nara Sumber  dalam diklat Manjemen Bisnis untuk PKL :

  • Pemasaran Kuliner di sampaikan oleh Bapak BERMAND A. HUTAGALUNG, SE

  • Pelayanan Prima dari Bisnis Kuliner di sampaikan oleh Bapak RAMBAT LUPIYOADI, SE, ME Beliau berasal dari Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LM FE – UI)

  • Rantai Bisnis Kuliner dan Pengelolaan Keuangan di sampaikan oleh Ibu WULAN AYODYA beliau adalah Praktiksi yang berasal dari UKMKU yang memiliki beberapa bisnis yang sukses

  • Perubahan Pola Pikir dalam Bisnis Kuliner dan Resep Sukses Bisnis Kuliner di sampaikan oleh Bapak Kuwat Subarja beliau seorang pengusaha kuliner yang sukses

 

   20140922_090819 20140922_094424

Harapan panitia, peserta dapat memanfaatkan diklat ini dengan baik sehingga pengetahuan, wawasan  dan pemahaman semakin baik serta dapat bertukar pikiran dengan para instruktur/nara sumber yang  ada.

20140922_094833


Marketing Point diBandara Hang Nadim Batam

20140923_114955Graphic120140923_115235

Batam Selasa, 23 September 2014, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMP-KUKM) Drs. Al-Azhar didampingi Kepala Bidang Program Dra.Utari Tri Wardani dan Kasi Bina Kemitraan, Jaringan Usaha dan Informasi Bisnis Repolina, SE beserta Kasi Data Informasi Riska Harmonis. SH, melakukan Monitoring terhadap Marketing Point milik Dinas PMP-KUKM Kota Batam yang berada di lantai II GATE 8 Bandara Hang Nadim Batam.

   Dari kunjungan tersebut di dapat masukan dari pengunjung tentang letak Marketing Point Dinas PMP-KUKM yang diujung sehingga banyak orang yang tidak tau bahwa disana ada Marketing Point Dinas PMP-KUKM yang menjual berbagai Souvenir, makanan ringan dan batik khas Kota Batam.

  Mereka mengusulkan untuk diberi “Papan Penunjuk” yang diletakkan di depan eskalator, sehingga para pengunjung dan penumpang yang sedang menunggu di ruang tunggu tahu dimana mereka bisa mendapatkan barang-barang khas Kota Batam untuk Oleh-oleh.

 Marketing Point Dinas PMP-KUKM ini di buat dengan tujuan untuk membantu para pelaku UKM memasarkan hasil produksinya. Selain itu juga untuk menjawab pertanyaan para pendatang (turis domestik/mancanegara) tentang kemana mereka bisa mendapat barang-barang yang dijual di Marketing Point Dinas PMP-KUKM ini adalah Cindera mata, Makanan Ringan, Batik Sedayung dan Prodak unggulan lainnya.