Rencana Kerja Tahun 2013

RENCANA KERJA TAHUN 2013

Rencana Kinerja Tahunan ( RKT ) merupakan dokuman  yang berisi informasi tentang tingkat atau target kinerja berupa output dan atau outcome yang ingin diwujudkan oleh suatu organisasi pada satu tahun tertentu

Rencana Kerja Kecamatan Nongsa Tahun 2013 mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Batam Tahun 2013. Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Batam Tahun 2013 merupakan tahun lanjutan pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam maupun Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra SKPD) Tahun 2011-2016.

Berdasarkan pertimbangan diatas Pemerintah pusat mengeluarkan berbagai kebijakan/aturan antara lain undang-undang tentang Perencanaan Pembangunan daerah antara lain, Undang-undang Nomor 33 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan daerah, undang-undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan ditetapkannya Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mengamanatkan bahwa setiap SKPD  harus menyusun Rencana Kerja (RENJA) Tahunan atau RKT  secara sistematis, terarah, terpadu yang berpedoman  pada RPJM Kota Batam tahun 2011-2016

MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud dan tujuan RKT-SKPD Th.2013 di Kecamatan Nongsa adalah :

  1. Sebagai pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan di Kecamatan Nongsa ;
  2. Sebagai indikator bahwa kinerja yang dilakukan, apakah konsisten dengan proses dan ketentuan dalam rencana kerja Kecamatan
  3. Untuk meningkatkan Kompetensi profesionalisme dan disiplin Pegawai Negeri  Sipil di lingkungan Kecamatan Nongsa, agar bertanggung jawab, mampu, jujur, terarah dan terprogram, mengacu pada norma, standar, dan prosedur yang berlaku dengan didukung oleh sistem administrasi yang efektif dan efisien.
  4. Terwujudnya Pelayanan Prima dalam melayani masyarakat.

SASARAN

Sasaran dalam Rencana Kinerja Tahunan ( RKT ) adalah sasaran yang telah ditetapkan pada Renstra, yang dipilih sesuai dengan sasaran untuk tahun yang bersangkutan, dengan disertai indikator dan rencana tingkat capaiannya ( targetnya ).

Adapun sasaran Kecamatan Nongsa tahun 2013 adalah :

  1. Terlaksananya agenda kegiatan tahunan yang mempertahankan nilai seni budaya dan olahraga serta nilai-nilai religius masyarakat
  2. Tersedianya kualitas aparatur yang memiliki kemampuan teknis sesuai dengan bidang tugasnya sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
  3. Tersedianya pengawasan pembangunan infrastruktur wilayah kecamatan Nongsa
  4. Tersedianya perencanan pembanguan infrastruktur diwilayah kecamatan Nongsa yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat
  5. Tersedianya dan terpeliharanya sarana dan prasarana perkantoran.

INDIKATOR SASARAN

Indikator sasaran merupakan ukuran keberhasilan, prestasi  (performance) sehingga kalau tercapai dapat menjadi kebanggaan dan kalau belum tercapai dapat dijadikan cambuk memacu prestasi dimasa berikutnya.

Indikator kinerja Kecamatan Nongsa tahun 2012 adalah :

  1. Terlaksananya kegiatan even tahunan dikelurahan dan kecamatan
  2. Terlaksananya peningkatan pelayanan kepada masyarakat
  3. Adanya informasi data laporan perkembangan pembanguan infrastruktur diwilayah kecamatan
  4. Adanya realiasi usulan partisipasi masyarakat dalam perumusan program dan kebijakan publik
  5. Terpenuhinya pelayanan kebutuhan administrasi dan operasional kantor setiap tahunnya
  6. Tersedianya dan terpeliharanya sarana dan prasarana perkantoran

PROGRAM

Program adalah  instrumen kebijakan yang berisi satu atau lebih kegiatan yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk mencapai sasaran dan tujuan serta untuk memperoleh alokasi anggaran atau kegiatan masyarakat yang dikoordinasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Program merupakan rencana tindak (action play) yang terdiri dari kegiatan – kegiatan spesifik yang harus dilaksanakan untuk mencapai masing – masing sasaran.

Sesuai dengan Renstra Kecamatan Nongsa Kota Batam program yang dilaksanakan Kecamatan Nongsa tahun 2013 adalah :

  • Program Peningkatan Pelayanan Keuangan Daerah

Program ini dimaksudkan untuk peningkatan penyediaan sarana administrasi perkantoran guna menunjang pelayanan keuangan administrasi perkantoran, kegiatan ini bersifat rutinitas kantor.

  • Program Pembangunan, Peningkatan dan Pengadaan Fasilitas Sarana dan Prasarana Perkantoran

    Program ini dimaksudkan untuk pembangunan/peningkatan sarana dan prasarana perkantoran pemerintah dengan kegiatan antara lain ”Penyediaan sarana dan prasarana pendukung perkantoran berupa pengadaan dan pemeliharaan peralatan kantor.”

  • Program Peningkatan Kualitas dan Disiplin Sumber Daya Aparatur

Program ini dimaksudkan untuk peningkatan dan pengembangan aparatur dan disiplin aparatur dalam melaksanakan tugas dilingkungan Pemerintah Kota Batam.”

  • Program Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan

Program ini dimaksudkan untuk peningkatan kualitas perencanaan pembangunan Kecamatan Nongsa dengan melibatkan partisipasi masyrakat.

  • Program Pembangunan, pemeliharaan dan pengembangan Infrastruktur sarana dan Prasarana pemukiman dan Perumahan

Program ini dimaksudkan terlaksananya kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang tepat sasaran

  • Program Pengembangan Wawasan kebangsaan

Program ini dimaksudkan mampu meningkatkan rasa kebangsaan dan keagamaan bagi masyarakat Kecamatan Nongsa.

(klik pada gambar untuk memperbesar)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>