Tentang Pariwisata Kota Batam

Letak Kota Batam yang strategis berbatasan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia yang terdiri dari ± 400 pulau. Luas wilayah 3.990 km2 terdiri dari Luas wilayah Daratan 1.380,85 km2 dan Luas wilayah Lautan 2.950 km2.

secara geografis kota Batam berbatasan dengan :

Utara     : Selat Singapura

Selatan  : Wilayah Kec. Senayang Kab. Lingga

Barat      : Wilayah Kec. Moro Kab. Karimun

Timur   : Wilahyah Kec. Bintan Utara Kab. Bintan

Posisi Batam yg berdekatan dengan Singapura dan Malaysia sebagai salah satu tujuan wisata dunia dapat dikembangkan sebagai GERBANG WISATA INDONESIA.

Pulau Batam dan beberapa Pulau disekitarnya dikembangkan oleh Pemerintah RI menjadi Daerah Industri, Perdagangan, Jasa, Alih Kapal dan pariwisata.  Sejak terbentuknya Kotamadya Administratif Batam tanggal 24 Desember 1983,  Batam terus mengalami perkembangan. Hasil sensus penduduk, selama periode 2000-2012 laju pertumbuhan penduduk Batam rata-rata sebesar 7,68 %. Data Kependudukan  Kota Batam per 31 Desember 2014 berjumlah 1.030.528 jiwa termasuk Kota dengan Pertumbuhan Penduduk terpesat di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Batam sebesar rata-rata 7% lebih besar dari pertumbuhan ekonomi Nasional. Penduduk Asli Pulau Batam adalah Suku Melayu.

Selain terkenal dengan Industrinya, Kota Batam juga terkenal dengan potensi wisatanya. Hal inilah yang menjadikan Batam sebagai kota ke-3 terbesar dalam jumlah tingkat kunjungan Wisatawan Mancanegara setelah Jakarta dan Bali.

Leave a Reply