Pembekalan Ilmu Untuk Puteri Indonesia Kepulauan Riau 2014

Batam, Rabu 26 November 2014 Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPPA KB ) Kota Batam Dra. Hj. Nurmadiah, M.Pd menjadi narasumber bagi Finalis Puteri Indonesia Kepulauan Riau 2014. Ini merupakan pembekalan, penambahan Ilmu pengetahuan kepada para Finalis Puteri Indonesia Kepri 2014 khususnya dibidang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB. Pembekalan ini bertujuan agar para finalis mempunyai pengetahuan yang luas, menambah wawasan yang luas tentang bagaimana cara memberdayakan masyarakat pada umumnya, perempuan dan anak pada khususnya.

Ibu Nurmadiah menjelaskan untuk menjadi seorang Puteri Indonesia tidak hanya sekedar “CANTIK”, akan tetapi harus juga memiliki pribadi dan kecerdasan yang luas. Dibawah ini ada beberapa yang harus menjadi perhatian untuk Puteri Kepri pada khusunya, Puteri Indonesia pada umumnya antara lain yaitu :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan YME
  2. Kepribadian yang baik,
  3. Cerdas (integelensia)
  4. Budi pekerti yang luhur,
  5. Mempunyai bakat dan Prestasi
  6. Mempunyai sifat sosial yang tinggi
  7. Terampil dalam Berkomunikasi
  8. Mampu berfikir secara Rasional untuk kepentingan masyarakat
  9. Dll.

Lebih lanjut Ibu Nurmadiah menjelaskan, seorang Puteri Indonesia harus bisa menjadi panutan dan tauladan bagi masyarakat serta pendorong kemajuan perempuan dalam berbagai bidang, juga harus mampu menjadi perempuan yang mandiri, aktif berperan dalam pembangunan Bangsa dan Negara. Puteri Indonesia juga mempunyai peran-peran penting untuk menyampaikan pesan tentang :

  1. Perempuan tidak menikah di usia dini karena mental mereka belum siap,
  2. Pemberdayaan ekonomi juga belum siap,
  3. Lanjutkan pendidikan dan pengalaman diberbagai hal semata-mata untuk tidak menikah lebih awal.
  4. Kemudian Ekonomi, Sosial, Politik, Pendidikan perempuan harus semakin maju dan tidak boleh lagi ada yang buta huruf,
  5. Keadilan gender,
  6. Kesetaraan gender,
  7. Mentransformasikan nilai-nilai egaliter (Persamaan).

Pesan-pesan berkaitan dengan anak, Puteri Indonesia harus menyampaikan perlunya  menghargai dan melindungi anak, mensosialisasi tumbuh kembang anak, ayah dan ibu punya peran penting di dalam tumbuh kembang anak, menjaga, melindungi anak dari tindak pelecehan dan kekerasan. Pentingnya anak perempuan khusunya di pedesaan mendapatkan akses di bidang iptek.

Acara kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama Perwakilan BPPPA KB Kota Batam dengan Finalis Puteri Indonesia Kepri 2014.

Batu Ampar-20141126-00958 Batu Ampar-20141126-00956 Batu Ampar-20141126-00960 Batu Ampar-20141126-00959 Batu Ampar-20141126-00963 Batu Ampar-20141126-00964



Anda dapat mengikuti respon dengan mentaut RSS 2.0 feed.
Anda dapat meninggalkan komentar, atau membuat umpan balik trackback dari situs anda.

Masukkan Komentar Anda


Meninggalkan Balasan

XHTML: Anda dapat menggunakan tag: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>