Berita Terbaru

EXPO PEMBIAYAAN UMKM DAN KOPERASI

IMG_0264Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan UKM melalui Bidang Fasilitasi Pembiayaan menggelar Expo Pembiayaan UMKM dan Koperasi 2015 pada tanggal 30 Maret 2015 yang diikuti BRI Cabang Batam, Bank Bukopin Batam dan Bank Riau Kepri seta UPT-PDB Dana Bergulir Pemerintah Kota Batam. Acara Expo Pembiayaan ini dibuka oleh Walikota Batam yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan. Kepala Dinas PMP-KUKM dalam laporannya menyampaikan bahwa Expo UMKM dan Koperasi Pembiayaan ini bertujuan memasyarakatkan berbagai produk pembiayaan yang ada diperbankan bagi peserta koperasi serta pelaku usaha Mikro dan Kecil yang membutuhkan permodalan untuk mengembangkan usaha.

Diacara Expo ini selain bertujuan memberi informasi, juga ada seminar bagi para pelaku usaha dan UMKM, dalam seminar tersebut masing-masing perbankan menyampaikan skincredit yang dimilikinya.

IMG_0279Dari hasil diskusi dengan pelaku usaha, kebanyakan pada pelaku usaha Mikro dan Kecil terkendala dalam melakukan pinjaman/credit. Karena setiap perbankan dalam menyalurkan credit meminta jaminan pada calon-calon peminjam, inilah yang menjadi kendala para pelaku usaha Mikro dan Kecil, karena kebanyakan mereka belum memiliki jaminan.

Dalam acara Expo tersebut turut hadir diantaranya Kepala Cabang BI Wilayah Kepri, Kepala Cabang BRI Batam, Kepala Cabang Bank Bukopin Batam, Cabang Bank Riau Kepri Batam, Ketua APINDO Kota Batam, Katua KADIN Kota Batam, Ketua DEKOPINDA Kota Batam, Para Kepala SKPD Kota Batam dan pelaku usaha diantaranya UMKM dan Koperasi.

Salah satu peserta seminar (Pelaku Usaha) menyampaikan dengan adanya Expo ini kami mengetahui produk-produk credit yang ada diperbankan dan diharapkan Expo ini dapat berkelanjutan agar kami pelaku usaha bisa dapat berhubungan langsung dengan Bank, Karena selama ini kami selalu berhadapan dengan rentenir yang berkedok Koperasi.

 


PENUTUPAN LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA TAHUN 2015

Penutupan 28.03.2015 Para Juara

Pada hari Sabtu, 28.03.2015 berakhir sudah Lomba TTG Krenova dan Unggulan Tahun 2015 Tingkat Kota Batam.

Dewan Juri terdiri dari LIPI-TTG Subang Ir. Arie Sudaryanto, KEMENDAGRI Ivan Syahri Rangkuti, SE. M.Si dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan UKM Kota Batam Dra. Rayanis Aminah, menetapkan hasil penilaian TTG sebagai berikut :

      A. TTG KRENOVA KATEGORI PELAJAR

JUARA I

  • NAMA PESERTA :
    1. M. ARIFIN
    2. WELLY H
    3. HAKIM YUDHISTIRA
  • INOVASI TTG :  ALAT PENGANGKAT AIR GALON PADA GEDUNG BERTINGKAT.

JUARA II

  • NAMA PESERTA :
    1. RACHMAT RIYANTO
  • INOVASI TTG :  KESET BERBUNYI

JUARA III

  • NAMA PESERTA :
    1. M. ARIFIN
    2. WELLY H
  • INOVASI TTG :  MANUAL MOVEABLE OIL/FUEL OIL PUMP

 

     B. TTG KRENOVA KATEGORI UMUM/MAHASISWA

JUARA I

  • NAMA PESERTA :
    1. JAN PUTRA BAHTRA AGUNG SEMBIRING PELAWI
    2. THURSY RIENDA AULIA SATRIANI
    3. BENUA EKA SAPUTRA
  • INOVASI TTG :   PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SEMI AUTOMATIC T-SHIRT FOLDING MACHINE

JUARA II

  • NAMA PESERTA :
    1. TRISNO ARYA SUGARA
    2. SANDIKA PUTRA
  • INOVASI TTG :    ALAT UKUR IDEALITAS BERAT DAN TINGGI BADAN BAYI OTOMATIS CERDAS SEDERHANA

JUARA III

  • NAMA PESERTA :
    1. JOGIE SUADUON
    2. UNTUNG SAMODRO
    3. MILA KURWANA
  • INOVASI TTG :    HIDROPONIC ELECTRICLESS

 

      C. TTG UNGGULAN

  • NAMA PESERTA :   SUBUR SALIM
  • TTG UNGGULAN :    LAMPU PEMANAS CHAFING DISH

Selamat kepada seluruh pemenang.


