Wisata Religi

1.   MASJID AGUNG BATAM

Masjid Agung Batam terletak di Pusat Pemerintahan Kota Batam, Batam Centre. Bangunan ini dirancang sebagai penggabungan dari dua bentuk dasar yaitu balok bujur sangkar sebagai badan bangunan dan limas sama sisi sebagai kepala bangunan. Alasannya adalah Balok Bujur Sangkar merepresentasikan kekompakan dan kekokohan sehingga dalam bentuk keimanan yang kuat. Limas sama sisi adalah memiliki persepsi vertikalisme menuju satu titik di atas sebagai simbol hubungan antara manusia dengan tuhan.

 

mesjid

 

2.   PATUNG DEWI KWAN IM

Patung Dewi Kwan Im merupakan salah satu wisata religi bagi wisatawan terutama wisatawan tionghoa. Patung ini berhasil mencatatkan diri dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia, dengan tinggi mencapai 22,374 meter.

 

patung

 

3.   PURA AGUNG AMERTHA BUANA

Pura Agung Amertha Buana merupakan ikon wisata religi bagi umat Hindu. Pura ini dibangun pada tahun 1999 sebagai pusat peribadatan umat Hindu di Batam.

 

pura

 

4.   VIHARA DUTA MATERYA

Vihara Duta Materya merupakan pusat peribadatan besar bagi umat Buddha. Vihara ini merupakan Vihara terbesar di Kepulauan Riau, bahkan sebagian menyebutkan terbesar di Indonesia. Berbagai kegiatan dilakukan seperti Asian Vegetarian Congress, Vegetarian Food Fiesta hingga perayaan malam kesenian Cap Go Meh dan agenda besarnya adalah acara kebaktian bersama dan dipungkasi dengan malam Tri Suci Waisak.

 

vihara

 

5.   GPIB Emmanuel Batam

Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Emmanuel Batam merupakan gereja protestan Indonesia yang ada di Kepulauan Riau. Gereja ini berlokasi di Jl. Raya Raja Ali Haji No.1. Gereja ini dibangun pada 19 Desember 1993.

 

gpib