Berita Terbaru

Peringatan Hari Ibu ke-85 Tingkat Kota Batam


Peringatan Hari Ibu ke-85 Tingkat Kota Batam tanggal 23 Desember Tahun 2013 di Lapangan Engku Puteri Batam berjalan lancar walaupun diiringi oleh hujan. Pemerintah Kota Batam melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Batam pada kesempatan tersebut menyerahkan Bantuan Peralatan Kuliner secara simbolis kepada Perempuan kurang mampu di Kota Batam. Pemberian Bantuan tersebut merupakan salah satu Program Pengentasan Kemiskinan Kota Batam yang dilaksanakan oleh Bidang Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan, BPPKB Kota Batam . Wakil Walikota Batam berkenan menyerahkan bantuan peralatan kuliner tersebut  beserta istri Ibu Marlin.A Rudi selaku Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam kepada 2(dua) orang perempuan kurang mampu di Kota Batam. Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana juga mengkoordinir penampilan Parade Angklung dari Organisasi Wanita Sokka Gakkai Indonesia yang ada di Batam dengan membawakan lagu Kasih Ibu dan Lancang Kuning.

 


Batam Meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Presiden RI


Bertepatan dengan peringatan Puncak Hari Ibu  ke-85 Tahun 2013 tanggal 18 Desember 2013, bertempat di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Walikota Batam menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Presiden Republik Indonesia Kategori Madya. Anugerah Parahita Ekapraya (APE) sebagai bentuk penghargaan atas komitmen dan peran para pemimpin Pemerintah Daerah Prov/Kab/Kota diseluruh Indonesia dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) karena keberhasilan dalam menjalankan program-program pembangunan yang responsive gender.


Kegiatan Pembukaan Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif Perempuan

Pada tanggal 27 Agustus 2013 bertempat di Aula Engku Hamidah Kantor Walikota Batam, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Batam melaksanakan Kegiatan Pembukaan Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif Perempuan (Program Pengentasan Kemiskinan) Tahun Anggaran 2013. Acara di buka oleh Asisten Administrasi Umum, Drs.H.M.SAHIR. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan yang bertujuan untuk memberikan Pelatihan Kuliner dan kemasan agar perempuan dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga, menanamkan sikap dan potensi jiwa kewirausahaan serta terwujudnya perempuan yang terampil dan mandiri di bidang ekonomi melalui usaha yang kreatif serta produktif agar tercapai taraf hidup yang lebih baik dan sejahtera.


KUNJUNGAN KERJA BPPKB KOTA BATAM KE BPPKB KABUPATEN BOGOR DALAM RANGKA PEMBAHASAN MASALAH TRAFICKING

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Batam, Dalam rangka membahas tentang masalah traficking Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Batam melakukan Kunjungan Kerja ke BPPKB  Kabupaten Bogor pada hari Jumat (31/5/13). Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Kota Batam, Ibu Nurmadiah M.Pd ikut turut serta dalam Kunjungan Kerja ini. Dalam Pertemuan ini Pemerintah Kota Batam dan Pemerintah Kabupaten Bogor sepakat untuk melakukan kerjasama untuk menangani masalah traficking  yang terjadi antara 2 daerah ini.


KEGIATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

 

BATAM, Badan pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Batam mengadakan pembinaan terhadap kader Catur Bina (BKB,BKR,BKL,BLK) pada hari Kamis (25 April 2013 ) di Posyandu Ceria Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota. Kegiatan pembinaan ini diikuti  oleh 50 orang kader-kader posyandu kelurahan belian. Pada kesempatan ini, Badan Pemberdayaan Perempuan menghadirkan Narasumber dari BKKBN Provinsi Kepri (Drs, Jorgis). Adapun kegiatan ini merupakan permintaan dari kader-kader di kelurahan Belian. Menurut Dra. Koestrinie M.Pd, untuk mempercepat pemahaman para kader terhadap kegiatan BKB dilakukan simulasi yang dibimbing langsung oleh narasumber dari BKKBN Provinsi Kepulauan Riau.

 

 

 


TMMD MANUNGGAL KE – 90 Thn. 2013

 

 

 

 

 

 

 

BATAM, Kegiatan TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) ke 90 yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Kelurahan Sadai, Selasa(14/5/2013). Badan Pemberdayaan Perempuan mengadakan Pelayanan KB Gratis bagi masyarakat sekitar. Kegiatan ini dibuka oleh Danren 033 / Wira Pratama, Brigjen TNI Denny K Irawan. Acara ini ikut dihadiri oleh unsur muspida antara lain, Danlanal Kota Batam, Wakapolresta Barelang, Wakil Wali Kota Batam, Persit Kartika Candra Kirana, Tokoh Agama, Tokoh adat, Tokoh Masyarakat, dan undangan lainnya.. Meskipun diguyur hujan, masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dimana peserta KB yang dilayani ada 45 orang (IUD :2 orang, Implant : 3 orang, Suntik : 26 orang Pil : 14 orang)


HUT HARI JADI BATAM KE-183

Tanggal 9 Desember 2012, dalam rangka memeriahkan HUT Jadi Batam ke-183, HUT DWP Kota Batam dan Hari Ibu, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Batam turut serta berpartisipasi sebagai peserta Kegiatan lomba yang di laksanakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kota Batam. Acara di lanjutkan dengan Lomba Marandang yang diselenggarakan oleh Bundo Kanduang salah satu organisasi yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam yang bertempat di Lapangan Parkir Kepri Mall Batam.

 


MALAM RENUNGAN AIDS NUSANTARA (MRAN) Tahun 2012

 

 

 

Dengan Tema Lindungilah Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS Menyongsong Hari Ibu ,  Perllindungan Perempuan dan Anak adalah Upaya Menciptakan Generasi baru Bebas HIV dan Aids, pada tanggal 8 Desember 2012 bertempat di Lapangan Engku Puteri Kota Batam telah dilaksanakan Kegiatan Malam Renungan Aids Nusantara (MRAN) Tahun 2012. Acara  di buka oleh Walikota Batam yang diwakili oleh Bapak Asisten III Bidang Adminsitrasi Umum Drs.H.M.SAHIR. Pada kesempatan tersebut istri Walikota Batam Ny.Mariana A.Dahlan berkenan Hadir selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam. Sebelum Acara Malam Renungan di mulai, terlebih dahulu telah dilakukan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja dan HIV/Aids di sekolah-sekolah dan Pengurus Organisasi Perempuan, Pembagian Brosur dan penyematan Pita Simbol HIV.

 

 


SOSIALISASI ADVOKASI PEMENUHAN HAK KESEHATAN REPRODUKSI BAGI REMAJA DI KOTA BATAM

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Batam tanggal 12 Nopember 2012 bertempat di Hotel Nagoya Plaza Batam melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Advokasi Pemenuhan Hak Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja di Kota Batam. Adapun peserta sosialisasi yang berjumlah 30 orang terdiri dari Siswa, Guru, Komite Sekolah, Orang Tua Murid, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial dan Lembaga Pemerhati Anak.

Adapun tujuan dari kegiatan ini :

  1. Memberi pemahaman kepada masyarakat, generasi muda, pendidik dan orangtua mengenai hak-hak anak dan kebijakan pemenuhan hak kesehatan anak
  2. Memberi pemahaman mengenai pentingnya pemenuhan hak tumbuh kembang anak bidang kesehatan, terutama pencegahan HIV-AIDS serta kesehatan reproduksi kepada remaja dengan baik, benar dan bertanggung jawab.

Kegiatan ini  dikemas dalam bentuk seminar, yang terdiri dari 2 (dua) orang Narasumber Pusat, 2 (dua) orang Narasumber daerah dengan materi sebagai berikut:

  1.  Kebijakan Tumbuh Kembang Anak oleh Asdep Pemenuhan Hak Kesehatan Anak KPP-PA, RI
  2. Kecerdasan Mental dan Emosional akibat Pengaruh Global oleh Direktur Bina Kesehatan Jiwa, Kementerian Kesehatan RI
  3. Kebijakan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak di Kota Batam, Badan PP dan KB Kota Batam
  4. Pengetahuan yang benar dan comprehensive tentang Kesehatan Reproduksi HIV/AIDS oleh LSM Daerah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kunjungan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Bukittinggi

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Bukittinggi pada tangal 30 Nopember 2012 melakukan Study Banding ke Kota Batam dalam rangka Meningkatkan SDM Pengurus  Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Bukittinggi dalam menciptakan kader-kader perempuan dalam pembangunan, serta meningkatkan peran  perempuan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan Sosial Budaya. Rombongan terdiri dari 25 orang yang diketuai langsung oleh istri Walikota Bukittinggi. Rombongan di terima oleh Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Batam beserta jajaran.





Ubah ke tampilan mobile