Wisata Sejarah

1. Kampung Vietnam (Memorial of Galang), Kecamatan Rempang Cate

      Camp ini dulunya mempunyai beberapa macam fasilitas, seperti: klinik PMI, kantor administrasi dari PBB, tempat pendidikan anak-anak, tempat peribadatan/kuil, dan tempat makam bagi mereka yang meninggal dunia karena terserang penyakit. Selama berada di tempat ini, para pengungsi tersebut mempelajari bahasa Inggrisdan beberapa bahasa lain serta mengikuti berbagai latihan ketrampilan, sambil menunggu keputusan dari pihak PBB. Tempat ini kemudian ditutup oleh PBB secara resmi pada tahun 1997. Pada tahun 2000, kem ini berganti nama menjadi Wisata Sejarah Galang Batam.

kampung 2

kampung

2. Rumah Limas Potong , Batu Besar Kecamatan Nongsa

Rumah Limas Potong ini merupakan rumah khas Melayu klasik yang berbentuk panggung sebagai pondasinya. Dindingnya yang terbuat dari papan kayu berwarna kecoklatan, yang merupakan warna khas Melayu Riau. Menurut informasi, Rumah Melayu ini diberi nama Limas Potong karena memang bentuk bangunannya seperti bentuk Limas yang terpotong. Jika menelusuri ke dalam rumah ini, dibagian tengah Rumah Limas Potong ini akan ditemukan sepasang patung yang di setiap sisinya terdapat dua patung, di depannya terdapat sebuah tempat tidur.

ruma

3. Komplek Makam Keluarga Nong Isa (Raja Isa), Nongsa Pantai Kecamatan Nongsa

Komplek makam zuriyat nong isa terletak di atas sebuah bukit kecil di kampung nongsa pantai, kelurahan sambau, kecamatan nongsa, batam. Nong Isa sendiri tidak dimakamkan di sini, jadi hanya makam anak keturunannya saja. Makam beliau sampai sekarang tidak diketahui keberadaannya. Untuk sampai ke komplek makam kita harus menaiki puluhan anak tangga. Tepat sebelum gerbang makam, terdapat sebuah papan keterangan yang menjelaskan silsilah keluarga Nong Isa dari tahun 1700-an sampai sekarang.

makam

4. Perigi Air Raja, Air Raja Kecamatan Galang

Perigi Raja merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir, provinsi RiauIndonesia.

sejarah4

5. Cerobong Asap Pabrik Batu Bata Brick Work Raja Ali Kelana, Kecamatan Batu Aji

brickwork

6. Komplek Makam Keluarga Temenggung Abdul Jamal, Kecamatan Bulang

Temenggung Abdul Jamal merupakan salah satu temenggung yang memerintah pada masa Kerajaan Riau Lingga. Temenggung sendiri adalah gelar pembesar di bawah raja atau sultan yang dikenal dalam sistem pemerintahan Kerajaan Melayu Johor-Riau.sejarah 3

7. Komplek Makam Putri Dahlia, Subang Mas Kecamatan Galang

makam2

8. Pilar Tri Angulasi Gunung Kedap, Batu Besar Kecamatan Nongsa

9. Komplek Makam Tua, Batu Besar Kecamatan Nongsa

10. Masesebo, Sembulang Kecamatan Galang

11.  Makam Tua Syekh Abdul Rahman, Sei Lekop Kecamatan Sagulung

12. Miniatur Budaya Nusantara, Bengkong Laut Kecamatan Bengkong