PEMBUKAAN LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA TAHUN 2015

pembukaan 26.03.2015Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (PMP-KUKM) kembali menggelar Lomba Teknologi Tepat Guna. Adapun tema yang diangkat dalam Lomba TTG 2015 tingkat Kota Batam kali ini adalah “Daya Kreatif dan Inovatif untuk Produktif Akan Membangun Kesejahteraan Masyarakat Batam”.

Acara ini dibuka Walikota Batam yang diwakilkan oleh Asisten II Administrasi Umum Firmansyah, S.Sos., M.Si dalam pidato beliau mengatakan “TTG dilaksanakan melalui upaya pemasyarakatan TTG, yang bertujuan untuk mendorong meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan masyarakat, sehingga masyarakat lebih aktif dan berpikir rasional dalam mengeksploitasi sumber daya alam bagi usaha meningkatkan pendapatan.  Harapan saya Lomba TTG tahun ini dapat menghasilkan Produk Unggulan yang dapat bersaing menjadi yang terbaik di Tingkat Provinsi KEPRI, Maka yang Bersangkutan akan menjadi Perwakilan Provinsi KEPRI pada Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) Nasional XVII Tahun 2015 di Provinsi Aceh”.

Kepala Dinas PMP-KUKM, Pebrialin,SE .M.Si mengatakan saat laporan , Pemko Batam sudah menggelar lomba ini sejak tahun 2009. Tujuannya untuk menstimulan serta menjaring ide-ide teknologi tepat guna yang diciptakan oleh masyarakat baik umum maupun pelajar dan mahasiswa.

“Gelar teknologi tepat guna Nasional merupakan event nasional yang dilaksanakan setiap tahun. Sebagai langkah strategis dalam penyebarluasan informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah, baik kualitas maupun kuantitas produk yang dihasilkan pelaku usaha mikro kecil menengah.”

Sama seperti tahun lalu, lomba dibagi menjadi dua kategori, yakni peserta mahasiswa dan umum, serta peserta pelajar. Bagi kategori mahasiswa dan umum, disiapkan hadiah senilai Rp15 juta, Rp12,5 juta, dan Rp10 juta untuk juara I, II, serta III. Sedangkan untuk peserta pelajar juara I akan menerima hadiah Rp10 juta, juara II Rp9 juta, dan juara III Rp8 juta.

“Bedanya, tahun ini jenis lombanya juga dibedakan menjadi dua. Yakni krenova atau kreasi dan inovasi, serta TTG unggulan. Pengertian unggulan di sini, teknologi temuan tersebut sudah diterapkan di usahanya. Sedangkan krenova ini belum. Tapi harapannya, ke depan, krenova ini bisa diaplikasikan sehingga bisa menjadi TTG unggulan,” ujar Pebrialin.

Hadiah yang disediakan bagi pemenang di jenis unggulan yakni uang pembinaan senilai Rp10 juta. Sehingga total hadiah yang diperebutkan dalam Lomba TTG 2015 tingkat Kota Batam ini adalah Rp74,5 juta.


SOSIALISASI UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA No.25 Tahun 1992 tentang PERKOPERASIAN

Sosialisasi UU RI No.25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Dinas Pembedayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Menyelenggarakan Sosialisasi agar koperasi dapat mengetahui dan menyesuaikan UU RI No.25 Tahun 1992 mengatur tentang perkoperasian, dimana UU RI No.17 Tahun 2012 dan UU RI No.25 1992 terdapat perbedaan dalam hal jenis usaha perkoperasian.

Dinas PMP-KUKM menghadirkan narasumber dari Kementrian Bpk Drs. Roni Indrawan Kepala Bidang Badan Hukum Koperasi Kementrian Koperasi dan UKM RI. Dihadiri 40 Koperasi se Kota Batam, yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas PMP-KUKM pada Hari Jum’at Tanggal 27 Feb 2015.

DSCF2124

DSCF2141

Drs. Roni Indrawan & Pebrialin, SE, M.Si

DSCF2161

Penerimaan Bahan Sosialisasi UU RI No.25 Tahun 1992
DSCF2136

Penerimaan Bahan Sosialisasi UU RI No.25 Tahun 1992DSCF2152

Pembukaan Sosialisasi dari KADIS PMP-KUKMDSCF2184

Pemaparan Bpk Drs. Roni IndrawanDSCF2157

Peserta dari Koperasi Se Kota Batam


PEJABAT PENERIMA SATYA LENCANA

Penghargaan Kepada Pejabat PMP-KUKM Penerima Satya Lencana

 Untuk mendorong dan meningkatkan prestasi kerja serta untuk memupuk kesetiaan terhadap Negara, maka kepada PNS yang telah menunjukkan kesetiaan atau telah berjasa terhadap Negara atau yang telah menunjukkan prestasi kerja yang luar biasa baiknya dapat diberikan penghargaan oleh Pemerintah.

Penghargaan yang dimaksud dapat berupa tanda jasa, kenaikan pangkat istimewa, atau bentuk penghargaan lainnya, seperti surat pujian, penghargaan yang berupa materiil, dan lain-lain.

 

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 25 tahun 1994, PNS yang telah mempunyai masa kerja 10 tahun; 20 tahun; dan 30 tahun atau lebih secara terus menerus dan menunjukkan kesetiaan, kecakapan, kejujuran dan kedisiplinan, sehingga karena hal-hal tersebut PNS yang bersangkutan dapat dijadikan teladan bagi pegawai lain berhak mendapatkan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya.

Berikut nama-nama pejabat yang mendapat satya lencana di Dinas PMP-KUKM.

  1. Zulkarnain, HN, S.ST
  2. Zulfikar, SE
  3. Effi Riauto, SE
  4. Yosse Rizal, SE
  5. Chandra Wibawa, SP
  6. Padlinsono, SE, M.Si
  7. Zulfahri, SE
  8. Hardina Maya, A.Md
  9. Wahyu Eka Suwarti
  10. Sarina Sari, SmHk
  11. Sampe Khadijah, SE
  12. Nurul Yuni, SH

IMG_20150313_084610IMG_20150313_084615


Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat tahun 2015

asdasdas123123123
Dinas PMP-KUKM Kota Batam Melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat Melaksanakan Sosialisasi Program Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2015 di 12 Kecamatan mulai tanggal 21 s/d 29 Januari 2015 yang lalu.

Sosialisasi ini dimaksudkan untuk menyampaikan informasi kegiatan yang akan dilaksanakan serta membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat.

Dra. Rayanis Aminah ( Kabid Pemberdayaan Masyarakat) beserta tim menginformasikan tentang hal-hal yang akan dilaksanakan yaitu :

  1. Pengadaan Listrik Tenaga Surya yang dialokasikan untuk 345 paket sesuai kajian
  2. Subsidi BBM solar untuk 30 genset yang pengadaanya melalui Pemko Batam
  3. Lomba Teknologi Tepat Guna dengan Total Hadiah Rp. 74.500.000,- yang dibuat 2 jenis lomba yaitu Kreasi Inovasi (KRENOVA) dan Unggulan, Kategori Lomba Terbagi 2 tingkatan yaitu Pelajar ( SMP,SMA/SMK ) dan Umum/Mahasiswa (Masyarakat Umum, Mahasiswa, Posyantek, Lembaga Kemasyarakatan, Akademisi (Guru/Dosen) Serta Swasta.
  4. Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Tingkat Kota Batam
  5. JAMBORE Kader PKK Tingkat Kota Batam
  6. Lomba DASAWISMA
  7. 9 Lomba PKK
  8. Lomba Kelurahan 2015 Tingkat Kota Batam.

TEKNOLOGI TEPAT GUNA (TTG) 2015

TTG

 

Formulir Pendaftaran Bisa di Download di Halaman Data Bidang Pemberdayaan Masyarakat.


Kelurahan Batu Merah Menangi Lomba Kelurahan

IMG-20141223-WA0004      Penyerahan kepada Juara 1 Lomba Kelurahan tingkat Kota Batam

Sebanyak 12 peserta kelurahan terbaik tingkat kelurahan ( hasil seleksi tiap Kecamatan) mengikuti Lomba Kelurahan tingkat Kota Batam, ada lain indikator lomba yaitu :

  1. Pendidikan masyarakat
  2. Kesehatan Masyarakat
  3. Ekonomi Masyarakat
  4. Keamanan dan ketertiban
  5. Partisipasi Masyarakat
  6. Pemerintahan
  7. Lembaga Kemasyarakatan
  8. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga
IMG-20141223-WA0005           Foto Bersama Pemenang Lomba Beserta Kepala Dinas PMP-KUKM Bapak Febrialin, SE, M.Si

Perlombaan desa dan kelurahan adalah upaya pemberdayaan untuk pembangunan berkelanjutan yang berbasis pada masyarakat. Atas nama Pemerintah, saya menyampaikan penghargaan yang setulusnya kepada Peserta dan pemenang lomba, semoga prestasi ini dapat dipertahankan  sebaik-baiknya”, kata Bapak Dahlan saat menyampaikan sambutannya.

