Visi dan Misi Organisasi

 

  • VISI & MISI

Visi
Visi adalah rumusan umum mengenai upaya–upaya yang akan dilaksanakan  dan dapat mengambarkan atau memberikan cita dan citra yang diwujudkan dan sekaligus memberikan arah kebijakan yang diinginkan dalam melihat keadaan yang diperlukan untuk suatu perencanaan dan merupakan tujuan akhir perencanaan.
Sesuai dengan Visi Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Batam untuk mendukung visi dan misi Pemerintah Kota Batam priode tahun 2011-2016. Visi  Walikota Batam yang berkaitan dengan tugas dan fungsi  kepemudaan dan keolahragaan yaitu terdapat pada  Misi ke-3 yaitu :
“MENINGKATKAN  PELAYANAN PRIMA DALAM HAL PENDIDIKAN KESEHATAN, PERUMAHAN YANG LAYAK DAN TERJANGKAU, SESUAI BUDAYA FASILITAS KEAMANAN DAN KETAKWAAN, KEPEMUDAAN DAN KEOLAHRAGAAN KUALITAS HIDUP MANUSIA DAN KECERDASAN SELURUH  LAPISAN MASYARAKAT SERTA PENGENTASAN KEMISKINAN”.
Sesuai misi yang ke-3 dapat kita simpulkan dalam rencana strategis (Renstra) Pemuda dan Olahraga periode tahun 2011-2016 untuk lima tahun kedepan sebagai berikut:
“MEWUJUDKAN KEPEMUDAAN DAN KEOLAHRAGAAN YANG KREATIF, PRODUKTIF, BERPRESTASI DAN MODERN”.
Visi ini mengambarkan kepemudaan memiliki semangat perjuangan, kesukarelaan, tanggung jawab, dan kesatria serta memiliki sifat inovatif untuk membudayakan olahraga sebagai kebugaran sehat jasmani/rohani.
Untuk mendapatkan pemuda yang kreatif, produktif, berprestasi dan modern, pemerintahan melaksanakan pembinaan, pelatihan dan pengembangan kepemimpinan serta meningkatkan wawasan kepemudaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan untuk menghasilkan daya manusia yang berprestasi.
Kantor Pemuda dan Olahraga harus mampu melaksanakan kebijakan melalui pola pembinaan untuk berprilaku yang santun dan penuh tanggung jawab untuk mensukseskan pembangunan untuk lima tahun kedepan dan melalui kompetisi olahraga dapat mencari bibit atlet yang berpretasi.
Pemuda adalah kontrol sosial sebagai kekuatan moral dan agen perubahan dalam perbagai aspek pembangunan nasional  dan meningkatkan sumber daya keolahragaan yang memanfaatkan kemitraan lintas sektoral, antar pemerintah dan masyarakat  adalah merupakan dari proses dan pencapaian tujuan pembangunan.
Visi Kantor Pemuda dan Olahraga mewujudkan kepemudaan dan keolahragaan yang kreatif, produktif, berpretasi dan modern yang mengadung arti sebagai berikut.
KREATIF dalam lingkup Kepemudaan dan Olahraga mengandung arti: “memunculkan sikap kegiatan yang berpotensi dalam karya kepemudaan yang dinamis dan melahirkan insan-insan yang berjiwa olahraga sehingga muncul masyarakat olahraga dan mengolahragakan masyarakat”.
PRODUKTIF dalam lingkup kepemudaan dan olahraga mengandung arti: ”Memberdayakan Sumber Daya Manusia melalui kegiatan terencana, terarah, sistimatis, terpadu bidang kepemudaan sehingga melahirkan sikap kreatif, dinamis demi tercapainya pemuda yang produktif melalui pemberdayaan keolahragaan yang secara terus-menerus ditingkat generasi muda sehingga dapat mendukung sumber daya manusia yang kreatif dan produktif”.
BERPRESTASI dalam lingkup kepemudaan dan olahraga mengandung arti: “menciptakan Sumber Daya Manusia dibidang kepemudaan dan olahraga yang telah menghasilkan dan memberikan sesuatu yang berguna melalui kompetisi ditingkat daerah, propinsi, nasional maupun ditingkat internasional”.
MODERN dalam lingkup kepemudaan dan olahraga mengandung arti: “Melalui pola pembinaan dan pengembangan pelaku, ketenagaan, pengorganisasian, pendanaan pola pelatihan sehingga menghasilkan pemuda mandiri dan modern guna mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan dengan memfasilitasi sarana dan prasarana olahraga agar menghasilkan atlet yang berprestasi”.
2.    Misi
Misi merupakan suatu penjelasan secara umum untuk usaha yang akan dilaksanakan untuk mewudkan visi dan harus dilakukan dalam rangka mencapai tujuan secara maksimal yang mengambarkan pandangan suatu organisasi tentang keberhasilan mencapai visi yang telah ditetapkan.
Misi kantor pemuda dan olahraga adalah Meningkatkan Daya Saing Kepemudaan dan Keolahragaan mengandung arti :
Meningkatkan potensi sumber daya kepemudaan dengan memanfaatkan kemitraan lintas sektoral, antar tingkat pemerintahan, dan kemasyarakatan untuk mendukung penyadaran dan pemberdayaan pemuda melalui peningkatan wawasan, inventarisasi potensi, kapasitas keilmuan, kapasitas keimanan, kreativitas, dan kemampuan berorganisasi pemuda sehingga pemuda dapat meningkatkan partisipasi, peran aktif, dan produktivitas dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Mewujudkan pemuda maju, berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing melalui penyiapan pemuda kader sesuai karakteristik pemuda yang memiliki semangat kejuangan, kesukarelaan, tanggung jawab, dan ksatria serta memiliki sikap kritis, idealis, inovatif, progresif, dinamis, reformis, dan futuristik tanpa meninggalkan akar budaya bangsa Indonesia yang tercermin dalam kebhinnekatunggalikaan untuk mendukung pengembangan pendidikan, kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kesukarelawanan pemuda di berbagai bidang pembangunan, termasuk penugasan khusus bagi pengembangan kepanduan/kepramukaan sebagai wadah pengaderan calon pemimpin bangsa.

Meningkatkan potensi sumber daya keolahragaan dengan memanfaatkan kemitraan lintas sektoral, antar tingkat pemerintahan, dan kemasyarakatan untuk mendukung pemassalan, pembudayaan, serta pengembangan industri dan sentra-sentra olahraga melalui pengenalan olahraga kepada keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat luas sehingga masyarakat gemar melakukan kegiatan olahraga atas kehendak sendiri serta pemasyarakatan olahraga sebagai kebiasaan hidup sehat dan aktif sesuai dengan kondisi dan nilai budaya masyarakat setempat sehingga masyarakat memperoleh tingkat kebugaran jasmani, kesehatan, kegembiraan, dan hubungan sosial yang berkualitas.

Mewujudkan olahragawan yang berprestasi pada kompetisi bertaraf nasional, regional dan internasional melalui peningkatan kemampuan dan potensi olahragawan muda potensial dan olahragawan andalan daerah secara sistematis, terpadu, berjenjang, dan berkelanjutan serta pemanfaatan iptek olahraga modern untuk mendukung pembibitan olahragawan berbakat dan peningkatan mutu pelatih bertaraf internasional pada pembinaan prestasi olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *