Kunjungan/ Study Comperatif P2TP2A Limpapeh Rumah Nan Gadang Sumatera Barat Ke Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kota Batam

Batam, Pukul 14.00 WIB tanggal 27 November 2014 Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPPA KB) Kota Batam mendapat kunjungan/study comparatif dari P2TP2A Limpapeh Rumah Nan Gadang Sumatera Barat. Pertemuan ini dilaksanakan di Aula Engku Hamidah lantai 4 Pemerintah Kota Batam.
Study Comparatif P2TP2A Limpapeh Rumah Nan Gadang Sumatera Barat ini dipimpin langsung oleh Ibu Ketua P2TP2A Sumatera Barat Ibu Hj. Nevi Irwan Prayitno dengan jumlah rombongan lebih kurang sebanyak 20 orang. Arti penting dari Study Comparatif ini untuk saling bertukar pikiran, ide, wawasan. Bagaimana peran P2TP2A Kota Batam dalam melindungi dan melayani Perempuan dan Anak Korban KDRT, Penanganan Kasus Traffciking yang terjadi di Kota Batam.

Ibu Dra. Hj. Nurmadiah, M.Pd (Kepala BPPPA KB Kota Batam) memaparkan pada pertemuan tersebut tentang latar belakang P2TP2A yaitu:

• Meningkatnya angka kekerasan yang dialami oleh perempuan baik di lingkungan keluarga, tempat kerja, masyarakat maupun negara dalam bentuk kekerasan fisik, psikis, seksual, penelantaran ekonomi dan eksploitasi termasuk trafficking serta kekerasan lainnya sehingga menimbulkan penderitaan bagi perempuan baik anak, dewasa maupun usia lanjut.
• Letak geografis Kota Batam yang sangat strategis, berdekatan dengan negara- negara Asia
• Kota Batam merupakan Daerah yang banyak mempunyai tempat hiburan sehingga banyak mempekerjakan perempuan dan anak-anak perempuan.
• Daerah yang dekat dengan pelabuhan laut termasuk pelabuhan-pelabuhan yang tidak diawasi dengan ketat. Sehingga kejahatan yang telah mempunyai jaringan dengan mudah mengirim para TKI/TKW yang dikirim dari daerah-daerah
• Daerah yang banyak menempatkan pekerja perempuan di mess-mess atau di tempat penampungan.

Selanjutnya Dalam pertemuan tersebut Ibu Nurmadiah menjelaskan secara umum tentang P2TP2A Kota batam diantaranya yaitu :
 Tujuan P2TP2A Bertujuan Untuk memberikan pelayanan bagi korban Tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak dalam rangka terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender.
 Visi Terwujudnya Perempuan dan Anak di Kota Batam sebagai anggota masyarakat yang bermartabat dan terhormat sesuai dengan Hak Asasi Manusia.

 Misi :
• Memberikan pelayanan yang meliputi informasi, pelayanan pendampingan dan anak
• Membangun komitmen dan gerakan bersama untuk mencegah, menghapus kekerasan dan menanggulangi tindak pidana perdagangan orang terhadap perempuan dan anak
• Menjadikan P2TP2A sebagai basis pemberdayaan perempuan secara preventif, kuratif dan rahabilitatif dan promotif
Adapun hasil yang diharapkan Tersedianya pelayanan terpadu dalam mencegah menangani tindak kekerasan terhadap penanganan anak dalam rangka peningkatan kualitas hidup.
• Terfasilitasinya peningkatan kemampuan, keterampilan dan kemandirian perempuan dan anak
• Terjalinnya kerjasama kemitraan antar pemerintah lembaga / organisasi kemasyarakatan, dunia usaha / swasta dengan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan perempuan dan anak

IMG_9330 IMG_9324 IMG_9317 IMG_9328 IMG_9323 IMG_9320 IMG_9319 IMG_9318 IMG_9316 IMG_9315 IMG_9314



Anda dapat mengikuti respon dengan mentaut RSS 2.0 feed.
Anda dapat meninggalkan komentar, atau membuat umpan balik trackback dari situs anda.

Masukkan Komentar Anda


Meninggalkan Balasan

XHTML: Anda dapat menggunakan tag: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>