Bantuan diterima oleh Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Batu Ampar dengan nilai berupa uang tunai Rp 20 juta sebagai pemenang pertama, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota mendapat hadian Rp 17,5 juta sebagai juara kedua, dan juara ketiga diperoleh Kelurahan Lubuk Baja Kecamatan Lubuk Baja senilai Rp 15 juta.


BALI, TRADING & TOURISM 2014 EXPO

STAND DINAS PMP-KUKM KOTA BATAM DALAM MENGIKUTI PAMERAN BALI, TRADIND & TOURISM 2014 EXPO ( BALI  ITT  2014 EXPO ) Bali ITT

Lippomall Kuta, Bali

Pameran Bali Investment, Trading & Tourism 2014 Expo ( Bali ITT 2014 Expo ) yang di lakukan selama 3 hari di mulai tanggal 28 Nov – 30 Nov 2014, yang diikuti peserta dari 6 Provinsi dan beberapa Kabupaten Kota  Seindonesia termasuk Kota Batam.

Dalam Pameran Bali Investment, Trading & Tourism 2014 Expo ( Bali ITT 2014 Expo ) Kota Batam yakni Dinas PMP-KUKM membawa produk unggulan UMKM seperti kerajinan tangan, bordir, cemilan dan produk lainnya Dalam Pameran Bali Investment, Trading & Tourism 2014 Expo ( Bali ITT 2014 Expo ) dibuka oleh Sekretaris Badan Penanaman Modal (BPM)  Provinsi Bali.

ns : Drs. M. Al Azhar


BIMBINGAN TEKNIS PEMASYARAKATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA (TTG) TAHUN 2014

3211152

Kegiatan ini pertama kali dilakukan Dinas PMP-KUKM karena selama ini sudah 6 kali melaksanakan Lomba TTG Tingkat Kota Batam. Pemerintahan Kota Batam pada khususnya mengelar lomba ini dalam rangka untuk memenangkan sebuah lomba yang tujuan utamanya adalah berupaya menghasilkan enterprener, melahirkan para penemu dan  para inovasi jauh lebih penting yang lahir di Batam ini.

Indonesia Secara Nasional memiliki  enterperner tidak lebih dari 1% kita masih kisaran 0.22% sedangkan standar Nasional standar Internasional itu Negara dikategorikan sebagai negara yang boleh maju minimal standarnya 2%, minimal para penemu atau para inovasi kreatif mungkin sesuatu hal yang baru, ini juga gagasan dari Kementerian dalam Negeri melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) tujuan utamanya kita bersama-sama membangun bangsa ini dan melahirkan jiwa-jiwa enterpener dan membuat sesuatu hal yang baru ini yang  ingin kita lahirkan diBatam, Ini salah satu tujuan akhir yang ingin kita capai karena capaian 2% kalau batam hampir 1%.

Sejauh mana teknologi yang kita temukan mampu menyelesaikan dan mampu membantu persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat khususnya dimana kita berada. Jadi orang enterpener memiliki kaca mata yang luar biasa karena dia sangat memahami apa yang dia cermati dengan kondisi yang ada dilapangan dalam rangka menyelesaikan masalah atau problem yang dihadapi masyarakat.

Kegiatan dilaksanakan dua hari, Rabu-Kamis (30-31/10), diikuti oleh Pos Pelayanan Teknologi (POSYANTEK), Unsur Kecamatan, Dosen, Mahasiswa, Serta pelajar SMA/SMK. Pelatihan ini diselenggarakan guna memberikan wawasan dan pengetahuan dasar bagi masyarakat/kelompok masyarakat tentang Teknologi Tepat Guna (TTG).

20141030_084456Laporan Ketua Pelaksana Kegiatan BIMTEK TTG (Dra. Rayanis Aminah)

DSC04342Sambutan Kepala Dinas PMP-KUKM Sekaligus Membuka Acara Secara Resmi

20141030_093118 Narasumber dari Derektoran Jendral PMD (Bapak Ivan Syahri Rangkuti, SE, M.Si) dan Moderator (Bapak Efryadi, SH, M.Si)

DSC04364Nara Sumber (Bapak Ir. Bertha de Jurisal, MM) Kepada Bidang SDA dan TTG Provinsi Kepri

asdasdasdasdasdasdasdPara Peserta BIMTEK TTG

20141030_091229