Sosial

SOSIAL

Dengan berlakunya Undang-undang no 32 tahun 2005 tentang otonomi daerah maka merupakan kesempatan yang sangat luas bagi pemerintahan untuk menyusun dan menyesuaikan kepentingan daerah dalam draf pembangunan wilayah yang disesuaikan dengan kepentingan masyarakat daerah.

PENDIDIKAN

Pembangunan sarana pendidikan sangat perlu diperhatikan guna meningkatkan kualitas SDM sehingga kesempatan yang ada dapat diraih dan diisi oleh putra-putri generasidalam era persaingan global.

Kecamatan Nongsa ditingkat pendidikan dasar cukup memadai akan tetapi secara kualitas perlu ditingkatkan sehingga akan dapat memacu prestasi dalam pengembangan wawasan siswa didik. Dalam hai ini pemerintah sebagai pemangku kebijakan seyogyanya mulai melirik potensi tersebut untuk kemudian diberi stimulus  untuk dikembangkan. Pendidikan terkait erat dengan sumber daya manusia sehingga untuk memajukan Kecamatan Nongsa itu sendiri perlu diperhatikan tentang sumber daya manusianya.


KESEHATAN

Seiring dengan usaha meningkatkan mutu pendidikan dimasyarakat perlu juga diperhatikan tentang kesehatan masyarakat. Dalam menunjang usaha tersebut perlu diadakan program perencanaan yang sistematik yang meliputi beberapa aspek penunjang diantaranya fasilitas instalasi/sanitasi Kesehatan serta pola yang sistematik sehingga dapat memotivasi masyarakat agar dapat hidup lebih bersih sesuai standar hidup yang sehat. Perbandingan jumlah tenaga medis dengan jumlah masyarakat sudah semakin mendekat ideal indikator tenaga medis serta tersedianya bahan obat-obatan yang ada menunjukan makin baiknya ekonomi maupun pemahaman mengenai hidup sehat dan berprestasi. Selain ditunjang sarana dan prasarana pengobatan swasta yang makin banyak di Kecamatan Nongsa juga tersedia dua buah Puskesmas yang terletak di Kelurahan Sambau dan Kabil, siap memberikan pelayanan sesuai dengan kiprah program pemerintah dibidang kesehatan masyarakat.

TEMPAT PERIBADATAN

Tempat peribadatan di Kecamatan Nongsa  sudah cukup memadai, untungk menunjang kelancaran masyarakat dalam menunaikan ibadah  sesuai  dengan  agamanya  masing-masing,  maka  fasilitas peribadatan  di  Kecamatan Nongsa  sudah  tersedia  dan  tergolong lengkap dengan persebarannya yang dirasa sudah merata. Dengan adanya    fasilitas    tersebut    diharapkan masyarakat    dapat memanfaatkannya  guna  peningkatan  iman  dan  taqwa  kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing. Selain itu diharapkan juga masyarakat dapat saling toleransi  dalam  setiap  kegiatan  keagamaan  yang  dilaksanakan.

Sebagai  sarana pendidikan dan pengajaran agama Islam selain adanya sekolah-sekolah formal berbasis keagamaan, terdapat juga  pondok pesantren yang didirikan oleh tokoh-tokoh ulama yang berasal dari tokoh tua di wilayah Kecamatan Nongsa, Pondok Pesantren itu adalah antara lain….(Data dalam prosesss…)

OLAHRAGA


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *