Berita Terbaru

2013, Dinas Pariwisata Batam Agendakan Berbagai Even Internasional

Tahun 2013 ini, Dinas Pariwisata Kota Batam akan terus meningkatkan promosi pariwisata Batam ke luar negeri melalui berbagai kegiatan tingkat internasional. Puluhan agenda itu didominasi bidang budaya, olahraga dan kuliner akan digelar untuk menarik minat para wisman berkunjung ke Batam. Acara ini juga digelar sekaligus untuk memperkenalkan keindahan objek wisata yang ada di Batam.

Yusfa Hendri, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam mengatakan penyelenggaraan agenda bertaraf internasional ini akan mendatangkan wisatawan manca negara.

“Dengan kegiatan ini, maka kita akan mendapatkan tambahan Wisman ribuan orang. Agenda ini sebagian besar sudah kita lakukan dan mendapat tanggapan positif dari sejumlah negara,”kata Yusfa Hendri.

Beberapa acara internasional yang dimaksud di antaranya festival Strait Regatta yang akan digelar akhir Januari mendatang, dan rencananya akan digelar di Marina. Dalam acara ini sekitar 30 kapal pariwisata asing (yatch) dari berbagai negara akan datang ke Batam untuk acara ini.

Selain itu acara lainnya yang akan digelar adalah Neptune Regatta, Sea Eagle Boat Race, Tour de Barelang, Wonderful Kepri, Festival International Culinary Fiesta, Festival International Culture, international volleyball championship, kejuaraan rally tingkat internasional, Asian Jazz, International Sepak Takraw Super Series dan lainnya.

“Acara kulinari internasional ini sangat menarik. Semua masakan dari negara-negara asing terutama negara yang wismannya banyak di Batam akan disajikan dalam acara ini. Kemungkinan acara ini akan diikuti banyak peminat,”kata mantan Kabag Humas tersebut.


RENSTRA (RENCANA STRATEGIS) DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA BATAM TAHUN 2011-2016

 Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batam merupakan Rencana Pembangunan 5 (lima) tahunan yang disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) kota Batam,aspirasi masyarakat dan Keputusan Daerah guna memperjelas dan mempertajam arah dan sasaran program Pembangunan kepariwisataan dan pelestarian kebudayaan.

Renstra ini memuat latar belakang,visi misi, tujuan dan sasaran,Kebijakan serta program-program yang akan dilaksanakan untuk 5(lima) tahun ke depan

 

Maksud dan Tujuan

Renstra SKPD disusun dengan maksud sebagai penjabaran dalam  pelaksanaan Permendagri No. 54 tahun 2010 , Adapun tujuan penyusunan Renstra SKPD sebagai berikut :

  1. Sebagai penjabaran visi,misi dan program SKPD Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam
  2. Sebagai pedoman dalam pelaksanaan program dan kegiatan bidang Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam
  3. Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.
  4. Terciptanya konsistensi pembangunan yang terintegrasi, sinkronisasi dan kesinergian antara program Pemerintah Daerah, Propinsi dan Pemerintah Pusat.

 

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN

 
Rencana Program pada Rencana Strategis  tahun 2011 s/d 2016 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batam ada 2 (dua) yakni :

  1. Program Pengembangan,Peningkatan dan Pembinaan Kebudayaan

Kegiatan:

  • Pelestarian dan aktualisasi adat budaya daerah
  • Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata
  • Fasilitasi penyelenggaraan Festifal budaya daerah
  • Pengembangan nilai dan geografi sejarah
  • Sosialisasi pengelolaan budaya lokal dan daerah
  • Penyusunan sist.informasi database bidang kebudayaan
  • Penyelenggaraan dialog kebudayaan

2. Program Pengembangan Dunia Pariwisata

  • Pelaksanaan Promosi Nusantara didalam dan luar negeri
  • Peningkatan Pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran pariwisata
  • Pengembangan sosialisasi dan penerapan serta pengawasan standarisasi
  • Koordinasi pembangunan kemitraan pariwisata
  • Peningkatan kepariwisataan kota Batam
  • Monitoring evaluasi dan pelaporan
  • Pengembangan daerah tujuan wisata
  • Koordinasi dengan sektor pendukung pariwisata
  • Marching band

 

 

 

 


TUPOKSI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA BATAM

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)

Berdasarkan Peraturan Walikota Batam Nomor : 26 Tahun 2010  tentang Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Daerah Kota Batam maka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam menyelenggarakan tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah dibidang kepariwisataan dan kebudayaan, serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya  :

  1. Penyusunan program dan kegiatan dinas dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang;
  2. Penyelenggaraan urusan tata usaha perkantoran yang meliputi urusan umum, keuangan dan kepegawaian;
  3. Perumusan kebijakan teknis dibidang pariwisata dan kebudayaan
  4. Penyelenggaraan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang sarana dan obyek wisata , bidang pengembangan dan promosi wisata, bidang seni budaya dan sejarah;
  5. Penyelenggaraan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalam lingkup tugasnya;
  6. Pembinaan terhadap unit pelaksana teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya;

 

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempunyai  struktur organisasi sebagai berikut :

  • Kepala Dinas
  • Sekretariat
  • Bidang Program
  • Bidang Sarana dan Obyek Wisata
  • Bidang Pengembangan dan Promosi Wisata
  • Bidang Seni Budaya dan Sejarah

 

Tugas pokok dan fungsi masing-masing adalah sebagai berikut :

Kepala Dinas

(1)      Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah bidang kepariwisataan dan kebudayaan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.

(2)      Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :

  1. Menyusun program dan kegiatan dinas dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang;
  2. Menyelenggarakan urusan tata usaha perkantoran yang meliputi urusan umum, keuangan dan urusan kepegawaian;
  3. Merumuskan kebijakan teknis dibidang pariwisata dan kebudayaan;
  4. Menyelenggarakan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang sarana dan obyek wisata, bidang pengembangan dan promosi wisata, bidang seni budaya dan sejarah;
  5. Menyelenggarakan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalam lingkup tugasnya;
  6. Melaksanakan pembinaan terhadap unit pelaksana teknis sesuai dengan lingkup tugasnya
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Sekretariat

(1)      Sekretariat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai tugas membentu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam melaksanakan urusan perencanaan tata laksana, keuangan, umum, perlengkapan dan kepegawaian.

(2)      Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :

  1. Menyusun rencana program ketatausahaan dan keuangan dinas;
  2. Mengkoordinasi perumusan kebijakan umum dan kebijakan teknis dibidang pariwisata;
  3. Menkoordinasi penyusunana rencana umum, rencana strategis, rencana kerja, rencana kinerja, rencana kegiatan dan anggaran dinas;
  4. Mengkoordinasi pelaksanaan tugas unit-unit organisasi dilingkungan dinas;
  5. Menyusun rencana kerja dinas;
  6. Menyusun penetapan kerja dinas;
  7. Menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  8. Melaksanakan analisis dan menyajikan data dibidang pariwisata;
  9. Menerapkan dan mengembangkan sistem informasi di bidang pariwisata;
  10. Memantau, mengendalikan, dan mengevaluasi kinerja serta dampak melaksanakan program dan kegiatan dinas;
  11. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;
  12. Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  13. m. Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan dinas;
  14. Menyiapkan bahan dan menatausahakan bidang pariwisata;
  15. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang kesekretariatan;
  16.  Mengelola keuangan, kepegawian, surat-menyurat, kearsipan, administrasi umum, perpustakaan, kerumahtanggaan, sarana, dan prasarana serta hubungan masyarakat;
  17. Melaksanakan pelayanan administratif dan fungsional;
  18. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan sekretariat;dan
  19. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya;

(3)      Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) Sekretaris membawahi :

a.    Subbagian Keuangan;

(1)     Subbagian Keuangan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas dibidang pengelolaan keuangan dinas;

(2)     Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah sebagai berikut :

a)        Menyusun rencana kegiatan subbagian keuangan;

b)       Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan  administrasi keuangan;

c)        Mengelola administrasi keuangan, verifikasi, dan perbendaharaan dinas;

d)       Menyusun laporan keunagan dinas;

e)        Menyiapkan bahan perhitungan anggaran dinas;

f)         Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma standar, pedoman, dan petunjuk operasional dibidang administrasi keuangan;

g)       Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan subbagian keuangan;dan

h)       Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan funsinya.

b.   Subbagian Umum;

(1)     Subbagian Umum mempunyai fungsi pelaksanaan tugas dibidang perlengkapan, rumah tangga, perpustakaan, administrasi umum, dan hubungan masyarakat serta memberikan pelayanan administrasi dan fungsional.

(2)     Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana kegiatan subbagian umum;
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan umum;
  3. Melaksanakan koordinasi dan pengelolaan peraturan perundang-undangan;
  4. Mengelola surat-menyurat dan kearsipan;
  5. Mengelola urusan rumah tangga;
  6. Mengelola sarana dan prasarana perkantoran;
  7. Mengelola perpustakaan;
  8. Melaksanakan hubungan masyarakat;
  9. Mengelola perjalanan dinas;
  10. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma standar,pedoman, dan petunjuk operasional di bidang umum;
  11. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan subbagian umum;dan
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

c. Subbagian Kepegawaian

(1)     Subbagaian kepegawaian mempunyai fungtsi pelaksanan tugas dibidang kepegawaian, penyusunan rencana kegiatan, perencanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

(2)     Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan subbagian Kepegawaian;
  2. Menganlisis rencana kebutuhan,kualifikasi, dan kompetensi pegawai;
  3. Memberikan pelayanan administrasi kepegawaian;
  4. Melaksanakan pengembangan pegawai;
  5. Menyelenggaran analisis jabatan;
  6. Mengelola tata usaha kepegawaian;
  7. Menganalisis beban kerja;
  8. Menyiapkan bahan pembinaan dan kesejahteraan pegawai serta pengawasan melekat;
  9. Melaksanakan pengkajian kompetensi dan kualifikasi jabatan;
  10. Menyiapkan bahan evaluasi kinerja pegawai;
  11. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional dibidang kepegawaian;
  12. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan subbagian Kepegawaian;dan
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Bidang Program

(1)           Bidang program dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan penyusunan rencana kegiatan,perencanaan, pengolahan data dan informasi, monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

(2)           Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan bidang program;
  2. Menyusun rancangan kebijakan umum dinas;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan perencanaan dinas;
  4. Melaksanakan anilis dan penyajian data di bidang pariwisata;
  5. Mengelola sistem informasi,pelayanan data, dan informasi pembangunan di bidang pariwisata;
  6. Menyusun rencana umum, rencana strategis, rencana kerja dan kinerja tahunan deinas, rencana kegiatan, dan anggaran dinas;
  7. Menyusun rencana kerja sama dinas;
  8. Menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  9. Menyusun ketatalaksanaan program dan kegiatan dinas;
  10. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi dampak pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  11. Menyiapkan bahan pengendalian kegiatan dinas;
  12. Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  13. Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan dinas;
  14. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;
  15. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma,standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang perencanaan;
  16. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan bidang program;dan
  17. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan  sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

(3)       Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Bidang dan membawahi :

a.   Seksi Data dan Informasi

(1)       Seksi Data dan Imformasi mempunyai fungsi pelaksanaan pengumpulan dan pengelolaan data dan penyajian informasi.

(2)       Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi Data dan Informasi;
  2. Melaksanakan pengumpulan dan analisis data serta penyajian informasi di bidang pariwisata;
  3. Mengelola sistem informasi, pelayanan data, dan informasi pembangnan di bidang pariwisata;
  4. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, staqndar, pedoman, dan p-etunjuk operasional dibidang data dan informasi;
  5. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi Data dan Onformasi;dan
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

          b.   Seksi Penyusunan Program

(1)       Seksi Penyusunan Program mempunyai fungsi pelaksanaan penyusnan rencana kegiatan dan perencanaan dinas.

(2)       Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Penyusunan Program;
  2. Menyusun rencangan  kebijakan umum dinas;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan perencanaan dinas;
  4. Menyusun rencana umum, rencana strategis, rencana kerja dan kinerja tahunan dinas, rencana kegiatan, dan anggaran dinas;
  5. Menyusun rencana kerja sama dinas;
  6. Menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  7. Menyusun ketatalaksanaan program dan kegiatan dinas;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang penyusunan program;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi penyusunan program.

c.   Seksi Evaluasi dan Pelaporan

(1)   Seksi Evaluasi dan pelaporan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas monitoring, evaluasi dan pelaporan.

(2)   Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi evaluasi dan pelaporan;
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan monotoring, evaluasi dan pelaporan dinas;
  3. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi dampak pelaksanaan program dan pelaporan dinas;
  4. Menyiapkan bahan pengendalian kegiatan dinas;
  5. Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  6. Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan dinas;
  7. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksaan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional di  bidang monitoring, evaluasi dan pelaporan ;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Bidang Sarana Dan Objek Wisata

(1)   Bidang Sarana dan Objek Wisata dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pengembangan sarana dan objek wisata.

(2)   Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana d maksud pada ayat( 1 ), Bidang Sarana Dan Objek wisata mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan bidang sarana dan objek wisata;
  2. Merumuskan kebijakan teknis penyelenggaraan di bidang pengembangan sarana dan objek wisata;
  3. Menyusun rencana dan penetapan kinerja penyelenggaraan di bidang pengembangan sarana dan objek wisata;
  4. Melaksanakan pelayanan perizinan dan penerbitan retribusi perizinan atas penyelenggaraan objek wisata daerah dan daya tarik wisata;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam rangka mengembangkan sarana dan objek wisata;
  6. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian serta pengatran pengelolaan sarana dan objek wisata;
  7. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pengembangan sarana dan objek wisata;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Bidang Sarana Dan Objek Wisata; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

(3)   Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1) dan ayat (2) Bidang Sarana Dan Objek Wisata terdiri dari :

a.          Seksi Sarana Wisata;

(1)   Seksi Sarana Wisata mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang sarana wisata.

(2)   Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana d maksud pada ayat (1), Seksi Sarana Wisata mempunyai tugas :

    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Sarana Wisata;
    2. Menyusun kebijakan teknis pelaksanaan di Bidang Sarana Wisata;
    3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang Sarana Wisata;
    4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja di bidang Sarana Wisata;
    5. Melaksanakan pelayanan perizinan da penerbitan retribusi perizinan atas oenyelenggaraan usaha jasa dan Sarana Wisata;
    6. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pemantauan dengan pengembangan atas pengelolaan usaha jasa da Sarana Wisata;
    7. Melaksanakan pengawasan, pengendalian serta penertiban atas kegiatan usaha jasa dan sarana Wisata;
    8. Melaksanakan penghimpunan dan penyiapan bahan penyelenggaraan pelayanan informasi;
    9. Melaksanakan pengelolaan dan pengkoordinasian pusat-pusat informasi kepariwisataan;
    10. Melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat luas;
    11. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang Sarana wisata;
    12. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi Sarana Wisata; dan
    13. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

b. Seksi Objek dan Daya Tarik Wisata
(1)       Seksi objek dan daya tarik Wisata mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang objek dan daya tarik wisata.

(2)       Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud pada ayat (1) , Seksi Objek dan Daya tarik wisata mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi objek dan daya tarik wisata;
  2. Menyusun kebijakan tekni pelaksanaan di bidang objek dan daya tarik wisata;
  3. Menyiapakan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang objek dan daya tarik wisata;
  4. Menyusun rencana kinerja dan menetapkan kinerja di bidang objek dan daya tarik wisata;
  5. Melaksanakan pelayanan perizinan dan penerbitan retribusi perizinan atas penyelenggaraan objek wisata dan daya tarik wisata;
  6. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait untuk mengembangkan objek dan daya tarik wisata;
  7. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian serta penerbitan atas pengelolaan objk wisata dan daya tarik wisata;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasianal di bidang objek dan daya tarik wisata;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Objek Dan Daya Tarik wisata;
  10. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

c. Seksi Pemberdayaan dan Standarisasi Pariwisata

(1)   Seksi Pemberdayaan dan Standarisasi Pariwisata mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pemberdayaan dan standarisasi kepariwisataan.

(2)   Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud pada ayat (1), Seksi Pemberdayaan dan Standarisasi Pariwisata mempunyai :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi pemberdayaan dan standarisasi kepariwisataan;
  2. Menyusun kebijakan teknis pelaksanaan di bidang pemberdayaan dan standarisasi kepariwisataan;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang pemberdayaan kegiatan dan standarisasi kepariwisataan;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja di bidang pemberdayaan dan standarisasi kepariwisataan;
  5. Melaksanakan penyusunan standarisasi, norma, kriteria dan prosuder usaha kepariwisataan kepariwisataan;
  6. Melaksanakan penyuluhan dan pembinaan kepada mitra dan kelompok sadar wisata;
  7. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi program kerja pemberdayaan dan standarisasi pariwisata;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pemberdayaan dan standarisasi kepariwisataan;
  9. Melaksanakan monotoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pemberdayaan dan Standarisasi Kepariwisataan; dan
  10. Melaksankan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinaya.

 

Bidang Pengembangan dan Promosi Wisata

(1)   Bidang Pengembangan dan Promosi Wisata dipampin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan di bidang pengembangan dan promoso wisata.

(2)   Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud pada ayat (1), Bidang Pengembangan Promosi Wisata mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Pengembangan dan Promosi wisata;
  2. Merumuskan kebijakan tekhnis penyelenggaraan di bidang pengembangan dan promosi wisata;
  3. Menyusun rencana dan penetapan kinerja penyelenggaraan di bidang pengembangan dan promosi wisata;
  4. Melaksanakan pengembangan dan penyelenggaraan promosi wisata;
  5. Melaksankan penghimpunan dan penyiapan bahan penyelenggaraan pelayanan informasi kepariwisataan;
  6. Melaksanakan inventarisasi, koordinasi dan pengelolaan pusat-pusat informasi kepariwisataan;
  7. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pengembangan dan promosi wisata;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan bidang di bidang pengembangan dan promosi wisata; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

(3)   Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) Bidang Pengembangan dan Promosi Wisata terdiri dari :

a.         Seksi Promosi  Wisata Dalam dan Luar Negeri;

(1)       Seksi Promosi Wisata Dalam dan Luar Negeri mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang promosi wisata dalam dan luar negeri.

(2)     Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud pada ayat (1), seksi promosi wisata dalam  dan luar negeri  mempunyai tugas :

  1. Menyusun kegiatan rencana Seksi Promosi Wisata dalam dan luar negeri;
  2. Menyusun kegiatan teknis pelaksanaan di bidang promosi wisata dalam dan luar negeri;
  3. Meyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang promosi dalam dan luar negeri;
  4. Menysun rencana kinerja dan penetapan kinerja dalam dan luar negeri;
  5. Melaksanakan promosi wisata dalam dan luar negeri;
  6. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi pemerintah bidang pariwisata dan kebudayaan baik yang ada di dalam maupun luar negeri, dalam rangka pengembangan promosi pariwisata dalam dan luar negeri;
  7. Melaksanakan penghimpunan dan penyusunan bahan pemantauan serta evaluasi pelaksanaan  kebijakan promosi pariwisata dalam dan luar negeri;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang promosi wisata dalam dan luarnegeri ;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi promosi wisata dalam dan luar negeri; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

b.        Seksi Hubungan Antar Lembaga Kepariwisataan

(1)      Seksi Hubungan Antar Lembaga Kepariwisataan mempunyai fungsi pelaksaan tugas di bidang hubungan antar lembaga kepariwisataan.

(2)       Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di msksud pada ayat (1), Seksi Hubungan Antar Lembaga Kepariwisataan :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Hubungan Antar Lembaga kepariwisataan;
  2. Menyusun kebijakan teknis pelaksanaan di bidang hubungan antar lembaga kepariwisataan;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang hubungan antar lembaga kepariwisataan;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja di bidang hubungan antar lembaga dan kepariwisataan;
  5. Melaksanakan pengumpulan , pengumpulan, inventarisasi, analisis, evaluasi dan penyusunan laporan data dan informasi hubungan lembaga kepariwisataan;
  6. Melaksanakan bimbingan teknis dan evaluasi penyusunan laporan data dan informasi hubungan antar lembaga kepariwisataan;
  7. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan hubungan antar lembaga kepariwisataan;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang hubungan antar lembaga kepariwisataan;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi hubungan Antar Lembaga Kepariwisataan; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 c.   Seksi Informasi dan Teknologi Kepariwisataan

(1)       Seksi Informasi dan Teknologi Kepariwisataan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang informasi dan Tekhnologi Kepariwisataan .

(2)       Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud ayat (1) , Seksi Informasi Dan Tekhnologi Kepariwisataan mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi informasi dan teknologi kepariwisataan;
  2. Menyusun bahan teknis pelaksanaan di bidang informasi dan teknologi kepariwisataan;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang informasi dan teknologi kepariwisataan;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja di bidang informasi dan teknologi kepariwisataan;
  5. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait, media massa dalan rangka pengembangan promosi Pariwisata melalui media informasi dan tekhnologi kepariwisataan;
  6. Melaksanakan penyiapan bahan dan sosialisasi kebijakan bidang pengembangan promosi pariwisata melalu informasi dan teknologi antara lain melalui media VCD, DVD, dan informasi tekhnologi lainnya;
  7. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang informasi dan tekhnologi kepariwisataan;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi informasi dan tekhnologi kepariwisataan; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Bidang Seni Budaya dan Sejarah

(1)        Bidang Seni Budaya dan sejarah dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang seni budaya dan sejarah.

