Renstra SKPD 2014

             Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah ( Renstra SKPD ) Kecamatan Lubuk Baja merupakan penjabaran dari RPJMD Kota Batam 2011-2016. Dalam penyusunan Renstra Kecamatan Lubuk Baja ini, disamping mengacu pada RPJMD Kota Batam, yang sangat penting adalah mengacu pada tupoksi Kecamatan Lubuk Baja yang merupakan sebuah rangkaian kewenangan yang disusun untuk dapat dilaksanakan dalam suatu periode masa lima tahunan .
Mengingat peran dan fungsi Rentsra Kecamatan Lubuk Baja sangat penting bagi Pemerintah Kota Batam khususnya Kecamatan Lubuk Baja, maka proses penyusunannya dilakukan sistematis dan partisipatif dari seluruh aparatur Kecamatan Lubuk Baja untuk menghasilkan dokumen perencanaan yang holistik dan berkesinambungan.

Muatan dalam Renstra Kecamatan Lubuk Baja Tahun 2011-2016 berisi Visi,Misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program pembangunan yang disertai dengan rencana-rencana kerja dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif yang berarti bahwa informasi, baik tentang sumber daya yang diperlukan maupun keluaran dan dampak yang tercantum didalam dokumen Renstra ini, hanya merupakan indikasi yang hendak dicapai dan bersifat fleksibel.

1. TUJUAN DAN SASARAN JANGKA MENENGAH KECAMATAN LUBUK BAJA
Untuk mencapai Tujuan yang tepat agar dapat meningkatkan kinerja dan mengarah pada visi dan misi yang telah ditentukan sehingga menjadi suatu kesatuan yang harus terwujud tahun per tahun secara bertahap sesuai dengan rencana kerja periode 5 (lima) tahunan maka Kecamatan Lubuk Baja memiliki Tujuan dan Sasaran yang mengacu pada Tujuan dan Sasaran RPJMD Kota Batam Tahun 2011-2016 sebagaimana Misi Kecamatan Lubuk Baja yang sudah dijelaskan sebelumnya.

2 . STRATEGI DAN KEBIJAKAN KECAMATAN LUBUK BAJA

        Guna mendukung pelaksanaan misi yang diemban Pemerintah Kecamatan Lubuk Baja, ada beberapa strategi yang akan dikembangkan sehingga keberhasilan pencapaian misi dapat diperkirakan lebih awal dengan memperhatikan indikator-indikator keberhasilan setelah Program Rencana Strategi Pembangunan mulai berjalan dengan anggaran yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Batam.
Untuk merumuskan analisis lingkungan strategis digunakan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam sebagai lembaga Pemerintah Daerah terdepan, fungsinya akan tidak bermakna sama sekali, seandainya tidak didukung dengan analisa yang akurat dan tajam mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi operasionalisasi strategis yang akan ditetapkan. Untuk itu ada beberapa faktor utama yang harus benar-benar diperhatikan yakni kekuatan, organiasi, kelemahan, peluang dan ancaman yang akhirnya disinkronisasikan ke dalam sebuah analisis yakni SWOT, agar nantinya diperoleh beberapa strategi pokok berdasarkan tingkat keunggulan kompetitifnya untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan