Sambutan Menkop dan UKM Republik Indonesia

Sambutan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

Republik Indonesia dalam rangka Hari Koperasi ke- 65 tahun 2012

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita sekalian.

Yang saya hormati dan saya banggakan,

Para pengurus, pengawas, pengelola dan anggota serta penggiat koperasi di seluruh tanah air.

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita dengan tulus senantiasa memanjatkan puji syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan kuasa-NYA kita semua pada hari ini dapat bersama-sama dalam keadaan sehat wal’afiat, guna memperingati hari bersejarah yakni Hari Koperasi ke 65, yang telah dirintis dan diperjuangkan oleh tokoh dan pejuang koperasi kita, melalui Kongres Koperasi yang pertama pada tanggal 12 Juli 1947.

        Atas nama Pemerintah, saya menyampaikan ucapan “Selamat Hari Koperasi” ke 65 kepada seluruh penggiat koperasi di seluruh Nusantara tercinta ini, dengan penuh harapan, melalui peringatan hari koperasi seperti ini, akan memberikan semangat yang lebih besar lagi bagi pertumbuhan dan perkembangan koperasi agar semakin mandiri, kuat dan berdaya saing, serta semakin besar peranannya dalam perekonomian nasional.

        Untuk itu marilah saudara-saudara sekalian, dalam usia yang ke 65 tahun ini kita dapat maknai sebagai tahun kemandirian koperasi dengan mewujudkan koperasi menjadi koperasi yang besar, mandiri, dan kuat, sehingga dapat lebih cepat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat.

        Dengan tekad yang kuat dan bekerja keras. Koperasi bersama dengan usaha mikro kecil dan menengah kita mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, marilah bersama-sama kita perkuat koperasi dengan kemandirian untuk kemakmuran bersama.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Mengiringi peringatan hari koperasi ke 65 ini, terdapat momentum bersejarah bagi gerakan koperasi di Indonesia dan dunia. Pertama, Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sustainable, semakin baik, cukup tinggi saat ini telah menciptakan banyak peluang ekonomi bagi Koperasi Indonesia. Kedua, arahan Bapak Presiden Republik Indonesia DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono bahwa melalui gerakan revitalisasi koperasi adalah salah satu program utama Pemerintah untuk menunjang perekonomian Indonesia menuju masyarakat yang makmur dan sejahtera. Ketiga, PBB telah mencanangkan tahun 2012 sebagai tahun koperasi dunia (International Year Cooperative).

Kita patut berbangga sebagai warga koperasi, bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui resolusinya nomor 64/136 telah mengakui bahwa peran koperasi khususnya Koperasi Indonesia sebagai organisasi usaha telah terbukti disamping mampu bertahan dalam keadaan krisis ekonomi global, mampu juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, menurunkan tingkat kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran rakyat.

Kementerian Koperasi dan UKM telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan guna mengisi peringatan hari Koperasi ke 65 dan tahun Koperasi dunia bekerjasama dengan DEKOPIN, DEKOPINWIL, dan DEKOPINDA bersama-sama dengan Pemerintah Propinsi, Kabupaten/Kota dan seluruh anggota koperasi. Untuk itu saya sampaikan terima kasih serta apresiasi yang tinggi.

Hadirin yang saya hormati,

Memasuki tahun ketiga RPJM 2009-2014, pada tahun 2009 jumlah Koperasi Indonesia sebanyak 170.411 unit. Tahun 2010 sebesar 177.482 unit. Tahun 2011 telah mencapai 188.181 unit dan sampai dengan pertengahan tahun 2012 ini, Koperasi Indonesia telah mencapai 192.443 unit dengan jumlah anggota sebanyak 33.687.417 orang. Peningkatan jumlah koperasi ini didukung oleh Program Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (GEMASKOP) dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bekerja sama dan sinergi dengan DEKOPIN.

Namun saya menyadari bahwa masih terdapat banyak koperasi yang tidak aktif. Untuk itu melalui Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (GEMASKOP), kita harus mendorong agar koperasi-koperasi yang tidak aktif tersebut segera bangkit aktif untuk menggapai kemakmuran.

Kepada para Kepala Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM, propinsi, kabupaten dan kota, saya harapkan harus lebih meningkatkan pembinaan, pengawasan terhadap koperasi.

Melalui pembinaan yang intensif akan menghasilkan koperasi dapat tumbuh, kuat, besar dan mandiri, dan koperasi yang memiliki sumber daya manusia, manajemen, penguasaan teknologi yang tinggi dan berkualitas.

Saya menyadari, bahwa dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan Koperasi adalah tidak mudah, penuh tantangan dan kendala. Untuk itu diperlukan perhatian dan komitmen yang tinggi. Tingkatkan pembinaan dan pengembangan perkoperasian dengan jiwa, semangat, prinsip dan nilai-nilai koperasi.

Tingkatkan terus sinergi dan kerjasama antar koperasi atau koperasi dengan Badan Usaha lainnya, beri dukungan dan fasilitasi baik dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, kelembagaan dan usaha, serta kemudahan koperasi dalam mengakses perijinan maupun permodalan melalui pelayanan yang cepat, mudah, dan murah. Semangat kebangsaan dan gotong royong harus dijadikan sebagai salah satu spirit dalam pemberdayaan koperasi secara integral dari seluruh komponen bangsa.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melapangkan usaha kita semua demi mewujudkan koperasi yang mandiri untuk kemakmuran rakyat.

Dirgahayu dan Jayalah koperasi Indonesia

Koperasi Mandiri, Rakyat Makmur.

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

                                                          Jakarta, 12 Juli 2012

                                                          Menteri Negara,

                                                        DR. Syarief Hasan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>