Berita Terbaru

Solusi Permanen Harapan Warga Batu Ampar Dari Kegiatan Silaturahmi Walikota Batam

Silaturahmi Bapak Walikota Batam dan Wakil Walikota Batam bersama Masyarakat Kecamatan Batu Ampar

IMG-20170131-WA0147Pasar Tering Raya (28/01/2017) : Tokoh Masyarakat Kec. Batu Ampar Bapak Rahmat Dalimunthe : Banjir membutuhkan solusi menetap akan tetapi sementara ini masih solusi non-permanen, pelebaran drainase ke laut dari komplek sei Tering sudah aman saat hujan.

Penanganan Sampah dengan delegasi kewenangan kepada Camat beserta peralatan, personil dan alokasi anggarannya beberapa titik yang selama ini sangat rawan dengan penumpukan sampah sudah bersih. Akan tetapi perlu ditambah armada di keluarahan Tanjung Sengkuang. Selengkapnya…


Permasalahan Infrastruktur Dominan Saat Silaturahmi Wako Batam dengan Masyarakat Bengkong

Wako Batam, HM. Rudi Silaturahmi di Bengkong

(Pasar Lytech-29/01/17) : Tokoh Masyarakat Kec. Bengkong Bapak Ridwan Siagian (salah satu pemuka masyarakat Bengkong Abadi) dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh lapisan masyarakat Bengkong menyampaikan terima kasih dan salam hormat kepada Bapak Walikota Batam atas komitmen dengan pembukaan akses jalan dari Bengkong Laut menuju Ocarina sudah tembus mulai akhir tahun 2016 yang lalu, diharapkan peningkatan jalan untuk jalan lingkar (ring road) tersebut dapat direalisasikan mengingat kepadatan penduduk dan pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi khususnya akses disepanjang jalan yang melewati Bengkong Sadai, Bengkong Laut sampai Simpang Ocarina tersebut.

Selengkapnya…


Silaturahmi Wako Batam dan Wawako Batam Bersama Masyarakat Kecamatan Batu Aji

IMG-20170131-WA0136

HM. Rudi, SE. MM., Walikota Batam bertatap muka dengan Tokoh Masyarakat Kec. Batu Aji (22/01/2017)

Acara silaturahmi Wako Batam, Wawako Batam bersama Tokoh masyarakat dan perangkat RT/RW Kecamatan Sagulung diawali dengan sambutan tokoh masyarakat yang diwakili Bapak Idham Rahman, Ketua Lembaga Adat Melayu Kecamatan Batu Aji yang menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas inisiasi Pemko Batam menggelar acara silaturahmi setelah pelantikan Wako Batam dan Wawako Batam bulan Maret 2016 yang lalu. Banyak perubahan yang menjadikan Kecamatan Batu Aji semakin lebih baik seperti pengelolaan kebersihan yang sudah semakin terkelola dengan baik dan hampir dipastikan secara merata penumpukan sampah sudah tidak ditemukan lagi.

Selengkapnya…


Wako Batam Sapa Warga Sungai Beduk sekaligus Serahkan Sertifikat PRONA

Wawako Batam, Amsakar Ahmad memberikan penjelasan tentang program percepatan infrastruktur

WAKO BATAM, WAWAKO BATAM bersama KAJARI BATAM dalam acara penyerahan Sertifikat Prona ke Masyarakat Kec. Sungai Beduk (21/01/17)

SUNGAI BEDUK – Pemerintah Kota Batam menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Kecamatan Sungai Beduk atas dukungan seluruh lapisan masyarakat terhadap jalannya Pembangunan di Kota Batam. Pemko Batam juga senantiasa mendekatkan fungsi layanan publik kepada masyarakat dengan mendelegasikan beberapa kewenangan kepada Camat se Kota Batam. Seperti pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP, KK dan Akte Kelahiran yang sampai saat ini masih terus dibenahi system dan tata laksananya. Selanjutnya pengelolaan kebersihan yang melibatkan pengurus RT/RW se Kota Batam dan dapat dilihat dari komplain dari masyarakat yang mengalami penurunan sejak ditangani dengan baik secara berjenjang yang dikomandoi Camat setempat dan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup.

