Wisata Budaya

1. Tari  Zapin

Tari Zapin adalah khazanah tarian yang kental dengan pengaruh Arab. Tarian tradisional ini bersifat edukatif tetapi dikemas dengan hal yang berbeda sehingga siapa saja yang menontonnya akan merasa terhibur. Melalui tarian tersebut dijadikan sebagai media dakwah islam, melalui syair lagu-lagu yang didendangkan TARI ZAPIN

 

2. Rebana

Rebana merupakan sejenis alat musik tradisional yang sering dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu yang umumnya bertema islami. Alat musik ini biasanya dimainkan pada saat perayaan hari besar maupun event-event senid dan budaya. rebana

 

3. Kompang

Kompang merupakan sejenis alat musik tradisional yang berasal dari Arab, umumnya dimainkan pada saat menyambut tamu, mengiring arak-arakan, kenduri atau upacara-upacara tradisi melayu lainnya.

kompang

 

4. Gasing

Gasing merupakan permainan rakyat yang sangat populer bagi masyarakat Melayu khususnya pada Pulau Belakang Padang dikawasan tersebut terdapat sebuah museum gasing museum gasing yang dapat dimainkan dan dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mengetahui maupun bermain permainan gasing.

gasing

 

 

5. Mak Yong

Mak  Yong adalah pertunjukan melayu atau Seni tari tradisional masyarakat yang menampilkan unsur keagamaan, sandiwara, tari, musik, vokal, serta naskah. Biasanya dimainkan oleh para pria dan wanita menjadi tokoh utama dan diiringi alat musik rebab, gendang dan tetawak sebagai pelengkpnya.

mak yong