(2)        Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana  dimaksud pada ayat (1) , Bidang seni Budaya Dan sejarah mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan  bidang seni budaya dan sejarah;
  2. Merumuskan kebijakan teknis penyelenggaraan di bidang seni budaya dan sejarah;
  3. Menyusun rencana dan penetapan kenerja penyelenggaraan di bidang seni budaya dan sejarah;
  4. Melaksanakan koordinasi dan penyelenggaraan izin kegiatan seni budaya dan sejarah;
  5. Melaksanakan pengembangan dan pembakuan sejarah, hikayat dan cerita legenda serta museum;
  6. Melaksanakan analisa dan evaluasi pelaksanan program kerja seni budaya dan sejarah;
  7. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang seni budaya dan sejarah;
  8. Melaksanakan monotoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan bidang seni budaya dan sejarah;
  9. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

(3)        Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) , Bidang Seni Budaya dan Sejarah terdiri dari :

a.   Seksi Kesenian dan Perfilman

(1)        Seksi Kesenian dan Perfilman mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang kesenian dan Perfilman.

(2)         Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud pada ayat (1), Seksi Kesenian dan Perfilman mempunyai tugas  :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi  kesenian dan perfilman;
  2. Menyusun kebijakan teknis pelaksanaan di bidang kesenian dan Perfilman ;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang kesenian dan Perfilman ;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja  di bidang kesenian dan Perfilman ;
  5. Melaksanakan pelayanan perizinan dan retribusi terhadap kegiatan seni, perfilman dan purbakala bersifat rutin maupun insidentil;
  6. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait untuk pengembangan kesemnian dan perfilman;
  7. Melaksanakan bimbingan/pembinaan dan evaluasi terhadap bidang kesenian perfilman, sumber daya dan teknologi kesenian dan perfilman;
  8. Penyelengaraan izin kesenian dan perfilman dalam lingkup pembuatan, pengedaran, penjualan dan penyewaan produk seni dan film (VCD dan DVD);
  9. Melaksanakan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang produksi film, sumber daya dan teknologi perfilman, distribusi film, festival dan eksebisi, serta advokasi dan hubungan lembaga perfilman;
  10. Melaksanakan pengawasan dan pendataan film dan rekaman video yang beredar, perusahaan persewaan dan penjualan rekaman video serta kegiatan evaluasi dan laporan pelaksanaan kebijakan perfilman lingkup kota;
  11. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian serta penertiban atas penyelengaraan kegiatan kesenian dan perfilman;
  12. Menyusun rencana pengembangan kesenian tradisional;
  13. Menyiapkan bahan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional di bidang kesenian dan perfilman;
  14. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi kesenian dan perfilman;
  15. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

b.   Seksi Budaya dan Sejarah

(1)               Seksi Budaya dan Sejarah mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang budaya dan sejarah.

(2)               Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) , seksi seni budaya dan sejarah mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi budaya dan sejarah;
  2. Menyusun kebijakan teknis pelaksanaan di bidand budaya dan sejarah ;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang budaya dan sejarah;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja di bidang budaya dan sejarah;
  5. Melaksanakan kegiatan seni tradisi, budaya melayu dan budaya nusantara;
  6. Melaksanakan pengembangan seni seni tradisi, budaya melayu dan budaya nusantara;
  7. Melaksanakan pelayanan umum bidang budaya dan sejarah yang meliputi penyelenggaraan perizinan dan penertiban retribusi perizinan atas kegiatan seni tradisi dan budaya yang di operasikan oleh yang bukan pemerintah/ pemerintah daerah;
  8. Melaksanakan koordinasi untuk pengembangan seni tradisi budaya melayu dan budaya nusantara;
  9. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian  serta pembinaan atas penyelenggaraan seni tradisi dan budaya
  10. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan  norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang budaya dan sejarah;
  11.  Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Budaya dan Sejarah; dan
  12. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN STRATEGI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAANKOTA BATAM


 Visi dan Misi

 Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2007 Tentang pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Batam menyatakan  bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  kota Batam mempunyai tugas melaksanakan kewenangan desentralisasi di bidang kepariwisatan dan kebudayaan. Sesuai dengan kedudukan, tugas dan fungsinya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batam menetapkan visi yaitu :

TERWUJUDNYA BATAM SEBAGAI KAWASAN PENGEMBANGAN BUDAYA BANGSA DAN MENJADI PINTU GERBANG PARIWISATA BAGIAN BARAT “

 

untuk mewujudkan Visi tersebut, Dinas pariwisata dan kebudayaan kota Batam menetapkan beberapa Misi diantaranya :

  1. Melestarikan Nilai serta Mengembangkan Keragaman dan Kekayaan budaya Bangsa dengan tetap menjadikan Budaya Melayu sebagai Payung Negeri;
  2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia serta Pengelolaan Sarana dan Prasarana Kepariwisataan;
  3. Mengembangkan Industri Pariwisata yang berdaya saing, Destinasi yang unggul serta Pemasaran dan Promosi Pariwisata yang berkelanjutan

 Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah SKPD

 Selanjutnya Misi dijabarkan kedalam tujuan, tujuan adalah hal yang hendak dicapai secara spesifik dalam waktu 5 tahun dan terukur,yang dituangkan dalam sasaran-sasaran atau target absolute atau relative dalam bentuk kuantitatifnya yang hendak dicapai dalam waktu 5 tahun.berikut ini diuraikan tujuan dan sasaran rencana strategis Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batam selama tahun 2012-2016,yang merupakan penjabaran dari Misi yang telah ditetapkan :
 

MISI -1 : Melestarikan Nilai serta Mengembangkan Keragaman dan Kekayaan Budaya Bangsa dengan tetap menjadikan Budaya Melayu sebagai Payung Negeri
Tujuan : Meningkatkan nilai seni dan budaya melayu dan daerah lainnya yang multi kultur dan multi etnik
Sasaran :
1. Berkembangnya nilai-nilai seni budaya melayu dan daerah lainnya
2. Batam menjadi kota Internasional yang multi kultur dan multi etnik
3. Menfasilitasi acara tahunan budaya multi kultur dan multi etnik dikota Batam yang dapat menarik minat wisatawan
4. Memberikan ruang publik bagi kegiatan masyarakat untuk mengaktualisasikan dirinya
MISI-2 : Meningkatkan kualitas Sumberdaya Manusia serta pengelolaan sarana dan prasarana kepariwisataan
Tujuan : Meningkatnya kualitas sumberdaya manusia dalam hal pengelolaan sarana dan prasarana pariwisata
Sasaran :
1 Peningkatan pengetahuan SDM tentang kepariwisataan
2 Terwujudya pengelolaan sarana dan prasarana pariwisata yang baik
Misi-3 : Mengembangkan industri Pariwisata yang berdaya saing, Destinasi yang unggul serta Pemasaran dan Promosi Pariwisata yang berkelanjutan
Tujuan : Mengembangkan zona pariwisata alam, pusat belanja dan kuliner
Sasaran :
1. Mendorong berdirinya pusat kuliner rakyat nasional maupun kuliner mancanegara dengan pola zoning ekslusif
2. Mendorong berdirinya pusat retail kerajinan, fashion modern dan tradisional, elektronik skala internasional
3. Menfasilitasi berdirinya 1 pusat batik ASEAN yang telah dicanangkan pemerintah dalam ASEAN summit 2011

 

 

 

 


KEGIATAN-KEGIATAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA BATAM TAHUN 2012

  1. Supporting event kegiatan Strait Regata ( 29-31 jan 2012)

Strait Regata merupakan sebuah event yang memperlombakan kapal layar dari berbagai Negara. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Nongsa Point Marina dan di support oleh Pemerintah kota dalam hal ini dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batam diikuti  +300 peserta yang berasal dari beberapa Negara yakni : Belanda, Hongkong, Amerika, Inggris, Australia , serta Negara tetangga Malaysia dan Singapore. Selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh peserta dari dalam negeri yakni PORLASI KEPRI.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :

  1. Meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke Batam
  2. Meningkatnya positive image kepariwisataan di batam sebagai Destinasi wisata budaya
  3. Terangkatnya citra pemerintah dimata masyarakat karena mampu melaksanakan event besar yang turut memberikan kebanggaan kepada seluruh warga Batam.

 

2.  Promosi pameran pariwisata dibandung ( 25 Feb 2012)

Budaya merupakan sebuah aset yang tidak ternilai harganya yang diturunkan dari nenek moyang. Guna memperkenalkan budaya yang ada di kota Batam,Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batam selalu melakukan promosi -promosi wisata baik didalam maupun diluar negeri. Hal ini sangat bermanfaat dalam hal mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan baik Domestik maupun Mancanegara. Salah satu kegiatan promosi dalam negeri yang kita ikuti adalah kegiatan pameran di Bandung tepatnya di Institut Teknologi Bandung. Kegiatan promosi ini diikuti oleh beberapa daerah yang ada di Indonesia.

3.   Supporting event lomba busana melayu resmi dan harian ( 6 maret 2012)

Dalam rangkaian memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke XL, Tim Penggerak PKK Kota Batam  bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batam melaksanakan Lomba Busana  Melayu Resmi dan Harian. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan apresiasi yang tinggi terhadap budaya melayu serta untuk lebih memasyarakatkan lagi busana tradisional melayu di kalangan masyarakat.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kepri Mall pada tanggal 06 Maret 2012 yang diikuti oleh 34 peserta, terdiri atas 20 orang ibu-ibu, 14 orang anak-anak. Para peserta merupakan utusan dari TP PKK kecamatan yang ada di kota Batam, Dharmawanita dan anggota organisasi FKPD.

 

4. Table Top (Malaysia 5 s/d 7 April 2012)

Tanggal 5 s/d 7 April 2012, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batam dalam hal ini bidang Sarana dan Objek Wisata  melakukan kegiatan kunjungan Muhibah beserta Table Top ke negeri Jiran Malaysia. Adapun maksud serta tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah:

  1. Mempertemukan ‘Seller’ dari Kota Batam yang terdiri dari pengusaha Hotel, Restoran, Travel Agen, Perhimpunan Golf serta Pengusaha Oleh-oleh khas Batam serta pengusaha Kapal perjalanan lintas Negara dengan para ‘Buyer’ yang berasal dari Malaysia khususnya Kuala Lumpur yang juga terdiri dari ‘potential buyers’ di bidang travel agen untuk selanjutnya dapat mengemas paket-paket perjalanan wisata menarik dari Kuala Lumpur ke Batam di masa-masa yang akan datang.
  2. Menampilkan potensi kekayaan budaya Nusantara sebagai bagian daya tarik Kota Batam yang dihuni oleh heterogenitas berbagai suku bangsa di Indonesia. Setelah penampilan tersebut diharapkan para turis yang berasal dari Malaysia maupun turis Mancanegara yang sudah berwisata di Kuala Lumpur bagi yang ingin menikmati penampilan budaya lebih khusus dan disajikan dalam berbagai diorama berbeda maka dapat disaksikan dengan berkunjung ke Batam.
  3. Membangun kerjasama lintas sektor seperti kepariwisataan, pengelolaan Rumah Liar (Ruli) di Batam, penanganan Banjir serta Manajemen Trasportasi antara Pemko Batam (G to G) dengan Datuk Bandar Kuala Lumpur sebagai pengelola sebuah Kota Modern dengan difasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Malaysia yang berkedudukan di Kuala Lumpur.
  4. Membangun komunikasi yang baik serta promosi Kota Batam lewat media terbesar di Malaysia  yaitu Media Prima Group yang terdiri dari The New Strait Times, Berita Harian, Koran Metro, TV3 dan TV7 dengan berkunjung ke kantor redaksi media group tersebut serta memberikan gambaran tentang Batam.

 

Peserta yang mengikuti kegiatan Table Top terdiri dari :

  1. Adapun peserta Table Top ( Seller & Buyer Meeting) terdiri dari PHRI, ASITA, PGI, Garuda, Indomas Ferry, Oleh-oleh Khas Batam sebanyak 20 orang.
  2. Peserta dari potential buyers berasal dari travel agen dan pengusaha setempat sebanyak 50 orang.
  3. Pendukung tari budaya Nusantara sebanyak 45 orang
  4. Tim Kompang dan pendukung lainnya sebanyak 30 orang
  5. Tim SKPD pendukung untuk mendampingi Walikota Batam sebanyak 10 orang
  6. Humas dan Protokol sebanyak 12 orang

Daftar  Seller yang mengikuti kegiatan Table Top

NO

COMPANY

NAME

1.

PT. KURNIA DJAJA WISATA SIMON BUDI

2.

KTM RESORT ANTON DENNY B

3.

TERRA GROUP ISKANDAR BATA

4.

NUSAJAYA FRANCISCA

5.

PALM SPRING DINI

6.

VIP TOUR ERA SRI ANDRIANA

7.

TURI BEACH HETY NOVIANA

8.

HARRIS HOTEL BTM CENTER DITA

9.

SOUTH LINKS ISNOLITA

10.

NAYADAM NOVI

11.

FANTASTIK FEBRIANSYAH

12.

NOVOTEL AYU

13.

FIRE FLY MUIS

14.

NONGSA POINT ADIYANTI NINGSIH, S

15.

TERING BAY ENLY YUNAENI

16.

PT. SEKILAK INDAH RAYA RELAWATI PASMI

17.

SWISS IN LENNY

18.

PANORAMA REGENCY SARTIKA

19.

HANITA TOUR ANDI LIEM

20.

MERCURE ABDUL MALIK

21.

INDOMAS RIRIN S

5. Pelatihan Tata Rias Pengantin Melayu (10 s/d 11 April 2012)

Guna meningkatkan kualitas Ibu-ibu PKK dan Juga guru kesenian yang ada di kota Batam dalam hal  Kebudayaan khususnya tentang Tata Rias Pengantin Melayu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melalui bidang Seni Budaya dan Sejarah, menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Tata Rias Pengantin yang diikuiti oleh 50 orang peserta yang merupakan utusan dari 12 Kecamatan yang ada di Kota Batam.  Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari di gedung LAM kota Batam, mulai tanggal 10 s/d 11 April 2012. Pelatihan ini dibuka langsung oleh Wakil Walikota Batam.

 

 

6. Parade tari daerah ( 02 mei 2012 )

Untuk meningkatkan kreatifitas sanggar – sanggar seni yang ada di kota Batam, pada tanggal 02 Mei 2012, Dinas Pariwisata kota Batam mengadakan acara Parade Tari tingkat Kota Batam yang diikuti oleh beberapa sanggar seni diantaranya :

(1)   Sanggar Mulya Suri mengirimkan 4(empat) peserta

(2)   Sanggar Keris Bertuah mengirimkan 3 (tiga) peserta

(3)   Sanggar Elang Perkasa

(4)   Sanggar Saidina Ali

(5)   Sanggar Sri Setaman

(6)   Sanggar Medang Sirai

 

 

7. Sosialiasi UU Kepariwisataan, Kemenbudpar( Hotel Pacific 10 Mei 2012)

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha pariwisata dan juga sekaligus mensosialisasikan UU Kepariwisataan maka pada tanggal 10 Mei 2012 diadakan kegiatan sosialisasi UU Kepariwisataan,Kemenbudpar/ TDUP bagi 100 orang pelaku usaha pariwisata di hotel Pacific

 

8. Majapahit Fair (Surabaya, 10 s/d 13 Mei 2012)

Dalam rangka mempromosikan Pariwisata Batam, pemerintah kota Batam dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batam bersama beberapa orang pengusaha pariwisata mengikuti Majapahit fair yang diselenggarakan di kota Surabaya pada tanggal 10 Mei s/d 13 Mei 2012. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan pariwisata yang ada dikota Batam kepada Daerah lain sehingga dapat meningkatkan kunjungan Wisatawan Nusantara.

9. Gebyar Budaya Nusantara (Jakarta, 31 Mei s/d 09 juni 2012

Gebyar Budaya Nusantara  diadakan di Jakarta pada tanggal 31 Mei s/d 3 Juni 2012. Kegiatan ini  bertujuan untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan keseluruh pelosok tanah air sekaligus membangun industri pariwisata yang tangguh.

 

10. Duta wisata (31 Mei s/d 09 juni 2012)

 Maksud dan Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah :

Untuk memberikan gambaran sosok ideal generasi muda kota Batam yang mampu    mempresentasikan citra positif serta membawa dirinya sebagai duta wisata dan budaya kota Batam baik secara Nasional maupun internasional.

Mencari Duta Wisata yang dapat menjelaskan potensi pariwisata kota Batam kepada   Masyarakat baik di kota Batam sendiri maupun diluar daerah.

 

Kegiatan Pemilihan Duta Wisata di laksanakan dari tanggal 31 Mei s/d 09 Juni 2012

 

Adapun Peserta Audisi Pemilihan Duta Wisata adalah sebagai berikut :

  1. Ruly Anggina
  2. Mulyadi M

3.   Gladis Desiandini Iestin

  1. Fery Agus Suhanda
  2. Dwi Amalia Purnama Sari
  3. Rama sanjaya
  4. Indah Pratiwi
  5. Ricky Firmansyah
  6. Lisa Febrianti
  7. Didi Junaidi
  8. Siti Zata Yumni
  9. Taufik Hidayat
  10. Ade Fitria Siregar
  11. Bambang Wiratdani
  12. Monalisa Malino
  13. Raja Fahrullah
  14. Yenni Nurmayanti
  15. Rian Ardila
  16. Kamariah
  17. M. Rio Rialvin
  18. Mentari Suci
  19. Arjuna Esa Prasetyawan
  20. Rina Mustifani
  21. Maruli
  22. Dini Amalia
  23. Tri  Arry Erwanto
  24. Tian Oktaviani
  25. M. Rizwan

 

  1. Sarmida Fitri
  2. Reka Saputra
  3. Cindy Jeanne
  4. Hendry Saputra
  5. Kartika
  6. Ajeng Mulia N
  7. Astany Gunawan
  8. Angela Fitri
  9. Rio Palinda Putra
  10. I.B Ruth Florida W.M.H
  11. Tiara Indah Sari
  12. Reni Anggraini
  13. Sandi Mu’min
  14. Triana Wijayanti
  15. Robin Alexander
  16. Anggun Tria Pratiwi
  17. Dinda Permata sari
  18. Monica Putri
  19. Suryana
  20. Putri Dita Ramadhani
  21. Rina Novita Sari
  22. Ibnu
  23. Mahfuza
  24. Raden Muhammad Fajar
  25. Tamara Aurina Dalika
  26. Retno r
  27. Muhammad Rio Ralvin
  28. Feri

Para peserta Audisi kemudian diseleksi dan dari 58 (lima puluh delapan) orang peserta audisi terpilihlah 10 (sepuluh) pasang Duta Wisata “ Encik dan Puan “ kota Batam tahun 2012 sebagai berikut :

 

Peserta Puan Peserta Encik
1.Rully Anggina2. Dwi Amalia Putri3. Lisa Febrianty4. Siti Zata Yumni5. Yenni Nurmayanti6. Mentari Suci7. Dini Amalia8. Putri Dita Ramadhani9. Kartika dewi10.Angela 1. Mulyadi2. Raja Fahrullah3. Muhammad Rio Ralvin4. Maruli5. M. rizwan6. Tri arry erwan7. Ricky Firmansyah8. Reka Saputra9. Raden Muhammad Fajjar10. Feri

 

Malam Grand Final Pemilihan Duta Wisata “ Encik dan Puan” diselenggarakan pada tanggal 09 Juni 2012 di Grand Galaxy Ballroom, Planet Holiday Hotel yang dihadiri oleh Walikota Batam, Muspida Kota Batam, Undangan, Sponsorship dll.

 

Pemenang Duta Wisata ‘ Encik dan Puan “ kota Batam tahun 2012

1. Juara I
a. Encik : Raden Muhammad Fajjar
b. Puan : Kartika Dewi
2. Juara II
a. Encik : Mulyadi
b. Puan : Yenni Nurmayanti
3. Juara III
a. Encik : Raja fahrullah
b. Puan : Rully anggina
4. Juara Favorite
a. Encik : Ricky Firmansyah
b. Puan : Mentari suci 

11. Pelatihan Manejerial Perhotelan ( Hotel Pacific 13 s/d 15 Juni 2012)

  Untuk meningkatkan SDM bidang Manajerial perhotelan bagi para pelaku usaha    bidang perhotelan, maka pada tanggal 13 s/d 15 Juni, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batam melalui bidang Sarana Objek Wisata menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Asesi Manajerial Perhotelan di Pacific Hotel. Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta dan diisi oleh narasumber dari Jakarta yakni : Bapak Hima Hudaya dan Bapak Soedjatmoko. Selain itu, pelatihan ini juga diisi ketua HPI kota Batam yakni ibu Katherine.

12.  Serah terima penyerahn bantuan barang-barang bercorak kesenian kepada sanggar kesenian ( 3 juli 2012)

Dalam rangka melestarikan seni budaya sejarah yang ada di kota Batam, Pemerintah kota Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, berupaya memberikan bantuan kepada sanggar-sanggar seni yang ada di kota Batam untuk memotivasi mereka agar selalu aktif berkreasi. Pada tahun ini di berikan bantuan berupa barang bercorak kesenian tradisional kepada 4 sanggar kesenian dan Pusat latihan seni kota Batam. Serah terima penyerahan bantuan alat music tradisional ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2012 di ruang Visit Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batam

 

 

DAFTAR : PENERIMA BANTUAN BARANG BERCORAK KESENIAN/

ALAT MUSIK TAHUN 2012

No.