Selengkapnya…


Impian Bersama Wujudkan Batam Sebagai Bandar Dunia Madani Yang Berdaya Saing, Maju, Sejahtera dan Bermartabat

IMG-20170131-WA0143

Wako Batam, HM Rudi didampingi Sekdako Batam, Camat dan Lurah Kec. Batu Ampar

BATAM – HM. Rudi-Amsakar, baru dua pekan menahkodai Pemerintah Kota Batam. Di pundak keduanya, masyarakat Batam menaruh harapan besar untuk kemajuan Kota Batam. Lalu apa saja yang akan mereka lakukan untuk memenuhi harapan masyarakat itu? General Manager Posmetro Batam (grup batampos.co.id) mewawancarai keduanya. Berikut petikannya:

Sudah dua minggu Anda jadi wali kota. Bagaimana rasanya?

Biasa-biasa saja. Saat jadi wakil walikota pun, saya kan sering turun ke lapangan menyelesaikan masalah. Bedanya, kalau dulu harus melapor kepada number one. Kalau sekarang bisa langsung putuskan. Bedanya itu saja.

Kalau bicara pun tidak sungkan seperti dulu. Mesti mikir dulu, ini wewenang saya atau tidak. Kepada pak wakil wali kota pun saya beri wewenang, toh kalau ada masalah kita tanggung bersama. Dia bisa memutuskan. Kalau dia ke lapangan tidak dikasih wewenang, jadi bingung. (Rudi melirik Amsakar yang duduk di sebelahnya).

Selengkapnya…


Silaturahmi Wako dan Wawako Batam serta penyerahan Sertifikat Prona Masyarakat Sagulung

Wako Batam bersama Wawako Batam dan Sekdako Batam dalam acara Silaturahmi

SILATURAHMI ‘COFFEE MORNING’ DENGAN MASYARAKAT KECAMATAN SAGULUNG DAN PENYERAHAN SERTIFIKAT PROGRAM NASIONAL AGRARIA (PRONA) DI KOTA BATAM PADA HARI SABTU, 21 JANUARI 2017 BERTEMPAT DI KANTOR CAMAT SAGULUNG.

 

SAGULUNG, Wako Batam, HM. Rudi, menyampaikan Pemerintah Kota Batam menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Kecamatan Sagulung atas dukungan seluruh lapisan masyarakat terhadap jalannya Pembangunan di Kota Batam. Pemko Batam juga senantiasa mendekatkan fungsi layanan publik kepada masyarakat dengan mendelegasikan beberapa kewenangan kepada Camat se Kota Batam. Seperti pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP, KK dan Akte Kelahiran. Selanjutnya pengelolaan kebersihan yang melibatkan pengurus RT/RW se Kota Batam dan dapat dilihat dari komplain dari masyarakat yang mengalami penurunan sejak ditangani dengan baik secara berjenjang yang dikomandoi Camat setempat dan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup.

Selengkapnya…


PROGRAM TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PERLU PENATAAN

Wako Batam Bersama Penerima Bea SiswaJAKARTA, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI berencana memperluas pemberlakuan kewajiban pemberian dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).
Kewajiban ini akan diatur dalam Rancangan Undang- Undang (RUU) Tanggung Jawab Sosial.

Selengkapnya…


Pemerintah Berencana tambah pasukan TNI di wilayah Perbatasan

finP1140539JAKARTA – Pemerintah memahami potensi ancaman terorisme, peredaran narkoba, perdagangan manusia, hingga illegal logging kerap terjadi di perbatasan negara. Belum lagi sengketa antar wilayah dengan negara lain.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto melihat perlunya perubahan paradigma baru dalam sistem pertahanan di perbatasan untuk menangkal ancaman-ancaman itu.

Selengkapnya…


Urusan Pemerintahan Umum

KANTOR WAKO BATAMDasar Hukum : Pasal 25 UU No. 23 Tahun 2014
Urusan pemerintahan umum meliputi:
1. Pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam rangka memantapkan pengamalan Pancasila, pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pelestarian Bhinneka Tunggal Ika serta pemertahanan dan pemeliharaan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Selengkapnya…


Pembagian Urusan Pemerintahan

URUSAN PEMERINTAHAN 

I. URUSAN PEMERINTAHAN WAJIBFoto Wil Batam

Dasar Hukum :  Pasal 11 UU No. 23 Tahun 2014

Urusan Pemerintahan Wajib yang berkaitan dengan Pelayanan Dasar meliputi :

  1. pendidikan;
  2. kesehatan;
  3. pekerjaan umum dan penataan ruang;
  4. perumahan rakyat dan kawasan permukiman;
  5. ketenteraman, ketertiban umum, dan pelindungan masyarakat; dan
  6. sosial.

Selengkapnya…