GAMBARAN PELAYANAN SKPD

Tugas Pokok dan Fungsi SKPD (Tupoksi)

Berdasarkan Peraturan Walikota Batam Nomor : 26 Tahun 2010  tentang Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Daerah Kota Batam maka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam menyelenggarakan tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah dibidang kepariwisataan dan kebudayaan, serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya  :

  1. Penyusunan program dan kegiatan dinas dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang;
  2. Penyelenggaraan urusan tata usaha perkantoran yang meliputi urusan umum, keuangan dan kepegawaian;
  3. Perumusan kebijakan teknis dibidang pariwisata dan kebudayaan
  4. Penyelenggaraan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang sarana dan obyek wisata , bidang pengembangan dan promosi wisata, bidang seni budaya dan sejarah;
  5. Penyelenggaraan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalam lingkup tugasnya;
  6. Pembinaan terhadap unit pelaksana teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya;

 

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempunyai  struktur organisasi sebagai berikut :

  • Kepala Dinas
  • Sekretariat
  • Bidang Program
  • Bidang Sarana dan Obyek Wisata
  • Bidang Pengembangan dan Promosi Wisata
  • Bidang Seni Budaya dan Sejarah

 

Tugas pokok dan fungsi masing-masing adalah sebagai berikut :

Kepala Dinas

(1)      Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah bidang kepariwisataan dan kebudayaan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.

(2)      Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :

  1. Menyusun program dan kegiatan dinas dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang;
  2. Menyelenggarakan urusan tata usaha perkantoran yang meliputi urusan umum, keuangan dan urusan kepegawaian;
  3. Merumuskan kebijakan teknis dibidang pariwisata dan kebudayaan;
  4. Menyelenggarakan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang sarana dan obyek wisata, bidang pengembangan dan promosi wisata, bidang seni budaya dan sejarah;
  5. Menyelenggarakan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalam lingkup tugasnya;
  6. Melaksanakan pembinaan terhadap unit pelaksana teknis sesuai dengan lingkup tugasnya
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Sekretariat

(1)      Sekretariat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai tugas membentu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam melaksanakan urusan perencanaan tata laksana, keuangan, umum, perlengkapan dan kepegawaian.

(2)      Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :

  1. Menyusun rencana program ketatausahaan dan keuangan dinas;
  2. Mengkoordinasi perumusan kebijakan umum dan kebijakan teknis dibidang pariwisata;
  3. Menkoordinasi penyusunana rencana umum, rencana strategis, rencana kerja, rencana kinerja, rencana kegiatan dan anggaran dinas;
  4. Mengkoordinasi pelaksanaan tugas unit-unit organisasi dilingkungan dinas;
  5. Menyusun rencana kerja dinas;
  6. Menyusun penetapan kerja dinas;
  7. Menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  8. Melaksanakan analisis dan menyajikan data dibidang pariwisata;
  9. Menerapkan dan mengembangkan sistem informasi di bidang pariwisata;
  10. Memantau, mengendalikan, dan mengevaluasi kinerja serta dampak melaksanakan program dan kegiatan dinas;
  11. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;
  12. Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  13. m. Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan dinas;
  14. Menyiapkan bahan dan menatausahakan bidang pariwisata;
  15. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang kesekretariatan;
  16.  Mengelola keuangan, kepegawian, surat-menyurat, kearsipan, administrasi umum, perpustakaan, kerumahtanggaan, sarana, dan prasarana serta hubungan masyarakat;
  17. Melaksanakan pelayanan administratif dan fungsional;
  18. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan sekretariat;dan
  19. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya;

(3)      Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) Sekretaris membawahi :

a.    Subbagian Keuangan;

(1)     Subbagian Keuangan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas dibidang pengelolaan keuangan dinas;

(2)     Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah sebagai berikut :

a)        Menyusun rencana kegiatan subbagian keuangan;

b)       Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan  administrasi keuangan;

c)        Mengelola administrasi keuangan, verifikasi, dan perbendaharaan dinas;

d)       Menyusun laporan keunagan dinas;

e)        Menyiapkan bahan perhitungan anggaran dinas;

f)         Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma standar, pedoman, dan petunjuk operasional dibidang administrasi keuangan;

g)       Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan subbagian keuangan;dan

h)       Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan funsinya.

b.   Subbagian Umum;

(1)     Subbagian Umum mempunyai fungsi pelaksanaan tugas dibidang perlengkapan, rumah tangga, perpustakaan, administrasi umum, dan hubungan masyarakat serta memberikan pelayanan administrasi dan fungsional.

(2)     Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana kegiatan subbagian umum;
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan umum;
  3. Melaksanakan koordinasi dan pengelolaan peraturan perundang-undangan;
  4. Mengelola surat-menyurat dan kearsipan;
  5. Mengelola urusan rumah tangga;
  6. Mengelola sarana dan prasarana perkantoran;
  7. Mengelola perpustakaan;
  8. Melaksanakan hubungan masyarakat;
  9. Mengelola perjalanan dinas;
  10. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma standar,pedoman, dan petunjuk operasional di bidang umum;
  11. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan subbagian umum;dan
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

c. Subbagian Kepegawaian

(1)     Subbagaian kepegawaian mempunyai fungtsi pelaksanan tugas dibidang kepegawaian, penyusunan rencana kegiatan, perencanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

(2)     Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan subbagian Kepegawaian;
  2. Menganlisis rencana kebutuhan,kualifikasi, dan kompetensi pegawai;
  3. Memberikan pelayanan administrasi kepegawaian;
  4. Melaksanakan pengembangan pegawai;
  5. Menyelenggaran analisis jabatan;
  6. Mengelola tata usaha kepegawaian;
  7. Menganalisis beban kerja;
  8. Menyiapkan bahan pembinaan dan kesejahteraan pegawai serta pengawasan melekat;
  9. Melaksanakan pengkajian kompetensi dan kualifikasi jabatan;
  10. Menyiapkan bahan evaluasi kinerja pegawai;
  11. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional dibidang kepegawaian;
  12. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan subbagian Kepegawaian;dan
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

Bidang Program

(1)           Bidang program dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan penyusunan rencana kegiatan,perencanaan, pengolahan data dan informasi, monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

(2)           Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan bidang program;
  2. Menyusun rancangan kebijakan umum dinas;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan perencanaan dinas;
  4. Melaksanakan anilis dan penyajian data di bidang pariwisata;
  5. Mengelola sistem informasi,pelayanan data, dan informasi pembangunan di bidang pariwisata;
  6. Menyusun rencana umum, rencana strategis, rencana kerja dan kinerja tahunan deinas, rencana kegiatan, dan anggaran dinas;
  7. Menyusun rencana kerja sama dinas;
  8. Menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  9. Menyusun ketatalaksanaan program dan kegiatan dinas;
  10. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi dampak pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  11. Menyiapkan bahan pengendalian kegiatan dinas;
  12. Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  13. Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan dinas;
  14. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;
  15. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma,standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang perencanaan;
  16. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan bidang program;dan
  17. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan  sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

(3)       Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Bidang dan membawahi :

a.   Seksi Data dan Informasi

(1)       Seksi Data dan Imformasi mempunyai fungsi pelaksanaan pengumpulan dan pengelolaan data dan penyajian informasi.

(2)       Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi Data dan Informasi;
  2. Melaksanakan pengumpulan dan analisis data serta penyajian informasi di bidang pariwisata;
  3. Mengelola sistem informasi, pelayanan data, dan informasi pembangnan di bidang pariwisata;
  4. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, staqndar, pedoman, dan p-etunjuk operasional dibidang data dan informasi;
  5. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi Data dan Onformasi;dan
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

          b.   Seksi Penyusunan Program

(1)       Seksi Penyusunan Program mempunyai fungsi pelaksanaan penyusnan rencana kegiatan dan perencanaan dinas.

(2)       Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Penyusunan Program;
  2. Menyusun rencangan  kebijakan umum dinas;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan perencanaan dinas;
  4. Menyusun rencana umum, rencana strategis, rencana kerja dan kinerja tahunan dinas, rencana kegiatan, dan anggaran dinas;
  5. Menyusun rencana kerja sama dinas;
  6. Menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  7. Menyusun ketatalaksanaan program dan kegiatan dinas;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang penyusunan program;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi penyusunan program.

c.   Seksi Evaluasi dan Pelaporan

(1)   Seksi Evaluasi dan pelaporan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas monitoring, evaluasi dan pelaporan.

(2)   Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi evaluasi dan pelaporan;
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan monotoring, evaluasi dan pelaporan dinas;
  3. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi dampak pelaksanaan program dan pelaporan dinas;
  4. Menyiapkan bahan pengendalian kegiatan dinas;
  5. Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  6. Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan dinas;
  7. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksaan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional di  bidang monitoring, evaluasi dan pelaporan ;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Bidang Sarana Dan Objek Wisata

(1)   Bidang Sarana dan Objek Wisata dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pengembangan sarana dan objek wisata.

(2)   Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana d maksud pada ayat( 1 ), Bidang Sarana Dan Objek wisata mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan bidang sarana dan objek wisata;
  2. Merumuskan kebijakan teknis penyelenggaraan di bidang pengembangan sarana dan objek wisata;
  3. Menyusun rencana dan penetapan kinerja penyelenggaraan di bidang pengembangan sarana dan objek wisata;
  4. Melaksanakan pelayanan perizinan dan penerbitan retribusi perizinan atas penyelenggaraan objek wisata daerah dan daya tarik wisata;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam rangka mengembangkan sarana dan objek wisata;
  6. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian serta pengatran pengelolaan sarana dan objek wisata;
  7. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pengembangan sarana dan objek wisata;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Bidang Sarana Dan Objek Wisata; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

(3)   Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1) dan ayat (2) Bidang Sarana Dan Objek Wisata terdiri dari :

a.          Seksi Sarana Wisata;

(1)   Seksi Sarana Wisata mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang sarana wisata.

(2)   Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana d maksud pada ayat (1), Seksi Sarana Wisata mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Sarana Wisata;
  2. Menyusun kebijakan teknis pelaksanaan di Bidang Sarana Wisata;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang Sarana Wisata;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja di bidang Sarana Wisata;
  5. Melaksanakan pelayanan perizinan da penerbitan retribusi perizinan atas oenyelenggaraan usaha jasa dan Sarana Wisata;
  6. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pemantauan dengan pengembangan atas pengelolaan usaha jasa da Sarana Wisata;
  7. Melaksanakan pengawasan, pengendalian serta penertiban atas kegiatan usaha jasa dan sarana Wisata;
  8. Melaksanakan penghimpunan dan penyiapan bahan penyelenggaraan pelayanan informasi;
  9. Melaksanakan pengelolaan dan pengkoordinasian pusat-pusat informasi kepariwisataan;
  10. Melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat luas;
  11. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang Sarana wisata;
  12. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi Sarana Wisata; dan
  13. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

b. Seksi Objek dan Daya Tarik Wisata
(1)       Seksi objek dan daya tarik Wisata mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang objek dan daya tarik wisata.

(2)       Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud pada ayat (1) , Seksi Objek dan Daya tarik wisata mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi objek dan daya tarik wisata;
  2. Menyusun kebijakan tekni pelaksanaan di bidang objek dan daya tarik wisata;
  3. Menyiapakan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang objek dan daya tarik wisata;
  4. Menyusun rencana kinerja dan menetapkan kinerja di bidang objek dan daya tarik wisata;
  5. Melaksanakan pelayanan perizinan dan penerbitan retribusi perizinan atas penyelenggaraan objek wisata dan daya tarik wisata;
  6. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait untuk mengembangkan objek dan daya tarik wisata;
  7. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian serta penerbitan atas pengelolaan objk wisata dan daya tarik wisata;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasianal di bidang objek dan daya tarik wisata;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Objek Dan Daya Tarik wisata;
  10. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya

c. Seksi Pemberdayaan dan Standarisasi Pariwisata

(1)   Seksi Pemberdayaan dan Standarisasi Pariwisata mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang pemberdayaan dan standarisasi kepariwisataan.

(2)   Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud pada ayat (1), Seksi Pemberdayaan dan Standarisasi Pariwisata mempunyai :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi pemberdayaan dan standarisasi kepariwisataan;
  2. Menyusun kebijakan teknis pelaksanaan di bidang pemberdayaan dan standarisasi kepariwisataan;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang pemberdayaan kegiatan dan standarisasi kepariwisataan;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja di bidang pemberdayaan dan standarisasi kepariwisataan;
  5. Melaksanakan penyusunan standarisasi, norma, kriteria dan prosuder usaha kepariwisataan kepariwisataan;
  6. Melaksanakan penyuluhan dan pembinaan kepada mitra dan kelompok sadar wisata;
  7. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi program kerja pemberdayaan dan standarisasi pariwisata;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pemberdayaan dan standarisasi kepariwisataan;
  9. Melaksanakan monotoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pemberdayaan dan Standarisasi Kepariwisataan; dan
  10. Melaksankan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinaya.

 

Bidang Pengembangan dan Promosi Wisata

(1)   Bidang Pengembangan dan Promosi Wisata dipampin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan di bidang pengembangan dan promoso wisata.

(2)   Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud pada ayat (1), Bidang Pengembangan Promosi Wisata mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Pengembangan dan Promosi wisata;
  2. Merumuskan kebijakan tekhnis penyelenggaraan di bidang pengembangan dan promosi wisata;
  3. Menyusun rencana dan penetapan kinerja penyelenggaraan di bidang pengembangan dan promosi wisata;
  4. Melaksanakan pengembangan dan penyelenggaraan promosi wisata;
  5. Melaksankan penghimpunan dan penyiapan bahan penyelenggaraan pelayanan informasi kepariwisataan;
  6. Melaksanakan inventarisasi, koordinasi dan pengelolaan pusat-pusat informasi kepariwisataan;
  7. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang pengembangan dan promosi wisata;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan bidang di bidang pengembangan dan promosi wisata; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

(3)   Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) Bidang Pengembangan dan Promosi Wisata terdiri dari :

a.         Seksi Promosi  Wisata Dalam dan Luar Negeri;

(1)       Seksi Promosi Wisata Dalam dan Luar Negeri mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang promosi wisata dalam dan luar negeri.

(2)     Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud pada ayat (1), seksi promosi wisata dalam  dan luar negeri  mempunyai tugas :

  1. Menyusun kegiatan rencana Seksi Promosi Wisata dalam dan luar negeri;
  2. Menyusun kegiatan teknis pelaksanaan di bidang promosi wisata dalam dan luar negeri;
  3. Meyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang promosi dalam dan luar negeri;
  4. Menysun rencana kinerja dan penetapan kinerja dalam dan luar negeri;
  5. Melaksanakan promosi wisata dalam dan luar negeri;
  6. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi pemerintah bidang pariwisata dan kebudayaan baik yang ada di dalam maupun luar negeri, dalam rangka pengembangan promosi pariwisata dalam dan luar negeri;
  7. Melaksanakan penghimpunan dan penyusunan bahan pemantauan serta evaluasi pelaksanaan  kebijakan promosi pariwisata dalam dan luar negeri;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang promosi wisata dalam dan luarnegeri ;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi promosi wisata dalam dan luar negeri; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

b.        Seksi Hubungan Antar Lembaga Kepariwisataan

(1)      Seksi Hubungan Antar Lembaga Kepariwisataan mempunyai fungsi pelaksaan tugas di bidang hubungan antar lembaga kepariwisataan.

(2)       Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di msksud pada ayat (1), Seksi Hubungan Antar Lembaga Kepariwisataan :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Hubungan Antar Lembaga kepariwisataan;
  2. Menyusun kebijakan teknis pelaksanaan di bidang hubungan antar lembaga kepariwisataan;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang hubungan antar lembaga kepariwisataan;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja di bidang hubungan antar lembaga dan kepariwisataan;
  5. Melaksanakan pengumpulan , pengumpulan, inventarisasi, analisis, evaluasi dan penyusunan laporan data dan informasi hubungan lembaga kepariwisataan;
  6. Melaksanakan bimbingan teknis dan evaluasi penyusunan laporan data dan informasi hubungan antar lembaga kepariwisataan;
  7. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan hubungan antar lembaga kepariwisataan;
  8. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang hubungan antar lembaga kepariwisataan;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi hubungan Antar Lembaga Kepariwisataan; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 c.   Seksi Informasi dan Teknologi Kepariwisataan

(1)       Seksi Informasi dan Teknologi Kepariwisataan mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang informasi dan Tekhnologi Kepariwisataan .

(2)       Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud ayat (1) , Seksi Informasi Dan Tekhnologi Kepariwisataan mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi informasi dan teknologi kepariwisataan;
  2. Menyusun bahan teknis pelaksanaan di bidang informasi dan teknologi kepariwisataan;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang informasi dan teknologi kepariwisataan;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja di bidang informasi dan teknologi kepariwisataan;
  5. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait, media massa dalan rangka pengembangan promosi Pariwisata melalui media informasi dan tekhnologi kepariwisataan;
  6. Melaksanakan penyiapan bahan dan sosialisasi kebijakan bidang pengembangan promosi pariwisata melalu informasi dan teknologi antara lain melalui media VCD, DVD, dan informasi tekhnologi lainnya;
  7. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang informasi dan tekhnologi kepariwisataan;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi informasi dan tekhnologi kepariwisataan; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

Bidang Seni Budaya dan Sejarah

(1)        Bidang Seni Budaya dan sejarah dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang seni budaya dan sejarah.