Nama Sanggar

Pimpinan Sanggar

Alamat

Jenis Alat Musik yang diberikan

1

2

3

4

5

1.

 Qasidah Modern Resdin P. Pasaribu Taman raya tahap 3 blok. GD No.10 Kel. Belian, Kec. Batam Kota Qasidah modern (1 set) terdiri dari :1.Ritem2.Melodi3.Bass4.Keyboard5.Gendang Bass 17.Gendang Bass 28.Rebana Hadrah

2.

Bantelan Ilham SMPN 29 BatamKel. Tg.SengkuangKec.Batu Ampar Alat Musik Dangkung (1 set) terdiri dari :1.Gendang panjang2. Biola3. Akordion4. Tambur5. Tamburin

 

no

Nama Sanggar

Pimpinan Sanggar

Alamat

Jenis Alat Musik yang diberikan

1

2

3

4

5

3.

Dendang Sayang Jumahat AB Kav. Sambau RT.01/RW.05Kel. SambauKec. Nongsa Alat Musik Zapin (1 set) terdiri dari ;1.Gambus2. Biola3. Akordion4. Marwas5. Gendang tanjak6. Tambur7. Tamburin

4.

Raudhatul Ulum Qamariah, S.Ag Kel. Sei PelunggutKec. Sagulung Rebana (1 set) terdiri dari:

  1. Tamburin
  2. DAP
  3. Rebana Bass
  4. Rebana Standar
  5. Rebana Kecil

 


 

No.

Nama Sanggar

Pimpinan Sanggar

Alamat

Jenis Alat Musik yang diberikan

1

2

3

4

5

5.

Pusat Latihan Seni (PLS) Binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Jl. Engku Putri No.1Kantor Walikota Batam -  Alat Musik Tradisional (1 set) terdiri dari :

  1. Gong (Klenang)
  2. Tamburin
  3. Tambur
  4. Akordion
  5. Biola
  6. Rebana Standar
  7. Rebana Bass
  8. Gambus
  9. Kompang
  10. Marwas
  11. Gendang tanjak
  12. Rebana Hadrah

-       Sound Sistem  (1 set) terdiri dari :

  1. Keyboard dengan Stand dan amplinya
  2. Mike
  3. Stand Mike
  4. Power
  5. Equalizer
  6. Effect Sound
  7. Speaker

 

 

13. Asean jazz festival ( Harbour Bay Batam, 22 s/d 23 juni 2012)

Untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan ke kota Batam dan juga dalam rangka memberikan insentif hiburan bagi masyarakat Batam dan Kepulauan Riau khususnya serta demi mendukung program promosi wisata maka pada tanggal 22 s/d 23 juni 2012 di kota Batam diselenggarakan Asean Jazz Festival. Kegiatan ini merupakan Annual Event Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dimana Batam sebagai daerah yang  strategis serta berbatasan langsung dengan Negara luar sangat potensial untuk dijadikan tempat dalam menyelenggarakan event pariwisata yang berskala Internasional. Kegiatan ini sangan didukung penuh oleh Pemerintah kota Batam dalam hal ini Dinas pariwisata dan kebudayaan kota Batam. Hal ini dapat dilihat langsung dengan di sediakannya Harbour Bay sebagai tempat penyelenggaraan Asean Jazz serta di sediakannya fasilitas –fasilitas pendukung lainnya seperti penginapan buat para peserta, transportasi , keamanan dan lain sebagainya.

 

14. Pelatihan Tour Guide ( 11 s/d 12 juli 2012 )

Untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) kepariwisataan yang memenuhi standar kompetensi nasional, khususnya bidang Tour Guide, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memberikan Pelatihan kepada 100 orang Tour Guide yang  ada di kota Batam. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni dari tanggal 11 s/d 12 Juli 2012 di Golden Prawn. Adapun narasumbernya berasal dari ASITA, Imigrasi dan Pelabuhan Internasional. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para Tour Guide kita dapat lmemberikan pelayan yang  lebih baik lagi kepada para wisatawan yang datang kekota Batam.

 

 

 

15.   Supporting event bartender competition ( 6-7 okt 2012)

kegiatan Bartender Competion  berlangsung selama dua hari yaitu  pada tanggal 6-7 Oktober 2012 bertempat di Hotel Harris Resort. kompetisi ini diikuti oleh peserta yang merupakan perwakilan dari Bartender sekota Batam. kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Pariwisata dan kebudayaan kota Batam dengan para pelaku pariwisata.

 

 

16.  Rapat koordinasi kepariwisataan ( 13-16 okt 2012)

Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kota Batam bersama  Asita Kota Batam menyelenggarakan  rapat koordinasi  yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta para pelaku usaha pariwisata dalam hal ini  Tour dan Travel se Indonesia dalam memajukan dunia pariwisata sehingga mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan secara keseluruhan dan khususnya Kota Batam. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari pada tanggal 13 – 16 Oktober 2012 dengan peserta kurang lebih 500 orang yang merupakan perwakilan Asita dari setiap propinsi se Indonesia. Pembukaaan dilaksanakan di Hotel Planet Holiday dan dibuka secara langsung oleh Bapak Gubernur Propinsi Kepulauan Riau H.M. Sani. Sedangkan acara penutupan dilaksanakan di Hotel Golden View oleh Bapak Wakil Walikota Batam Rudi, SE, MM.

 

 

17.  Sea Eagle Boat ( 16-18 Nov 2012)

Dalam rangka peningkatan event kepariwisataan Kota Batam, Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam melaksanakan International Sea Eagle Boat Race 2012 ke 9 pada tanggal 16 s/d 18 November 2012 bertemapt di Belakangpadang – Kota Batam.Peserta lomba terdiri dari 20 Tim yang berasal dari dalam maupun luar negeri,dimana setiap tim terdiri dari 15 orang atlit ditambah 2 orang official. Tujuan dilaksanakannya event ini adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Mancanegara dan Nusantara, Mendukung Program Promosi wisata daerah, sebagai motivasi bagi penyelenggaraan dan peningkatan kualitas event serta insentif hiburan bagi masyarakat Batam dan Kepulauan Riau.

Pemenang lomba pada International Sea Eagle Boat Race Tahun 2012 adalah:

  • Juara I : Tim HNSI King
  • Juara II : Tim Jambi
  • Juara III: Tim Rajawali
  • Juara IV : Tim Provinsi KEPRI

 

 

 

 

18. Anugerah Insan Pariwisata ( 28 Nov 2012)

Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kota Batam memberikan penghargaan kepada pelaku usaha pariwisata  atas apresiasi dan dedikasi mereka terhadap dunia pariwisata. Anugerah Insan Pariwisata ini terdiri atas 10 (sepuluh) kategori penghargaan  yaitu untuk :

 

  • The Best Hotel  : Hotel Pacific – Jodoh
  • The Best Restaurant : Golden Prawn Restoran
  • The Best Resort : Harris Resort
  • The Best Travel Agent : Prima T & T
  • The Best Spa & Refleksiology : The Secret Spa
  • The Best Golf : Southlinks Country Club
  • The Best Gift ( oleh – oleh ) : Nay@dam ( Makanan Khas Melayu )
  • The Best Sea-port ( Entry Point) : Pelabuhan Sekupang
  • The Best Entertainment : Inul Vista Karaoke
  • The Best Impresariat : Barelang EO

 

Selain itu juga diberikan 5 (lima) penghargaan khusus yaitu :

 

  • Pekerja Tour Guide Paling lama ( 2 orang )
  • MICE : KTM Resort
  • Objek Wisata Religius : Patung Dewi Kwan Im
  • Patner ship Batam Great Sale  2012 “ Card Solution”

 

 

 19.  Batam Great Sale  ( 1-31 Des 2012)

Untuk mendukung program Visit Batam dan guna meningkatkan gairah pariwisata serta perekonomian di kota Batam diluncurkan program Batam Great Sale 2012 yang merupakan lanjutan dari Batam Great Sale 2011 lalu. Batam Great Sale adalah sebuah program pemberian penawaran khusus dan potongan harga atau obral besar – besaran bagi masyarakat dan pengunjung kota Batam ( Wisnus dan Wisman ).

Batam Great Sale 2012 dilaunching pada tanggal 27 november 2012 di hotel Pacific – jodoh dan dihadiri oleh Walikota Batam, Wakil Walikota Batam,staf ahli kota Batam, Ketua BP Kawasan, anggota DPRD kota Batam, Muspida Kota Batam, Singapore Konsulat, para kepala SKPD, para pelaku usaha pariwisata, assosiasi pariwisata dan juga tokoh masyarakat. Dalam menjalankan program ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam bermitra dengan “card solution” yakni perusahaan yang memberikan kemudahan dalam berbelanja dan memiliki 137 merchant yang tergabung didalam card solution ditambah dengan 62 mercant non member.Merchant tersebut terdiri dari Hotel, Golf, Shoping Mall, Pusat oleh – oleh, spa dan Relaxation, Entertainment dan restoran.

 

 

 

20. Toer De’ Barelang ( 16 Des 2012)

Tour de’Barelang merupakan sebuah event balap sepeda yang dibagi dalam 4 kategori yaitu : kategori Sport/Profesional wisata, local dan fun bike dengan menempuh jarak  +  55 km yang dibagi kedalam 3 check point : check point 1 di jembatan 5 galang, check point 2 dijembatan 4 rempang cate, check point 3 disetokok. Start dimulai dari jembatan 5 ujung Cakang dan finish 100 meter sebelum jembatan 1 barelang. Kegiatan ini diikuti oleh 67 peserta yang berasal dari : Singapore, Philipina dan Indonesia. Selain balap sepeda, rangkaian kegiatan tour de barelang juga diisi dengan jalan santai yang diikuti +  3000 peserta, renang lintas barelang, senam massal dan ditutup dengan hiburan ( artis KIKI KDI) dan pencabutan lucky draw. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari  minggu tanggal 16 Desember 2012.

21. Gebyar Budaya Nusantara dan KSM ( 21 s/d 22 Des 2012)

Dalam rangka memeriahkan HUT Batam yang ke 183 TH, Pemerintah Kota Batam dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, menyelenggarakan kegiatan GBN , Bazar Kuliner nusantara dan KSM. Selain untuk memeriahkan HUT Batam, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenal Budaya Nusantara yang ada di Kota Batam, baik dalam bentuk kuliner, seni dan budaya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh paguyuban dan sanggar seni yang ada di Kota Batam, selain itu juga ada beberapa peserta yang berasal dari luar kota seperti : Jakarta, Solo, Riau, Tanjung Balai Karimun , anambas, bintan dan Tanjung pinang.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan Pawai/Carnaval budaya yang diikuti oleh selulruh etnis/ suku bangsa yang ada di Kota Batam setelah itu dilanjutkan dengan bazar kuliner nusantara, dimana pada bazaar ini menyajikan seluruh jenis makanan yang merupakan ciri khas dari masing-masing daerah yang ada dan bermukim di Kota Batam. Makanan ini tersaji secara gratis dan dapat dicicipi oleh seluruh pengunjung yang datang. Pada malam harinya dilanjutkan dengan pembukaan Kenduri Seni Melayu. Kenduri Seni Melayu pada tahun ini diselenggarakan selama 2 Hari dan menampilkan seluruh kesenian yang berasal dari paguyuban serta sanggar seni yang ada di Kota Batam, baik dari segi music, tarian, nyanyian serta sastra.

 


Kalender Event Visit Batam 2010 – Periode Event Januari s/d April 2010

*Klik untuk memperbesar


Parade Budaya Nusantara, Kenduri Seni Melayu, Batam Big Bazaar, Kemilau Muharam, Lomba Foto Icon Visit Batam 2010 dan Pesta Kembang Api di Bulan Desember 2009

banner-desember

parade-seni-budayaParade Budaya Nusantara

Jl. Raden Patah Nagoya, 11 Desember 2009

kenduri-seni-melayuKenduri Seni Melayu

Dataran Engku Putri Batam Center, 11 s/d 16 Desember 2009

batam-big-bazzarBatam Big Bazzar

Dataran Engku Putri Batam Center, 12 s/d 18 Desember 2009

kemilau-muharamKemilau Muharam

Dataran Engku Putri Batam Center, 17 Desember 2009

lomba-iconLomba dan Pameran Foto Ikon Visit Batam

Dataran Engku Putri Batam Center, 25 s/d 30 Desember 2009

kembang-apiKenduri Akhir Tahun dan Pesta Kembang Api

Dataran Engku Putri Batam Center, 31 Desember 2009

*Klik icon untuk memperbesar


Kalender Event Visit Batam 2010 – Periode Event November s/d Desember 2009 & 180 Tahun Kota Batam

Kalender Event Visit Batam 2010 – Periode Event November s/d Desember 2009 Kalender Event Visit Batam 2010 – Periode Event November  2009

Kalender Event Visit Batam 2010 – Periode Event November s/d Desember 2009 Kalender Event Visit Batam 2010 – Periode Event 180 Tahun Kota Batam November s/d Desember 2009

Catatan :

  • Informasi perubahan event silahkan hubungi Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Batam.
  • Klik untuk memperbesar gambar.

Kalender Event Visit Batam 2010 – Periode Event Oktober s/d Desember 2009

Kalender Event Visit Batam 2010 – Periode Event November s/d Desember 2009

Klik gambar untuk event terbaru.


Saksikanlah Sea Eagle Boat Race ke 6 di Belakang Padang tgl 7-9 Agustus 2009

SEB2

Selasa, 04/08/2009,

Batam – Acara tahunan yang digelar Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam dalam menunjang kegiatan Visit Batam 2010 tahun 2009 dan menyambut Dirgahayu RI ke 64 salah satunya adalah Sea Eagle Boat Race ke 6 yang dilaksanakan di Belakang Padang pada tanggal 7 sampai 9 Agustus 2009.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa tim dari 10 propinsi dan kota / kabupaten. Pada tahun ini juga di ikuti oleh 3 tim dari negara Malaysia yang mana salah satunya merupakan pemenang pada pertandingan serupa di Sumbar.

Acara tahun ini memperebutkan total hadiah 46 juta rupiah. Dan juga akan di meriahkan oleh artis dan seniman Kota Batam pada acara Pentas Seni Bulanan dan juga pemutaran Film Indonesia. Juga bagi ibu-ibu dan remaja putri  diadakan acara Lomba Membuat Kue Non Beras yang di koordinir oleh Tim PKK Kota Batam





Ubah ke tampilan mobile