Rencana Strategi

RENCANA DAN STRATEGI KECAMATAN NONGSA

Strategi Kecamatan Nongsa

Guna mendukung pelaksanaan Visi dan Misi yang diemban Pemerintah Kecamatan Nongsa, ada beberapa strategi yang akan dikembangkan sehingga keberhasilan pencapaian misi dapat diperkirakan lebih awal dengan memperhatikan indikator-indikator keberhasilan setelah Program Rencana Strategi Pembanganan mulai berjalan dengan anggaran yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Batam.

Untuk mewujudkan tujuan dan sasaran setiap misi yang telah dijelaskan sebelumnya, maka disusun strategi untuk pencapaian sebagaimana dijelaskan sebagai berikut :

Beberapa Strategi tersebut antara lain :

1. Mempertahankan potensi nilai seni dan budaya lokal masyarakat sebagai potensi wisata yang dimiliki

2. Meningkatkan Kualitas sumber daya aparatur Kecamatan

3. Peningkatan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan wilayah kecamatan

4. Melaksanakan pengawasan pembanguan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di wilayah Kecamatan

5. Meningkatan Pelayanan yang berpedoman dengan SPM (Standar Pelayanan Minimal) kepada masyarakat

6. Menyediakan sarana dan prasana penunjang kerja aparatur pemerintahan

Kebijakan Kecamatan Nongsa

Untuk mencapai visi dan misi yang telah dijabarkan dalam tujuan, sasaran dan strategi maka sebagai salah satu pendorong kebehasilan akan ditentuan oleh arah kebijakan, dimana Kecamatan Nongsa telah menentukan arah kebijakan yang akan dilaksanakan dalam periode 2011-2016 ini adalah sebagai berikut :

  1. Mempertahankan potensi nilai seni dan budaya lokal masyarakat sebagai potensi wisata yang dimiliki melalui even kegiatan tahunan
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur melalui pelaksanan pelatihan dan pendidikan aparatur
  3. Menyelenggarakan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan wilayah kecamatan dengan menampung perencanaan pembanguann yang diinginkan masyarakat
  4. Melaksanakan pengawasan pembanguan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di wilayah Kecamatan melalui monitoring dan pelaporan pelaksanaan
  5. Meningkatan Pelayanan yang berpedoman dengan SPM (Standar Pelayanan Minimal) kepada masyarakat kualitas administradi perkantoran
  6. Meningkatnya Pembangunan, Peningkatan dan Pengadaan Fasilitas Sarana dan Prasarana Perkantoran Pemerintah

Untuk lebih jelasnya mengenai keterkaitan antara visi, misi, tujuan, sasaran strategi dan kebijakan dapat dilihat pada tabel berikut (Silahkan klik untuk memperbesar).

Rencana Program dan Kegiatan

Dalam rangka mencapai visi dan misi  Kecamatan Nongsa  Kota Batam menetapkan 6 (enam) program SKPD sebagai berikut :

1. Program Peningkatan Pelayanan Keuangan Daerah; Program ini dimaksudkan untuk peningkatan penyediaan sarana administrasi perkantoran guna menunjang pelayanan administrasi perkantoran, kegiatan ini bersifat rutinitas kantor.

2. Program Pembangunan, Peningkatan dan Pengadaan Fasilitas Sarana dan Prasarana Perkantoran; Program ini dimaksudkan untuk pembangunan/peningkatan sarana dan prasarana perkantoran pemerintah dengan kegiatan antara lain ”Penyediaan sarana dan prasarana pendukung perkantoran berupa pengadaan dan pemeliharaan peralatan kantor.”

3. Program Peningkatan Kualitas dan Disiplin Sumber Daya Aparatur; Program ini dimaksudkan untuk peningkatan dan pengembangan aparatur dan disiplin aparatur dalam melaksanakan tugas dilingkungan Pemerintah Kota Batam.”

4. Program Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan; Program ini dimaksudkan untuk peningkatan kualitas perencanaan pembangunan Kecamatan Nongsa dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

5. Program Pembangunan, pemeliharaan dan pengembangan Infrastruktur sarana dan Prasarana pemukiman dan Perumahan; Program ini dimaksudkan terlaksananya kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang tepat sasaran

6. Program Pengembangan Wawasan kebangsaan; Program ini dimaksudkan mampu meningkatkan rasa kebangsaan dan keagamaan bagi masyarakat Kecamatan Nongsa.

Sesuai dengan program tersebut maka Kecamatan Nongsa melaksanakan beberapa kegiatan lokalitas yang termasuk dalam kewenangan SKPD pada Kecamatan Nongsa, kegiatan tersebut adalah :

1. Program Peningkatan Pelayanan Keuangan Daerah terdiri dari :

  •  Kegiatan Peningkatan Pelayanan Administrasi Perkantoran Kecamatan Nongsa
  • Kegiatan Peningkatan Pelayanan Administrasi Perkantoran Kelurahan Kabil
  • Kegiatan Peningkatan Pelayanan Administrasi Perkantoran Kecamatan Batu Besar
  • Kegiatan Peningkatan Pelayanan Administrasi Perkantoran Kecamatan Sambau
  • Kegiatan Peningkatan Pelayanan Administrasi Perkantoran Kecamatan Ngenang

2. Program Pembangunan, Peningkatan dan Pengadaan Fasilitas Sarana dan Prasarana terdiri dari :

  • Kegiatan Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

3. Program Peningkatan Kualitas Sumber Daya Aparatur terdiri dari :

  • Kegiatan Peningkatan Kualitas dan Disiplin Aparatur

4. Program Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan :

  • Kegiatan Pengembangan Partisipasi Masyarakat Dalam Perumusan Program dan Kebijakan Publik

5. Program Pembangunan, pemeliharaan dan pengembangan Infrastruktur sarana dan Prasarana Pemukiman dan Perumahan :

  • Kegiatan Monitoring, Evaluasi, Pengendalian dan Pelaporan Pelaksanaan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

6. Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan :

  • Kegiatan Penyelenggaraan Even Tingkat Kecamatan dan Kelurahan

Untuk lebih jelas program dan kegiatan kecamatan nongsa akan dijabarkan kedalam tabel indikasi program dan kegiatan sebagai berikut (Silahkan klik untuk memperbesar).

Keberhasilan pelaksanaan  Renstra tergantung pada sikap mental, tekat, semangat, ketaatan dan disiplin para penyelenggara pemerintahan, serta peran aktif masyarakat.  Dalam kaitan itu mohon aparat pemerintah khususnya aparatur Kecamatan Nongsa Kota Batam  dan lembaga lainya  bersama masyarakat  perlu bersungguh-sungguh dalam melaksanakan program-program pembagunan sebagaimana yang tertuang dalam Renstra ini.

Disusunnya RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) KECAMATAN NONGSA ini sebagai konsekuensi dari adanya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam, dengan harapan dapat memberikan arahan atau ”guidance” serta sebagai tolok ukur dalam menilai kinerja Kecamatan Nongsa, karena RENSTRA SKPD ini merupakan pedoman dalam penyusunan RENJA-SKPD dan merupakan dasar evaluasi dan laporan pelaksanaan atas kinerja tahunan.

Selanjutnya RENSTRA KECAMATAN NONGSA KOTA BATAM TAHUN 2011–2016 ini bukanlah mutlak dan harus terus dievaluasi secara periodik disesuaikan dengan perkembangan Kota Batam dan ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Batam. Mudah-mudahan apa yang diinginkan dapat berjalan sesuai rencana yang akhirnya dapat mewujudkan Kecamatan Nongsa  Sebagai Tujuan Wisata Berbudaya dan Religius dengan aparatur pemerintahan  yang profesional dan berahlak mulia  selaras dengan rencana Kota Batam untuk menciptakan ”Terwujudnya Kota Batam Sebagai Bandar Dunia Madani yang Modern dan Andalan Pusat Pertumbuhan Perekonomian Nasional”.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *