Berita

Kelompok Binaan KP2K Panen lele

Program pengembangan budidaya lele yang dilakukan Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan (DKP2K) Kota Batam telah menuai hasil. Sekitar 200 pembudidaya lele binaan dinas KP2K menikmati panen lele dengan total 1.385 kg. Kegiatan panen lele ini dilaksanakan tanggal 8 Februari lalu di Kelurahan Tanjung Riau. Kepala Dinas KP2K, Suhartini dalam sambutannya mengatakan kegiatan panen lele ini bertujuan untuk meningkatkan produksi lele di Kota Batam, sehingga akan mengurangi ketergantungan impor lele dari negara jiran, Malasyia.  Pejabat pembuat
komitmen kegiatan pengembangan usaha perikanan budidaya, Alexander mengatakan kegiatan yang bersumber dari dana APBD I dan APBD II ini, direalisasikan pada Bulan Desember 2011. Jumlah penerima bantuan ini 396 orang.

PELATIHAN P2HP

Dinas KP2K kembali menggelar Pelatihan Teknis Pengolahan Hasil Perikanan (P2HP), kali ini bertempat di Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, 7 juni kemarin. Pelatihan ini diikuti Sekitar 50 Ibu rumah tangga  yang tergabung dalam kelompok pengolah dan pemasar (POKLAHSAR) binaan Dinas KP2K se Kecamatan Bulang. Mereka belajar membuat kerajinan limbah perikanan, kulit gonggong. Panitia kegiatan, Cicik mengatakan tujuan dari pelatihan ini adalah mengajak ibu-ibu untuk memanfaatkan limbah hasil perikanan menjadi barang yang bernilai jual sehingga dapat menambah pendapatan keluarga. Adapun Narasumber pelatihan ini berasal dari Dinas KP2K dan Tenaga Penyuluh lapangan.

Pelatihan Serupa juga akan dilaksanakan di Kecamatan  sekupang, pada  9 juni mendatang dengan materi yang berbeda yaitu praktek pembuatan olahan hasil perikanan seperti  Nugget Ikan, Bakso Ikan, sosis ikan, dll.

KUB Batam Juara Teladan II Nasional

Kerja keras Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan akhirnya membuahkan hasil. Nelayan yang tergabung dalam Forum KUB Mina Batam Madani (MBM) Kota Batam mendapat penghargaan sebagai KUB teladan II Tingkat Nasional dalam acara Adibhakti Mina Bahari 2012, di Lombok, Desember 2012 lalu.

Ketua Forum KUB MBM Batam, Abu Bakar mengatakan keberhasilan nelayan merupakan kesuksesan Dinas KP2K Batam, selaku pembimbing.  Pemko Batam, dalam hal ini Dinas KP2K, sudah di anggap rumah kedua bagi para nelayan. Hal ini di ungkapkannya saat pencanangan penanaman mangrove dan syukuran atas keberhasilan KUB Karya Bersama sebagai KUB teladan II Nasional, di Kelurahan Cengkui, Kecamatan Galang, 11 Januari 2013.

Sementara itu Kepala Dinas KP2K Batam mengatakan keberhasilan KUB merupakan hasil kerja keras seluruh nelayan. Sejak terbentuk tahun 2009 lalu, hingga kini terdapat sekitar lebih dari 300 KUB. Masing-masing KUB minimal beranggotakan 10 orang nelayan. Dari 300an KUB tersebut, Dinas KP2K Batam mengevaluasi kinerja mereka. Beberapa kelompok yang di anggap baik, akan diusulkan untuk menerima bantuan PUMP (pengembangan usaha mina pedesaan) dari Pemerintah Pusat. “ kami arahkan mereka untuk menyisihkan hasil tangkapan untuk di tabung. Tabungan FKUB ini sekarang sudah sampai 1 Miliar lebih. Inilah yang menjadi dasar evaluasi untuk melaksanakan program selanjutnya.

Kadis KP2K batam, Suhartini melanjutkan jika KUB yang sudah mendapatkan bantuan mempunyai kinerja yang bagus, maka kelompok lain akan diusulkan untuk mendapatkan bantuan lagi. Bagi yang sudah mendapat PUMP akan dievaluasi lagi untuk mendapat bantual kapal. Tahun 2011 lalu nelayan Batam mendapat 1 unit kapal  35 GT (Gross Tonnage).

Tahun 2012, awalnya hanya akan dapat tambahan satu kapal lagi, tapi karena melihat keberhasilan para nelayan, akhirnya mendapat 4 kapal. Rasa syukur para nelayan ini diwujudkan dengan menjaga lingkungan. Salah satunya melalui program penanaman 145 ribu bakau.





Ubah ke tampilan mobile