(2)        Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana  dimaksud pada ayat (1) , Bidang seni Budaya Dan sejarah mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan  bidang seni budaya dan sejarah;
  2. Merumuskan kebijakan teknis penyelenggaraan di bidang seni budaya dan sejarah;
  3. Menyusun rencana dan penetapan kenerja penyelenggaraan di bidang seni budaya dan sejarah;
  4. Melaksanakan koordinasi dan penyelenggaraan izin kegiatan seni budaya dan sejarah;
  5. Melaksanakan pengembangan dan pembakuan sejarah, hikayat dan cerita legenda serta museum;
  6. Melaksanakan analisa dan evaluasi pelaksanan program kerja seni budaya dan sejarah;
  7. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang seni budaya dan sejarah;
  8. Melaksanakan monotoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan bidang seni budaya dan sejarah;
  9. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

(3)        Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) , Bidang Seni Budaya dan Sejarah terdiri dari :

a.   Seksi Kesenian dan Perfilman

(1)        Seksi Kesenian dan Perfilman mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang kesenian dan Perfilman.

(2)         Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud pada ayat (1), Seksi Kesenian dan Perfilman mempunyai tugas  :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi  kesenian dan perfilman;
  2. Menyusun kebijakan teknis pelaksanaan di bidang kesenian dan Perfilman ;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang kesenian dan Perfilman ;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja  di bidang kesenian dan Perfilman ;
  5. Melaksanakan pelayanan perizinan dan retribusi terhadap kegiatan seni, perfilman dan purbakala bersifat rutin maupun insidentil;
  6. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait untuk pengembangan kesemnian dan perfilman;
  7. Melaksanakan bimbingan/pembinaan dan evaluasi terhadap bidang kesenian perfilman, sumber daya dan teknologi kesenian dan perfilman;
  8. Penyelengaraan izin kesenian dan perfilman dalam lingkup pembuatan, pengedaran, penjualan dan penyewaan produk seni dan film (VCD dan DVD);
  9. Melaksanakan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang produksi film, sumber daya dan teknologi perfilman, distribusi film, festival dan eksebisi, serta advokasi dan hubungan lembaga perfilman;
  10. Melaksanakan pengawasan dan pendataan film dan rekaman video yang beredar, perusahaan persewaan dan penjualan rekaman video serta kegiatan evaluasi dan laporan pelaksanaan kebijakan perfilman lingkup kota;
  11. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian serta penertiban atas penyelengaraan kegiatan kesenian dan perfilman;
  12. Menyusun rencana pengembangan kesenian tradisional;
  13. Menyiapkan bahan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional di bidang kesenian dan perfilman;
  14. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan seksi kesenian dan perfilman;
  15. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.

 

b.   Seksi Budaya dan Sejarah

(1)               Seksi Budaya dan Sejarah mempunyai fungsi pelaksanaan tugas di bidang budaya dan sejarah.

(2)               Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) , seksi seni budaya dan sejarah mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi budaya dan sejarah;
  2. Menyusun kebijakan teknis pelaksanaan di bidand budaya dan sejarah ;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan di bidang budaya dan sejarah;
  4. Menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja di bidang budaya dan sejarah;
  5. Melaksanakan kegiatan seni tradisi, budaya melayu dan budaya nusantara;
  6. Melaksanakan pengembangan seni seni tradisi, budaya melayu dan budaya nusantara;
  7. Melaksanakan pelayanan umum bidang budaya dan sejarah yang meliputi penyelenggaraan perizinan dan penertiban retribusi perizinan atas kegiatan seni tradisi dan budaya yang di operasikan oleh yang bukan pemerintah/ pemerintah daerah;
  8. Melaksanakan koordinasi untuk pengembangan seni tradisi budaya melayu dan budaya nusantara;
  9. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian  serta pembinaan atas penyelenggaraan seni tradisi dan budaya
  10. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan  norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang budaya dan sejarah;
  11.  Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Seksi Budaya dan Sejarah; dan
  12. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya.