Transportasi

Kecamatan Nongsa adalah salah satu kecamatan di kota Batam, Kepulauan Riau Indonesia yang mempunyai beberapa fasilitas transportasi internasional diantaranya terdapat Bandar Hang Nadim yang dikenal juga dengan nama Bandar Udara Internasional Hang Nadim. Bandar udara ini mendapatkan nama dari Laksamana Hang Nadim yang termahsyur dari Kesultanan Malaka. Bandara ini memiliki landas pacu sepanjang 4.025 meter yang menjadikan bandara ini sebagai pemilik landas pacu terpanjang di Indonesia. Dengan kondisinya saat ini, Bandara Hang Nadim dapat menampung delapan belas pesawat berbadan lebar dengan jenis Boeing 767. Bandara ini terbukti cukup efektif dan awalnya dikembangkan sebagai alternatif Bandara Internasional Changi yang diletak dari Singapura karena bandara ini memiliki landas pacu yang cukup panjang untuk menampung pesawat-pesawat jenis Boeing 747. Namun, bandara ini juga mendapatkan persaingan yang cukup ketat dari bandara-bandara lain di Wilayah Pertumbuhan Segitiga Sijori, seperti Bandar Udara Internasional Senai yang diletak dari Johor Bahru (dari negara Malaysia) dan Bandar Udara Internasional Changi Singapura yang diletak dari Singapura.

Penyebrangan ferry telah menjadi metode transportasi utama Kota Batam untuk bepergian ke pulau-pulau seberang, termasuk Singapura. Dari beberapa terminal ferry yang ada di Kota Batam salah satunya adalah Nongsa Pura Terminal merupakan pelabuhan internasional Nongsa Point Marina yang terletak diujung utara timur Batam sungai Nongsa Pulau Batam yang tidak jauh dari bandara Hang Nadim. Pelabuhan ini menghubungkan Kota Batam dengan Pelabuhan Tanah Merah Singapura dengan jarak yang terdekat. Pelabuhan ini banyak dipakai untuk mengangkut turis asing yang akan menginap di hotel-hotel mewah di wilayah pantai Nongsa serta bermain golf pada saat akhir pekan.

Pelabuhan Punggur Kabil melayani kegiatan Kargo Nasional dan Internasional serta melayani kegiatan turun naik penumpang dari Telaga Punggur. Dimasa yang akan datang Pelabuhan Kabil direncanakan akan sebagai Pelabuhan Kargo & Kontainer Internasional yang mencakupi pekerjaan bongkar muat serta impor ekspor  barang dan Telaga Punggur diproyeksikan untuk melayani kegiatan penumpang turun naik dalam negeri.

Selain pelabuhan besar, dikecamatan Nongsa juga terdapat pelabuhan kecil yang difungsikan sebagai pelabuhan rakyat sebagai sarana penunjang distribusi barang antar pulau disekitar pulau Batam.

Selanjutnya selain menggunakan taksi, bus travel, maupun kendaraan pribadi, Kecamatan Nongsa juga terkenal dengan transportasi umum darat yang biasa disebut angkutan JONO (Trayek Jodoh-Nongsa). Trayek angkutan umum ini melalui ruas jalan wilayah Kecamatatan Nongsa dari Kelurahan Sambau, Simpang Kabil, Simpang Jam, Nagoya dan berakhir di    Jodoh. Untuk diketahui transportasi umum ini belum menggunakan AC (Air Conditioning) tetapi cukup aman untuk dikendarai dengan tarif hanya sebesar Rp. 7.000 untuk trayek terjauh (Sambau-Jodoh) serta tarifnya juga disesuaikan untuk trayek dekat lainnya sepanjang trayek yang dilalui oleh JONO tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *